6 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Posted in: Edukasi

6 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan- Presentasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari perkuliahan maupun pekerjaan. Jika dulu presentasi biasa dilakukan secara manual dengan kertas atau coretan-coretan di papan tulis, perkembangan teknologi membuat presentasi menjadi lebih menarik dengan beragam aplikasi. Saat ini, sudah banyak pilihan aplikasi yang mampu membuat tampilan presentasi menjadi lebih interaktif dan mudah dipahami.

Aplikasi Presentasi Pilihan

pexels.com

Bagi yang tengah menjalani kerja dari rumah atau work from home, keberadaan aplikasi presentasi bisa jadi solusi untuk menjadi pilihan saat harus mempresentasikan pekerjaan. Pasalnya, apabila hanya disampaikan berupa tulisan atau kata-kata saja, mungkin apa yang kita presentasikan menjadi tidak dapat diterima dengan mudah. Hasil presentasi yang telah kita buat sedemikian rupa pun dapat dibagikan lewat layar laptop atau perangkat yang kita gunakan saat meeting virtual.

Jadi, kira-kira aplikasi apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat presentasi kita menjadi lebih menarik? Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Power Point

Siapa tidak kenal dengan Power Point? Aplikasi presentasi ini bisa dibilang merupakan salah satu bagian dari microsoft office yang paling populer. Para dosen atau pengajar bahkan paling sering menggunakan aplikasi ini ketika menyampaikan materi kuliah.

Power Point memiliki berbagai macam fitur yang dapat membuat penyampaian materi menjadi lebih menarik. Tak hanya berupa tulisan, kita juga bisa menyisipkan gambar, tabel, grafik, serta data-data lain yang relevan. Sesuai dengan namanya, materi presentasi yang disampaikan lewat Power Point idealnya berupa poin-poin penting terkait apa yang ingin kita sampaikan. Dari poin-poin inilah, kita tinggal menjelaskan lebih jauh materi yang hendak kita sampaikan.

2. Canva

Secara umum, Canva merupakan layanan yang memudahkan kita membuat aneka desain untuk berbagai macam keperluan. Namun demikian, layanan berbasis website ini juga memiliki fitur khusus untuk membuat presentasi kita menjadi lebih interaktif. Selain itu, Canva menyediakan berbagai macam template yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Selain template, ada pula foto, gambar, tulisan, dan elemen lainnya yang bisa kita tambahkan. Kita bisa pula menyisipkan gambar, video, atau audio pribadi yang kita punya.

Fitur presentasi milik Canva dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi, ada pula beberapa fitur yang hanya bisa digunakan secara berbayar yang dikenal sebagai Canva Pro. Keunggulan lain yang dimiliki Canva adalah kita bisa mendownload hasil presentasi yang sudah kita buat dengan berbagai format seperti JPG, PDF, atau MP4 video jika presentasi yang kita buat memiliki unsur animasi atau gambar bergerak. Tak hanya itu, hasil presentasi ini juga bisa kita download dalam bentuk Power Point untuk dipresentasikan secara offline. Dengan Canva, presentasi yang sudah kamu buat dapat pula kamu bagikan melalui media sosial, e-mail, google drive, link, dan masih banyak lagi.

3. Prezi

Selain Power Point, mungkin kamu juga pernah mendengar aplikasi Prezi. Berbeda dengan Power Point yang menyajikan data atau informasi dalam bentuk slide, presentasi yang ditampilkan oleh Prezi berupa mind map atau kumpulan konsep-konsep yang kemudian dijabarkan kembali secara lebih spesifik. Pada mulanya, kamu perlu menulis topik utama presentasi terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa menambahkan cabang-cabang yang terkait dengan topik tersebut sebagai turunannya.

Cara untuk melakukan presentasi dengan Prezi adalah dengan meng-klik area yang ingin kita presentasika. Area tersebut nantinya akan membesar sehingga dapat dilihat secara lebih jelas oleh audiens. Dengan begini, penyampaian materimu menjadi lebih terkonsep dan tidak membosankan.

4. Visme

Aplikasi presentasi selanjutnya adalah Visme. Selain dapat digunakan untuk membuat presentasi secara langsung, Visme juga memungkinkan kamu untuk memaksimalkan slide presentasi dalam bentuk Power Point yang sebelumnya sudah kamu buat. Caranya adalah dengan meng-import file Power Point yang sudah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya, kamu tinggal memaksimalkan tampilan presentasimu dengan berbagai fitur interaktif yang disediakan oleh Visme.

Jika kamu lebih memilih untuk langsung membuat presentasi dengan aplikasi Visme, kamu bisa juga memilih beragam template yang tersedia. Agar lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan kolom search untuk menemukan template atau fitur-fitur lain yang sesuai dengan tema presentasimu. Visme juga memungkinkan kamu untuk menambahkan animasi dan video yang mampu menonjolkan poin-poin terpenting yang akan kamu sampaikan saat presentasi.

Seperti Canva, Visme juga memiliki fitur untuk membagikan hasil presentasimu lewat media sosial, website, atau link. Apabila kamu tidak ingin membagikan hasil presentasimu secara umum, kamu juga memiliki opsi untuk membagikan projectmu pada beberapa orang secara spesifik. Caranya adalah dengan menambahkan alamat e-mail milik rekan kerja atau orang yang kamu mau. Kamu bahkan dapat juga memberikan izin bagi mereka untuk memberikan komentar hingga berkolaborasi dalam presentasi yang kamu buat.

5. Emaze

Aplikasi presentasi selanjutnya dalam daftar ini adalah Emaze. Aplikasi berbasis cloud ini dapat diakses dengan mudah melalui browser. Emaze merupakan solusi bagi kamu yang ingin membuat presentasi dengan waktu singkat. Kamu dapat dengan mudah mengatur tampilan dengan memindahkan objek yang kamu mau atau mengganti ukurannya secara langsung pada layar yang tersedia.

Pada aplikasi Emaze, kamu pun dapat memilih untuk membuat presentasi secara 2D atau 3D dengan memilih template yang tersedia. Jika ingin menyematkan video dari Youtube, kamu tinggal menyalin url-nya dan menyesuaikan ukuran pada slide presentasimu. Aplikasi Emaze dapat digunakan secara gratis dengan cara login menggunakan Facebook, aku Google, atau e-mail. Jika kamu ingin menggunakan versi yang lebih mutakhir, tersedia juga versi berbayar mulai dari 13$ per bulan dan dibayarkan per tahun. Untuk pelajar, ada juga versi student yang dihargai 5$ per bulan.

6. Slidedog

Slidedog merupakan aplikasi presentasi yang mampu menggabungkan berbagai macam media. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memadukan video, slide Power Point, Prezi, maupun PDF dalam satu tampilan layar. Caranya adalah dengan membuat semacam playlist yang menggabungkan berbagai format presentasi. Artinya, kamu tidak perlu beralih menggunakan aplikasi lain sehingga proses presentasimu menjadi lebih lancar dan minim hambatan.

Untuk merancang presentasi dengan Slidedog, kamu hanya tinggal menggeser file-file yang ingin kamu gabungkan menjadisatu presentasi utuh. Selanjutnya, kamu tinggal mengatur atau menyesuaikan urutan file yang ingin kamu presentasikan. Aplikasi ini dapat kamu download secara cuma-cuma. Akan tetapi, kamu juga bisa meng-upgrade fitur-fiturnya dengan membayar 99$ per tahun.

Demikian 6 rekomendasi aplikasi presentasi pilihan Mamikos yang bisa membuat tampilan presentasimu jadi lebih menarik. Mudah-mudahan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin meng-upgrade tampilan presentasimu agar membuat para audiens lebih terkesan. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya tentang dunia kerja, perkuliahan, pendidikan, dan sebagainya lewat website Mamikos . Download dan install aplikasi Mamikos  di smartphone kamu juga, yuk!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah