Pengumuman Hasil SBMPTN Untan 2021 (Universitas Tanjungpura)

Posted in: SBMPTN
Tagged: UTBK SBMPTN

Sudah bukan rahasia lagi jika di Pulau Jawa kalian banyak menemukan mahasiswa rantau asal Kalimantan. Banyak alasan yang mendasari kenapa para mahasiswa tadi merantau dan salah satunya demi mendapatkan pendidikan yang berkualitas baik.

Padahal sebenarnya para mahasiswa asal Kalimantan tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Jawa karena ada salah satu universitas terbaik di Kalimantan yaitu Untan (Universitas Tanjungpura). Sehingga tidak mengherankan sudah banyak calon mahasiswa yang memilih berkuliah disana.

Tips Ampuh Lolos SBMPTN

Kemudian dari segi fasilitas informasi juga terbilang lengkap sehingga bagi kalian yang mendaftar jalur SBMPTN tidak akan kesulitan mendapatkan akses pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021. Bagi kalian yang bercita-cita masuk Untan jalur SBMPTN tentu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini.  Adapun beberapa tips ampuh untuk lolos seleksi ini, bisa kalian simak melalui informasi berikut.

Strategi Pemilihan Jurusan

Tips yang pertama tentu saja kalian harus memiliki strategi yang tepat terutama dalam urusan pemilihan jurusan.  Usahakan untuk melihat peminat dari jurusan yang dipilih dan setelah itu urutkan dari yang terkecil hingga paling besar.

 Jangan lupa juga lihat passing grade untuk jurusan yang dipilih karena itu sama pentingnya. Jika kalian benar-benar ingin masuk Untan tentu saja strategi ini sangatlah penting. Jangan sampai karena kalian tidak mempertimbangkan hal tersebut maka impian hanya menjadi impian saja.

Pilih Jurusan Sesuai Minat

Untuk tips selanjutnya agar nama kalian bisa berstatus lulus pada pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021 adalah pilih jurusan yang  memang benar-benar sesuai minat dan juga bakat. Hal ini penting untuk diingat karena banyak calon mahasiswa saat ini hanya melihat prospek kedepannya.

Melihat prospek dan gaji ketika kalian sudah lulus kelak tidak masalah sebenarnya hanya saja kurang tepat. Ketika kalian sudah minat dengan jurusan tersebut apapun kesulitannya bisa dengan mudah dihadapi.  Jika kamu tetap mau berusaha apapun jurusan yang dipilih tidak akan menjadi penghalang untuk tidak menjadi sukses.

Tingkatkan Kemampuan

Tips lainnya yaitu kalian harus sadar diri yang dimaksud sadar diri disini adalah dalam hal kemampuan. Jika kalian merasa kemampuan dalam mengerjakan soal masih sangatlah kurang maka jangan hanya berpangku tangan menunggu sebuah keajaiban.

Salah satu bentuk usaha agar kemampuan kalian semakin meningkat yaitu rajin mengikuti try out. Ketika kalian mengikuti tes semacam ini maka secara garis besar kalian bisa melakukan penilaian sejauh mana kemampuan yang dimiliki.

Semakin banyak berlatih dengan mengikuti try out perlahan membuat kalian terbiasa dengan modal soal yang ada. Kemudian pikiran kalian menjadi lebih berkembang dan kemampuan akan penyelesaian soal SBMPTN menjadi lebih meningkat.

Jaga Kesehatan Fisik

Tidak hanya pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021 saja yang menggunakan komputer, bahkan untuk ujiannya saja kalian memang diharuskan menggunakan komputer. Melihat hal tersebut tentu saja kalian harus memiliki kesiapan terutama dalam hal fisik.

Walaupun kalian giat belajar namun jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan. Terlebih lagi jika kalian termasuk orang yang tidak kuat berlama-lama di depan komputer tentunya akan merasa sedikit kesulitan. Konsumsi suplemen dan kurangi beragam kegiatan yang menguras terlalu banyak tenaga.

Belajar Serius

Tips lainnya tentu saja kalian harus belajar dengan sangat sungguh-sungguh. Nasehat semacam ini sering didengar namun jarang dipraktikkan. Banyak dari kalian tidak lolos bukan karena tidak pintar melainkan karena memang malas belajar.

Mulai saat ini mantapkan niat dan rajin belajar dengan sungguh-sungguh. Ketika kalian belajar sungguh-sungguh maka pikiran menjadi lebih terbuka dan apapun jenis soal yang akan dikerjakan nantinya bukan menjadi suatu masalah lagi.

Atur Jam Belajar

Sayangnya banyak orang ketika berniat belajar untuk ujian ini hanya berlaku diawal-awal saja sehingga sering tidak belajar pada akhirnya. Jika kalian mengalami hal semacam ini, itu tandanya pengaturan jam belajar yang ada kurang efektif.

Sebenarnya tidak susah untuk menentukan jadwal semacam ini cukup perhatikan kapan mood kalian paling bersemangat dan mudah menerima pelajaran. Jika kalian memiliki mood yang baik pada pagi hari maka usahakan untuk membuat jadwal pada jam tersebut. Tidak perlu lama-lama cukup 1 jam asal konsisten akan membuahkan hasil yang bagus.

Buat Kelompok Belajar

Untuk kalian yang merupakan tipe orang senang belajar melalui diskusi maka tidak ada salahnya membuat kelompok belajar, untuk memulainya kalian bisa mengajak teman dekat terlebih dahulu untuk belajar bersama. Nantinya kalian bisa saling bantu menyelesaikan soal yang ada sehingga kalian akan lebih mudah mengerti.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa dipraktikkan agar nantinya pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021 yang kalian nantikan berbuah baik. Jangan lupa berdoa setelah kalian berusaha dan apapun hasil yang keluar itu tidak menjadi masalah. Asalkan kalian mempraktikkan tips diatas maka kesulitan mengerjakan soal SBMPTN akan menjadi lebih ringan.

Tahapan Pelaksanaan SBMPTN

Jika persiapan sudah matang mata ada beberapa hal lain yang bisa kalian ketahui seperti tahapan-tahapan dalam melaksanakan SBMPTN. Untuk kalian yang tidak mengetahuinya maka berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.

Pendaftaran

Langkah pertama tentu saja kalian diharuskan melakukan pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran cukup mudah karena sudah disediakan situs resmi SBMPTN. Isi biodata selengkap mungkin dan lakukan pembayaran untuk mendapatkan nomor ujian.

Pelaksanaan Ujian

Jika sudah selesai melakukan pendaftaran maka untuk selanjutnya tinggal mengikuti tes SBMPTN dengan menggunakan komputer. Melihat hal ini bagi kalian yang masih kesulitan dalam mengoperasikan komputer bisa belajar terlebih dahulu.

Untuk jarak pendaftaran dan pelaksanaan ujian biasanya terpaut waktu cukup lama. Maka waktu luang tersebut bisa kalian manfaatkan dengan belajar soal-soal SBMPTN. Semakin matang persiapannya maka tingkat kesulitan soal yang akan dihadapi menjadi semakin berkurang pula.

Jenis soal yang akan kalian temukan pada SBMPTN ini adalah TPA (Tes Kompetensi Akademik) dan juga TPS (Tes Potensi Skolastik).  Untuk materi yang tertuang dalam soal biasanya berupa sains dan juga teknologi serta soshum.

Hasil Ujian

Ketika kalian sudah selesai melakukan ujian maka langkah terakhir tinggal menunggu pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021. Untuk nilai UTBK SBMPTN saat ini sudah diberitahukan dan tentunya berbeda dengan tahun-tahun terdahulu. Hasil yang sudah keluar tadi tentunya berguna untuk pendaftaran di PTN impian.

Jika hasil nilai sudah keluar dan ternyata kalian tidak puas maka jangan khawatir karena disediakan kesempatan untuk mengulang. Namun kesempatan ini hanya diberikan satu kali saja oleh panitia maka jangan sia-siakan dan belajar maksimal.

Jika nantinya pada saat pengumuman hasil SBMPTN Untan 2021 kalian dinyatakan lolos maka kalian harus mempersiapkan hal lainnya. Hal-hal yang perlu kalian persiapkan seperti verifikasi berkas, daftar ulang dan masih banyak lainnya.

Baca juga :

  1. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  2. PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes 2021/2022
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  4. PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes 2021/2022

Maka dari itu agar tidak ketinggalan informasi mengenai syarat yang dibutuhkan jangan malas untuk selalu membuka situs resmi milik Untan. Situs resmi semacam itu selain memuat persyaratan juga memuat jadwal untuk beragam kegiatan yang berkaitan dengan proses penerimaan mahasiswa baru selanjutnya, bahkan situs ini berguna untuk media informasi jika ada pembatalan jadwal.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta