Perlukah Memakai Face Shield Saat Kuliah atau di Tempat Kerja?

 Almara Jati | Jum, 12 Jun 2020

Perlukah Memakai Face Shield Saat Kuliah atau di Tempat Kerja? – Di masa pandemi Covid-19 ini, penyesuaian dan perubahan terjadi di berbagai sektor kehidupan kita. Kebiasaan kita dalam menjalani rutinitas juga mulai berubah seperti selalu menggunakan masker dan menjaga jarak dari orang lain. Perubahan yang memang paling umum kita lihat adalah semua orang yang kita temui menggunakan pelindung diri untuk mencegah penularan virus Corona. Selain masker, kamu juga bisa memakai face shield jika kamu harus kuliah atau bekerja.

Pentingnya Memakai Face Shield Saat Kuliah atau di Tempat Kerja

unsplash.com

Saat ini, keadaan mungkin memang sudah mulai bergerak menuju new normal. Beberapa kantor sudah mulai beroperasi namun dengan menerapkan protokol new normal yang ditetapkan pemerintah, salah satunya adalah dengan menggunakan pelindung wajah seperti masker atau face shield. Lalu, apakah sebenarnya kamu perlu memakai face shield saat kamu sudah mulai menjalankan aktivitasmu seperti biasa nanti? Simak pembahasan dari Mamikos tentang perlu tidaknya memakai face shield saat kuliah atau di tempat kerja yang berikut ini.

Perdebatan Tentang Memakai Face Shield dan Masker

Jika kamu memakai masker saat meninggalkan rumah, kamu mungkin tidak melakukannya karena kamu memang mau menggunakannya. Masker terkadang bisa terasa tidak nyaman dan sulit digunakan dengan benar. Jika masker tidak diaplikasikan dan dilepas dengan tangan bersih, kamu tetap saja bisa terancam tertular virus yang menempel di tanganmu.

Kini, semakin banyak peneliti berpikir bahwa ada cara yang lebih baik, yaitu dengan memakai face shield. Face shield adalah pelindung wajah dengan panel plastik melengkung yang bisa dikatakan lebih nyaman, lebih mudah dikenakan dan dilepas, dapat digunakan kembali, dan mudah dibersihkan. Tetapi yang paling penting, face shield bisa digunakan secara lebih efektif dibandingkan dengan masker.

Dalam sebuah studi Journal of Occupational and Hygiene Environment 2014, para peneliti di National Institute for Occupational Safety and Health Ohio memakaikan face shield pada robot pernafasan dan memiliki robot lain yang berjarak 18 inci yang menularkan batuk. Face shield tersebut terbukti mencegah robot pernapasan dari menghirup 96 persen virus dalam 5 menit. Dalam tes tambahan, efektivitas memakai face shield bervariasi berdasarkan ukuran tetesan yang dikeluarkan. Akan tetapi indikasi secara keseluruhan dari penelitian tersebut adalah bahwa memakai face shield dapat melindungi pemakainya dari kuman atau virus yang ditularkan oleh orang lain.

Memakai Face Shield Secara Efektif

Namun, beberapa orang justru memiliki pandangan skeptis terhadap face shield karena terbuka di sisi samping dan bawah. Di satu sisi, penelitian menunjukkan bahwa virus Corona biasanya menyebar melalui tetesan besar yang dikeluarkan dari mulut atau hidung seseorang, yang ditarik ke bawah oleh gravitasi dalam radius 6 kaki. Memakai face shield bisa mencegah virus mengenai orang lain yang dari jarak dekat. Untuk masuk melalui celah face shield, virus harus berlama-lama di udara dalam partikel yang lebih kecil yang dikenal sebagai aerosol untuk kemudian bisa melayang-layang di sisi perisai.

Meskipun memakai face shield dari plastik dapat digunakan sebagai pengganti masker saat berada di luar, para ahli dari Singapura menyarankan agar masker bedah atau masker yang dapat digunakan kembali harus dipakai juga untuk perlindungan yang lebih efektif. Selain itu, menurut Departemen Kesehatan Singapura masker apapun termasuk face shield dari plastik dapat dikenakan karena kegunaannya sebagai perlindungan dasar yang memadai bagi orang-orang yang perlu meninggalkan rumah mereka selama periode “circuit breaker” ini. Para ahli penyakit menular dari Singapura juga memperingatkan bahwa memakai face shield semacam itu memberikan perlindungan terbatas dan harus dipakai bersama dengan masker lain agar efektif.

Kemudian, Kementerian Kesehatan Singapura juga mengatakan bahwa orang-orang harus memakai face shield ketika meninggalkan rumah atau dalam situasi di mana sulit untuk memastikan jarak yang aman, seperti pada transportasi umum. Face shield, di sisi lain, dapat digunakan dalam situasi di mana tidak praktis untuk menggunakan masker wajah dan di mana ada jarak yang aman dapat dipertahankan, seperti guru berbicara untuk waktu yang lama di depan kelas. Face shield juga dapat digunakan oleh individu dengan kesulitan memakai masker wajah, seperti anak kecil atau orang dengan kesulitan bernafas.

Cara Memakai Face Shield

Lalu, bagaimana cara memakai face shield yang benar? Pastikan seluruh wajah ter-cover oleh face shield mulai dari telinga ke telinga dan dahi ke dagu. Face shield sendiri berfungsi untuk melindungi mata dan bagian wajah lainnya dari tetesan yang mungkin mengandung partikel virus. Selain itu, memakai face shield juga bisa mencegah virus agar tidak menyebar dari orang yang sakit yang berguna sebagai penghalang.

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Face Shield

Sesuai dengan yang telah disebutkan di atas, beberapa peneliti menyebutkan bahwa setiap orang disarankan memakai face shield sebagai perlindungan dari virus Corona. Meski begitu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan face shield. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan memakai face shield yang telah Mamikos rangkum.

Kelebihan Memakai Face Shield

  1. Efektif melindungi area mata, hidung, dan mulut
  2. Mudah dibersihkan dan bisa digunakan kembali
  3. Bisa mencegah kebiasaan menyentuh wajah
  4. Bahan plastik pada face shield susah ditembus virus dan cairan, tidak seperti masker berbahan serat kain
  5. Memberikan perlindungan yang membentang di seluruh bagian wajah
  6. Tidak mengganggu pernapasan, terlebih bagi yang kesulitan memakai masker wajah seperti bayi atau anak kecil
  7. Tidak menghalangi suara
  8. Tidak menghalangi komunikasi non verbal
  9. Dapat dipakai bersamaan dengan APD lainnya, seperti masker
  10. Memperpanjang umur masker jika digunakan secara bersamaan
  11. Sudah banyak dijual dengan harga murah
  12. Mencegah masker wajah dari kebasahan

Kekurangan Memakai Face Shield

  1. Memiliki celah di bagian samping dan bawah
  2. Mudah berembun
  3. Tidak diperuntukkan sebagai pelindung pernapasan primer
  4. Terasa panas dan pengap jika dipakai telalu lama
  5. Tidak memiliki segel yang baik atau rapat, sehingga memudahkan droplet atau aerosol masuk lewat celah yang terbuka

Perlukah Memakai Face Shield Saat Kuliah atau Bekerja?

Dengan pertimbangan bahwa ada lebih banyak kelebihan daripada kekurangan memakai face shield, maka jawabannya adalah ya. Penggunaan face shield mungkin memang belum umum di Indonesia. Tetapi, beberapa negara lain di Asia seperti Thailand sudah mulai memakai face shield untuk mencegah penularan virus Corona. Untuk pencegahan yang lebih maksimal, sesuai penjelasan di atas, kamu bisa menggunakan masker juga sebelum memakai face shield.

Akan tetapi, kamu juga tetap harus menjaga kebersihan tanganmu. Seperti penjelasan di atas, kalau kamu akan membuka masker, kamu harus membersihkan tanganmu terlebih dahulu. Virus yang hinggap di tanganmu bisa hinggap di wajahmu saat kamu melepas masker. Cucilah tanganmu telebih dahulu dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer untuk membasmi virus dan kuman sebelum melepas masker dari wajahmu.

Saat ini, kamu bisa mencari face shield dengan mudah di aplikasi belanja online. Harga dari face shield berkisar mulai dari puluhan ribu hingga raturan ribu rupiah. Kamu juga bisa membuatnya secara manual dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti foam, pita kain, dan plastik mika.

Selain menjagamu tertular dari virus yang dibawa oleh orang lain, memakai face shield ternyata jauh lebih efektif dibandingkan dengan masker. Jika memakai face shield, kamu masih bisa melihat wajah temanmu di perkuliahan atau di kantor. Karena plastik face shield yang transparan, komunikasi pun tidak akan terhambat oleh masker yang bisa menutupi mulutmu. Jadi, memakai face shield saat kuliah atau di tempat kerja sedikit banyak ternyata memang diperlukan.

Nah, demikianlah informasi yang bisa Mamikos tentang perlu tidaknya memakai face shield saat kuliah atau di tempat kerja. Ketika nanti diharuskan untuk berangkat kuliah atau pergi ke kantor, kamu tetap harus menjaga diri. Kampus dan kantor adalah salah satu tempat yang memiliki kemungkinan besar berkumpulnya banyak orang. Kamu tidak tahu apakah ada teman kuliah atau rekan kerjamu yang tertular atau tidak, sehingga ada baiknya kamu menggunakan pelindung wajah seperti face shield dan masker seperti yang sudah disebutkan di atas.  Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: