10 PTN Dengan Daya Tampung Jurusan Farmasi Terbanyak 2020

 Almara Jati | Kam, 21 Mei 2020

10 PTN Dengan Daya Tampung Jurusan Farmasi Terbanyak 2020 – Kamu tertarik mendaftar kuliah di jurusan farmasi? Farmasi merupakan salah satu jurusan dengan cukup banyak peminat setiap masa penerimaan mahasiswa baru. Banyak pula PTN yang membuka jurusan farmasi untuk memberi kesempatan bagi para mahasiswa baru mewujudkan impian mereka. Berikut ini adalah daftar 10 PTN dengan daya tampung jurusan farmasi terbanyak tahun 2020 di Indonesia.

Informasi 10 PTN Dengan Daya Tampung Jurusan Farmasi Terbanyak

unsplash.com

Kalau kamu tertarik mendaftar jurusan farmasi di masa penerimaan mahasiswa baru kali ini, informasi dari Mamikos yang berikut ini mungkin akan berguna bagimu. Kamu belum menentukan akan mendaftar jurusan farmasi di PTN mana? Di Indonesia, ada banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan farmasi dengan sistem pengajaran yang berkualitas. Lalu, apa saja 10 PTN dengan daya tampung jurusan farmasi terbanyak?

Sekilas Tentang Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok bagi kamu kalau kamu ingin menggeluti dunia medis selain menjadi dokter atau perawat. Ilmu yang dipelajari di jurusan farmasi adalah gabungan antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia. Ilmu tersebut tentunya menjadi ilmu yang sangat diperlukan di dunia medis.

Jika kamu memilih untuk kuliah di jurusan Farmasi, kamu akan banyak bersinggungan dengan senyawa kimia yang nantinya akan banyak dikembangkan menjadi bahan obat. Tidak menutup kemungkinan bagimu kalau suatu saat kamu bisa menjadi salah satu penemu obat penyembuh suatu penyakit. Selain itu, kamu juga akan mempelajari penggunaan obat-obatan yang efektif dalam ilmu kesehatan hingga pengobatan yang higienis di jurusan farmasi.

Kenapa Kuliah di Jurusan Farmasi?

Lalu, kenapa kamu harus kuliah di jurusan farmasi? Kamu memang disediakan banyak pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu tertarik dengan dunia medis tapi tidak ingin jadi dokter atau perawat, farmasi bisa menjadi salah satu pilihanmu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan farmasi sebagai salah satu pilihan jurusanmu di kuliah nanti.

  1. Apakah kamu tahu kalau hampir semua lembaga layanan kesehatan membutuhkan ahli farmasi? Ya, mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga laboratorium butuh lulusan jurusan farmasi atau ahli farmasi. Kamu akan bertanggung jawab untuk meracik obat hingga menyediakan informasi tentang suatu obat jika kamu menjadi seorang ahli farmasi di suatu lembaga kesehatan.
  2. Lulusan dari jurusan farmasi banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintah. Salah satu instansi tersebut adalah BPOM. Kalau kamu lulus dari jurusan farmasi dan bekerja di BPOM, kamu akan ditugaskan untuk menjamin mutu suatu makanan dan minuman. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa makanan dan minuman tersebut tidak memiliki kandungan yang berbahaya agar layak diedarkan.
  3. Selain menggeluti dunia kesehatan, industri kosmetik serta industri makanan dan minuman bisa menjadi salah satu pilihan jenjang karirmu. Kamu akan meracik campuran bahan kosmetik serta makanan dan minuman agar tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh orang.
  4. Kamu lulusan jurusan farmasi tapi tidak ingin bekerja di perusahaan? Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, kamu bisa melanjutkan dengan ujian profesi apoteker. Setelah itu, kamu bisa berwirausaha dengan membuka apotek dan menjadi apoteker sekaligus.
  5. Lulusan jurusan farmasi juga bisa bekerja di sektor perdagangan besar farmasi atau distributor. Sebelum menggeluti profesi tersebut, pastikan bahwa badan usaha yang kamu dirikan adalah badan usaha yang berbentuk hukum, ya!

Apa yang Dipelajari di Jurusan Farmasi?

Kamu ingin kuliah di jurusann farmasi tapi belum tahu apa materi yang akan kamu pelajari? Kuliah di jurusan farmasi biasanya berlangsung selama 4 tahun atau setara dengan 8 semester. Selain kuliah di kelas, kamu juga akan melakukan praktikum di laboratorium kampusmu. Di jurusan tersebut, salah satu hal yang akan kamu pelajari adalah bagaimana menentukan obat yang tepat untuk suatu jenis penyakit dan bagaimana cara kerja dari obat tersebut.

Setelah lulus nanti, kamu diharapkan memiliki kompetensi menemukan manfaat dari suatu bahan untuk dijadikan obat. Kamu juga diharapkan bisa meracik bahan-bahan tersebut agar dapat bermanfaat untuk penyembuhan suatu penyakit tanpa menimbulkan efek samping. Jika kamu ingin berkuliah di jurusan tersebut, ada beberapa fokus kajian yang bisa kamu pilih untuk kamu pelajari, seperti Biologi Farmasi, Farmasetika, Kimia Farmasi, serta Farmakologi dan Farmasi Klinik.

Nah, apa saja contoh mata kuliah yang bisa kamu pelajari kalau kamu kuliah di jurusan farmasi? Berikut daftarnya.

Anatomi Fisikologi Manusia Farmasi Fisika
Kimia Organik Botani Farmasi
Farmasetika Dasar Biokimia
Kimia Sintetis Kimia Analitik
Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida Biologi Sel dan Molekuler
Farmakologi Dasar dan Toksikologi Farmakognosi
Analisis Fisikokimia Fitokimia
Imunologi Patofisiologi
Farmakologi Sistem Organ Mikrobiologi Farmasi
Kosmetika Farmasi Bahan Alam
Farmakologi Khemoterapetika Bioteknologi Farmasi
Teknologi Formulasi Sediaan Steril Analisis Biomedik
Radiofarmasi Farmasi Forensik
Etnofarmasi Parasitologi
Interaksi Obat Analisis Farmasi
Farmakoterapi Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida
Stabilitas Obat Biofarmasi
Farmasi Klinik Permodelan Molekul Obat

Daftar 10 PTN Dengan Daya Tampung Jurusan Farmasi Terbanyak di Indonesia

Nah, kamu apakah kamu sudah menentukan perguruan tinggi mana yang akan kamu daftar? Selain mata kuliah yang akan kamu pelajari, kamu juga harus tahu berapa daya tampungnya di suatu perguruan tinggi. Hal tersebut nantinya akan membantumu memperkirakan peluangmu diterima saat kamu mendaftar. Berikut adalah 10 PTN dengan daya tampung jurusan farmasi terbanyak dari Mamikos.

Peringkat PTN Daya Tampung
1 Universitas Gadjah Mada 84
2 Universitas Jember 80
3 Universitas Haluoleo 80
4 Universitas Hasanuddin 75
5 Institut Teknologi Sumatera 73
6 Universitas Sumatera Utara 65
7 Universitas Andalas 60
8 Universitas Sriwijaya 60
9 Universitas Mulawarman 60
10 Universitas Negeri Gorontalo 56

Peluang Karir Jurusan Farmasi

unsplash.com

Apakah kamu tahu kalau lulusan jurusan farmasi memiliki prospek kerja yang cukup cerah? Setelah lulus, akan ada banyak peluang karir yang menantimu. Menjadi lulusan dari jurusan farmasi tidak melulu harus berkutat dengan obat-obatan dan bahan kimia. Selain sektor pekerjaan yang sudah Mamikos sebutkan di atas, masih ada banyak peluang profesi yang bisa kamu jajaki.

Lalu, apa saja sih profesi yang akan kamu miliki jika kamu lulus dari jurusan farmasi? Berikut contoh profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus kuliah jurusan farmasi.

  1. Penyuluh Kesehatan
    Setelah lulus kuliah, kamu ingin menjadi CPNS? Lulusan jurusan farmasi juga memiliki peluang pekerjaan yang besar di pemerintahan. Salah satunya adalah penyuluh kesehatan. Tugasmu dalam profesi tersebut adalah memberikan sosialisasi kesehatan dan menjalankan program gaya hidup sehat kepada masyarakat.
  2. Apoteker Rumah Sakit
    Kalau kamu mau menggeluti pekerjaan sebagai apoteker di rumah sakit, jurusan farmasi merupakan jurusan yang tepat. Melalui profesi ini, kamu akan memahami bagaimana obat-obatan digunakan dan apa efeknya pada tubuh manusia, menjadi ahli di bidang obat-obatan, hingga terlibat dalam pembelian dan pengujian kualitas obat-obatan. Kamu juga akan meracik obat-obatan karena dalam beberapa kasus pasien diperlukan pembuatan obat yang khusus untuk pasien tersebut.
  3. Konsultan Kecantikan
    Jika kamu memilih menjadi seorang konsultan kecantikan, kamu bertugas memberikan konsultasi pada konsumen terkait produk kecantikan. Selain itu, kamu juga bisa memberi saran dan rekomendasi produk yang cocok untuk konsumen. Tujuan dari konsultasi tersebut adalah untuk menjual produk kecantikan kepada para konsumen.
  4. Terapis Kecantikan
    Kamu tertarik dengan dunia kecantikan? Sebagai lulusan jurusan farmasi, kamu bisa juga menekuni profesi sebagai terapis kecantikan. Dengan menjadi terapis kecantikan, kamu bisa bekerja di salon maupun klinik kecantikan profesional. Profesi ini biasanya dibuka baik itu freelance maupun penuh waktu.
  5. Quality Control
    Quality Control atau QC dalam bidang farmasi memiliki tugas untuk melakukan cek kadar dan kualitas obat-obatan dalam sebuah produk. Jika kadar dan kualitas suatu produk tidak sesuai dengan kualifikasi dan standar yang telah ditentukan, maka kamu sebagai tim QC harus melaporkan kepada tim Quality Assurance. Pekerjaan ini biasanya akan banyak kamu temui di perusahaan produsen obat, jamu, dan suplemen.
  6. Quality Assurance
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hasil dari temuan tim QC kemudian diteruskan ke tim Quality Assurance (QA). Di bagian QA, kamu bertugas mencari tahu secara detil tentang sebab mengapa terjadi penyimpangan kadar dan kualitas suatu produk. Selain itu, kamu juga harus menentukan suatu solusi agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi
  7. Peneliti
    Kalau kamu ingin menjadi peneliti, peluangmu juga terbuka lebar sebagai lulusan dari jurusan farmasi. Beberapa instansi yang membutuhkan peneliti dari jurusan tersebut adalah BPOM, LIPI, atau laboratorium klinik.
  8. Wirausaha Apotek
    Seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, kamu juga bisa menjadi pengusaha apotek. Kamu bisa mendirikan apotekmu sendiri setelah kamu mengucap sumpah apoteker dan mendapat izin pembukaan apotek. Kamu bisa memperoleh laba yang cukup besar dari usaha apotek apalagi jika kamu mendirikannya di tempat yang belum memiliki apotek. Kamu bisa meraup keuntungan mulai dari jutaan rupiah tiap bulan.
  9. Tenaga Pengajar
    Pekerjaan jurusan farmasi yang lain adalah dengan menjadi tenaga pengajar seperti guru atau dosen. Kamu bisa melanjutkan studi hingga S2 dan studi profesi dan memiliki pengalaman kerja yang mumpuni agar kamu bisa menekuni profesi sebagai tenaga pengajar.

Nah, itu tadi daftar 10 PTN dengan daya tampung jurusan farmasi terbanyak beserta sedikit penjelasannya. Pastikan bahwa kamu mendaftar di jurusan tersebut dengan keinginanmu sendiri, ya. Sesuaikan juga dengan minat dan kemampuanmu agar kamu tidak kesulitan dalam proses perkuliahan nanti. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: