Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN 2019/2020

 Posted on Jumat, Mei 25th, 2018  Posted in SBMPTN, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN 2019/2020 – Banyak yang mengatakan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa terdidik. Tentunya melalui bangsa yang terdidik hanya bisa diraih dengan melalui beberapa tahap pendidikan. Dengan melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, seseorang dipercaya bisa terdidik. Nah, karena alasan inilah sejumlah pendaftaran mahasiswa baru seperti SBMPTN selalu ramai dipadati oleh siswa-siswi dari berbagai daerah setiap tahunnya.

Siapa diantara kalian yang telah mengikuti SBMPTN? Ternyata sebagian besar dari kalian yang membaca artikel ini merupakan peserta SBMPTN 2019 ya. Sambil menanti hasil SBMPTN 2019 diumumkan, kali ini Mamikos akan membahas seputar UTBC dan UTBK SBMPTN 2019/2020 beserta pengumumannya. SBMPTN sendiri adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan.

Di tahun 2019 ini, SBMPTN diadakan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat. Sama seperti ketika memilih kost Jakarta murah atau kost Jogja murah, tentu kalian harus memilih salah satu saja dari banyaknya pilihan.

Nah, diantara 2 opsi tersebut yakni UTBC dan UTBK, kamu juga harus memilih salah satu saja dan biasanya harus kamu tentukan sejak kamu mendaftarkan diri di SBMPTN 2019. Nantinya setelah kamu mengikuti ujian tertulis, bagi kamu yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian keterampilan lagi.

Ujian keterampilan bidang Ilmu Seni nantinya akan terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait. Sedangkan, untuk Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan sendiri terdiri atas pemeriksaan dan tes keterampilan motorik.

Setelah melewati serangkaian ujian, para peserta SBMPTN pun mungkin sudah bisa memprediksi hasil SBMPTN yang telah dilewati. Nah, untuk lebih pastinya lagi kalian bisa melihat pengumuman SBMPTN yang sebentar lagi akan diumumkan. Sudah tidak sabar bukan?

Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN

Nantinya kalian bisa melihat hasil akhir dari SBMPTN 2019 ini melalui situs resmi SBMPTN serta website mirror perguruan tinggi negeri (PTN). Namun, belajar dari pengalaman di tahun tahun lalu seringkali situs resmi SBMPTN mengalami server down dikarenakan banyaknya peserta SBMPTN yang mengakses situs ini secara bersamaan pada jam serta menit yang bersamaan pula. Oleh sebab itu, sebaiknya para peserta membuka situs resmi SBMPTN secara bergantian, misalnya memberi jeda beberapa menit dari yang lainnya. Namun, tentu melakukan hal yang satu ini sangat sulit mengingat kita pun tidak mengenal peserta lainnya.

Untuk mempermudah kamu dalam mencari informasi seputar pengumuman hasil UTBC dan UTBK SBMPTN 2018 nantinya, berikut Mamikos akan berikan tata cara melihat pengumuman tersebut.

• Pertama, buka situs resmi pengumuman SBMPTN di alamat pengumuman.sbmptn.ac.id. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini


• Isilah “Nomor Peserta” dan “Tanggal Lahir” kamu di kolom yang tersedia. Jangan lupa juga isi kode captcha yang terlihat lalu klik “cari”.
• Apabila server tidak down, nantinya akan muncul hasil dari SBMPTN kamu dengan keterangan lulus atau tidak lulus.

Nah, apabila server pengumuman SBMPTN sedang down maka kamu pun bisa membuka situs mirror PTN. Mengapa demikian? Karena hasil yang akan kamu dapatkan pun akan tetap sama dimanapun kamu melakukan pengecekan pengumuman SBMPTN ini. Adapun berikut tata cara melihat pengumuman SBMPTN melalui situs mirror PTN:

1. Buka situs mirror PTN dari salah satu daftar diatas di halaman browser kamu
2. Setelah berhasil mengakses halaman tersebut, silahkan login. Nantinya untuk tampilan halaman login tidak akan jauh berbeda tampilannya dengan tampilan di halaman resmi pengumuman SBMPTN.
3. Kemudian login dengan menggunakan nomor perserta dan tanggal lahir kamu, jangan lupa isi juga kode captcha yang terlihat.
4. Kemudian klik tombol “cari”
5. Nantinya akan muncul keterangan tentang info kelulusan kamu. Silahkan dibaca dengan cermat dan teliti apakah kamu dinyatakan lulus SBMPTN atau tidak lulus SBMPTN.

Apabila hasil SBMPTN kamu nantinya dinyatakan lulus, Mamikos mengucapkan selamat! Namun, apabila kamu dinyatakan tidak lulus, tak perlu langsung berkecil hati. Mengapa demikian? Karena kamu masih memiliki satu kesempatan lagi untuk bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) idaman kamu, yakni dengan mengikuti ujian mandiri yang biasanya diadakan setelah pengumuman SBMPTN. Meskipun tidak semua perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur mandiri ini, namun paling tidak masih ada beberapa PTN lainnya yang bisa menjadi tujuan untuk kamu menuntut ilmu.

Kamu juga bisa memilih untuk mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi swasta (PTS). Tak perlu ragu lagi dengan kualitas perguruan tinggi swasta, karena sudah banyak PTS di tanah air yang kualitas pendidikannya tak kalah baik dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

Jangan takut juga untuk merantau ke kota tetangga demi mendapatkan pendidikan terbaik. Persoalan tempat tinggal tak perlu cemas, karena sudah ada sederetan kost Malang murah dan kost Surabaya murah untuk pilihan hunian kalian.

Oh iya, sebagai informasi tambahan seputar SBMPTN 2019/2020 perlu kamu ketahui bahwa SBMPTN ini diikuti sebanyak 860.001 peserta. Adapun jumlah itu terdiri dari peserta ujian tulis berbasis cetak (UTBC) sebanyak 833.820 orang dan peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) mencapai 26.181 orang. Menurut data statistik panitia, terdapat sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling diminati di SBMPTN tahun 2019 ini. Daftar lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit yang dipilih peserta SBMPTN 2018 antara lain:

  1. Universitas Indonesia (52.591 peserta)
  2. Universitas Gadjah Mada (46.095 peserta)
  3. Universitas Padjadjaran (44.138 peserta)
  4. Universitas Brawijaya (36.468 peserta)
  5. Universitas Hasanuddin (35.253 peserta)

Apabila masih ada informasi seputar pengumuman SBMPTN 2019 yang masih belum jelas, kamu dapat mencari informasi resmi seputar SBMPTN 2019 ini yang dapat diakses melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. Informasi resmi SBMPTN 2019 juga dapat diakses melalui http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456. Nah, untuk informasi seputar mahasiswa dan perguruan tinggi, kamu dapat gali infonya hanya di situs Mamikos. Jangan lupa juga untuk download aplikasi Mamikos di Play Store untuk mendapatkan informasi terupdatenya ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: