Penjelasan Arti FMCG dan Contoh Perusahaanya di Indonesia

Posted in: Karyawan
Tagged: FMGC

Penjelasan Arti FMCG dan Contoh Perusahaanya di Indonesia – Siapa yang tidak mengenal FMCG? Perusahaan ini bahkan selalu menjadi daya tarik bagi pencari kerja. Pasalnya, hampir seluruh perusahaan tersebut adalah perusahaan yang besar. Tentu saja, akan sangat cocok bagi Kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, ketahui arti FMCG dan contoh perusahaannya.

Mengenal Apa Arti FMCG

unsplash.com/@lauradavidson

Perusahaan dalam arti FMCG atau Fast Moving Consumer Good merupakan perusahaan yang menjual berbagai produk secara cepat dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga dikenal dengan sebutan CPG (Consumer Packaged Good) yakni produk-produk yang mempunyai kemasan.

Lantas, apa saja produk yang dijual oleh perusahaan tersebut? Umumnya, setiap produk yang dijual mempunyai usia simpan cenderung pendek. Hal ini tidak lain karena permintaan konsumen yang begitu tinggi sehingga barang pun mudah rusak. Contohnya adalah produk susu, daging, dan lain sebagainya.

Keberadaan produknya pun tidak dapat bertahan dengan lama. Adapun beberapa jenis produk dari perusahaan tersebut seperti obat-obatan, produk minuman, kosmetik, peralatan mandi, produk pembersih, makanan olahan, makanan siap saji, makanan segar, dan yang lainnya.

Contoh Perusahaan FMCG di Indonesia

Setelah mengetahui arti FMCG dari perusahaan tersebut, maka sangat penting bagi Kamu untuk mengetahui apa saja contoh perusahaannya yang ada di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa rata-rata perusahaan yang satu ini termasuk sebagai perusahaan yang cukup besar. Tidak heran jika keberadaannya sangat dicari-cari.

Adapun contoh yang termasuk perusahaan FMCG adalah seperti Indofood, Unilever, Nestle, Coca Cola, dan masih banyak lagi lainnya. Meski sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat dan memiliki cakupan yang cukup besar pada dasarnya masih ada beberapa tantangan tersendiri dari perusahaan tersebut.

Tantangannya yakni produk yang rata-rata hanya dapat menghasilkan margin keuntungan yang cukup kecil. Selain itu, usia produk yang dikeluarkan juga termasuk pendek. Oleh karena itu dengan arti FMCG adalah  perusahaan dengan alur produk yang cepat, maka untuk menyiasatinya adalah perusahaan perlu menjualnya dalam jumlah banyak, sefesien, serta secepat mungkin.

Mengapa Perusahaan FMCG Banyak Dicari?

Jika dibandingkan dengan perusahaan yang lainnya, FMCG termasuk perusahaan yang mempunyai tenaga kerja pemasaran seperti sales executive cerdas dalam hal mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak. Lantas, mengapa perusahaan tersebut terbilang cukup banyak dicari dibandingkan yang lainnya? 

Tentu ada banyak alasan mengapa perusahaan tersebut masih banyak dicari sampai saat ini. Terlebih, setiap orang tentu ingin membangun karirnya pada perusahaan besar. Adapun beberapa alasan mengapa perusahaan tersebut banyak dicari adalah termasuk sebagai industri yang bergerak cepat. Sesuai arti FMCG yang bergerak dinamis bersama jaman.

Terbukti dengan adanya inovasi produk yang terus dilakukan. Perusahaan juga termasuk sebagai industri yang beragam. Terdapat pula stabilitas karir serta peluang karir yang cukup luas bahkan sampai ke luar negeri. Pasalnya, perusahaan tersebut tidak sedikit yang termasuk sebagai perusahaan multinasional bahkan multinegara.

Karir di Perusahaan FMCG

Perlu diketahui, bahwa sejumlah perusahaan besar yang bergerak di bidang FMCG sangat banyak. Terlebih, setiap produk yang dijual pun dalam jumlah yang cukup besar. Tidak heran jika dianggap sebagai sumber pendapatan yang andal. Mereka yang merupakan seorang fresh graduate pun menjadi tertarik. 

Jika diambil dalam sudut pandang investor, maka saham perushaaan yang bergerak pada industri tersebut bahkan terbilang sangat menjanjikan. Walaupun mempunyai saham yang terbilang cukup rendah. Tentu saja tetap memiliki peluang tinggi untuk terus berkembang.

