Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada (UGM)

Posted on Posted in Mahasiswa, Seputar Anak Kost

Rute transportasi umum menuju Universitas Gadjah Mada atau UGM biasanya memang banyak dicari oleh para mahasiswa baru UGM. Seperti yang diketahui, Universitas Gajah Mada ini adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang paling populer di Indonesia. Letak kampusnya ada di kawasan Depok, Sleman. UGM menjadi salah satu kampus paling favorit, tidak hanya di Jogja, tapi juga di seluruh Indonesia. Inilah kenapa tiap tahunnya UGM kedatangan ribuan mahasiswa baru dan kebanyakan berasal daru luar Jogja.

Bagi maba dari luar Jogja yang belum mengenal jalan-jalan di Jogja dengan baik, biasanya mereka akan menggunakan transportasi umum untuk menuju ke kampus UGM, apalagi bagi yang belum mendapatkan kost dan masih sering bolak-balik dari kota asal ke UGM. Untungnya, kampus UGM ini terletak tak jauh dari pusat kota Jogja. Alhasil, banyak sekali transportasi umum yang bisa digunakan para maba UGM untuk menuju kampus barunya. Berikut adalah beberapa rute transportasi umum menuju Universitas Gadjah Mada atau UGM.

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Bandara, Stasiun, dan Terminal di Jogja

  • Dari Bandara Adisucipto: Kalau ingin menuju ke UGM, kamu bisa naik bis Trans Jogja. Dari halte Trans Jogja di Bandara Adisucipto, pilih bus Trans Jogja rute 3A dan turun di halte Trans Jogja yang letaknya di Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Lempuyangan: Keluarlah dari stasiun ke arah timur. Sekitar 50 meter, kamu akan menemukan halte Trans Jogja (dekat flyover Lempuyangan). Dari situ, naiklah bus Trans Jogja rute 2A dan turun di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Tugu: Dari halte Trans Jogja Stasiun Tugu, naiklah bis rute 1B atau 3B. Turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Giwangan: Cari halte bus Trans Jogja di Terminal Giwangan. Dari halte Trans Jogja tersebut, pilih bus Trans Jogja rute 3B dan turun di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Jombor: Dari halte Trans Jogja Terminal Giwangan, naiklah bis rute 2B dan turunlah di halte Trans Jogja UGM.
Baca juga :  Jika 8 Hal Ini yang Sekarang Kamu Rasa, Masa Kuliahmu Berhak Dibilang “Tak Sia-Sia”

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Bandara, Stasiun, dan Terminal di Bandung

  • Dari Bandara Husein Sastranegara: Naiklah pesawat rute Bandung-Yogya yang turun di Bandara Adisucipto. Dari Bandara, naiklah bus Trans Jogja rute 3A dan turun di halte Trans Jogja di Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Bandung: Pilih kereta rute Bandung-Tugu. Beberapa di antaranya adalah Turangga, Malabar, Argo Willis, dan Lodaya. Turunlah di Stasiun Tugu. Dari Stasiun Tugu, naiklah bis Trans Jogja rute 1B atau 3B yang turun di halte Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Kiaracondong: Pilih kereta dengan rute Kiaracondong-Lempuyangan, seperti kereta Kahuripan atau Pasundan. Setelah sampai di Stasiun Lempuyangan, gunakan bus Trans Jogja rute 2A dan turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Cicaheum: Carilah bus dengan rute Bandung-Jogja yang turun di Terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan, Trans Jogja rute 3B dan turun di halte Trans Jogja Bunderan UGM

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Bandara, Stasiun, dan Terminal di Jakarta

  • Dari bandara Halim Perdanakusuma: Cari pesawat dengan rute penerbangan Jakarta Halim PK-Yogya. Turun di Bandara Adisucipto dan naik Trans Jogja rute 3A dari halte Trans Jogja bandara ke halte Bundaran UGM.
  • Dari bandara Soekarno-Hatta: Kalau kamu mendapat penerbangan rute Jakarta Soekarno Hatta-Yogya, kamu juga akan turun di Bandara Adisucipto. Naiklah bus Trans Jogja rute 3A dan turunlah di halte Bundaran UGM.
  • Dari Stasiun Gambir: Naiklah kereta rute Gambir-Tugu seperti kereta Taksaka, Argo Dwipangga, atau Gajayana. Setelah sampai di Stasiun Tugu, naiklah bis rute 1B atau 3B. Turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Pasar Senen: Carilah kereta dengan rute Pasar Senen-Lempuyangan (contoh: Bengawan, Krakatau, Gajah Wong, dsb). Setelah turun di Stasiun Lempuyangan, gunakan bus Trans Jogja rute 2A dan turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Pulo Gebang: Naiklah bus rute Jakarta-Yogya yang turun di Terminal Jombor. Dari halte Trans Jogja Terminal Giwangan, naiklah bis rute 2B dan turunlah di halte Trans Jogja UGM.
Baca juga :  5 Hal Keren di Ospek Universitas Gadjah Mada dari Tahun ke Tahun

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Stasiun dan Terminal di Solo

  • Dari Stasiun Balapan: Carilah kereta rute Solo Balapan-Tugu. Beberapa contoh keretanya adalah Joglokerto atau Prambanan Ekspres. Setelah turun di Stasiun Tugu, naiklah bis Trans Jogja rute 1B atau 3B. Turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Stasiun Purwosari: Dari Stasiun Purwosari, cari kereta dengan rute Purwosari-Lempuyangan. Dari Lempuyangan, naiklah bus Trans Jogja rute 2A dan turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Tirtonadi: Pilih bis dengan jurusan Solo-Yogya yang turun di pertigaan Maguwoharjo. Dari sini, cari Trans Jogja Maguwoharjo dan naik Trans Jogja rute 3A turun di halte Bundaran UGM.

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Bandara, Stasiun, dan Terminal di Surabaya

  • Dari Bandara Juanda: Dari Bandara Juanda, pilihlah pesawat rute Surabaya-Yogya. Setelah turun di Bandara Adisucipto, naik Trans Jogja rute 3A dari halte Trans Jogja bandara ke halte Bundaran UGM.
  • Dari Stasiun Gubeng: Cari kereta dengan rute Gubeng-Tugu, contohnya: Argo Wilis, Sancaka, Mutiara Selatan, dll. Setelah turun di Stasiun Tugu naiklah bis Trans Jogja rute 1B atau 3B. Turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM.
  • Dari Terminal Purabaya Bungurasih: Cari bis jurusan Surabaya-Yogya. Turun di pertigaan Maguwoharjo (dekat halte Trans Jogja). Kemudian, naiklah bus Trans Jogja rute 3A turun di halte Bundaran UGM.

Rute Transportasi Umum Menuju Universitas Gadjah Mada dari Kota-Kota Lainnya

  • Dari Magelang: Naik bis jurusan Yogya dan turun di Terminal Jombor. Setelah sampai terminal Jombor, gunakan bis Trans Jogja rute 2B dan turun di halte Trans Jogja UGM.
  • Dari Purwokerto: Jika ingin naik kereta, di Stasiun Purwokerto, naiklah kereta rute Purwokerto-Tugu seperti Argo Lawu, Bima, Taksaka, dll. Setelah sampai Stasiun Tugu, naiklah bis Trans Jogja rute 1B atau 3B. Turunlah di halte Trans Jogja Bunderan UGM. Jika ingin naik bus, pergi ke Terminal Bulupitu dan cari bus jurusan Yogya yang turun di Terminal Giwangan. Dari Giwangan, naiklah bis Trans Jogja rute 2B dan turunlah di halte Trans Jogja UGM.
  • Dari Semarang: Dari Terminal Terboyo, pilihlah bis rute Semarang-Yogya. Biasanya bus akan turun di Terminal Jombor. Dari Terminal Jombor, ada halte Trans Jogja. Pilih bus Trans Jogja rute 2B dan turun di halte UGM.
Baca juga :  7 Mitos Seram yang Masih Dipercaya Mahasiswa UGM Sampai Hari ini. Maba Wajib Tau!

Demikian informasi rute transportasi umum menuju Universitas Gadjah Mada. Jangan bingung lagi deh sekarang kalau mau naik kendaraan umum menuju ke UGM.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost