Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi (ST) dan Akademi

Posted on Posted in Kampus, Mahasiswa Baru, Perkuliahan, Seputar Mahasiswa

Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi (ST) dan Akademi – Sedang mempersiapkan perkuliahan? Sudah tahu mau melanjutkan jenjang pendidikan tinggi dimana? Tak hanya universitas, rupanya banyak sekali jenis jenjang pendidikan tinggi yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa. Jenjang pendidikan tinggi tersebut di antaranya: Institu, Poliktenik, Sekolah Tinggi, dan Akademi.

Namun, meskipun nama-nama tersebut terdengar familiar di telinga, tak banyak lho yang mengetahui perbedaan dari Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, dan Akademi tersebut. Lantas apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini:

Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi (ST) dan Akademi, Calon Mahasiwa Wajib Tahu

1. Universitas

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti “komunitas guru dan akademisi”. Pendahulu universitas sudah ada lama di Asia dan Afrika, akan tetapi sistem universitas modern berakar pada universitas Abad Pertengahan di Eropa, yang diciptakan di Italia dan pada dasarnya berakar pada Sekolah Kristen untuk pendeta di masa Abad Pertengahan Tinggi.

Kata bahasa Latin asli, universitas, secara umum berarti orang-orang yang terasosiasi dengan sebuah badan, masyarakat, perusahaan, komunitas, kelompok pekerja, korporasi, dll. Dengan perkembangan kehidupan urban, serta munculnya kelompok pekerja di Abad Pertengahan, arti istilah ini kemudian berkembang menjadi asosiasi siswa dan guru dengan hak legal kolektif yang biasanya dipersetujui dalam sebuah pakta yang dikeluarkan oleh pangeran atau pemimpin kota mereka.

Seperti kelompok pekerja lainnya, universitas yang ada pada masa itu memiliki peraturannya sendiri dan bebas menentukan kualifikasi anggotanya sendiri. Di masa modern, arti kata ini telah berubah menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang menawarkan pengajaran dalam bidang-bidang nonvokasi dan biasanya memiliki kekuasaan untuk memberikan gelar.

2. Institut

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sama halnya seperti universitas, peguruan tinggi bebentuk institut juga memiliki sejumlah fakultas yang menyelenggarakan program studi atau jurusan tesendiri. Misalnya, Institut Kesenian Jakarta, yang terdapat fakultas Seni Rupa & Desain, fakultas petunjukan, fakultas film & televisi. Misalnya, Fakultas Seni Pertunjukan di IKJ menyelenggarakan jurusan Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, Etnomusikologi.

3. Politeknik

Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis.

Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional. Istilah politeknik berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘banyak’ dan tekhnikos yang berarti ‘seni’.

4. Sekolah Tinggi (ST)

Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan juga profesi. Bedanya, ST mengadakan hanya satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jadi satu kampus Sekolah Tinggi sama halnya dengan satu fakultas.

Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Desain InterStudi (Kampus STDI) yang menyediakan program studi atau jurusan desain, di antaranya jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Multimedia, Desain Interior, Desain Busana. Sekolah Tinggi cenderung cocok untuk peserta didik yang ingin menjadi seoroang spesialis atau ahli dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan syarat khusus.

5. Akademi

Akademi adalah suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan. Nama ini berasal dari sekolah filsafat Plato yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di Akademia, sebuah tempat suci Athena, dewi kebijaksanaan dan kemampuan, di sebelah utara Athena, Yunani. Di dunia barat, akademia adalah istilah yang umum digunakan untuk institusi pendidikan tinggi secara kolektif.

Akademi dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas. Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Baca juga :  13 Universitas Terfavorit dan Terbaik Untuk Peserta SNMPTN & SBMPTN
Baca juga :  11 PTN Terfavorit dan Terbaik di Indonesia, Kampus Favoritmu nomor berapa?
Baca juga :  Berbagai Kampus Dengan Kuliah Online, Jurusan Dan Pendaftaran Kuliah Online!