Rumus Cara Menghitung Rata-rata dan Contohnya

Posted in: Edukasi

Rumus Cara Menghitung Rata-rata dan Contohnya  -Sebenarnya cukup mudah untuk menghitung cara menghitung rata-rata dan umumnya ilmu ini sering sekali diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, harus belajar dan memahami materi menghitung rata-rata supaya Anda yang saat ini sekolah akan mendapatkan nilai matematika yang bagus. Kemudian konsep menghitung rata-rata secara umum banyak digunakan di dalam keseharian jadi perlu dipelajari. 

Selain itu, biasanya juga mengenai nilai rata-rata di kelompok yang merupakan jumlah nilai dari data yang ada dan nanti dibagi dengan banyaknya data. Nah, nilai rata-rata ini akan menunjukkan keseluruhan data dan tidak bisa digunakan untuk menentukan nilai data tertentu yang ada di antara kelompok tertentu. Nilai rata-rata juga cukup sering dipakai untuk membandingkan kelompok data satu dan yang lainnya. 

Contoh dan Rumus Menghitung Rata-rata Nilai

unsplash.com

Sebelum memahami rumus dan juga contoh rata-rata ada baiknya untuk memahami konsep dasarnya. Sebab secara umum nilai rata-rata akan menunjukkan semua data secara menyeluruh dan tidak bisa digunakan untuk menentukan nilai data tertentu pada kelompok tersebut. Misalnya saja nilai rata-rata pelajaran yang didapatkan Siska 90, jadi bisa disimpulkan jika nilai matematika Siska lebih dari 80. 

Kemudian ada banyak macam rumus rata-rata yang digunakan dan bisanya dapat dipakai untuk menghitung rata-rata beberapa hal. Misalnya saja adalah untuk menghitung rata-rata usia di suatu kelas, rata-rata tinggi badan, nilai rata-rata kelas dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat rumus rata-rata nilai, dengan penambahan data, dengan pengurangan data dan juga dengan penggabungan dari 2 atau lebih nilai rata-rata

Nah, untuk rumus rata-rata adalah jumlah nilai ataupun banyaknya data jadi pahami cara menghitung rata-rata. Contohnya adalah ada daftar nilai matematika kelas B, yaitu :

  1. Zenda : 85
  2. Fika : 90
  3. Vina : 93
  4. Yudi : 87
  5. Bima : 85 

Jadi, jumlah keseluruhan nilai matematika dari kelas B adalah 85 + 90 + 93 + 87 + 85 = 440. 

Kemudian untuk menghitung rata-rata matematika kelas B adalah jumlah keseluruhan nilai : jumlah data, jadi 440 : 5 = 88. Sehingga sudah diketahui jika jumlah rata-rata nilai matematika kelas B adalah 88. Nah, secara umum nilai dari Zenda, Bima dan Yudi termasuk nilai di bawah rata-rata sebab nilainya lebih kecil atau kurang dari 88. 

Contoh dan Rumus Menghitung Rata-rata Dengan Penambahan Data

Kemudian jika ada penambahan data, nantinya jumlah nilai dan juga banyaknya dari data beruban. Nah, bisanya apabila terjadi penambahan data misalnya 1 dengan nilai a, maka 

  1. Jumlah saat ini = jumlah nilai + a 
  2. Banyaknya data saat ini = banyaknya data + 1 

Secara umum konsep seperti ini digunakan juga untuk penambahan2 data, maka 

  1. Jumlah nilai saat ini = jumlah nilai + (a1+a2)
  2. Banyaknya data saat ini = banyaknya data + 2

Contoh soalnya misalnya adalah sebuah kelompok olahraga jumlahnya 11 orang dengan rata-rata tinggi badannya adalah 170 cm. Namun ada 2 penambahan orang dengan tinggi setiap orangnya adalah 180 cm dan 175 cm . Jadi, berapa rata-rata tinggi kelompok olahraga tersebut saat ini?

  1. Total tinggi berjumlah 11 orang adalah 11 x 170 cm = 1.870 cm
  2. Jumlah orang 11 + 2 = 13 orang 
  3. Total tinggi berjumlah 13 orang adalah 1.870 cm + 180 cm + 175 cm = 2.225 cm
  4. Rata-rata nilai saat ini adalah 2.225 cm : 13 orang = 171.15 cm

Jadi cara menghitung rata-rata orang yang ada di kelompok olahraga yang berjumlah 13 orang adalah 171.15 cm. 

Contoh dan Rumus Nilai Rata-rata Dengan Pengurangan Data 

Kemudian jika ada pengurangan data maka jumlah nilai dan juga banyaknya dana akan berubah juga. Oleh sebab itu, harus perhatikan rumus dan cara menghitungnya supaya jauh lebih paham lagi. Kemudian jika ada pengurangan 1 data dengan nilai a, maka 

  1. Jumlah nilai saat ini = jumlah nilai – a 
  2. Banyaknya data saat ini = banyaknya data – 1

Secara umum konsep ini juga sama digunakan untuk pengurangan 3 data, maka 

  1. Jumlah nilai saat ini = jumlah nilai –(a1 + a2 + a3)
  2. Banyaknya data saat ini = banyaknya data – 3

Contoh soal cara menghitung rata-rata untuk pengurangan data adalah terdapat nilai rata-rata dari kelas A dengan jumlah 32 siswa adalah 85 kemudian dikurangi 2 siswa yang punya nilai 90 dan 70. Nah, berapakah nilai rata-rata kelas A saat ini setelah ada pengurangan data atau siswanya?

Penyelesaian :

  1. Jumlah data adalah 32 x 85 – (90 – 70) = 2720 – 160 = 2560 
  2. Banyaknya data adalah 32 – 2 = 30 
  3. Nilai rata-rata kelas A adalah 2560 – 30 = 85.33

Contoh dan Rumus Nilai Rata-rata Gabungan 

Secara umum cara seperti ini dapat dipakai pada saat menggabungkan rata-rata dari 2 kelompok atau lebih jadi satu. Nah, caranya cukup mudah sekali dengan memulai menghitung jumlah data dari setiap kelompok dan selanjutnya jumlahkan serta bagi dengan semua data keseluruhan. 

Jika, kita mempunyai 2 kelompok data dengan nilai rata-rata dan juga banyaknya data yang sudah diketahui, maka 

  1. Jumlah nilai gabungan = jumlah nilai kelompok 1 + jumlah nilai kelompok 2
  2. Banyaknya data gabungan = banyaknya data kelompok1 + banyaknya data kelompok 2

Kemudian konsep cara menghitung rata-rata gabungan dari 3 kelompok, maka 

  • -Jumlah nilai gabungan = jumlah nilai kelompok 1 + jumlah nilai kelompok 2 + jumlah nilai kelompok 3. 

Contohnya siswa kelas A yang berjumlah 30 siswa dan rata-rata usianya adalah 13 tahun, kemudian siswa kelas B yang berjumlah 35 siswa dengan rata-rata usianya adalah 15 tahun. Nah, berapa rata-rata umur dari kelas A dan B sekarang?

Penyelesaian :

  1. Jumlah umur kelas A = 35 siswa x 13 tahun = 390 tahun 
  2. Jumlah umur kelas B = 35 siswa x 15 tahun = 512 tahun 
  3. Jumlah umur kelas A + B = 390 + 512 = 915 tahun 
  4. Banyaknya siswa kelas A + B = 65 siswa
  5. Rata-rata umur kelas A + B = 915 : 65 = 14.07 tahun 

Jadi, rata-rata umur siswa kelas A dan B adalah 14.07 tahun dengan rumus penggabungan data yang simpel dan juga cukup jelas contohnya. 

Nah, seperti itulah caranya mencari rata-rata dengan berbagai contoh yang umum digunakan, mulai dengan rata-rata nilai, dengan penambahan data, dengan pengurangan data dan juga dengan penggabungan dari 2 atau lebih nilai rata-rata. Semoga bermanfaat dari semua penjelasan mengenai cara menghitung rata-rata yang umum dan juga banyak digunakan oleh masyarakat. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah