9 Prodi Baru UI Jurusan D4 dan S1 UI 2021

Tagged: jurusan kuliah

9 prodi baru UI jurusan D4 dan S1 UI 2021 – Salah satu kampus terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI) senantiasa dicari karena reputasi kampus, dosen, dan lulusannya yang tidak diragukan lagi. Ada banyak program studi yang ditawarkan UI, termasuk prodi baru di tahun 2021.

Program Studi Baru di UI untuk D4 dan S1

https://disk.mediaindonesia.com/

Impianmu untuk masuk ke Universitas Indonesia bisa diwujudkan di tahun 2021. Kampus yang menawarkan puluhan jurusan untuk jenjang Diploma hingga Doktoral ini membuka program studi baru bagi calon mahasiswanya. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para lulusan SLTA yang ingin meneruskan studi, tetapi masih bingung dengan prodi atau jurusan tujuan.

Program studi baru di Universitas Indonesia terbuka bagi para pendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri. Adapun bentuk seleksi pada masing-masing jalur tersebut mengikuti aturan penyelenggara.

Program studi baru di Universitas Indonesia mungkin masih dirasa asing. Sebab, para lulusan SLTA menilai bahwa prodi terbaik di UI hanya berkaitan dengan prodi kesehatan, teknik, atau ekonomi saja. Padahal ada peluang karier yang menanti jika lulus dari prodi baru di UI. Kali ini Mamikos akan mengulas prodi baru di Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa di jenjang Diploma IV (D4) dan jenjang sarjana (S1).

Program Studi Baru UI untuk S1

Program studi baru untuk sarjana (S1) di Universitas Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pendaftar. Beberapa prodi baru untuk S1 tersebut sebelumnya memang diperuntukkan bagi jalur reguler. Namun, kini prodi baru S1 di UI bisa dipilih oleh pendaftar jenjang S1 paralel.

Perlu kamu ketahui bahwa pendaftar S1 Paralel di UI dapat dicoba oleh lulusan SLTA yang tidak harus dari tahun 2021, 2020, atau 2019. Meskipun demikian, persiapkan biaya kuliah dengan baik karena menempuh studi di S1 paralel UI lebih mahal dibandingkan S1 reguler. Untuk bisa masuk prodi baru di UI S1, pendaftar wajib mengikuti seleksi SIMAK dan Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB).

1. Program Studi Teknik Perkapalan

unsplash.com

Program Studi Teknik Perkapalan di Universitas Indonesia terbuka bagi kamu yang ingin menempuh jenjang Sarjana (S1). Program studi ini memungkinkanmu untuk belajar lebih banyak terkait bidang perancangan kapal, kegiatan perbaikan kapal dan instalasi permesinannya, proses produksi kapal, hingga aturan kemaritiman. Kamu juga akan diberi pengetahuan terkait manajemen pengelolaan galangan kapal. Harapannya, setelah lulus dari Program Studi Teknik Perkapalan, lulusannya dapat bekerja di bidang industri kemaritiman dalam negeri dan luar negeri, serta industri lainnya.

2. Program Studi Teknik Komputer

unsplash.com

Program Studi S1 paralel di UI yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah Program Studi Teknik Komputer. Prodi yang banyak dibuka di kampus-kampus di Indonesia ini bisa kamu dapatkan di UI. Pada program studi ini, kamu akan belajar tentang penggabungan antara teknik elektro dan ilmu komputer. Jadi, kamu berkesempatan belajar tentang software dan hardware.

3. Program Studi Arsitektur Interior

unsplash.com

Tertarik di bidang arsitektur interior? Cobalah mendaftar Program Studi Arsitektur Interior S1 paralel di Universitas Indonesia. Program studi ini bisa kamu dapatkan di Fakultas Teknik. Kamu akan dibimbing untuk membuat perancangan aspek-aspek interior pada bidang arsitektur. Keilmuan yang didapatkan selama menempuh studi dapat diterapkan di interior bangunan komersial serta bangunan umum. Peluang sebagai konsultan dan perancang setting film pun bisa kamu jalani setelah lulus.

Program Studi Baru UI untuk D4

Jika selama ini UI dikenal memberikan peluang studi untuk jenjang Diploma III (D3) saja, tahun 2021 ini ada peluang bagi kamu yang ingin menjadi Sarjana Terapan kelompok saintek atau kelompok soshim. Program studi tersebut mungkin sedikit asing karena cukup unik, namun lulusannya banyak dicari. Untuk bisa diterima di salah satu program studi jenjang D4 UI, kamu bisa mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) UI dan PPKB Vokasi dengan memilih program studi D3 dan D4.

1. Program Studi Terapi Okupasi

unsplash.com

Ingin berkontribusi bagi penderita kelainan atau kecacatan fisik dan mental? Alasan tersebut bisa menjadikanmu memilih Program Studi Terapi Okupansi di UI ketika meneruskan studi. Orang-orang yang memiliki gangguan pada kinerja okupansional perlu dilatih kemandiriannya agar bisa beraktivitas dan tetap produktif. Keilmuan yang akan kamu dapatkan selama studi bisa langsung diterapkan di lapangan, baik di rumah sakit, pusat rehabilitasi, panti sosial, serta klinik dan sekolah setelah lulus.

2. Program Studi Fisioterapi

unsplash.com

Menempuh Program Studi Fisioterapi di UI akan mengajarkanmu untuk menjadi tenaga ahli di bidang fisioterapi atau sebagai fisioterapis. Nantinya kamu akan diajarkan cara untuk memulihkan gerak serta fungsi tubuh dengan penanganan manual, bantuan alat, peningkatan gerak, serta komunikasi dan edukasi. Peluang lapangan kerja lulusannya bisa di rumah sakit, pusat kesehatan, klinik, bahkan spa.

3. Program Studi Manajemen Rekod dan Arsip

unsplash.com

Program studi di UI yang akan membekali lulusannya dengan kemampuan bidang kearsipan adalah Program Studi Manajemen Rekod dan Arsip. Jangan bayangkan jika kamu akan berhadapan dengan tumpukan kertas sepanjang hari. Sebab, adanya teknologi akan memudahkanmu dalam melakukan manajemen arsip. Karier sebagai pengelola kearsipan sangat menjanjikan, apalagi jika kamu memiliki latar belakang pendidikan di bidang arsip dan sudah menjalani pelatihan kearsipan.

4. Program Studi Bisnis Kreatif

unsplash.com

Sesuai dengan namanya, Program Studi Bisnis Kreatif akan berfokus pada pembinaan mahasiswa dan mahasiswi agar dapat bekerja profesional serta berinovasi dalam bidang bisnis. Selama menjalani studi, kamu akan dilatih agar terampil dalam active collaborative learning, blended learning, project business implementation, problem solving based innovation, dan mempelajari mata kuliah lainnya. Adapun keterampilan yang akan dimiliki lulusannya berkaitan dengan ahli kreasi, prediksi bisnis masa depan, usaha ekonomi kreatif, analisis pasar, dan sebagainya.

5. Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata

unsplash.com

Ketertarikanmu dalam bidang pariwisata dapat menjadi motivasi memilih program studi terkait. Adanya Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata di UI akan melatihmu menjadi seorang ahli di bidang pariwisata yang memiliki kemampuan pengeloaan usaha profesional bidang perjalanan wisata.

Kompetensi pengoperasian usaha jasa perjalanan wisata, konsep pelayanan, penggunaan bahasa yang tepat untuk perjalanan wisata, penerapan konsep sosial budaya dan ekologi dalam usaha pariwisata akan kamu pelajari selama studi. Kamu juga akan belajar etika profesi pariwisata hingga menerapkan teknologi bidang kepariwisataan.

6. Program Studi Produksi Media

unsplash.com

Menempuh studi D4 di Program Studi Produksi Media memungkinkanmu berkarier di bidang media, seperti televisi, radio, perusahaan start up, serta agensi periklanan. Cita-cita sebagai seorang media planner hingga entrepreneur bidang periklanan bisa kamu jalani dengan menempuh studi di program studi ini. Selama menempuh studi, kamu akan dibimbing untuk bisa menciptakan ide-ide bagi media sesuai kebutuhan khalayak. Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar tenang perencanaan, pengarahan, pengaturan, serta pengawasan media. Bagi penyuka tantangan, memilih Program Studi Produksi Media akan menyenangkan.

Demikian informasi 9 prodi baru UI jurusan D4 dan S1 UI 2021 yang bisa kamu pilih saat tes masuk PTN nanti dibuka. Pertimbangkan minat, passion, serta prospek karier yang akan kamu jalani sebelum mendaftar pada program studi yang dibuka. Persiapkan pula jalur tes masuk pilihanmu untuk memperbesar peluang diterima. Tidak masalah jika kamu akan ke UI dengan merantau dari luar kota atau luar pulau karena saat ini sudah tersedia aplikasi pencari kost Mamikos yang akan memudahkanmu mencari tempat tinggal sementara sesuai budget. Dengan mencari kost secara online, kamu bisa memperoleh kost nyaman untuk menunjang studi selama di UI. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta