Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari – Pada dasarnya, dalam ilmu ekonomi terdapat dua pembagian cabang ilmu yang digunakan yaitu mikro dan makro. Kedua cabang ilmu tersebut memiliki ruang lingkup yang cukup berbeda tetapi masih saling mempengaruhi satu sama lainnya. Sebagai pelaku bisnis atau pihak yang berkecimpung dalam dunia ekonomi, memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro sudah menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Membedakan keduanya mampu untuk memahami bagaimana ilmu ekonomi berjalan dengan lebih mudah dan menyeluruh.

Memahami Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

unsplash.com/@vsolomianyi

Dalam mempelajari ilmu ekonomi, kamu akan menemukan istilah yaitu ekonomi mikro dan makro yang menjadi dasar pemahaman. Keduanya memiliki dua fokus terhadap lingkup aktivitas yang cukup berbeda dengan satu sama lain. Agar kamu bisa mengetahui dan memahami apa saja perbedaan ekonomi mikro dan makro, maka perlu untuk memiliki pengertian dasar dari keduanya. Hal ini akan membantu kamu untuk mempermudah dalam membedakan ruang lingkup serta cara kerja dari keduanya.

A. Ekonomi Mikro

Sebelum membahas perbedaan ekonomi mikro dan makro, perlu untuk kamu mengetahui apa itu ekonomi mikro. Pada dasarnya, ekonomi mikro merupakan bagian dari cabang ilmu ekonomi yang memiliki cakupan untuk membahas aktivitas ekonomi dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Studi yang dilakukan lebih berfokus terhadap tindakan atau perilaku individu, rumah tangga, maupun perusahaan dalam pengambilan keputusan. Hal ini memiliki hubungan langsung dengan penggunaan sumber daya yang tersedia.

Ekonomi mikro digunakan untuk bisa memahami dan menemukan terkait dengan faktor yang memiliki kontribusi dalam keputusan yang diambil. Selain itu, keputusan ini nantinya memberikan dampak yang sifatnya langsung pada cara kerja dari pasar umum. Tujuan dilakukannya analisis pada ekonomi mikro yaitu untuk mengetahui dan memahami bagaimana pola upah, pekerjaan, pendapatan, dan pengeluaran yang terjadi. Dalam arti lain, mengetahui bagaimana pola perilaku yang dimiliki oleh konsumen serta pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan serta dampak yang ditimbulkannya.

B. Ekonomi Makro

Dalam memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro, kamu juga perlu untuk mengetahui pemahaman dari ekonomi makro itu sendiri. Pada ekonomi makro, pembahasan yang dilakukan dalam bidang ini menggunakan cakupan wilayah yang lebih luas dari ekonomi mikro. Dalam pengertian lain, ekonomi makro digunakan untuk melihat bagaimana faktor pengambilan kebijakan ekonomi dalam tingkat nasional bisa berjalan. Pendekatan yang digunakan yaitu melalui top down

Kajian yang dilakukan pada ekonomi makro biasanya mencakup dalam hal pendapatan secara nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tentunya deflasi. Kemudian, cabang ilmu satu ini juga mempelajari terkait dengan permasalahan yang berkaitan dengan pengangguran, investasi, siklus ekonomi, kebijakan, dan juga organisasi ekonomi internasional. Kajian yang dilakukan juga berhubungan dengan proses pengambilan keputusan yang sifatnya lebih umum dan melibatkan pemerintah. Secara singkat, level analisis yang dilakukan yaitu dalam tingkat nasional dan mencakup kehidupan orang banyak secara umum.

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Setelah kamu memahami pengertian dari ekonomi mikro dan makro, kamu pastinya bisa menemukan sedikit hubungan di antara keduanya. Mengingat bahwa ruang lingkup yang dimilikinya berbeda, maka perbedaan ekonomi mikro dan makro juga bisa dilihat dari cara kerja yang dimilikinya. Namun, keterikatan yang dimiliki keduanya masih bisa dibilang cukup kuat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Berikut ini beberapa perbedaan yang dapat kamu pahami dengan lebih mudah di antara kedua cabang ilmu ekonomi tersebut.

1. Konsep Dasar

Hal utama yang terletak dalam perbedaan ekonomi mikro dan makro yaitu berada pada konsep dasar yang dimilikinya. Keduanya memiliki variabelnya masing-masing yang digunakan dalam proses analisis untuk perjalanan ekonomi yang ada. Pada ekonomi mikro sendiri memiliki tiga konsep dasar teori yang digunakan, diantaranya yaitu teori produksi, harga, dan distribusi. Sementara pada ekonomi makro terdapat keluaran atau output, pendapatan atau income, pengangguran, inflasi, dan juga deflasi.

2. Aspek Analisis

Dalam penjelasan mengenai pengertian dari ekonomi mikro dan makro, mungkin kamu sudah bisa  membedakan terkait dengan cakupan yang digunakan. Perbedaan ekonomi mikro dan makro cukup jelas berada pada ruang lingkup yang keduanya analisis dan pelajari. Pada ekonomi mikro menggunakan variabel-variabel yang lebih sempit atau kecil dalam ruang lingkupnya. Sementara pada ekonomi makro menggunakan variabel-variabel dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Aspek analisis yang digunakan dalam ekonomi mikro lebih fokus terhadap variabel seperti teori produksi, harga, permintaan dan penawaran, elastisitas, analisis biaya serta manfaat. Selain itu, ekonomi mikro juga menggunakan model pasar, industri, perilaku konsumen, mekanisme pasar, dan masih banyak lagi yang sejenis. Sementara itu, pada ekonomi makro lebih banyak menggunakan variabel seperti investasi, pengangguran dan kesempatan kerja. Selain itu, dalam ekonomi makro juga terdapat variabel semacam neraca pembayaran, pendapatan nasional, moneter, inflasi, dan lain sebagainya yang masih semacam.

3. Tujuan Analisis

Mengetahui perbedaan ekonomi mikro dan makro dapat dilihat dari tujuan analisis yang digunakan oleh keduanya. Pada ekonomi mikro lebih banyak menggunakan analisis untuk bagaimana cara agar bisa mengalokasikan penggunaan sumber daya dan menghasilkan keuntungan sesuai dengan apa yang diharapkan. Sumber daya tersebut biasanya dalam bentuk modal, peralatan, bahkan juga tenaga kerja yang dimiliki. Analisis yang digunakan lebih banyak menitikberatkan pada perilaku yang dilakukan oleh individu, perusahaan, maupun juga rumah tangga.

Sementara tujuan analisis yang digunakan pada ekonomi makro lebih banyak melihat pada perekonomian nasional secara menyeluruh. Hal ini juga dikarenakan ruang lingkup yang ada juga berbeda dan sifatnya lebih umum. Biasanya analisis dilakukan untuk memahami bagaimana kegiatan ekonomi yang ada dapat mempengaruhi perekonomian nasional. Bahkan tidak hanya nasional saja, tetapi juga melihat perkembangan dan perjalanan ekonomi dalam lingkup internasional.

Contoh Ekonomi Mikro dan Makro dalam Kegiatan Sehari-hari

Kurang lengkap rasanya jika hanya membahas perbedaan ekonomi mikro dan makro saja tanpa mengetahui contoh yang bisa ditemui sehari-hari. Ada banyak perilaku atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang masuk ke dalam lingkup ekonomi mikro maupun makro. Memahami contoh ini dapat membantu kamu untuk lebih mengenal kedua cabang ilmu tersebut secara lebih mendalam. Berikut merupakan beberapa contoh dari ekonomi mikro dan makro yang banyak ditemukan dalam kejadian sehari-hari.

A. Contoh Ekonomi Mikro

Salah satu contoh dari ekonomi mikro yang dapat kamu temui dalam kehidupan sehari-hari yaitu berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Kamu bisa melihat bagaimana informasi yang ada di dalamnya digunakan untuk menganalisis kinerja yang dimiliki perusahaan tersebut. Setiap informasi yang didapatkan akan digunakan untuk memaksimalkan kapasitas produksi yang dimiliki. Variabel yang ada digunakan dan dianalisis untuk bisa mencapai target ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan.

Contoh lainnya yang dapat kamu temui untuk ekonomi mikro yaitu seperti perilaku yang dimiliki oleh konsumen serta produsen. Selain itu, kamu juga melihat bagaimana proses penetapan harga pasar dan juga pengaruh yang dimiliki untuk distribusi dari barang dan jasa yang ditawarkan. Berkaitan dengan hal ini, kamu juga bisa melihat dan mempelajari terkait dengan laba dan rugi dari perusahaan. Di sisi lain, ekonomi mikro juga menyangkut terkait besarnya gaji yang diterima oleh karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan.

B. Contoh Ekonomi Makro

Terkait dengan contoh ekonomi makro sendiri, ada beberapa istilah yang mungkin sudah biasa kamu dengan saat menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya seperti pertumbuhan ekonomi negara, adanya inflasi dan deflasi, pendapatan per kapita, serta kegiatan ekspor dan impor. Selain itu, terdapat pula investasi dan terjadinya kerjasama yang menyangkut antarnegara yang ada di dunia. Kamu juga bisa menemukan berita atau informasi terkait pendapatan nasional serta tingkat pengangguran yang ada di dalam masyarakat.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai apa saja perbedaan ekonomi mikro dan makro secara lebih menyeluruh. Pada dasarnya, meskipun keduanya cukup berbeda dalam ruang lingkupnya, tetapi keduanya perlu dipahami secara berbarengan karena masih berkaitan. Semoga penjelasan ini semakin membuat kamu lebih memahami bagaimana ekonomi mikro dan makro bekerja. Untuk informasi yang edukatif lainnya, kamu bisa membacanya melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta