Pentingnya Mengajarkan Norma Kesopanan

Posted in: Informasi
Tagged: Norma Kesopanan

Pentingnya Mengajarkan Norma Kesopanan -Manusia harus selalu menghormati orang lain. Sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat, manusia akan banyak berinteraksi, bergaul dan terlibat di dalam kehidupan manusia lainnya. Dalam bergaul dengan masyarakat, tentu membutuhkan norma untuk membatasi dan mengawasi bagaimana perilaku kita. 

Salah satu yang harus diperhatikan adalah norma kesopanan. Di dalam norma ini, manusia sebagai makhluk sosial akan memiliki panduan dalam berperilaku di masyarakat. Tujuannya adalah agar tingkah laku kita diterima dengan baik. 

Apa itu norma kesopanan? Simak ulasannya berikut ini

Arti Norma Kesopanan

unsplash.com

Pengertian norma kesopanan adalah seperangkat aturan yang menjadi pedoman dalam tingkah laku manusia agar sesuai dengan sopan santun yang ada di dalam masyarakat. Norma kesopanan berkaitan dengan tingkah laku masyarakat dalam menghargai dan menghormati adat tradisi dalam suatu masyarakat. 

Norma yang merupakan petunjuk dan aturan dalam kita berperilaku di masyarakat, semestinya harus kita pahami sejak dini. Norma kesopanan bersumber dari adat istiadat, kebiasaan, nilai-nilai dan budaya dalam masyarakat. 

Aturan sopan santun inilah yang akan mendorong seseorang untuk berbuat baik di dalam pergaulan sosialnya. Norma sopan santun inilah yang harus orang tua ajarkan sedini mungkin agar anak siap untuk berkehidupan sosial.

Namun yang penting diketahui bahwa norma kesopanan itu sifatnya tidak universal. Ada suatu perbuatan yang dianggap baik oleh kelompok tertentu, namun bisa dianggap tidak baik di kelompok lainnya. 

Kehidupan masyarakat itu dinamis, sehingga norma kesopanan pun juga berubah dari masa ke masa. Norma kesopanan selama orang tua kita kecil juga berbeda dengan norma kesopanan yang kita miliki saat ini. Meskipun bedanya tidak jauh, namun beberapa hal pasti berubah sesuai berkembangnya zaman. 

Fungsi Norma Kesopanan

unsplash.com

Tentunya jika ada norma kesopanan di dalam kehidupan masyarakat, maka ada fungsinya mengapa kita harus berperilaku sesuai norma tersebut. Berikut ini beberapa fungsi norma kesopanan:

  1. Norma kesopanan berfungsi untuk menjaga hubungan agar saling menghormati dan menghargai.
  2. Berfungsi sebagai aturan, tata cara dan pedoman dalam berperilaku di kehidupan sosial masyarakat.
  3. Selain itu norma ini juga dijadikan pedoman untuk menentukan sanksi bagi orang yang melanggarnya. 
  4. Norma kesopanan berfungsi dalam menciptakan suasana yang nyaman dan tenteram dalam kehidupan sosial di masyarakat. 
  5. Norma ini akan membantu dan mengontrol perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan selama berkehidupan sosial.  

Bagi orang tua yang jaman sekarang sedang mendidik anak, harus menyadari betul bahwa anak harus memahami dan menerapkan norma kesopanan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus mengajarkan sopan dan santun anak sedini mungkin. 

Mengajarkan sopan santun dapat dimulai dari diri orang tua. Jika orang tuanya berperilaku sopan terhadap tetangga, maka si anak akan menirunya.  Dari sinilah norma kesopanan anak akan terbentuk. 

Manfaat Norma Kesopanan

Melakukan perilaku yang sesuai norma kesopanan pasti memiliki manfaat yang sangat banyak. Manusia akan bisa lebih menghargai orang lain dan akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman dan damai. Lalu apa saja manfaat norma kesopanan untuk kita yang sudah melakukannya? Inilah manfaat yang kita dapatkan:

  1. Kita dipandang sebagai orang yang sopan dan akan dihargai. Jika kita patuh terhadap norma kesopanan dimasyarakat, maka kita pun akan dihargai dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.
  2. Dengan memiliki sikap sopan santun, maka kita bisa terhindar dari gangguan-gangguan yang membahayakan kita. Selain itu kita juga tidak akan memiliki musuh di kalangan masyarakat.
  3. Punya banyak teman dan akan lebih dihargai orang lain. 

Kita akan merasakan sendiri manfaat jika kita berperilaku sopan santun di masyarakat. Bahkan tak hanya kita, namun orang tua kita juga akan dihargai oleh masyarakat. karena orang tua kita sudah berhasil mengajarkan norma kesopanan dalam kehidupan kita. 

Inilah Contoh Norma Kesopanan

unsplash.com

Dalam berkehidupan di masyarakat tentu tidak semua orang bersikap dan bertingkah laku sama. Ada orang yang mudah respek dan ada juga orang yang gampang tersinggung. Kita diajarkan orang tua agar menciptakan suasana aman dan damai di masyarakat, oleh sebab itu kita harus berperilaku baik. 

Inilah contoh perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan yang bisa kita lakukan sehari-hari: 

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Tidak meludah disembarang tempat
  3. Tidak menyela pembicaraan
  4. Berpakaian yang sopan dan sesuai usia
  5. Menghargai orang lain terutama yang lebih tua
  6. Ikut gotong royong
  7. Selalu ramah dengan orang lain
  8. Tidak boleh berkata kasar terhadap orang lain
  9. Memberi salam dan menyapa orang lain
  10. Tersenyum jika melihat orang lain
  11. Tidak bicara keras, apalagi terhadap orang yang lebih tua
  12. Memberi dan menerima dengan tangan kanan, kecuali yang memiliki kelainan. 
  13. Tidak menyela antrian
  14. Tidak boleh makan sambil bicara
  15. Memberikan hak prioritas kepada orang yang lebih tua. 

Itulah beberapa perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan dan bisa dengan mudah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sanksi bagi orang yang melanggar norma kesopanan berupa dikucilkan di masyarakat. 

Misalnya kita selalu membuang sampah sembarang, maka tetangga akan memberi label jelek terhadap kita. Lalu makin lama kita akan dikucilkan di masyarakat dan tidak dianggap sopan oleh orang lain. 

Pelanggaran norma kesopanan yang biasanya dilakukan anak-anak sekarang adalah sering berkata kasar dan tidak sopan terhadap orang tua. Hal ini dilakukan karena generasi sekarang banyak menirunya dari tontonan YouTube. Sehingga orang tua pun tak di dengar dan mereka minim perilaku sopan santun.

Disinilah peran orang tua diuji, apalagi bagi orang tua milenial. Jangan sampai anak-anak kita tidak memiliki sopan santun dalam kehidupannya. Sering ditemui anak-anak yang bicara kasar padahal mereka masih kecil.

Miris melihatnya karena orang tua mereka pun tidak bertindak tegas. Padahal imbasnya adalah pada kehidupan sosial si anak tersebut di masa mendatang. Jika sekarang saja tidak memiliki sopan santun, bagaimana dalam 10 tahun ke depan.

Penting Memiliki Norma Kesopanan

Menyadari bahwa kehidupan terus berubah, maka norma kesopanan pun akan ikut berubah. Artinya adalah setiap perubahan di masyarakat akan mempengaruhi aturan berperilaku manusianya juga. 

Sebagai contoh adalah sikap ramah terhadap orang lain. Dahulu saat kita kecil, kita diajarkan untuk menyapa orang di jalan terutama orang tua. Sekarang nampaknya hal tersebut sulit dilakukan karena anak-anak sekarang lebih memilih berjalan sambil bermain hp.

Contohnya ada di kota-kota besar, orang-orang berjalan tanpa memedulikan orang lain. Oleh sebab itu kita yang sudah dewasa juga harus tetap mematuhi aturan dalam norma kesopanan. Jika kita berbuat sopan, maka orang lain akan menghargai kita.

Begitu juga jika kita melanggar norma kesopanan, maka sanksinya adalah kita di kucilkan di masyarakat. Sebagai makhluk sosial yang baik, tetap berperilaku berpedoman dari norma sosial agar kehidupan menjadi aman dan damai. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah