Pengumuman Hasil Seleksi SM UNS 2021/2022, Ada Nama Kamu?

Pengumuman Hasil Seleksi SM UNS 2021/2022, Ada Nama Kamu? – Pembukaan jalur masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sedang berlangsung. Meskipun terdapat penyesuaian pada mekanisme penerimaan mahasiswa baru, hal tersebut tidak menjadi masalah. Dengan adanya perubahan jadwal penerimaan mahasiswa, secara otomatis waktu pengumuman hasil seleksi ujian di universitas juga berubah.

Pengumuman Hasil Seleksi SM Universitas Sebelas Maret

unsplash.com

Salah satu kampus favorit yang mengadakan ujian mandiri adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Tahun ini, UNS membuka beberapa jalur masuk bagi calon mahasiswa, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri. Jika kamu mendaftar salah satu program studi di UNS dengan jalur mandiri atau Seleksi Mandiri (SM) UNS, informasi berikut dapat membantumu.

Informasi Seputar Seleksi Mandiri UNS 2021

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) merupakan salah satu jalur penerimaan yang dilaksanakan oleh UNS. Terdapat beberapa macam jenis Seleksi Mandiri UNS, yaitu.

1. Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU)

Pada jalur seleksi mandiri jalur ujian, peserta yang dapat mengikuti adalah lulusan SMA sederajat maksimal lama tiga tahun terakhir. Proses seleksi calon mahasiswa akan dilakukan dengan berdasarkan nilai UTBK dan nilai ujian tulis (UTUL) yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret.

2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK)

Jalur mandiri melalui jalur kemitraan ditujukan bagi lulusan SMA sederajat maksimal tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan. Peserta juga sudah direkomendasikan dari instansi mitra, baik perusahaan, pemerintah daerah, maupun institusi pemerintah yang memiliki Nota Kesepahaman (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan UNS.

3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)

Untuk menyaring calon mahasiswa berprestasi, UNS membuka seleksi mandiri jalur prestasi bagi lulusan SMA sederajat maksimal lama tiga tahun terakhir. Adapun prestasi yang diperhitungkan adalah prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Prestasi tersebut meliputi olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja (KIR), olahraga, seni, dan Hafidzul Al-Qur’an.

4. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)

Calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan atau disabilitas bisa mendaftar sebagai mahasiswa kampus UNS melalui jalur disabilitas. UNS menerima calon mahasiswa dari SMA/MA/SMK/SMALB sederajat maksimal tiga tahun terakhir. Syarat yang diberikan adalah calon mahasiswa memiliki kemampuan akademik, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan tinggi.

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri UNS 2021

Pendaftar wajib membayar biaya pendaftaran sebelum mengikuti seleksi ujian mandiri. Biaya untuk masing-masing jalur tidak sama.

1. Biaya Pendaftaran SM Jalur UTBK – LTMPT SMJD: Rp 200.000
2. Biaya Pendaftaran SM Jalur SMJU UTUL: Rp 350.000
3. Biaya Pendaftaran SM Jalur SMJK: Rp 350.000
4. Biaya Pendaftaran SM Jalur SMJP: Rp 350.000

Cara Mendaftar Seleksi Mandiri UNS 2021

Ikutilah tahapan berikut apabila kamu hendak mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di UNS.

1. Isi formulir pendaftaran melalui laman https://spmb.uns.ac.id.

2. Klik “Sarjana”, kemudian klik ”Pendaftaran SPMB Sarjana”

3. Tunggu ‘Nomor Pendaftaran SM UNS’ muncul.

4. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SM UNS di salah satu Teller atau ATM berikut. Bank yang dapat dituju adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, atau Bank Jateng.

5. Setelah selesai melakukan pembayaran, pendaftar akan memperoleh PIN atau Kode Akses pada bukti pembayaran biaya pendaftaran.

6. Gunakan PIN atau Kode Akses ketika mencetak kartu tanda peserta.

7. Lakukan login ke laman https://spmb.uns.ac.id

8. Klik “Sarjana”, kemudian klik ”Cetak kartu” .

9. Apabila pendaftar melakukan pendaftaran lebih dari satu kali, data yang akan digunakan adalah data pendaftaran terakhir.

Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa pengumuman SM UNS untuk jalur SMJU berbeda dengan ketiga jalur lainnya. Agar kamu tidak ketinggalan dengan informasi terbaru terkait pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri UNS, pantau terus situs resmi UNS dan sosial medianya.

Bagaimana cara melihat pengumuman kelulusan SM UNS?

Kamu hany perlu memantau pengumuman melalui website https://spmb.uns.ac.id. Nantinya seluruh pengumuman hasil seleksi SM UNS akan dipublikasikan pada laman tersebut.

Tips Sebelum Mengikuti Seleksi Mandiri UNS 2021

Peminat kampus UNS yang semakin tinggi dari tahun ke tahun membuat persaingan berbagai jalur kian ketat. Tidak mengherankan jika peminat kampus ini pun belajar semakin giat agar bisa diterima. Tapi, kamu tetap perlu waspada dengan informasi yang beredar, apalagi jika sudah menjanjikan akan memastikan pendaftar diterima di UNS. Berikut ini adalah informasi penting yang perlu kamu ketahui:

1. Universitas Sebelas Maret tidak menjalin kerja sama dengan bimbingan belajar, bimbingan tes, ataupun lembaga sejenis.

2. Universitas Sebelas Maret tidak mengadakan kegiatan try out bersama lembaga lainnya.

3. Universitas Sebelas Maret tidak menjanjikan kemudahan untuk diterima di UNS atau menjanjikan kelulusan.

4. Pendaftar atau calon mahasiswa dilarang percaya pada oknum yang menawarkan kelulusan tes masuk UNS.

5. Dilarang membayar sejumlah uang atau memberikan imbalan lainnya bagi oknum yang menawarkan kelulusan.

6. Kampus Universitas Sebelas Maret hanya menerima mahasiswa baru melalui jalur yang sudah dipublikasikan melalui laman https://spmb.uns.ac.id.

7. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran menggunakan sistem online dari mana pun selama pendaftaran masih dibuka.

8. Biaya yang sudah dikeluarkan pendaftar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Sudah yakin dengan pilihan program studi di Universitas Sebelas Maret?. Apabila kamu sudah menentukan pilihan, segera lakukan pendaftaran ujian mandiri di UNS sebelum pendaftaran ditutup. Ikuti seluruh prosesnya dan pastikan jangan ada yang terlewat.

Persiapan Mencari Hunian Dekat Kampus UNS

Sekian informasi mengenai pengumuman hasil Seleksi Masuk UNS tahun 2021. Selagi menunggu pengumuman, kamu bisa meluangkan waktu untuk survey tempat tinggal di sekitar kampus. Manfaatkan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel kesayangan, sehingga kamu bisa tetap di rumah.

Carilah kost sesuai kebutuhan dengan melihat fitur pada aplikasi Mamikos. Jangka waktu sewa kamar kost mulai dari harian hingga tahunan pun akan memudahkanmu dalam beraktivitas. Kamu bisa mencari tahu fasilitas kamar kost di dekat kampus UNS, harga sewa kamar kost, bahkan melakukan booking kamar kost secara online. Selamat mencari kost yang diinginkan!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta