19 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh Jawabannya

 Posted on Selasa, Februari 27th, 2018  Posted in CPNS, Lowongan Kerja, Lowongan Kerja Medan, Lowongan Kerja Terbaru, Surat Lamaran Kerja, Tips Loker  Mamikos

15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh Jawabannya – Saat wawancara kerja dengan bahasa Inggris, pertanyaan interview Bahasa Inggris pasti akan menjadi momok utama, terutama kalau kamu tidak begitu mahir berbahasa Inggris. Wawancara kerja memang momen yang mendebarkan, apalagi jika ini pertama kalinya kamu mencoba melamar kerja dan tau-tau sudah disuruh interview kerja dengan bahasa Inggris. Nah, biar gak bingung, berikut ini ada beberapa pertanyaan interview Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Deretan pertanyaan interview Bahasa Inggris di bawah ini adalah yang paling sering ditanyakan ketika interview. Kalau kamu pelajari dengan baik, ada kemungkinan kamu bakal sukses saat interview dengan bahasa Inggris.

15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh Jawabannya

Daftar Isi

1. Could you please introduce yourself?

Bisakah Anda memperkenalkan diri Anda?

Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan interview Bahasa Inggris yang paling dasar. Di tiap sesi wawancara kerja, pasti pewawancara akan meminta kita untuk memperkenalkan diri kita. Salah satu tips untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjawabnya secara singkat saja, jangan bertele-tele. Kalau kepanjangan, pewawancara akan memberi nilai buruk pada kita karena dianggap terlalu jumawa ketika membicarakan diri sendiri.

Contoh Jawaban: Yes, of course. My name is Karina Darmawan. You can call me Rina. I’m 23 years old and I’ve just graduated from Gadjah Mada University, majoring in English Literature. My current daily activity right now is writing on my English-Learning Blog. I consider myself as a creative person who loves new challenges every day. Thank you.

Artinya: Ya, tentu saja (saya bisa memperkenalkan diri). Nama saya Karina Darmawan. Anda bisa panggil saya Rina. Umur saya 23 tahun. Saya baru saja lulus kuliah dari Universitas Gadjah Mada, jurusan Sastra Inggris. Kegiatan saya sekarang ini adalah menulis di blog belajar Bahasa Inggris milik saya. Saya menganggap diri saya ini sebagai seseorang yang kreatif dan menyukai tantangan baru tiap harinya. Terima kasih.

 

2. What department do you apply and why do you interested on it?

Posisi apa yang Anda lamar dan kenapa Anda tertarik melamar posisi tersebut?

Pertanyaan interview Bahasa Inggris ini juga pasti akan ditanyakan di setiap sesi wawancara karena termasuk fundamental. Pewawancara tentunya ingin mengetahui bagian apa yang kamu lamar dan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut. Dengan menanyakan pertanyaan ini, pewawancara biasanya akan mengetahui apa motivasimu dibalik pekerjaan yang ingin kamu ambil. Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu menjelaskan bagian apa yang kamu lamar dan alasan yang kuat serta meyakinkan mengapa kamu tertarik melamar di bagian tersebut.

Contoh Jawaban: I’m really interested in writing so that I applied for the Content Writer position. It is all because I’m really into writing and I’d like to spread good news to the world through my writings.

Artinya: Saya benar-benar tertarik dalam dunia tulis-menulis jadi saya melamar untuk posisi penulis konten. Semuanya karena saya benar-benar suka menulis dan saya ingin menyebarkan kabar baik pada dunia melalui tulisan-tulisan saya.

3. Why did you leave your previous job?

Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya ?

Pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris ini akan selalu ditanyakan oleh pewawancara untuk mengetahui bagaimana sifatmu dalam suatu pekerjaan. Satu-satunya tips dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan tidak menjelek-jelekkan pekerjaan, kantor, atau bos kamu sebelumnya. Jawablah dengan pemikiran ke depan, bukan dengan menoleh ke belakang.

Contoh Jawaban: To be honest, my last job was quite pleasing. However, I have to leave it because I want to face more challenge and I need new experiences for the sake of my future.

Artinya: Jujur saja, pekerjaan saya yang kemarin sebenarnya cukup menyenangkan. Tapi, saya tetap harus meninggalkannya karena saya ingin menghadapi tantangan-tantangan baru dan saya juga butuh pengalaman baru demi masa depan saya.

15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh Jawabannya

 

4. When it comes to your work, when were you most satisfied with it?

Bicara soal pekerjaan, kapan Anda merasa puas dengan pekerjaan Anda ?

Dalam tiap interview kerja, pertanyaan interview Bahasa Inggris ini mungkin akan selalu ditanyakan. Perusahaan biasanya akan menahan diri dari mempekerjakan seseorang yang mudah puas dengan pekerjaannya. Mereka akan lebih suka orang yang berdedikasi tinggi dan tidak buru-buru terpuaskan dengan pekerjaannya. Tips menjawabnya? Yakinkan pewawancara kalau kamu akan terus berusaha sampai mencapai hasil yang terbaik..

Contoh Jawaban: I don’t think I get satisfied too easily. However, I do consider completing my job properly, with all my best, and on time as a satisfying experience.  

Artinya: Saya rasa saya orangnya tidak mudah puas. Tapi, saya menganggap jika saya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan benar, dengan seluruh kemampuan terbaik saya, dan tepat waktu adalah pengalaman yang memuaskan.

 

5. You have strengths, don’t you? Could you please mention three of them?

Anda punya kekuatan. Bisakah Anda sebutkan tiga di antaranya?

Pertanyaan interview bahasa Inggris pasti akan selalu menanyakan kelebihan dan kekurangan. Yang pertama adalah soal kelebihan. Menjelaskan kelebihan lebih susah lho karena jika terlalu over, nanti dikira sombong. Tapi kalau terlalu ‘pasrah’, dikira terlalu rendah diri. Makanya, untuk menjawab pertanyaan kelebihan ini, apalagi cuma suruh menyebutkan tiga saja, jawab dengan singkat dan jujur tanpa menambahkan terlalu banyak basa-basi dan embel-embel.

Contoh Jawaban: I’d like to think that my creativity, my passion to learn new things, and my friendly personality as my strength.

Artinya: Saya menganggap kalau kreatifitas saya, keinginan saya untuk mempelajari hal-hal baru, dan kepribadian saya yang ramah adalah kekuatan saya.

6. And now how about your weaknesses? Could you please mention three of them as well?

Bagaimana dengan kekurangan Anda? Bisakah Anda sebutkan tiga juga?

Sama seperti kekuatan, kelemahan juga jadi favorit pertanyaan interview Bahasa Inggris. Pewawancara biasanya akan mengamati juga gerak-gerik dan bahasa tubuh kamu saat menyebutkan kekurangan. Mereka bisa tau lho bagaimana perasaan dirimu terhadap kekurangan kamu dan melihat apakah kamu adalah pribadi yang mudah menyerah karena dihalang-halangi oleh kekurangan diri. Untuk menjawab pertanyaan ini, sama seperti kelebihan, jawab dengan jujur dan singkat.

Contoh Jawaban: As a human being, I’m sure I have more than three weaknesses. However, I won’t let them stand on my way and bring me down. I think my biggest weaknesses are including my inability to focus when I have too many distractions, the fact that I get bored too easily, and my inability to cope easily with failure.

Artinya: Sebagai manusia biasa, saya yakin saya punya lebih dari tiga kelemahan. Tapi, saya tidak akan membiarkan mereka menghalang-halangi saya dan membuat saya terpuruk. Saya rasa kelemahan terbesar saya antara lain adalah ketidakmampuan saya untuk fokus ketika terlalu banyak hal yang mengalihkan perhatian saya, saya orangnya mudah bosan, dan ketidakmampuan saya untuk menghadapi kegagalan dengan mudah.

7. Why should we hire you?

Kenapa kami harus memperkerjakan Anda ?

Inilah pertanyaan interview Bahasa Inggris yang pasti sangat menjebak. Pertanyaan ini sebenarnya diajukan oleh pewawancara untuk mengetahui seberapa seriusnya kamu dalam melamar kerja. Jawabanmu juga bisa menunjukkan seberapa ahlikah kamu dalam suatu bidang. Untuk menjawab pertanyaan ini, jawab dengan TEGAS. Jangan terlihat ragu-ragu. Berikan alasan yang kuat pada pewawancara agar mereka merasa bahwa kamulah yang paling pantas mengisi posisi di tawarkan.

Contoh Jawaban: I believe I’m the one to fill the position because I’m experienced and I personally have my own passion in this field. I’m sure I can give my best to this position if I’m chosen.

Artinya: Saya percaya jika saya adalah yang cocok untuk mengisi posisi ini karena saya sudah memiliki pengalaman dan saya memiliki ketertarikan tersendiri di bidang ini. Saya yakin saya bisa memberikan yang terbaik untuk pekerjaan ini jika saya terpilih.

Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti

 

8. How much salary you expect to receive every month?

Berapa gaji yang Anda inginkan setiap bulannya ?

Ada pertanyaan interview Bahasa Inggris yang pasti menjebak untuk dijawab, salah satunya ya pertanyaan soal gaji seperti ini. Kalau dijawab dengan nominal yang sedikit, dikira tidak PD dengan kemampuan diri atau terlalu merendah. Jika dijawab dengan nominal yang banyak, takut dikira overconfident dan banyak maunya. Maka, cara paling aman untuk pertanyaan ini adalah dengan memberikan nominal yang tidak terlalu tinggi, tapi tetap di atas standar pemerintah/pemerintah dan disertai dengan embel-embel kerja keras dulu baru gaji naik.

Contoh Jawaban: I am expecting my salary to be around three million rupiahs every month. I do realize that I have a lot to prove to this company. If I can prove myself in a good way in the next couple of months, I believe my salary is going to adjust itself.

Artinya: Saya mengharapkan gaji saya sekitar tiga juta per bulannya. Saya sadar jika saya harus membuktikan banyak hal pada perusahaan ini. Jika saya bisa membuktikan diri saya dengan baik dalam beberapa bulan ke depan, saya percaya gaji saya juga akan menyesuaikan.

 

9. Do you have any strategies to increase our business income?

Apakah Anda memiliki strategi untuk menambah pemasukan bisnis kami ?

Untuk mengetahui pola pikirmu dalam mengembangkan kesuksesan perusahaan, pewawancara biasanya akan mengajukan pertanyaan interview Bahasa Inggris yang satu ini. Jangan ragu-ragu untuk menjawabnya, apalagi menjawab dengan “tidak ada”. Waduh, bahaya itu. Beri tahu jika kamu memiliki banyak ide segar untuk membantu perusahaan mencapai yang terbaik di masa depan.

Contoh Jawaban: Yes, I do have some excellent, fresh ideas to increase the income of the company. It is including the idea of enhancing the social media usage to promote the business.

Artinya: Ya, saya punya beberapa ide bagus dan segar untuk menaikkan pemasukan bisnis di perusahaan ini. Ide-ide tersebut salah satunya adalah memaksimalkan penggunaan sosial media untuk mempromosikan bisnis kita.

 

10. What do you think about working in a team and working under pressure? Can you do it?

Bagaimana pendapat Anda tentang bekerja dalam tim dan di bawah tekanan? Bisakah Anda melakukannya?

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris ini akan memberikan gambaran bagi pewawancara tentang bagaimana kamu saat bekerja dalam tim dan juga dibawah tekanan. Saat menjawab pertanyaan ini, jangan terlalu menggebu-gebu. Selalu jaga emosi dan ketenangan menjawabnya.

Contoh Jawaban: I like working with other people in a team. Personally, I think working in team is more fun because the job can be done quicker. About the pressure, I don’t think I crumble under pressure as long as I stay calm and focus.

Artinya: Saya senang bekerja sama dengan orang lain. Jujur saya, saya rasa bekerja sama dalam tim lebih menyenangkan karena pekerjaannya jadi selesai lebih cepat. Tetang tekanan, saya rasa saya tidak mudah hancur dalam tekanan asalkan saya tetap tenang dan fokus.

 

11. What do you know about our company?

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami ?

Mempelajari tentang profil perusahaan sebelum datang ke wawancara kerja adalah sesuatu yang penting. Kenapa? Karena pasti pertanyaan interview Bahasa Inggris seperti ini akan keluar dalam wawancara. Pewawancara pasti ogah dong melanjutkan wawancara dengan orang yang bahkan gak tau dia sedang wawancara di perusahaan apa yang bergerak di bidang apa. Tips menjawabnya? Kepo dulu pokoknya profil perusahaan yang kamu mau datangi untuk wawancara.

Contoh Jawaban: I know quite a lot of things about your company. Your company is basically a company that engaged in digital services. It is one of the largest ones in this city and makes huge benefits every year. I think it is an honor for anyone to work in a fine company like this.

Artinya: Saya tau cukup banyak tentang perusahaan ini. Perusahaan Anda ini pada dasarnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan digital dan merupakan salah satu yang terbesar di kota ini. Perusahaan ini sudah mencetak untung dalam jumlah besar tiap tahunnya. Saya rasa bisa bekerja di perusahaan sekelas ini merupakan kehormatan bagi siapa saja.

Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti

12. Why do you want to work in our company?

Kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami ?

Pertanyaan interview Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan mereka. Jangan ragu untuk menjawabnya karena jawabanmu seharusnya bisa meyakinkan pihak perusahaan jika kamu serius untuk melamar pekerjaan dan bekerja di perusahaan tersebut. Jangan sekali-kali jawab karena di sini buka lowongan. Big no!

Contoh Jawaban: As I said, working in this company is an honor to everyone. Your company has a good reputation and more importantly seems to be a good place to have an excellent working career in the future. That’s why I’m sure working here is what I want.

Artinya: Seperti yang saya katakan tadi, bekerja di perusahan ini merupakan kehormatan bagi siapa saja. Perusahaan Anda memiliki reputasi yang baik dan lebih pentingnya lagi, perusahaan ini sepertinya adalah tempat yang baik untuk mendapatkan karir pekerjaan yang cemerlang di masa depan. Inilah mengapa saya yakin bekerja di sini adalah yang saya inginkan.

 

13. What are your goals?

Apa tujuan Anda ?

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris ini akan membongkar apa tujuan hidupmu. Pewawancara kerja yang biasanya punya background psikologi akan bisa membaca dengan jelas kepribadian seseorang, termasuk yang jelas atau tidak tujuan hidupnya. Untuk menjawab pertanyaan ini, jawab dengan realistis dan jangan terlalu masuk ke ranah pribadi, seperti “nikah” atau “punya anak” dll.

Contoh Jawaban: Professionally, my goal is to become a better person so that I can give better influence to the people around me, especially at work.

Artinya: Secara profesional, tujuan saya adalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik sehingga saya bisa memberikan pengaruh yang lebih baik pula bagi orang-orang di sekitar saya, terutama di tempat kerja.

14. Do you have any ambitions in your life that you want to archive?

Apakah Anda mempunyai suatu ambisi dalam hidup yang ingin Anda capai ?

Pertanyaan interview Bahasa Inggris ini sebenarnya cuma ingin mengetes seberapa besar keinginanmu untuk mendapatkan ini. Maka, pastikan jawaban yang kamu berikan adalah jawaban yang relevan dengan pekerjaan yang sedang diperjuangkan ini.

Contoh Jawaban: I do have a lot of ambitions that I want to achieve in this life. However, one of the most important ones right now is getting this job. I am ambitious to get this job because I have the feeling that this job is the right one for me and I can bring the best out of me for this job.

Artinya: Saya punya banyak ambisi dalam hidup yang ingin saya raih. Tapi, salah satu yang paling penting saat ini adalah mendapatkan pekerjaan ini. Saya ambisius untuk mendapatkan pekerjaan ini karena saya yakin pekerjaan ini tepat untuk saya dan saya bisa memberikan yang terbaik dari diri saya untuk pekerjaan ini.

15. Do you have working experience in this position before?

Apakah anda memiliki pengalaman kerja pada posisi ini sebelumnya ?

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris ini tentu tujuannya adalah melihat pengalamanmu di bidang yang kamu lamar ini. Perusahaan pasti mengutamakan mereka yang mempunyai pengalaman kerja dan sudah berkecimpung lama di bidang pekerjaan yang ditawarkan. Tips menjawabnya? Jujur saja. Kalau belum ada pengalaman ya sudah bilang saja, dengan embel-embel kamu janji akan terus belajar sampai bisa.

Contoh Jawaban: I do have quite a lot of experiences when it comes to writing. I have my own blog and I wrote for a lot of magazines and newspapers when I was in college.

Artinya: Ya, saya punya cukup banyak pengalaman dalam bidang tulis-menulis. Saya punya blog saya sendiri dan saya dulu juga sering menulis untuk berbagai majalah dan koran semasa kuliah.

16. Do you have questions about this job?

Apakah anda punya pertanyaan tentang pekerjaan ini?

Ini adalah pertanyaan interview Bahasa Inggris yang biasanya sering ditanyakan dan sering menjadi akhir dari wawancara. Pihak instansi tentu menginginkan sikap keingintahuan darimu, dari sini pihak instansi dapat menilai apakah kamu yang melamar benar-benar serius ingin bekerja dan tau bagaimana seluk beluk instansi mereka atau tidak. Jadi, sebisa mungkin, jika pertanyaan ini diajukan, tanyakan semua hal yang membuat penasaran sehingga jika nanti diterima, kamu sudah tau semuanya.

 

17. What can you do for us that other candidates cannot offer?

Apa yang dapat anda lakukan untuk kami tapi tidak dapat dilakukan oleh kandidat yang lain?

Wawancara kerja Bahasa Inggris selanjutnya adalah mengenai pertanyaan tentang apa yang membuat diri kamu lebih baik untuk bekerja di instansi mereka ketimbang orang lain. Ini sebenarnya memang salah satu pertanyaan yang paling sulit dalam wawancara kerja dalam Bahasa Inggris yang kelak membuat kamu terdiam dan tidak bisa menjawab. Maka, kuncinya, untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan berkonsentrasi dan percaya diri pada pembahasan yang bersifat positif dan kualifikasi kerja yang kamu anggap penting serta relevan dan yang terpenting, tidak menjatuhkan orang lain.

 

18. What three positive things would your last boss say about you?

Apa 3 hal positif tentang anda yang diucapkan oleh bos anda yang sebelumnya?

Pertanyaan wawancara kerja Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang hal-hal positif yang dahulu pernah diucapkan oleh boss terdahulu kepada kamu. Pertanyaan ini tentu sangat diperlukan oleh pihak instansi karena mereka ingin tahu, bagaimana diri kamu menurut orang lain yang pernah bekerja bersama kamu. Ini merupakan sebuah pertanyaan yang cukup penting. Maka, bersikap baiklah kamu terhadap orang lain atau boss kamu.

 

19. Can you work with a team and under pressure?

Bisakah anda bekerja dalam tim dan dalam tekanan?

Selanjutnya, pertanyaan wawancara kerja Bahasa Inggris yang akan ditanyakan adalah tentang dapatkah kamu bekerja di dalam sebuah tim dan juga di bawah tekanan. Tentu saja, ini pertanyaan yang sangat penting untuk pihak instansi tanyakan mengingat dalam pekerjaan, kamu pasti akan dihadapkan pada posisi tertekan dalam suatu masalah. Oleh karena itu, kemampuan kamu di sini dalam menjaga emosi dan ketenangan sangat dibutuhkan.

Itu dia tadi 19 pertanyaan interview Bahasa Inggris yang harus kamu pelajari dan perhatikan. Pokoknya, jangan lupa semua pertanyaan interview Bahasa Inggris di atas kamu pahami sebelum wawancara. Jadi, meski kamu tak begitu pasif berbahasa Inggris, kamu tetap paham apa yang ditanyakan pewawancara dan paham bagaiamana cara menjawabnya.

Dapatkan info kost dan apartemen murah dibawah ini.