Pengumuman Hasil SBMPTN Unram 2021 (Universitas Mataram)

Posted in: SBMPTN
Tagged: UTBK SBMPTN

Bagi kalian yang saat ini tengah duduk di bangku kelas 12 atau kelas 3 SMA tentunya sedang sedikit galau memikirkan mana universitas yang dipilih untuk melanjutkan pendidikan. Terutama bagi yang berminat masuk PTN tentunya harus mengikuti beragam seleksi masuk yang ada diantaranya SBMPTN.

Tujuan Pelaksanaan SBMPTN

Bagi yang mendaftar di Unmar misalnya pasti akan sangat merasa tegang apakah tahun ini pengumuman hasil SBMPTN Unram 2021 membuahkan hasil yang baik atau justru sebaliknya. Namun selain itu pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa ada ujian seperti SBMPTN ketika akan masuk suatu universitas.

Jawabannya tentu saja sangatlah singkat yaitu PTN memiliki daya tampung yang bisa dikatakan terbatas sehingga tidak bisa menampung keseluruhan calon mahasiswa yang ingin masuk ke Unram misalnya. Selain itu juga seleksi semacam ini digunakan untuk menyaring calon mahasiswa terbaik saja yang bisa masuk ke dalamnya.

SBMPTN ini sifatnya itu adalah seleksi dan jika mendengar kata tersebut sudah barang tentu identik dengan persaingan. Saingan yang kalian hadapi bukan hanya dari satu daerah saja melainkan dari seluruh penjuru Indonesia.

Jadi bisa dikatakan persaingan yang ada sangatlah ketat bahkan dari keseluruhan peserta yang mengikuti seleksi tersebut hanya sekitar 20% saja yang bisa lolos. Jadi sudah bisa dibayangkan jika kalian tidak bersungguh-sungguh maka jangan harap pengumuman hasil SBMPTN Unram 2021 kalian akan bagus.

Untuk kalian yang belum pernah mengikuti SBMPTN tentu akan sedikit asing dengan model soalnya. Jika kalian beranggapan soalnya akan sama seperti ujian yang ada di sekolah maka salah besar. Perlu ditekankan kembali bahwa salah satu tujuan dari seleksi ini adalah menyaring sehingga soalnya akan benar-benar dibuat untuk tujuan tersebut.

Untuk pelaksanaan tes ini menggunakan komputer atau yang lebih dikenal dengan nama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Jadi sistem semacam ini tentunya akan lebih praktis namun usahakan kalian sudah membiasakan diri menggunakan komputer agar tidak kaku nantinya.

Nilai yang kalian dapatkan dari UTBK tersebut memang berguna sebagai bahan seleksi. Namun untuk beberapa PTN  ataupun PTS, nilai dari UTBK tersebut juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri. Jadi ketika kalian menerapkan di perguruan tinggi yang menerapkan hal tersebut tidak perlu melakukan tes lagi.

Perbedaan UTBK 2020 Dan 2021

Namun  tentu saja agar kalian tidak menjumpai ujian masuk jalur mandiri dan menerima pengumuman hasil SBMPTN Unram2021 yang berstatus lulus kalian harus terus belajar semaksimal mungkin. Untuk selanjutnya pelaksanaan UTBK tahun 2021 ini memiliki sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya seperti berikut ini.

  • Daya Tampung

Perbedaan pertama yaitu mengenai daya tampung sebenarnya masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu 40%. Namun tahun ini ada sedikit pembeda dimana PTN tercatat memiliki badan hukum hanya bisa menampung mahasiswa sebanyak 30% saja.

  • Jenis Ujian

Untuk jenis ujian pada UTBK 2021 sudah mencakup TPS dan TPA. Hal tersebut juga berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya TPS saja. Selain itu juga untuk tahun 2021 ujian campuran sudah bisa dilakukan tidak seperti tahun sebelumnya.

  • Alur Pelaksanaan

Kemudian melihat dari alur pelaksanaannya bisa dibilang tidak mengalami perubahan dan masih sama dengan tahun sebelumnya. Untuk alurnya sendiri yaitu pendaftaran, ujian dan juga pengumuman hasil SBMPTN Unram 2021 jika kalian mendaftar pada universitas tersebut.

  • Pelaksanaan Ujian

Untuk jumlah ujian UTBK tahun sebelumnya hanya dilaksanakan sekali saja dan pada bulan Juli. Sedangkan untuk tahun ini ujian diselenggarakan sebanyak dua gelombang dan mengalami kemajuan jadwal dari tahun sebelumnya. Untuk pelaksanaan masing-masing gelombang sekitar April hingga Mei.

Walaupun memiliki jumlah ujian yang berbeda namun UTBK dari kedua tahun tersebut memiliki persamaan yaitu peserta hanya boleh ikut sekali saja. Jadi jangan harap walaupun ada dua gelombang kalian bisa mengikuti ujian sebanyak dua kali.

  • Ujian Keterampilan

Bagi yang mengambil jurusan kesenian maupun olahraga akan mengikuti ujian lainnya yaitu ujian keterampilan. Untuk ujian ini cukup dinilai dari portofolio sang peserta saja, semakin bagus portofolio yang dimiliki tentu saja akan menambah nilai ujian tersebut dan baik tahun 2020 dan 2021 penilaiannya sama.

Jadi itulah sedikit perbedaan antara UTBK tahun ini dengan tahun lalu. Seperti yang sudah disebutkan diatas salah satu perbedaannya dari jumlah penerimaan peserta untuk universitas berbadan hukum yang jauh lebih kecil.

Di Indonesia ada 10 universitas yang sudah memiliki badan hukum dan Unram bukan termasuk di dalamnya. Hal ini tentunya menjadi angin segar terutama bagi kalian yang memang tertarik berkuliah di NTB. Semakin besar presentasi penerimaannya tentu saja akan semakin baik dan peluang untuk mendapatkan pengumuman hasil SBMPTN Unram 2021 dengan hasil memuaskan akan lebih tinggi.

Informasi Alur Pendaftaran SBMPTN

Untuk kalian yang baru pertama mengikuti seleksi SBMPTN tentu akan sedikit merasa kesulitan terutama dalam mengetahui alur dari pendaftaran hingga pengumuman hasilnya. Maka dari itu ada baiknya kalian menyimak informasi berikut ini.

  • Registrasi LTMPT Dan Pendaftaran SBMPTN

Untuk mengikuti SBMPTN harus didahului dengan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu yang diselenggarakan mulai 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Jika sudah melakukan registrasi maka kalian bisa langsung mendaftar SBMPT yang diselenggarakan pada 15 Maret hingga 1 April 2021.

  • Pelaksanaan Dan Pengumuman Hasil

Selanjutnya kalian tinggal melaksanakan ujian saja yang terdiri dari dua gelombang. Namun kedua gelombang tersebut hanya berlangsung pada rentan waktu yang saling berdekatan. Untuk waktunya sendiri yaitu April hingga Mei. Tahap selanjutnya yaitu tahap pengumuman hasil SBMPTN Unram 2021 akan dilaksanakan pada bulan Juni.

Persiapkan Diri Semaksimal Mungkin

Bila dilihat berdasarkan penuturan diatas untuk proses pendaftaran hingga ujian jaraknya sangatlah dekat sedangkan materi SBMPTN terbilang cukup banyak. Maka dari itu bagi kalian yang memang dari awal sudah berkeinginan mendaftar kuliah, selain mempersiapkan UN kalian juga harus mempersiapkan ujian SBMPTN dengan semaksimal mungkin

Persiapan yang harus kalian lakukan akan membuahkan hasil yang maksimal jika kalian mau konsisten. Cara pertama yaitu kalian cari tahu apa saja materi yang akan diujikan nantinya, setelah itu carilah beragam soal dan mulai berlatih mengerjakannya.

Untuk mendapatkan latihan soal SBMPT bisa kalian dapatkan melalui bimbingan belajar atau dapatkan secara gratis di internet. Jadi bisa dikatakan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini justru mempermudah kalian dalam belajar jadi tidak ada alasan lagi kalian tidak tahu soal yang diujikan.

Untuk belajar berbagai macam soal ini tidak hanya dilakukan sekali melainkan harus konsisten dipraktikkan. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama karena menyisakan waktu sekitar 1 jam saja untuk belajar setiap harinya sudah termasuk ke dalam suatu langkah yang bermanfaat.

Baca juga :

  1. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022
  4. Daftar Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  5. Pengumuman Hasil Tes UTBK SBMPTN 2021/2022
  6. LTMPT [pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id] Pengumuman SBMPTN 2021/2022

Jadi itulah sedikit pengetahuan mengenai SBMPTN dan juga perbedaan UTBK diantara tahun ini dan sebelumnya. Bagi kalian yang sedang mendaftar Unmar semoga pengumuman hasil SBMPTN Unram2021 yang dinantikan berhasil.

Selain berusaha jangan lupa juga untuk berdoa menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan agar langkahnya semakin dipermudah untuk meraih apa yang diinginkan. Jadi bagi calon mahasiswa yang sedang berusaha, selamat berjuang


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta