Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021

Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021 – Diterima di sebuah perguruan tingi idaman merupakan impian bagi banyak orang terutama para lulusan sekolah menengah atas. Sehingga, momen pengumuman kelulusan menjadi salah satu momen yang paling dinantikan setelah mendaftar dan mengikuti seleksi. Salah satu pengumuman seleksi yang juga ditunggu banyak orang tahun 2021 ini adalah pengumuman hasil seleksi Ujian Mandiri SM UPI. Bagi kamu yang sudah mendaftar, kamu bisa simak informasi tentang pengumuman hasil seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021 berikut ini.

Informasi Terbaru Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021

unsplash.com

Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia juga membuka pendaftaran melalui jalur Seleksi Mandiri. Jalur tersebut dibuka untuk memfasilitasi para calon mahasiswa yang belum diterima di UPI melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Nah, untuk kamu yang ingin diterima dan sudah mendaftar di UPI, kamu mungkin sangat menantikan hasil seleksimu. Berikut akan Mamikos bagikan informasi seputar pendaftaran dan pengumuman hasil seleksi Ujian Mandiri SM UPI tahun 2021.

Ketentuan Pendaftaran SM UPI

Sebelum Mamikos menginformasikan tentang pengumuman hasil seleksi Ujian Mandiri SM UPI tahun 2021, Mamikos akan terlebih dahulu menginformasikan tentang sekilas pendaftarannya. Perlu kamu ketahui bahwa SM UPI tahun 2021 ini akan diselenggarakan dengan menggunakan data nilai UTBK tahun 2021, Tes Psikologi Bidang Minat, dan Tes Terpadu. Sehingga, bisa dikatakan bahwa setiap peserta yang hendak mendaftar masuk ke UPI wajib mengikuti UTBK terlebih dahulu. Setelah itu, nilai yang didapatkan di UTBK akan dikalkulasikan dengan hasil Tes Psikologi Bidang Minat dan Tes Terpadu untuk menentukan apaka peserta lulus seleksi atau tidak.

Selain ketentuan terkait sistem seleksi, ada juga beberapa ketentuan lain yang wajib diperhatikan oleh peserta jika akan melakukan pendaftaran SM UPI tahun 2021 ini. Berikut adalah rincian ketentuannya.

  1. Pendaftar SM UPI dapat memilih 2 (dua) Program Studi pada kelompok bidang minat yang sama.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://pmb.upi.edu.
  3. Uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat diminta kembali.
  4. Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online).
  5. Jika peserta ingin mengubah kembali pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank.
  6. Mengisi Form Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan dan mengunggahnya pada proses pendaftaran SM UPI.

Persyaratan Pendaftaran SM UPI

Setiap peserta yang akan mendaftar melalui jalur SM UPI, ada beberapa persyaratan yang berlaku yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut adalah persyaratan umum dan khusus sesuai dengan jurusan yang dipilih. Simak penjelasannya di bawah ini.

Persyaratan Umum

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2021, 2020, dan 2019.
  2. Memiliki sertifikat nilai UTBK LTMPT 2021.
  3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

Persyaratan Khusus

  1. Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris).
  2. Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Alqur’an.
  3. Pendaftar yang memilih program studi Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Film dan Televisi, Pendidikan Kimia, Kimia dan Keperawatan (S1/D3) tidak buta warna (total maupun parsial).

Cara Mendaftar SM UPI

Pendaftaran SM UPI tahun 2021 ini dilakukan secara daring atau online melalui laman resmi pada tautan http://pmb.upi.edu/. Berikut tahapannya.

  1. Pengisian data meliputi:
    • Nama
    • Tempat, tanggal lahir
    • NISN
    • Asal Sekolah
    • No Peserta UTBK
    • Pilihan Prodi di SM UPI
  2. Pendaftar mengisi form yang telah disediakan dalam aplikasi Ambil Nomor Bayar, diakhir proses, sistem akan memberikan Kode Bayar dan informasi besaran biaya pendaftaran yang harus dibayarkan ke Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).
  3. Pembayaran Biaya Pendaftaran:
  4. Pendaftar menyetorkan uang pendaftaran ke BNI terdekat dengan menyebutkan Kode Bayar SM UPI; atau
  5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran melalui ATM BNI dengan cara:
    • Pilih menu Pembayaran;
    • Pilih Menu Berikutnya;
    • Pilih Universitas;
    • Pilih SPC;
    • Masukan Kode UPI 9022 diikuti Nomor Bayar kemudian akan muncul nama dan jumlah yang harus dibayarkan;
  6. Pihak Bank akan memberikan PIN dan bukti pembayaran.
  7. Pendaftar kemudian melakukan pengisian biodata secara daring (online) kembali di laman www.upi.edu atau langsung melalui laman http://pmb.upi.edu dengan memasukan Kode Bayar dan PIN (yang diperoleh pada saat pendaftar telah melakukan pembayaran uang pendaftaran di Bank).
  8. Pendaftar mengikuti proses pengisian biodata, mengunduh (download) dan mengunggah (upload) Form Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan, dan melakukan upload photo.
  9. Pada akhir proses peserta akan mendapat nomor seleksi dan dapat mengunduh (download) kartu peserta ujian.

Biaya Pendaftaran SM UPI

Untuk bisa mengikuti seleksi, peserta yang akan mendaftar diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran. Biaya yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung pada Program Studi yang dipilih oleh masing-masing peserta. Berikut ketentuannya.

  1. Biaya pendaftaran SM UPI 2021 yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 350.000,- (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Pendaftar SM UPI 2021 yang memilih program studi berikut ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk tiap jenis Ujian Keterampilan yang diikuti disetor bersama biaya pendaftaran.
    • Pendidikan Seni Rupa (FPSD)
    • Pendidikan Seni Tari (FPSD)
    • Pendidikan Seni Musik (FPSD)
    • Desain Komunikasi Visual (FPSD)
    • Musik (FPSD)
    • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (FPOK)
    • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FPOK)
    • Ilmu Keolahragaan (FPOK)
    • PGSD Pendidikan Jasmani (FPOK dan Kampus UPI Sumedang)
    • Kepelatihan Fisik Olahraga (FPOK)

Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021

Nah, setelah selesai mendaftar dan mengikuti seleksi, kamu mungkin akan menantikan pengumuman kelulusanmu. Pengumuman tersebut bisa kamu akses melalui laman http://pmb.upi.edu/. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan registrasi ulang sesuai ketentuan yang akan diumumkan selanjutnya.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait pengumuman hasil seleksi Ujian Mandiri SM UPI 2021. Selamat untuk kamu yang dinyatakan lolos masuk UPI melalui jalur Seleksi Mandiri. Untuk kamu yang dinyatakan belum lolos, jangan bersedih hati. UPI masih menyediakan jalur pendaftaran lain yang bisa kamu coba seperti jalur prestasi. Tetap semangat dan teruslah berjuang!Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta