15 Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen

Posted in: Jurusan Universitas

15 Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen – Salah satu jurusan perkuliahan yang umum ditemukan di perguruan tinggi di seluruh Indonesia adalah jurusan Manajemen. Nah, kalau saat ini kamu sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang kuliah, kamu mungkin bisa mulai mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan ini. Kamu mungkin bisa mempertimbangkan minat, kemampuan, kampus pilihan, serta pekerjaan impian kamu setelah lulus nanti. Berikut akan Mamikos jelaskan seputar beberapa prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen sebagai bahan pertimbangan kamu.

Informasi Terbaru Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen

unsplash.com

Sebelum kamu menentukan akan memilih jurusan kuliah apa, kamu tentu harus terlebih dahulu tahu seluk-beluk jurusan tersebut. Tujuannya adalah agar kamu tidak salah jurusan dan justru akan menghambat proses belajar kamu karena merasa kurang nyaman dengan materi yang diajarkan. Pertimbangan lain yang perlu kamu perhatikan dan tak kalah penting adalah prospek kerja dari jurusan yang akan kamu pilih. Untuk kamu yang akan memilih jurusan Manajemen, kamu bisa simak daftar lengkap 15 prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen yang telah Mamikos himpun berikut ini.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

unsplash.com

Pertama, Mamikos akan memberikan informasi tentang prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen Bisnis. Jurusan ini merupakan cabang dari ilmu Manajemen yang mempelajari kegiatan merancang, mengelola, dan mengoperasikan sebuah usaha dan bisnis. Cakupan dari kegiatan tersebut mencapai seluruh pengaturan mulai dari proses pengerjaan, pengelolaan, sampai kepada cara mendapatkan suatu tujuan bisnis yang diinginkan. Dengan kata lain, kamu akan banyak menyelami pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis suatu perusahaan.

1. Manajer Produksi Industri

Manajer produksi industri merupakan salah satu jenis pekerjaan untuk lulusan kuliah jurusan Manajemen Bisnis yang bisa kamu coba jalani. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mengawasi jalannya kegiatan produksi suatu perusahaan atau industri sehari-hari. Kamu harus melakukan perencanaan, pengarahan, hingga pengoordinasian kegiatan kerja dan sumber daya yang diperlukan untuk pembuatan suatu produk. Semua itu harus kamu sesuaikan dengan spesifikasi biaya, kualitas, dan kuantitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

2. Manajer Penjualan

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang manajer penjualan. Jika bekerja di bidang ini, kamu akan merencanakan, mengarahkan, dan mengoordinasikan distribusi produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan. Pekerjaan yang satu ini juga menuntut kamu untuk mengoordinasikan distribusi penjualan dengan membangun wilayah penjualan, kuota, dan tujuan. Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk bisa menetapkan program pelatihan untuk para pegawai di bidang penjualan.

3. Analis Manajemen Bisnis

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Bisnis yang ketiga adalah sebagai seorang analis manajemen bisnis. Jika beberapa pekerjaan sebelumnya mengharuskan kamu untuk melakukan manajerial, pekerjaan yang satu ini mengharuskan kamu untuk melakukan analisis di suatu perusahaan atau organisasi tempat kamu bekerja. Hal yang menjadi cakupan analisis tersebut di antaranya adalah prosedur dan desain sistem operasional serta sistem lainnya. Kamu juga akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi agar manajemen dapat beroperasi secara optimal.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen Pemasaran

unsplash.com

Selanjutnya adalah prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen Pemasaran bagi kamu yang berminat mengambil jurusan ini. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari tentang analisis, perencanaan, penerapan, hingga pengendalian program yang dirancang oleh perusahaan. Kamu akan dipersiapkan menjadi seseorang yang mampu menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar demi memperoleh laba untuk perusahaan. Untuk kamu yang berminat menyelami ilmu tersebut, berikut adalah beberapa contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Pemasaran yang bisa kamu coba tekuni.

4. Perencana Bisnis Berkelanjutan

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Pemasaran yang pertama adalah menjadi seorang perencana bisnis berkelanjutan. Pekerjaan ini mengharuskan kamu bertindak sebagai seorang koordinator dalam menyusun upaya kelanjutan bisnis pacsa krisis yang dihadapi sebuah perusahaan. Misalnya adalah analisis risiko bisnis dan dampaknya terhadap kelanjutan bisnis. Kamu juga mungkin akan diminta untuk mengambil strategi berdasarkan analisis risiko tersebut dan mendokumentasikan prosedur terbaik untuk melanjutkan bisnis pasca krisis.

5. Telemarketer

Telemarketer juga menjadi salah satu contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Pemasaran yang cukup menjanjikan. Kalau kamu bekerja menjadi seorang telemarketer, kamu mungkin harus melakukan penjualan dan memasarkan barang dan jasa perusahaan melalui telepon kepada klien. Kamu harus bisa menjelaskan dengan baik kepada calon pelanggan soal produk atau jasa yang kamu tawarkan agar mereka tertarik membelinya.

6. Manajer Pemasaran

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Pemasaran yang selanjutnya adalah menjadi seorang manajer pemasaran. Area pekerjaan yang satu ini biasanya berkutat pada perencanaan, pengarahan, dan pengoordinasian kebijakan serta program pemasaran perusahaan. Beberapa contohnya seperti melihat permintaan produk dan jasa perusahaan dan pesaingnya serta melakukan identifikasi terhadap pelanggan potensial. Kamu juga dituntut untuk bisa mengembangkan strategi harga demi memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen Perbankan

unsplash.com

Prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen yang selanjutnya adalah untuk kamu yang tertarik kuliah di jurusan Manajemen Perbankan. Bidang ilmu ini juga masih masuk ke dalam cabang ilmu Manajemen dan mempelajari tentang kegiatan penyerapan atau pengumpulan dana, penyaluran utang dan piutang, pelaksanaan lalu lintas transaksi keuangan serta pertukaran mata uang. Secara garis besar, ilmu yang dipelajari di jurusan ini lebih cocok diterapkan jika kamu hendak bekerja di industri perbankan. Nah, berikut adalah beberapa contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Perbankan sebagai pertimbangan kamu.

7. Pegawai Pajak

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Perbankan yang pertama adalah menjadi seorang pegawai di bidang perpajakan. Jika kamu memilih untuk bekerja di bidang ini, kamu akan bertugas untuk menyiapkan pengembalian pajak individu maupun usaha kecil. Umumnya, kamu akan bekerja sebagai seorang pegawai pemerintahan di kantor pajak.

8. Akuntan

Contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Perbankan yang satu ini mungkin akan membuat kamu bersaing dengan lulusan dari jurusan Akuntansi. Pekerjaan ini sendiri sebenarnya akan menuntut kamu untuk melakukan analisis informasi keuangan dan mempersiapkan laporan keuangan perusahaan. Laporan yang telah kamu buat tersebut nantinya akan digunakan oleh para pemangku kepentingan untuk menentukan dan mempertahankan arsip aset, kewajiban, keuntungan dan kerugian, kewajiban pajak, dan kegiatan keuangan lainnya.

9. Analis Keuangan

Saat kuliah di jurusan ini, kamu tentunya akan banyak mempelajari soal keuangan perusahaan. Maka dari itu, analis keuangan juga bisa menjadi salah satu contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen yang bisa kamu tekuni. Orang-orang yang bekerja di bidang ini biasanya melakukan analisis kuantitatif seputar informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen Keuangan

unsplash.com

Berikutnya adalah prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk mendaftar ke jurusan Manajemen Keuangan. Cabang ilmu Manajemen yang satu ini umumnya mempelajari tentang seluruh aktivitas dan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan cara mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan perusahaan. Ilmu yang kamu dapatkan di jurusan ini nantinya bisa kamu terapkan dalam pengelolaan dana maupun aset perusahaan yang akan dimanfaatkan untuk mencapai profit perusahaan. Simak daftar contoh pekerjaan lulusan kuliah jurusan Manajemen Keuangan berikut ini.

10. Pemeriksa Keuangan

Sesuai dengan jurusannya, kamu mungkin akan memiliki banyak peluang untuk bekerja di sektor keuangan, salah satunya adalah menjadi seorang pemeriksa keuangan. Jenis pekerjaan untuk lulusan kuliah jurusan Manajemen Keuangan yang satu ini mengharuskan kamu untuk menegakkan serta memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang mengatur lembaga keuangan dan sekuritas. Kamu mungkin juga akan banyak bersinggungan dengan transaksi keuangan, real estate, serta melakukan pemeriksaan, verifikasi catatan dan dokumentasi yang sudah ada.

11. Pemeriksa dan Pengumpul Pajak dan Agen Revenue

Jenis pekerjaan selanjutnya yang juga bisa ditekuni oleh lulusan kuliah jurusan Manajemen Keuangan adalah menjadi pemeriksa dan pengumpul pajak dan agen revenue. Pekerjaan yang satu ini biasanya berkaitan erat dengan pajak individu maupun pajak perusahaan. Tugasmu dalam pekerjaan ini adalah menentukan kewajiban pajak dan mengumpulkan pajak dari individu maupun perusahaan bisnis sesuai hukum dan aturan yang berlaku.

12. Auditor

Selanjutnya adalah pekerjaan sebagai auditor yang juga menjadi salah satu jenis pekerjaan untuk lulusan kuliah jurusan Manajemen Keuangan. Tugas utama dari seorang auditor adalah memeriksa dan menganalisis arsip akuntansi untuk menentukan keadaan keuangan perusahaan. Kamu juga akan diminta untuk mempersiapkan laporan keuangan yang berkaitan dengan prosedur operasi.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Manajemen SDM

unsplash.com

Berbeda dengan jurusan di atas, prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen SDM lebih berkaitan erat dengan urusan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Hal tersebut menjadi relevan mengingat bahwa fokus utama cabang ilmu Manajemen yang satu ini adalah kepada sumber daya manusia di suatu perusahaan. Bisa dikatakan bahwa peluang kerja untuk kamu jika memilih jurusan ini adalah bidang pengembangan dan pemanfaatan SDM sesuai nama jurusannya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jenjang perkuliahan.

13. Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan

Contoh pekerjaan pertama untuk lulusan kuliah jurusan Manajemen SDM adalah sebagai seorang spesialis kompensasi, tunjangan, dan analisa pekerjaan. Sesuai dengan nama jabatannya, kamu akan bertugas untuk mengadakan program kompensasi dan tunjangan serta melakukan analisis pekerjaan untuk para atasan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengkhususkan diri ke area pekerjaan yang lebih spesifik seperti penggolongan jabatan pekerjaan dan program pensiun.

14. Spesialis Sumber Daya Manusia

Contoh pekerjaan lainnya jika kamu memilih untuk kuliah di jurusan Manajemen SDM adalah sebagai seorang spesialis sumber daya manusia. Bidang pekerjaan yang satu ini menuntut kamu untuk melakukan beragam pekerjaan yang mendukung dan berhubungan dengan SDM. Cakupannya bisa suatu organisasi maupun perusahaan berskala besar. Kamu juga akan bekerja untuk mencari, menyaring, merekrut, mewawancarai, dan menempatkan pegawai di posisi yang sesuai.

15. Manajer Pelatihan dan Pengembangan

Terakhir adalah pekerjaan sebagai manajer pelatihan dan pengembangan yang masuk ke dalam salah satu pekerjaan untuk lulusan kuliah jurusan Manajemen SDM. Hal-hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab pekerjaan ini adalah merancang, mengarahkan, atau mengoordinasikan kegiatan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja. Kamu juga harus mampu membekali para pegawai perusahaan dengan pengetahuan, keterampilan praktis, serta memberikan motivasi sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

Nah, demikian informasi yang bisa Mamikos jelaskan seputar beberapa prospek kerja lulusan kuliah jurusan Manajemen yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Prospek kerja memang sering menjadi pertimbangan terbesar seseorang dalam memilih jurusan, tapi jangan lupakan minat dan kemampuan kamu juga. Pastikan ilmu yang akan kamu pelajari adalah ilmu yang bisa membuat kamu senang karena sudah sejalan dengan minat kamu. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.