Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2021, Cek pengumuman.snmptn.ac.id

Posted in: Pendidikan SNMPTN

Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2021, Cek pengumuman.snmptn.ac.id – Jika tidak ada perubahan jadwal, maka pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan disampaikan pada 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB. Kamu pun dapat mengecek hasil SNMPTN ini melalui laman pengumuman.snmptn.ac.id. Untuk informasi lebih banyak lagi terkait SNMPTN, kamu bisa baca informasi di bawah ini.

Berikut Info Terbaru Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2021

selasar.co

Sebagai jalur yang pertama kali dibuka untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN), SNMPTN memungkinkan para siswa untuk bisa lolos ke PTN tujuan tanpa harus mengikuti tes. Namun, tentunya tidak semua siswa bisa mengikuti jalur SNMPTN ini. Mengingat siswa yang dapat mengikuti SNMPTN hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang baik.

Apa itu SNMPTN?

SNMPTN atau yang lebih dikenal dengan nama jalur undangan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang tidak memerlukan tes. Jalur SNMPTN ini hanya memperhitungkan nilai rapor atau prestasi selama sekolah termasuk yang non akademik sebagai nilai tes ujian masuk. SNMPTN sendiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh LTMPT. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini ditetapkan kuota minimum 20 persen dari daya tampung PTN.

Apa Syarat Daftar SNMPTN?

Untuk bisa mendaftar SNMPTN 2021 tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Beberapa persyaratan tersebut antara lain.

  1. Calon peserta memiliki kartu registrasi SNMPTN 2021
  2. Calon peserta sudah mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman Profil
  3. Calon peserta telah menentukan program studi atau prodi tujuan di halaman Pilihan
  4. Calon peserta mengisi portofolio sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan prodi pilihan di halaman Portofolio
  5. Jika calon peserta memiliki prestasi yang berhasil diraih saat sekolah bisa diisi dalam kolom yang disediakan
  6. Jika calon peserta sudah melakukan finalisasi dengan memberikan checklist pada halaman Finalisasi, jika sudah yakin dengan semua syarat yang diperlukan untuk SNMPTN 2021.

Jumlah Siswa Mendaftar SNMPTN 2021?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi telah menutup pendaftaran SNMPTN 2021 pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Namun, panitia SNMPTN kabarnya sempat memperpanjang waktu guna finalisasi data hingga 25 Februari 2021 pukul 12.00 WIB. Sayangnya kesempatan tersebut tidak terlalu dimanfaatkan banyak siswa, karena terbukti banyak siswa yang memutuskan untuk tidak melakukan finalisasi data. 

Berdasarkan data dari LTMPT, jumlah siswa yang login atau masuk ke laman pendaftaran tercatat ada 657.654 siswa. Sedangkan, peserta yang melakukan finalisasi data hanya ada 595.093 siswa. Berdasarkan data hingga penutupan pad 25 Februari 2021 pukul 12.00 WIB, total ada 603.008 siswa yang sudah memilih program studi hingga langkah ketiga dari tujuh tahap pendaftaran. Namun sebagian tidak melanjutkan proses sampai selesai, tercatat hanya ada 13.690 siswa yang telah mengunggah portofolio sesuai jurusan pilihannya. Berdasarkan ajuan sekolah ke LTMPT, siswa SMA sederajat yang berhak (eligible) mendaftar SNMPTN 2021 berjumlah 830.000 siswa.

Kampus Pendaftar SNMPTN 2021 Terbanyak

Merangkum dari laman Instagram @masuk.snmptn, berikut adalah 20 perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pendaftar SNMPTN 2021 terbanyak.

  1. Universitas Padjajaran (Unpad): 42.034 pendaftar
  2. Universitas Brawijaya: 41.716 pendaftar
  3. Universitas Pendidikan Indonesia: 40.841 pendaftar
  4. Universitas Negeri Semarang (Unnes): 40.778 pendaftar
  5. Universitas Sumatera Utara (USU): 33.966 pendaftar
  6. Universitas Diponegoro (Undip): 32.363
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM): 30.380 pendaftar
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS): 29.710 pendaftar
  9. Universitas Negeri Jakarta (UNJ): 29.690 pendaftar
  10. Universitas Hasanuddin (Unhas): 28.906 pendaftar

Pengumuman SNMPTN 2021 Dibuka Tanggal Berapa dan Bagaimana Cara Melihatnya?

Hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021 jika tidak ada perubahan jadwal. Nantinya, pengumuman SNMPTN ini akan dicantumkan hasilnya di laman resmi LTMPT di pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id. Kamu juga bisa mengecek pengumuman SNMPTN di beberapa laman mirror PTN. 

Setelah pengumuman hasil SNMPTN 2021 dipublikasikan, peserta yang lulus wajib melakukan daftar ulang. Peserta tersebut dapat mengecek langsung jadwal, syarat, dan cara daftar ulang di laman PTN tujuan yang telah menerima. Selama kurun waktu tersebut, LTMPT juga menyediakan call center untuk peserta yang ingin bertanya seputar SNMPTN. Call center tersedia di nomor 0804 1450450 atau link pengaduan di https://halo.ltmpt.ac.id.

Solusi Saat Cek Pengumuman SNMPTN 2021 tapi Situs Error/Lemot 

Jika laman LTMPT error ataupun lamban ketika kamu mengecek pengumuman SNMPTN 2021 tak perlu khawatir. Kamu pun masih bisa mengecek pengumuman SNMPTN 2021 ini di beberapa laman mirror PTN. Di bawah ini ada 12 laman mirror PTN yang bisa kamu gunakan untuk mengecek pengumuman SNMPTN jika situs LTMPT lemot ataupun eror.

  1. snmptn.ugm.ac.id
  2. snmptn.ui.ac.id.
  3. snmptn.itb.ac.id
  4. snmptn.its.ac.id
  5. snmptn.ipb.ac.id
  6. snmptn.its.ac.id
  7. snmptn.undip.ac.id
  8. snmptn.unair.ac.id
  9. snmptn.untan.ac.id
  10. snmptn.unsri.ac.id.
  11. snmptn.unhas.ac.id
  12. snmptn.unand.ac.id

Jika Tidak Lolos SNMPTN 2021 Apakah Bisa Ikut UTBK SBMPTN dan Kedinasan ?

Lantas, bagaimana solusi jika tidak lolos SNMPTN? Kamu tak perlu cemas karena masih ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa kamu pilih jika tetap berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. Kamu juga bisa memilih untuk mengikuti seleksi Sekolah Kedinasan jika tertarik.

Setelah SNMPTN, maka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka. Namun, jika kamu ingin mengikuti UTBK SBMPTN 2021 dan sebelumnya sudah terdaftar sebagai siswa SNMPTN maka kamu harus menunggu sampai hasil SNMPTN diumumkan terlebih dahulu. Pendaftaran UTBK SBMPTN sendiri sudah dibuka hingga 1 April 2021 mendatang.

Jika nantinya kamu dinyatakan tidak lulus dalam SBMPTN juga, maka kamu masih bisa mendaftar melalui Jalur Ujian Mandiri. Kamu pun bisa mengecek di PTN tujuan apakah PTN tersebut membuka jalur mandiri atau tidak. Mengingat tidak semua PTN membuka jalur ujian mandiri.

Kamu juga bisa memilih untuk mendaftar di kampus swasta jika enggan mengikuti SBMPTN ataupun jalur Ujian Mandiri. Kini, sudah banyak pilihan kampus swasta yang memiliki kualitas pendidikan tak kalah baik dengan perguruan tinggi negeri. Kamu pun bisa sharing dengan teman ataupun kerabat yang mungkin saat ini sedang menempuh pendidikan di kampus swasta. Dengan begitu, kamu pun dapat mempertimbangkan kampus swasta mana yang kira-kira cocok dengan kamu.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat memilih mengikuti seleksi Sekolah Kedinasan. Kabarnya, BKN akan membuka penerimaan mahasiswa baru atau calon taruna taruni baru untuk beberapa Sekolah Kedinasan di tahun 2021 ini. Pengumuman terkait pendaftaran Sekolah Kedinasan ini nantinya akan dikabarkan lebih lanjut pada bulan April 2021.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait pengumuman kelulusan SNMPTN 2021. Jika nantinya kamu dinyatakan tidak lulus dalam SNMPTN jangan langsung berkecil hati ya, karena masih banyak jalur penerimaan selanjutnya yang bisa kamu pilih. Apabila kamu diterima di PTN tujuan dan ingin mencari info kost-kostan di dekat kampus, silahkan unduh aplikasi Mamikos dan temukan info kost-kostan di sana ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta