Pengumuman Hasil Seleksi Diploma UNS 2021/2022

Posted in: Pendaftaran PTN

Pengumuman Hasil Seleksi Diploma UNS 2021/2022 – Pendaftaran program Diploma Universitas Sebelas Maret (UNS) telah dibuka sejak Maret 2021 lalu. Di tahun 2021 ini, UNS membuka tiga jalur seleksi untuk program Diploma. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya mulai dari pendaftaran hingga hasil seleksinya bisa kamu cek di bawah ini.

Berikut Info Terbaru Seleksi Diploma UNS

suaramerdekasolo.com

UNS juga memiliki Sekolah Vokasi yang mengelola Program Studi Diploma, baik D3 maupun D4 atau Sarjana Terapan. Kamu dapat menemukan kantor manajemen Sekolah Vokasi UNS ini di Kampus Tirtomoyo, Jalan Kolonel Sutarto 150K,  Jebres, Surakarta. Untuk perkuliahan program Diploma Sekolah Vokasi UNS diselenggarakan selain di Kampus Tirtomoyo dan Kampus Kentingan.

Di tahun 2021 ini, Sekolah Vokasi UNS kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur seleksi yakni Jalur Seleksi Utama Masuk Diploma (Seleksi Utama Masuk Diploma), Jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK) dan Jalur Seleksi Mandiri Diploma UNS Jalur Prestasi (SM DIPLOMA UNS – SMJP).

Jalur Seleksi Utama Masuk Diploma (SUMD)

Jalur Seleksi Utama Masuk Diploma (SUMD) sudah dibuka sejak 6 April hingga 18 Juni 2021 mendatang. Jalur seleksi ini dapat diiukti oleh lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2019, 2020, dan 2021. Nantinya seleksi akan dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbantuan komputer dalam jaringan (daring). Adapun berikut info lengkap pendaftaran Jalur SUMD yang Mamikos kutip dari situs resmi seleksi penerimaan mahasiswa baru UNS di spmb.uns.ac.id.

Jadwal Seleksi 

Adapun berikut jadwal seleksi SUMD UNS yang dapat kamu perhatikan.

  1. Pendaftaran online: 6 April – 18 Juni 2021
  2. Pembayaran biaya pendaftaran: 6 April – 18 Juni 2021
  3. Cetak kartu peserta: 20 – 22 Juni 2021
  4. Ujian: 23 – 25 Juni 2021 (simulasi ujian), 28 Juni – 1 Juli 2021 (pelaksanaan ujian online)
  5. Pengumuman hasil seleksi: 6 Juli 2021

Persyaratan Umum Pendaftaran

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021.

Persyaratan Khusus Pendaftaran

  1. Lulusan SMA/MA/IPA dapat memilih semua program studi, lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi IPS, lulusan SMK hanya dapat memilih program studi relevan atau yang sejalur.
  2. Peserta memenuhi persyaratan khusus yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
    • Program Studi D-3 Kebidanan, D-3 Desain Komunikasi Visual, D-3 Farmasi, D-3 Teknik Kimia: Tidak Buta Warna Total maupun Parsial.
    • Program Studi D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, D-3 Agribisnis: Tidak Buta Warna Total.
    • Program Studi D-3 Kebidanan: Putri, tinggi badan minimal 150 cm.
  3. Peserta yang memilih Program D-3 Desain Komunikasi Visual harus mengunggah karya (portofolio) berupa gambar suasana belajar di rumah saat pandemi dengan ketentuan: menggunakan pensil 2B, tanpa menggunakan penggaris, media berupa kertas putih ukuran A4, dan gambar penuh satu halaman, tanpa garis tepi.
  4. Peserta yang sudah dinyatakan diterima di program studi di Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur yang lain tidak akan diikutkan pada proses Seleksi Utama Masuk Diploma.

Prosedur Pendaftaran

  1. Siswa/peserta menyiapkan:
    • Kartu Identitas Diri (SIM/KTP/KK/Paspor,
    • File foto formal/resmi dengan format *.jpg, ukuran maksimum 50 kb dan 150px x 200px. Foto peserta berpakaian sopan dan rapi, kepala menghadap ke depan
    • Bagi yang akan memilih program studi tertentu: Pindaian Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari dokter puskesmas, rumah sakit, klinik, atau fasilitas kesehatan lainnya
    • Bagi yang akan memilih Program Studi D3 Desain Komunikasi Visual: file portofolio berupa gambar suasana belajar di rumah saat pandemi
  2. Peserta mengakses https://spmb.uns.ac.id dan melakukan tahapan pendaftaran online sebagai berikut:
    • Peserta klik menu ”Vokasi” untuk membuat akun,
    • Setelah mempunyai akun peserta login dengan menggunakan akun yang sudah ada untuk mengisikan identitas,
    • Peserta mendapatkan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Utama Masuk Diploma.
  3. Peserta membayar Biaya Pendaftaran: Rp 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui salah satu bank berikut: Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri atau Bank Jateng dan akan mendapatkan PIN atau kode akses yang tercantum pada bukti pembayaran biaya pendaftaran.
  4. Peserta login ke https://spmb.uns.ac.id menggunakan Nomor Pendaftaran dan PIN atau kode akses dan mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi Utama Program Diploma
  5. Jika peserta melakukan pendaftaran lebih dari satu kali, data yang digunakan adalah data pendaftaran terakhir.

Pilihan Program Studi

  1. Program studi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta hanya dapat memilih satu program studi, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Lulusan SMA/MA/SMK IPA dapat memilih semua program studi baik Saintek maupun Soshum.
    • Lulusan SMA/MA/SMK IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi Soshum dan satu prodi kelompok saintek yaitu Program Studi D3 Agribisnis 
    • Daftar program studi di UNS dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id.

Jalur Seleksi Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK)

Perlu diketahui bahwa jalur PMDK dibagi menjadi tiga jenis. Adapun berikut info lebih jelas terkait jalur seleksi PMDK yang Mamikos kutip dari situs resmi seleksi penerimaan mahasiswa baru UNS di spmb.uns.ac.id.

Jenis Jalur PMDK

Ada tiga jenis Jalur PMDK, antara lain:

  1. PMDK Prestasi Akademik (PA)
    • Ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi sesuai dengan minat dan kemampuan serta diusulkan oleh sekolah.
    • Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal.
    • Calon diusulkan oleh sekolah.
  2. PMDK Prestasi Olahraga & Seni (PORSENI)
    • Ditujukan kepada siswa yang memiliki bakat khusus di bidang olahraga atau seni, dengan prestasi minimal di tingkat Propinsi (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan oleh KONI dan/atau POPSI, dan diusulkan oleh sekolah.
    • Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal, dan didukung dengan prestasi di bidang olahraga atau seni.
    • Calon diusulkan oleh sekolah.
  3. PMDK Prestasi Khusus (PK)
    • Ditujukan bagi siswa pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui kompetisi ilmiah, seperti olimpiade fisika, matematika dan lain-lain minimal tingkat Propinsi (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi atau Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
    • Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal, dan didukung dengan prestasi di bidang IPTEK.
    • Calon diusulkan oleh sekolah.

Jadwal Seleksi 

Adapun berikut jadwal seleksi PMDK yang dapat kamu perhatikan.

  1. Pendaftaran online: 8 – 26 Maret 2021 (sekolah), 11 – 26 Maret 2021 (siswa)
  2. Pembayaran biaya pendaftaran: 11 – 26 Maret 2021 (siswa)
  3. Cetak kartu peserta: 11 – 26 Maret 2021 (siswa)
  4. Pengumuman hasil seleksi: 31 Maret 2021 

Syarat Pendaftaran

  1. Peserta adalah WNI yang duduk di kelas akhir SMTA dalam atau luar negeri pada tahun ajaran 2020/2021.
  2. Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) jenis PMDK.
  3. Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi. Lulusan SMA/MA IPA dapat memilih semua program studi, lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi IPS, lulusan SMK hanya dapat memilih program studi yang sejalur.
  4. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
    • Program Studi: D-3 Kebidanan, D-3 Desain Komunikasi Visual, D-3 Farmasi, D-3 Teknik Kimia : Tidak Buta Warna Total maupun Parsial.
    • Program Studi: D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, D-3 Agribisnis : tidak buta warna total.
    • Program Studi D-3 Kebidanan : Putri dengan tinggi badan minimal 150 cm.

Prosedur Pendaftaran

Di bawah ini adalah tahapan pendaftaran online yang harus diikuti oleh peserta.

  1. Sekolah mengakses Internet di https://spmb.uns.ac.id untuk:
    • Login menggunakan Akun yang sudah dimiliki bagi sekolah yang sudah pernah mengikuti PMDK UNS atau Aktifasi Sekolah bagi sekolah yang belum pernah mengikuti PMDK UNS.
    • Input/Update Data Kualitas Sekolah (DKS),
    • Input Daftar Usulan Peserta Seleksi (DUPS). Peserta seleksi adalah 50% siswa terbaik per jurusan di sekolah dan tidak memiliki nilai di bawah 60,
    • Input/Upload Nilai Rapor Peserta Seleksi, menggunakan data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  2. Siswa/peserta menyiapkan:
    • Nomor Urut DUPS dan PIN yang didapatkan dari sekolah,
    • Kartu Identitas Diri (SIM/KTP/KK/Paspor),
    • File Foto Formal/Resmi (Seragam Sekolah), Sopan dan Rapi (kepala menghadap kedepan, tidak terpotong dengan Format: *.jpg, Ukuran: maksimum 200 kb.
  3. Siswa/peserta mengakses Internet di https://spmb.uns.ac.id akan melalui tahapan pendaftaran online sebagai berikut:
    • Klik ”Pendaftaran” dengan menggunakan Nomor Urut DUPS dan PIN untuk melakukan verifikasi Nilai Rapor yang sudah diisikan oleh Sekolah, selanjutnya mengisi Identitas Peserta dan Pilihan Program Studi,
    • Mendapatkan Nomor Pendaftaran.
  4. Siswa melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) di Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri dan BTN di seluruh Kantor Cabang dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran, selanjutnya akan mendapatkan Kode Akses pada bukti pembayaran.
  5. Peserta mencetak Kartu Tanda Peserta PMDK dari website SPMB UNS pada situs https://spmb.uns.ac.iddengan cara memasukkan Nomor DUPS dan PIN yang diperoleh dari sekolah.

Jalur Seleksi Mandiri Diploma UNS Jalur Prestasi (SM Diploma UNS – SMJP)

Jalur seleksi yang satu ini melakukan penelusuran mahasiswa baru melalui penelusuran bibit unggul guna menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik (bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya). Bidang penalaran meliputi olimpiade sains, lomba karya ilmiah remaja, lomba debat Bahasa Indonesia/Inggris, lomba iptek, dan lain-lain. Bidang minat/bakat terdiri dari olahraga (atletik, beladiri, permainan, dll), seni (fotografi, MTQ, suara, lukis, tari, film, dll), desain, dan lainnya. Sedangkan bidang keagaaman meliputi: Tahfidzul Quran (30 Juz) dan hafalan Alkitab. 

Penelusuran bibit unggul dilakukan melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi. Adapun berikut info lebih lengkapnya yang sudah Mamikos kutip dari situs resmi seleksi penerimaan mahasiswa baru UNS di spmb.uns.ac.id.

Jadwal Seleksi

Di bawah ini adalah jadwal lengkap Jalur SPMB yang wajib kamu ketahui.

  1. Pendaftaran online: 7 April – 18 Juni 2021
  2. Pembayaran biaya pendaftaran: 7 April – 18 Juni 2021
  3. Cetak kartu peserta: 7 April – 18 Juni 2021
  4. Pengumuman hasil seleksi: 6 Juli 2021

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB  atau yang sederajat paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Program Sarjana.
  5. Mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi wajib mengikuti dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai bidang prestasinya masing-masing.
  6. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat).
  7. Memiliki dokumen prestasi non akademik, antara lain:
  8. Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat internasional dan nasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau
  9. Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an (30 Juz)  atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA disertai surat keterangan (template di sini). Sertifikat dan surat keterangan dijadikan dalam satu file pdf
  10. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
    • Program Studi: D-3 Kebidanan, D-3 Desain Komunikasi Visual, D-3 Farmasi, D-3 Teknik Kimia: Tidak Buta Warna Total maupun Parsial.
    • Program Studi: D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, D-3 Agribisnis: tidak buta warna total.
    • Program Studi D-3 Kebidanan: Putri dengan tinggi badan minimal 150 cm.

Pilihan Program Studi

  1. Program studi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum.
  2. Peserta dapat memilih dua program studi, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Lulusan SMA/MA IPA dapat memilih semua program studi baik Saintek maupun Soshum.
    • Lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi Soshum dan tiga prodi kelompok saintek yaitu Psikologi, Agribisnis, serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
    • Lulusan SMK hanya dapat memilih program studi yang serumpun.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait seleksi Diploma UNS 2021. Mamikos infokan kembali bahwa penerimaan mahasiwa Program Diploma UNS memiliki tiga jalur seleksi. Hingga saat ini jalur seleksi yang sudah mengumumkan hasilnya adalah Jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK). Jika kamu membutuhkan informasi lainnya terutama info kost dekat UNS, kamu bisa download aplikasi Mamikos dan temukan infonya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta