5 Contoh Permainan Indoor untuk Karyawan yang Menarik dan Seru

Posted in: Hiburan

5 Contoh Permainan Indoor untuk Karyawan yang Menarik dan Seru- Menjalani rutinitas sebagai karyawan bisa jadi menimbulkan rasa jenuh atau bosan. Ketika pekerjaan mulai menjadi beban dan membuat konsentrasi menjadi buyar, tak ada salahnya sesekali melakukan permainan yang melibatkan sesama karyawan. Selain mampu meredakan kejenuhan, melakukan permainan bersama rekan kerja juga dapat sekaligus membangun keakraban.

Permainan Indoor yang Asyik

pexels.com

Permainan yang dapat dilakukan oleh karyawan di sela jam kerja idealnya merupakan permainan indoor yang dapat dilakukan tanpa perlu mencari lokasi khusus di luar kantor. Permainan ini dapat dilakukan dengan alat bantu tambahan yang sederhana, atau bahkan dengan tangan kosong. Kalau kamu penasaran, berikut beberapa contoh permainan seru yang bisa kamu coba bersama rekan kerjamu.

1. Tepuk Nyamuk dengan Kartu

pexels.com

Meski memiliki unsur kata nyamuk, permainan ini sama sekali tidak melibatkan binatang pengisap darah tersebut. Permainan tepuk nyamuk adalah sebuah permainan yang menggunakan alat bantu berupa seperangkat kartu remi. Namun demikian, tidak semua kartu digunakan dalam permainan. Kartu bergambar joke tidak diperlukan untuk melakukan permainan tepuk nyamuk.

Cara melakukan permainan tepuk nyamuk adalah karyawan diminta untuk duduk secara melingkar, entah melingkari meja atau lesehan. Selanjutnya, seluruh karyawan akan mendapatkan sejumlah kartu yang sebelumnya sudah dikocok agar urutannya menjadi acak. Kartu diletakkan secara tertutup di depan masing-masing peserta dan tidak boleh dilihat angka atau gambarnya. Kemudian, masing-masing pemain membuka kartu miliknya dan meletakannya di tengah lingkaran pemain sambil menyebutkan urutan nomor kartu seperti 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, King, As. Penyebutan ini dilakukan secara berurutan dan bergantian searah jarum jam.

Ketika kartu yang diucapkan sama dengan kartu yang diletakkan di tengah, seluruh pemain harus berlomba-lomba menepuk tumpukan kartu yang terbuka. Pemain yang paling lambat menepuk kartu akan mendapat seluruh tumpukan kartu yang terbuka tadi. Permainan kemudian berjalan kembali dengan melanjutkan nomor kartu yang disebutkan terakhir.

Pemenang permainan indoor untuk karyawan adalah mereka yang kartunya sudah habis duluan, kemudian menepuk dua kali dengan benar. Jika pemain salah menepuk kartu, misalnya yang disebutkan adalah angka 4 namun yang keluar kartu As, maka seluruh kartu yang ada ditengah juga menjadi milik pemain yang salah menepuk tadi.

Meski tampak remeh dan receh, permainan tepuk nyamuk ini juga memiliki manfaat yaitu melatih fokus dan konsentrasi. Karyawan yang mengikuti permainan ini perlu menyamakan kartu yang didengar dengan kartu yang dilihat.

2. Two Truths and One Lie

pexels.com

Permainan indoor kali ini cukup membawa diri saja alias tidak membutuhkan peralatan tambahan. Dalam permainan two truths and one lie, pemain diminta untuk menyebutkan tiga hal terkait dirinya. Salah satu dari tiga hal yang disebutkan adalah karangan belaka. Pemain harus pintar-pintar memilih fakta tentang dirinya yang tidak banyak diketahui oleh orang. Nantinya, karyawan lain diminta untuk menebak, kira-kira mana yang salah dari ketiga pernyataan pemain.

Selain melatih kemampuan untuk berbicara bagi pemainnya, permainan two truths and one lie bisa menjadi salah satu cara untuk lebih mengenal sesama karyawan. Ketika mengkonfirmasi kembali ketiga pernyataan tadi, pemain tentu akan memaparkan informasi tersebut secara lebih lanjut. Informasi ini dapat pula dijadikan sebagai bahan obrolan di kemudian hari.

3. Membangun Rumah dari Sedotan

pexels.com

Permainan indoor untuk karyawan selanjutnya cenderung lebih melibatkan kreativitas yaitu membangun rumah dengan sedotan. Beberapa peralatan tambahan yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah sejumlah sedotan plastik dengan tiga warna berbeda, gunting, dan selotip sebagai perekat. Karyawan nantinya perlu dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian membuat kreasi rumah dari bahan-bahan yang mereka punya.

Syarat untuk membangun rumah tidak sembarangan. Masing-masing rumah harus terdiri dari atap, dinding, serta dasar dengan warna sedotan yang sudah ditentukan. Misalnya sedotan merah untuk atap, sedotan biru untuk dinding, dan sedotan kuning untuk bagian dasar rumah. Jumlah sedotan yang digunakan untuk masing-masing bagian pun sudah ditentukan

Yang menarik adalah, tiap-tiap kelompok tidak diberikan bahan secara lengkap dan utuh. Tujuannya adalah melatih negosiasi serta kompetisi yang sehat. Agar dapat membangun rumah sesuai ketentuan, pemain harus melakukan negosiasi dengan pihak lawan.

Selain membangun rumah, permainan indoor dengan sedotan ini dapat pula bertujuan membangun menara. Entah yang dibangun berupa rumah atau menara, inti dari permainan ini adalah melatih kerjasama dalam sebuah tim.

4. The Candy Games

pexels.com

Permainan indoor yang bisa dilakukan karyawan kali ini melibatkan makanan, yaitu permen atau cokelat yang dilapisi aneka warna seperti skittles, m&m, chacha, jelly bean, dan sebagainya. Para pemain diminta untuk mengambil sejumlah permen dari sebuah wadah. Permen tersebut tidak boleh langsung di makan. Pemain wajib menunggu seluruh pemain mendapatkan permen masing-masing.

Setelah semua pemain mendapatkan permen, pemandu permainan akan menyebutkan satu warna permen, kemudian mengajukan sebuah pertanyaan. Intinya, satu warna permen mewakili satu pertanyaan. Pemain yang mengambil permen dengan warna yang disebutkan harus menjawab pertanyaan yang diajukan terlebih dahulu.

Serupa dengan two truths and one lie, the candy games juga merupakan permainan yang mengajak karyawan untuk saling mengenal satu sama lain. Pemandu permainan pun tidak harus mengajukan pertanyaan, melainkan meminta karyawan untuk menyampaikan pendapat atau pengalamannya mengenai topik tertentu. Bisa jadi, dalam permainan ini, karyawan bisa menemukan rekan kerja yang punya pendapat serupa dalam isu tertentu. Jika memang ada perbedaan pendapat, sebetulnya tidak ada masalah juga.

5. Memindahkan Karet

Permainan indoor untuk karyawan selanjutnya adalah memindahkan karet. Permainan ini membutuhkan beberapa alat bantu berupa karet gelang dan tusuk gigi. Untuk melakukan permainan ini, karyawan akan dibagi ke dalam dua tim. Masing-masing tim harus terdiri dari jumlah orang yang sama.

Selanjutnya, seluruh pemain diminta untuk berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing. Seluruh pemain akan mendapatkan tusuk gigi. Tusuk gigi ini harus digigit dan digunakan untuk memindahkan karet gelang, mulai dari barisan depan hingga barisan paling belakang. Jika karet gelang pertama sudah sampai di paling belakang, peserta paling depan kemudian mundur ke barisan paling belakang. Demikian seterusnya hingga seluruh pemain mendapatkan kesempatan menjadi yang terdepan. Tim yang menang adalah tim yang paling banyak memindahkan karet gelang.

Ketika menggigit tusuk gigi, komunikasi karyawan yang tengah melakukan permainan ini tentu menjadi terbatas. Hal ini justru dapat melatih koordinasi dan kekompakan karyawan, meski tanpa komunikasi verbal.

Demikian contoh permainan indoor yang dapat dilakukan oleh karyawan ketika jenuh bekerja. Selain melakukan permainan, karyawan juga perlu sesekali menggerakkan dan badan agar tidak kaku akibat terlalu tegang saat bekerja.

Selain artikel ini, kamu juga bisa menemukan beragam tips serta artikel menarik mengenai dunia kerja, pendidikan, perkuliahan, hingga kost-kostan lewat website Mamikos . Untuk mendapatkan info kost-kostan idaman, kamu bisa download dan install aplikasi Mamikos di gadget kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah