Seleksi CAT CPNS – Hal Berikut Perlu Kamu Tahu Dan Bawa Saat Tes Nanti!

 Mamikos | Kam, 25 Okt 2018

Seleksi CAT CPNS – Hal Berikut Perlu Kamu Tahu Dan Bawa Saat Tes Nanti! – Sampai dengan sebulan yang lalu Badan Kepegawaian Nasional rupanya masih hanya menyediakan 66 titik lokasi yang digadang-gadang akan jadi lokasi tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Namun, jumlah tersebut rupanya masih terus berkembang, dan sekarang posisinya di 134 titik.

Seleksi CAT CPNS – Hal Berikut Perlu Kamu Tahu Dan Bawa Saat Tes Nanti!

Lantas dengan dipersiapkannya 134 titik tersebut maka satu provinsi minimal akan memiliki empat lokasi tes CPNS 2018. Ada tiga indikator penentuan titik lokasi.

1. Pertama, jarak tempuh paling jauh rata-rata domisli calon peserta menuju ke tempat tes.
2. Kedua, kesulitan waktu tempuh.
3. Indikator ketiga, yakni potensi jumlah pelamar pada suatu daerah.

Kabar baiknya, BKN sudah mempersiapkan langkah antisipatif bilamana permintaan tes di kawasan yang relatif sulit dijamah transportasi seperti di Papua dan Maluku itu besar. Untuk tesnya sendiri, nantinya akan menggunakan tes CAT. Apa itu CAT?

CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Standar kompetensi dasar CPNS diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS , dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar). Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer.

Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor. Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat peserta cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Pelaksanaan tes ujian CPNS sendiri akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri.

Lantas apa saja yang wajib dibawa dan diperhatikan saat ujian CAT CPNS 2018 mendatang?

1. Pada saat pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, peserta diminta membawa beberapa berkas sesuai dengan yang tertera pada surat pengumuman hasil seleksi administrasi.

2. Adapun benda yang harus ditujukan saat pelaksanaan test CPNS yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, kartu ujian asli yang dicetak berwarna dan tidak boleh hitam putih, paspoto warna dengan latar belakang merah ukuran 3×4.

3. Pensil atau alat tulis. Kartu ujian dicetak langsung dari website sscn.bkn.go.id. Kartu harus dicetak berwarna dan tidak bisa hitam putih.

Adapun Waktu pelaksaanaan SKD juga nantinya akan diumumkan kemudian di laman BKN. Mengenai teknis pelaksanaan SKD nantinya akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) selama 90 menit dengan materi terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum dan Wawasan Kebangsaan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Seleksi CAT CPNS

Seleksi CAT CPNS