Dengan bagitu, jika dijadikan sebagai ladang investasi maka saham dengan sudut pandang dalam arti FMCG tersebut dinilai memiliki resiko yang cukup aman. Yakni dengan margin yang dapat diprediksi. Tidak hanya itu saja, terdapat pula beberapa peluang kerja dari perusahaan tersebut. Seperti marketing, manager, dan masih banyak lagi.

Beberapa Skill yang Diperlukan pada Sektor FMCG

Apabila Kamu cukup tertarik dan memiliki keyakinan untuk membangun karir pada sektor FMCG, maka ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu skill yang dimiliki. Pasalnya, akan ada beberapa skill yang diperlukan dalam sektor atau perusahaan tersebut. Di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Skill Teknologi

Seperti yang diketahui, teknologi merupakan salah satu kemampuan yang sangat diperlukan dalam berbagai sektor, sesuai arti FMCG yang bergerak dinamis. Meski begitu, selain di sektor tersebut pun masih ada banyak perusahaan yang tentu memerlukan skill teknologi tersebut.

Skill teknologi yang satu ini dibutuhkan karena ada banyak pabrik yang saat ini sudah mulai menggunakan sistem secara otomatisasi. Tentu saja, orang-orang dengan kecakapan teknologi tersebut akan membantu perusahaan yang ingin merubah sistemnya menuju ke sistem otomatisasi.

2. Skill Lintas Disiplin

Industri yang satu ini pada dasarnya mencari kandiat yang dapat melihat gambaran mengenai sektor bisnis yang jauh lebih besar. Terutama saat mereka melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, Kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu apakah sudah memiliki skill yang satu ini.

Contohnya saja saat Kamu memiliki skill atau spesialisasi dalam bidang sales, maka tentu saja perlu mempunyai pemahaman yang jauh lebih luas mengenai aspek yang ada pada arti FMCG nantinya. Seperti riset pasar, pemasan produk, hingga inovasi produk.

3. Bekerja di Bawah Tekanan

Selain beberapa skill di atas, sangat penting juga bagi Kamu untuk mengetahui bahwa para pekerja yang ingin meniti karir di sektor FMCG juga perlu memiliki beberapa skill lainnya. Seperti skill yang dapat bekerja di bawah tekanan. Hal ini sangat penting untuk dimiliki agar dapat bertahan pada sektor tersebut.

Pasalnya, industri yang satu ini terbilang bergerak begitu cepat. Tidak heran jika setiap karyawannya diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat. Hal tersebut berarti setiap orang dituntut untuk bekerja dalam keadaan yang fleksibel. Mereka juga perlu pandai mengatur waktu yang baik.

4. Skill Analisis

Selanjutnya, Kamu juga perlu memiliki skill analisis yang sangat penting dalam perusahaan FMCG satu ini. Termasuk dalam menganalisis data. Hal tersebut bahkan berlaku untuk seluruh sektor pekerjaan. Terlepas pada jabatan karyawan tersebut yang memang bukan merupakan seorang data analyst.

Pasalnya, staf senior serta manajer adalah seseorang yang akan membuat rencana serta strategi bisnis. Mereka semua tentu perlu mempunyai pandangan analitis serta wawasan yang cukup luas agar dapat menentukan kesuksesan setiap produk yang dijual nantinya.

5. Skill Persuasi

Merupakan sebuah kemampuan yang sangat diperlukan bagi siapa saja yang ingin bekerja pada perusahaan FMCG tersebut. Mengapa? Hal ini tidak lain karena kompetitor pada bidang FMCG tersebut sangatlah banyak. Tentu saja, sangat penting bagi pekerja untuk meyakinkan produk perusahaan.

Adanya kemampuan mengenai persuasi tersebut tidak hanya diperlukan pada bidang menjualan saja. Akan tetapi, juga tetap diperlukan pada seluruh perusahaan di bidang FMCG. Sehingga  gambaran besarnya memiliki arti FMCG membutuhkan kecakapan personil dalam segala bidang. Dengan begitu, apakah Kamu berniat bekerja pada sektor tersebut? Ada baiknya untuk mempelajari skill tersebut dari awal.

Itu tadi beberapa informasi tentang arti FMCG yang dapat Kamu ketahui. Saat ini sendiri ada banyak perusahaan dalam bidang FMCG yang sudah berdiri, memiliki kualitas yang bagus dan ternama. Tentu tidak ada salahnya untuk memilih perusahaan tersebut untuk meniti karir kedepannya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah