8 Tips Sukses Meningkatkan Karir di Masa New Normal

 Almara Jati | Kam, 11 Jun 2020

8 Tips Sukses Meningkatkan Karir di Masa New Normal – Keadaan yang belum juga berangsur pulih mengharuskan perusahaan dan instansi pemerintahan menyesuaikan diri. Perubahan dilakukan di sana dan sini untuk tetap menjalankan roda perekonomian sambil berdampingan dengan pandemi Covid-19. Akan tetapi, kondisi new normal ini tidak boleh membuatmu berhenti berkembang di tempat kerja. Berikut akan Mamikos sampaikan beberapa tips sukses meningkatkan karir di masa new normal.

Informasi Terbaru Tips Sukses Meningkatkan Karir di Masa New Normal

unsplash.com

Siapa yang bilang kalau pandemi ini akan menghentikanmu dari mengembangkan karirmu? Apapun kondisinya, kamu masih tetap bisa berkarya dan meningkatkan karirmu di tempat kerja. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa meningkatkan karir di masa new normal ini? Simak 8 tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang akan Mamikos berikan.

Aturan New Normal di Tempat Kerja

unsplash.com

Sebelum mengetahui tips sukses meningkatkan karir di masa new normal, kamu harus terlebih dahulu tahu beberapa aturan di tempat kerja yang harus kamu terapkan di masa new normal ini. Pada tanggal 24 Mei 2020, Menteri Kesehatan mengeluarkan aturan menjalankan new normal di kantor yang teruang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Berikut adalah rincian dari aturan new normal di tempat kerja.

  1. Perusahaan wajib membentuk Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat kerja.
  2. Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai Covid-19 (gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas) untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.
  3. Tidak memperlakukan kasus positif sebagai suatu stigma.
  4. Pengaturan bekerja dari rumah (work from home) dengan menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah.
  5. Di pintu masuk tempat kerja lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self Assessment Risiko Covid-19 untuk memastikan pekerja yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit Covid-19.
  6. Pengaturan waktu kerja tidak terlalu panjang (lembur) yang akan mengakibatkan pekerja kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan/imunitas tubuh.
  7. Jika memungkinkan tiadakan shift 3 (waktu kerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari). Bagi pekerja shift 3 atur agar yang bekerja, terutama pekerja berusia kurang dari 50 tahun.
  8. Mewajibkan pekerja menggunakan masker sejak perjalanan dari/ke rumah, dan selama di tempat kerja.
  9. Mengatur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja, pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Jika memungkinkan pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C.
  10. Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan desinfektan yang sesuai (setiap 4 jam sekali). Terutama pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan kantor yang digunakan bersama, area dan fasilitas umum lainya.
  11. Menjaga kualitas udara tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja, pembersihan filter AC.
  12. Menyediakan hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70 persen di tempat-tempat yang diperlukan (seperti pintu masuk, ruang meeting, pintu lift, dll).
  13. Menyediakan sarana cuci tangan (sabun dan air mengalir). Kemudian memberikan petunjuk lokasi sarana cuci tangan. Lalu memasang poster edukasi cara mencuci tangan yang benar.
  14. Physical distancing dalam semua aktivitas kerja. Pengaturan jarak antar-pekerja minimal 1 meter pada setiap aktivitas kerja (pengaturan meja kerja/workstation, pengaturan kursi saat di kantin, dll).
  15. Mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja seperti makanan seimbang dan olahraga teratur.
  16. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Mendorong pekerja mencuci tangan saat tiba di tempat kerja, sebelum makan, setelah kontak dengan pelanggan/pertemuan dengan orang lain, setelah dari kamar mandi, setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi.
  17. Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat shalat, alat makan, dan lain lain.

Daftar Lengkap 8 Tips Sukses Meningkatkan Karir di Masa New Normal

Selain perusahaan, kamu sendiri juga harus bisa mempersiapkan diri menghadapi new normal di dunia kerja. Kamu harus memiliki caramu sendiri untuk bisa mempertahankan pekerjaanmu di tengah perubahan karena pandemi ini. Tidak hanya bertaha, tapi kamu juga harus bisa meningkatkan karir di masa new normal ini. Inilah 8 tips sukses meningkatkan karir di masa new normal.

1. Fokus Pada Hal yang Bisa Kamu Kendalikan

unsplash.com

Di masa new normal, kamu perlu menyadari bahwa ada banyak hal yang tidak bisa kamu kendalikan. Kamu tidak bisa mengetahui kapan pandemi ini selesai, kamu tidak tahu kapan vaksin akan ditemukan, dan kamu mungkin juga tidak bisa mengetahui apa yang terjadi pada dunia ini jika pandemi tidak kunjung usai. Cobalah untuk fokus terlebih dahulu pada hal-hal di sekitarmu yang bisa kamu kendalikan. Selain itu, jangan pula kamu overthinking terhadap masa depanmu maupun dunia ini.

2. Memperkuat Ketahanan Mental

unsplash.com

Tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang kedua adalah dengan menguatkan mentalmu. Ketika kamu menghadapi suatu kegagalan, berhentilah terpuruk dan memandang kegagalan itu sebagai suatu hal yang buruk. Kamu terkadang harus bisa mengubah sudut pandangmu dan anggaplah bahwa kegagalan adalah salah satu cara bagimu untuk belajar dan berproses. Bukankah tidak ada guru yang lebih baik daripada pengalaman diri sendiri tentang kegagalan?

3. Fokus Pada Dirimu Sendiri

unsplash.com

Tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang selanjutnya adalah mengerahkan seluruh fokus untuk dirimu sendiri. Kalau kamu terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain, kamu tidak akan bisa menghindarkan pikiran negatif tentang dirimu sendiri. Ubahlah pola pikirmu menjadi lebih positif dengan menjadikan pengalamanmu di masa lalu sebagai perbandingan dengan dirimu yang sekarang. Fokuslah pada hal apa yang harus kamu perbaiki, apa yang harus kamu kembangkan, dan apa yang harus kamu pertahankan.

4. Mengasah Kemampuan Diri

unsplash.com

Kalau kamu ingin tetap bertahan di dunia kerja saat masa new normal ini, kamu harus terus mengasah hard skill sekaligus soft skill-mu. Tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang satu ini bisa kamu terapkan melalui berbagai cara. Kamu bisa mengikuti beberapa pelatihan atau seminar kerja yang disediakan di internet untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki. Berusahalah untuk selalu memperlihatkan kualitas diri yang terbaik, seperti optimis, proaktif, mampu menyelesaikan masalah, serta empati pada rekan kerja.

5. Kuatkan Hubungan Dengan Jejaring

unsplash.com

Di masa new normal, kamu bisa menyusun rencana baru dengan mencari saran dan bantuan dari jejaring yang kamu miliki. Manfaatkan media sosial yang sering kamu gunakan atau LinkedIn untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau minatmu. Selain itu, kamu juga bisa menambah lingkup jejaringmu dengan orang-orang yang menurutmu inspiratif seperti misalnya CEO perusahaan atau penulis buku-buku motivasi. Dengan begitu, kamu bisa menjaga pola pikirmu tetap positif dan menambah wawasanmu.

6. Berikan Perhatian Pada Sistem Kerja Jarak Jauh

unsplash.com

New normal mengharuskan kita untuk terus menjalin komunikasi dengan rekan kerja meskipun tidak bisa bertemu secara langsung. Tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang selanjutnya adalah kamu harus bisa mendidik dirimu sendiri tentang aspek pekerjaan dalam budaya baru new normal, seperti pengaturan teknis, etika rapat jarak jauh, hingga budaya tim. Berusahalah untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dan jelas meskipun hanya melalui internet. Jangan sampai kesalahpahaman tentang detail pekerjaan membuat pekerjaanmu yang lainnya menjadi terhambat.

7. Jadilah Orang yang Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

unsplash.com

Seiring dengan penyesuaian di berbagai sektor pekerjaan, kamu juga harus bisa menyesuaikan diri. Jangan mempersulit dirimu dengan menolak perubahan yang ada jika kamu ingin bisa meningkatkan karir di masa new normal ini. Jadilah orang fleksibel dan siap menghadapi perubahan dalam segala situasi untuk menunjang karirmu. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat atas perubahan yang terjadi dengan sistem kerjamu.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang satu ini. Kamu bisa mulai melakukan hal-hal baru yang sesuai dengan perubahan sistem kerja new normal seperti belajar kemampuan penggunaan teknologi. Kamu juga harus melakukan apa yang menjadi tanggung jawabmu sembari mencoba mencari cara untuk bisa menyesuaikan diri, yaitu membuat rutinitas baru, mengatur waktu, hingga menjaga kesehatan dan pola makan. Kamu juga harus fokus pada kesehatan mentalmu dengan melakukan hal-hal menyenangkan sesuai hobimu seperti memasak, berkebun, bermain musik, atau membaca buku.

8. Terus Bangun Kerja Sama

unsplash.com

Di rumah, kamu diajarkan oleh orang tuamu untuk saling bahu membahu mengerjakan pekerjaan rumah. Kamu juga diajarkan untuk bisa saling berkompromi, memahami anggota keluarga satu dengan lainnya, serta bisa membagi waktu. Hal tersebut juga harus kamu terapkan pada pekerjaanmu. Jalinlah kerja sama yang baik dengan rekan-rekan kerjamu.

Tips sukses meningkatkan karir di masa new normal yang terakhir adalah dengan membangun kerja sama di tempatmu bekerja. Di masa new normal, kamu memang harus fokus pada dirimu sendiri. Tapi, kamu juga harus tetap menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan kolega, atasan, atau anak buahmu. Sebuah pekerjaan tidak akan bisa terselesaikan dengan baik tanpa adanya kerja sama antar karyawan, bukan?

Itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait 8 tips sukses meningkatkan karir di masa new normal. Meskipun kondisi dan situasi mengharuskanmu menghadapi beberapa perubahan, kamu harus selalu siap agar kamu tetap bisa berkembang menjadi lebih baik lagi di dunia kerja. Jangan pernah sepelekan perubahan-perubahan kecil karena itulah yang justru bisa membantumu membawa perubahan yang lebih besar lagi.  Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: