Pengumuman SBMPTN 2019/2020

 Mamikos | Sel, 22 Mei 2018

Pengumuman SBMPTN 2019/2020 – Anda penasaran dengan pengumuman SBMPTN 2019/2020 setelah menjalani tes? Bagi lulusan sekolah menengah, SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri menjadi salah satu cara untuk Anda jika ingin meneruskan studi di universitas. Persaingan SBMPTN tahun SBMPTN 2019/2020 dapat dikatakan semakin ketat karena siswa yang belum dinyatakan lolos pada pengumuman SNMPTN 2019 akan mengikuti proses seleksi SBMPTN di kampus tujuan.

Pengumuman SBMPTN 2019/2020

Jadwal pendaftaran SBMPTN 2019 yang sudah dibuka sejak tanggal 10 – 24 Juni 2019 dapat menjadi acuan ketika Anda berniat untuk mendaftar. Sebaiknya, Anda tidak mendaftar dalam waktu yang terlalu mepet karena semakin banyak orang yang mengakses website SBMPTN, maka kemungkinan website mengalami error akan semakin tinggi.

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020?

Melihat hasil perjuangan SBMPTN tentu akan menjadi hal yang sangat mendebarkan, apalagi jika program studi atau jurusan yang Anda pilih memiliki passing grade cukup tinggi atau memiliki banyak peminat. Namun, Anda bisa menyiapkan mental ketika melihat hasil perjuangan setelah menjalani tes SBMPTN 2019. Cara melihat pengumuman SBMPTN cukup mudah, apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakan internet dan sosial media.

Pengumuman SBMPTN 2019 Juga bisa dilihat disini, klik pada gambar :

Pengumuman SBMPTN 2018

Pengumuman SBMPTN 2019/2020 bisa Anda dapatkan dengan melakukan login SBMPTN di website resmi www.sbmptn.ac.id kemudian memilih menu yang dicari, yaitu pengumuman SBMPTN. Namun, untuk menyingkat waktu pencarian Anda bisa langsung mengakses alamat website pengumuman.sbmptn.ac.id. Tidak perlu terpengaruh dengan alamat website lainnya karena pengumuman resmi terkait hasil ujian SBMPTN Anda akan disampaikan dari website resmi penyelenggara SBMPTN.

Pengumuman SBMPTN 2018

Pengumuman hasil test SBMPTN akan ditampilkan setelah Anda melakukan login pada website, sehingga Anda tidak perlu khawatir orang lain mengetahui hasil yang didapatkan kecuali memang Anda sendiri yang memberitahukan data untuk login. Penting sekali untuk selalu menyimpan nomor peserta dan tanggal lahir karena kedua data tersebut yang menjadi portal Anda agar bisa mengakses hasil seleksi SBMPTN. Untuk memastikan keamanan, Anda juga akan diminta mengetikkan kode atau CAPTCHA pada website.

Menggunakan koneksi internet berkecepatan tinggi sangat direkomendasikan ketika mengakses penguman hasil seleksi SBMPTN. Jika Anda mengakses website pengumuman SBMPTN pada saat jam sibuk atau tepat pada waktu pengumuman, maka website SBMPTN biasanya akan mengalami down atau error karena terlalu banyak pengakses. Untuk menormalkan situs resmi SBMPTN yang error, lakukan refresh halaman secara berkala.

Pengumuman SBMPTN juga dapat dilihat di situsweb setiap PTN masing-masing atau bisa dilihat pada laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Universitas Diponegoro (Undip)
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
5. Universitas Gadjah Mada (UGM)
6. Institut Pertanian Bogor (IPB)
7. Universitas Airlangga (Unair)
8. Universitas Andalas (Unand)
9. Universitas Sriwijaya (Unsri)
10. Universitas Hasanudin (Unhas)
11. Universitas Tanjungpura (Untan)
12. Unversitas Syiah Kuala (Unsiyah)

Cari tahu pula situs alternatif yang bisa diakses ketika website resmi SBMPTN error agar Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Anda bisa membuka beberapa browser sekaligus karena biasanya performa antara satu browser dengan browser yang lain berbeda sehingga tidak ada salahnya membuka beberapa browser atau beberapa tab sekaligus pada satu browser yang sama.

Setelah sukses masuk dan melakukan login, website resmi SBMPTN akan menampilkan informasi kelulusan sekaligus ucapan selamat bagi Anda yang diterima, sedangkan Anda yang belum diterima akan mendapatkan ucapan permohonan maaf. Perhatikan detail informasi yang muncul ketika Anda melihat pengumuman kelulusan.

Biasanya, bersama pengumuman SBMPTN juga dijelaskan lebih lanjut mengenai mekanisme yang perlu Anda lakukan di kampus tujuan, seperti mekanisme daftar ulang beserta tanggalnya yang juga akan ditampilkan pada website. Sebaliknya, jika belum berhasil lolos SBMPTN, Anda tidak perlu berkecil hati karena masih ada peluang untuk kuliah di kampus favorit meskipun bukan melalui jalur tes SBMPTN.

Pengumuman hasil ujian SBMPTN biasanya juga diberitakan oleh koran lokal, baik dengan menyertakan nama peserta yang lolos seleksi atau nomor pendaftaran saja agar privasi peserta tetap terjaga. Tentunya pengumuman melalui koran menjadi solusi bagi Anda yang tidak sempat melihat pengumuman online dari website karena terkendala sinyal atau kuota internet yang terbatas. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN juga akan dipublikasikan oleh kampus yang bersangkutan, sehingga Anda dapat semakin yakin bahwa kampus idaman memang menerima Anda sebagai salah satu calon mahasiswanya.

Jika Anda mengikuti bimbingan belajar, biasanya tempat bimbel juga akan memasang pengumuman berupa daftar siswanya yang lolos jalur SBMPTN untuk publikasi sekaligus promosi. Jika Anda memiliki keterbatasan akses internet dan media tersebut, tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan pada teman yang sudah berhasil login ke website SBMPTN.

Bagaimana Jika Gagal SBMPTN 2019?

Pengumuman kelulusan SBMPTN kerap kali menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang dalam belajar. Tidak heran banyak yang menghabiskan biaya puluhan juta untuk mengikuti bimbingan belajar, les privat, hingga meluangkan banyak waktu untuk belajar kelompok demi mendapatkan hasil terbaik. Namun, sekalipun Anda sudah berusaha keras dan meluangkan waktu, Tuhan selalu punya rencana terbaik.

Jika Anda belum diterima di pilihan pertama, bahkan gagal di ketiga pilihan jurusan SBMPTN, Anda tidak perlu berkecil hati. Cobalah untuk langsung mencari tahu jalur seleksi lain yang diadakan masing-masing kampus, seperti jalur mandiri, jalur seleksi SPMB, serta jalur seleksi tes lainnya.Pengumuman SBMPTN 2018

Setiap kampus memiliki jadwal tes masuk tersendiri yang bisa Anda catat agar tidak terlewat. Jika Anda merasa belum mampu untuk mendaftar di jurusan dengan passing grade tinggi, cobalah untuk menurunkan standar sesuai kapasitas agar peluang Anda untuk masuk ke jurusan yang diinginkan semakin terbuka lebar. Karena tidak ada batasan untuk memilih kampus yang akan dituju, Anda bisa mencoba peluang di berbagai macam kampus di seluruh Indonesia selama mampu untuk menjalani tes masuknya.

Jurusan tidak favorit di kampus-kampus sebenarnya bisa Anda coba pula karena jurusan tersebut tidak menentukan kualitas Anda. Siapa tahu dengan adanya Anda di jurusan tidak favorit tersebut, Anda justru bisa menjadi seorang yang berprestasi dan membawa perubahan, bahkan bisa mendapatkan karier yang lebih cemerlang dibandingkan teman-teman Anda yang memilih jurusan favorit.

Setiap kampus yang menyelenggarakan ujian mandiri memiliki kebijakan dalam menentukan materi ujian, waktu ujian, serta biaya ujian yang harus dibayarkan. Biaya pendaftaran untuk tes jalur mandiri di universitas sangat bervariasi, namun biasanya tidak lebih dari 300.000 rupiah. Setiap kampus memiliki waktu tes yang berbeda, sehingga Anda bisa membuat jadwal belajar serta jadwal tes Perguruan Tinggi agar tidak saling bertabrakan. Demi bisa berkuliah di jurusan idaman, perjuangan Anda harus sebanding.

Belajar dari pengalaman kegagalan ketika SBMPTN, Anda bisa mulai menyiapkan mental dan waktu yang cukup untuk belajar agar bisa lulus melalui jalur mandiri. Beberapa lembaga bimbingan belajar juga menyediakan bimbingan khusus untuk kampus-kampus tertentu, seperti ujian untuk masuk STAN, ujian masuk UGM, ujian masuk UI, serta ujian mandiri untuk kampus favorit lainnya.

Meksipun biayanya mahal, bimbingan belajar tersebut hampir selalu ramai oleh anak-anak yang belum diterima SNMPTN dan SBMPTN. Solusi untuk tetap bisa belajar maksimal agar lolos ujian mandiri di Perguruan Tinggi adalah mempelajari soal-soal ujian dari tahun ke tahun karena pola soal biasanya dapat dianalisis dan ditebak. Dibandingkan mengikuti kursus di bimbingan belajar, belajar sendiri adalah cara tepat bagi Anda yang terkendala biaya les masuk PTN atau PTS.

Seringkali rencana yang sudah ditetapkan masih tidak sesuai harapan. Jika Anda masih belum diterima masuk kuliah melalui jalur mandiri dari universitas yang diinginkan, masih ada Perguruan Tinggi Swasta yang bisa menjadi alternatif, apalagi jika Anda sudah mengincar jurusan di kampus tersebut. Biaya yang perlu dikeluarkan memang lebih besar dibandingan biaya masuk PTN, namun Anda bisa memanfaatkan jeda waktu liburan dan kuliah untuk mencari tambahan pemasukan, apalagi setelah Anda mengantongi ijazah SMA.

Alternatif lainnya jika Anda tidak ingin masuk PTS adalah memilih politeknik atau akademi yang biasanya menawarkan ijazah jenjang D2 hingga D3. Meskipun peluang kerjanya tidak seluas lulusan sarjana, namun Anda dapat menjadi seseorang yang berprestasi bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Pengumuman SBMPTN 2019/2020 bukanlah satu-satunya penentu nasib Anda. Tidak perlu berkecil hati atau minder dengan teman-teman yangs sudah lulus karena setiap orang memiliki jalannya masing-masing.

Segera download aplikasi mamikos untuk membantu Anda dalam mencari kost, apartemen, serta lowongan kerja selagi menunggu hasil pengumuman SBMPTN 2019/2020.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: