5 Perbedaan Serta Contoh Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

 karin | Sen, 23 Sep 2019

5 Perbedaan Serta Contoh Kerja Keras Dan Kerja Cerdas – Kerja adalah sesuatu aktivitas sengaja dilakukan oleh seseorang sebagai profesi agar mendapatkan penghasilan. Ini mencakup pengertian bahwa bekerja adalah pengeluaran energi untuk kegiatan yang dibutuhkan oleh karyawan supaya mencapai tujuan tertentu. Ketika menjalankan pekerjaan itu dikerjakan dengan sengaja serta kesadaran.

5 Perbedaan Serta Contoh Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

Ada dua macam kerja, yakni kerja keras dan kerja cerdas, lantas apa bedanya?

1. Kerja Keras

a. Karakteristik orang yang kerja keras biasanya Pantang Menyerah

Pribadi yang senang bekeruja keras akan berusaha sekuat kemampuannya untuk mencari cara bagaimana ia bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Hal itu juga sebagai pembuktian bahwa ia memiliki kemampuan yang bisa diperhitungkan oleh atasannya.

b. Kerja keras sering dianggap sebagai kunci untuk menggapai kesuksesan atau keinginan

Kerja keras harus dilakukan kalau mau meraih apa yang sedang diinginkan atau dicita-citakan. Maka kerja keras dapat diartikan sebagai tindakan yang pantang mundur atau pantang menyerah, tak mengeluh, sampai mengapai kesuksesan. Namun, harus dipahami betul tentang bagaimana mengatur pekerjaan tersebut menjadi lebih efektif, efisien dan tidak membuang tenaga lebih banyak. Jangan sampai, bekerja keras justru hanya akan membuat melewatkan kesempatan lain yang jauh lebih berharga.

c. Membutuhkan waktu yang lebih

Bukan berarti lama, pekerja workaholic akan berusaha melakukan pekerjaannya sebaik dan sesempurna mungkin agar tak ada hal yang terlewatkan. Oleh karena itu mereka yang tipe kerja keras membutuhkan waktu yang lebih dibandingkan pekerja pada umumnya.

d. Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil

Dengan usaha yang keras maka hasil positif yang diharapkan akan dengan mudah didapatkan.

e. Suka tantangan

Tak semua orang suka dengan tantangan baru dalam pekerjaannya. Salah satu alasannya karena harus belajar lagi untuk menguasainya. Daripada membuang waktu buat belajar lagi, orang yang suka kerja keras memilih memakai waktunya untuk mengerjakan job task yang sudah menumpuk.

2. Kerja Cerdas

a. Kerja cerdas untuk menyimpan energi yang lebih

Menyimpan energi yang lebih untuk apa? Dengan work smart kamu bisa menghibur diri setelah kerja yang melelahkan. Kamu bisa menyisihkan waktu untuk keluarga atau orang terdekatmu,

b. Kerja keras berbicara tentang ketekunan, sedangkan work smart berbicara tentang kreatifitas

Berbicara tentang kerja cerdas, kreatifitas yang diperlukan di sini, adalah tentang bagaimana kamu bisa membaca situasi atau peluang untuk mengambil keputusan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dan baik pula.

c. Lihai memanfaatkan momen

Bila si penyuka kerja keras suka dengan tantangan, bukan berarti pekerja cerdas tak suka. Hanya saja, ia menunggu momen yang tepat untuk menerimanya.

d. Mencari metode bekerja yang efisien

Tipe pekerja yang satu ini cenderung mencari alternatif lain dalam menyelesaikan sebuah masalah atau tugas yang diberikan kepadanya. Salah satu alasan kenapa mereka memilih metode kerja seperti ini yaitu karena dia tak cocok dengan metode kerja yang konvensional.

e. Mengutamakan kerja sama tim

Kerja sama tim sangat dibutuhkan oleh si pekerja cerdas karena ia sedikit bergantung pada bantuan dan saran dari orang lain untuk mendapatkan metode kerja yang menghasilkan produktivitas maksimal.