10 Strategi Lulus UTBK 2021 dengan Nilai yang Memuaskan

Posted in: SBMPTN
Tagged: UTBK UTBK SBMPTN

10 strategi lulus UTBK 2021 dengan nilai yang memuaskan – Jika tahun 2021 ini kamu belum diterima SNMPTN dan ingin mencoba peluang jalur masuk menggunakan nilai UTBK, persiapkanlah diri dengan baik. Selain perlu belajar tekun, ada strategi-strategi yang memungkinkanmu mendapatkan nilai memuaskan.

Strategi Agar Lulus UTBK 2021 dengan Nilai Terbaik

www.pexels.com

Perjuangan untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi berbekal nilai UTBK memang tidak mudah. Selain harus melewati passing grade pada program studi tujuan, kamu juga perlu mempertimbangkan keketatan persaingan dan jumlah pendaftar jurusan tersebut. Tidak ada yang dapat memprediksi apakah suatu program studi akan menurun atau melonjak peminatnya di tahun 2021.

Kamu memang tidak bisa mengontrol jumlah pendaftar program studi yang kamu impikan untuk menurunkan keketatan persaingan. Begitu pula langkah menurunkan standar nilai UTBK di program studi tersebut pun tidak dapat dilakukan. Satu-satunya solusi agar tetap berpeluang besar diterima di program studi Perguruan Tinggi idamanmu adalah dengan mendapatkan nilai UTBK sebaik mungkin. Berbekal nilai UTBK tinggi, kamu akan lebih percaya diri mendaftar di program studi idaman. Agar semakin siap, berikut ini strategi-strategi lulus UTBK 2021 dengan nilai memuaskan yang dapat diterapkan.

1. Memulai Belajar dari Materi UTBK Tersulit

www.pexels.com

Materi UTBK yang akan diujikan nanti tidak hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Peserta yang memilih UTBK kelompok saintek akan mendapatkan soal-soal bidang saintek, sedangkan peserta yang memilih UTBK kelompok soshum akan diberi soal-soal bidang soshum. Peserta UTBK kelompok campuran juga akan mendapatkan soal campuran keduanya.

Bingung harus mulai belajar UTBK dari mana?

Cobalah untuk membuat daftar materi yang hendak kamu pelajari dan materi-materi yang keluar saat UTBK dengan melihat referensi tahun 2020 serta sebelumnya. Setelah kamu menentukan materi yang akan dipelajari, mulailah dengan belajar materi paling sulit terlebih dahulu, kemudian materi yang paling mudah. Sebab, materi yang mudah bisa kamu kuasai dalam waktu singkat.

2. Membagi Waktu Belajar Materi UTBK

www.pexels.com

Manajemen waktu belajar UTBK menentukan keberhasilan penguasaan materi. Berikan alokasi waktu belajar untuk masing-masing materi yang kamu pelajari dan usahakan tidak melebihi target waktu yang sudah ditetapkan. Contohnya, kamu dapat belajar TPS mulai jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Kemudian setelah beristirahat, jam 1 siang hingga jam 3 sore digunakan untuk belajar materi TKA. Untuk pembagian materi atau bab yang akan dipelajari saat itu, kamu bisa menggunakan skala prioritas dari materi tersulit hingga termudah atau kombinasi keduanya.

3. Menerapkan Teknik Podomoro

www.pexels.com

Belajar terus-menerus menjelang UTBK akan membuatmu stres hingga kehilangan semangat belajar. Sebaiknya terapkan metode belajar yang efektif dengan teknik podomoro. Cara belajar UTBK menggunakan teknik tersebut adalah:

  1. Pilih materi UTBK yang akan dipelajari dan dikuasai
  2. Atur waktu belajar, misalnya 25 menit, kemudian nyalakan alarm
  3. Belajarlah dalam rentang waktu 25 menit tersebut hingga alarm berbunyi sebagai tanda waktu selesai
  4. Berikan tanda checklist pada kertas atau daftar materi UTBK yang kamu pelajari
  5. Istirahatlah selama 5 menit dan jauhkan diri dari soal-soal UTBK. Pada saat istirahat, kamu bisa sedikit santai dan fokus untuk membuat pikiran segar kembali
  6. Setelah menerapkan 4 kali teknik podomoro di atas, berikan satu waktu jeda istirahat yang lebih panjang.

Teknik podomoro akan membuat belajarmu lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi. Kamu akan berusaha menyelesaikan target sesuai alarm dan memanfaatkan waktu istirahat untuk bersantai.

4. Melakukan Evaluasi Mandiri Secara Rutin

www.pexels.com

Pejuang UTBK 2021 tidak seharusnya menunggu try out untuk mengetahui kemajuan hasil belajarnya. Setelah merasa menguasai suatu materi, lakukan evaluasi mandiri dengan menjawab kembali soal-soal sulit atau soal yang masih sering salah dikerjakan. Apabila kamu khawatir kehabisan soal latihan untuk evaluasi, kamu bisa membuatnya sendiri. Ketika belajar, catat soal-soal atau konsep yang masih sering salah, kemudian jawab kembali soal tersebut saat kamu sudah selesai belajar. Jika kamu menjawab dengan benar, artinya kamu sudah menguasai konsep tersebut dan bisa mengerjakan soalnya.

5. Membuat Kelompok Belajar UTBK

www.pexels.com

Motivasi belajar UTBK bisa naik dan turun tergantung kondisi sekitar. Kamu pasti akan bosan jika terus-menerus belajar serius di dalam rumah dan tidak berinteraksi dengan siapa pun. Oleh karena itu, buatlah variasi metode belajar, seperti dengan membentuk kelompok belajar UTBK. Orang-orang dengan tujuan sama akan saling memotivasi dan menyemangati agar berhasil. Jika tidak memungkinkan pertemuan langsung dan tatap muka, manfaatkan fitur video konferensi gratis untuk belajar online secara live. Kamu pun tetap bisa berinteraksi, melakukan tanya jawab soal, dan mendiskusikan soal-soal yang dianggap sulit.

6. Mencari Tahu Sistem Penilaian UTBK 2021

www.pexels.com

Ketahui dengan baik sistem penilaian yang digunakan pada UTBK 2021. Hal ini sangat penting agar kamu bisa mendapatkan skor UTBK tinggi dan tidak rugi. Sebab, jika mekanisme pengurangan skor pada jawaban salah diberlakukan, kamu akan kehilangan banyak skor ketika menjawab soal UTBK asal-asalan dan tanpa pertimbangan.

7. Meningkatkan Kecepatan Pengerjaan Soal UTBK

www.pexels.com

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal UTBK sangat singkat. Dalam rentang waktu tersebut, peserta UTBK dituntut menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, saat belajar dan melakukan persiapan UTBK pun kamu perlu mengetahui kecepatanmu dalam mengerjakan soal-soal. Jika masih terlalu lambat, pelajari konsep soal tersebut kembali karena bisa jadi kecepatan yang lambat tersebut dipengaruhi pemahaman konsep yang masih rendah. Agar terbiasa mengerjakan soal hitungan dengan cepat, kamu pun perlu banyak berlatih.

8. Melatih Diri untuk Membaca Cepat

www.pexels.com

Selain perlu belajar menghitung cepat, belajarlah membaca cepat agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk membaca soal-soal panjang. Pada UTBK nanti ada soal cerita dan paragraf panjang yang perlu dipahami. Gunakan teknik skimming dan scanning untuk menemukan inti pokok atau ide utama paragraf.

9. Berlatih Fokus dan Konsentrasi

www.pexels.com

Sangat penting menjaga fokus dan konsentrasi saat pelaksanaan UTBK. Sudah banyak kejadian peserta yang gugup justru mendapatkan skor UTBK rendah, padahal dia sudah melakukan persiapan matang dan belajar tekun. Tips agar fokus dan konsentrasi saat UTBK adalah dengan fokus pada pekerjaan sendiri. Tidak perlu melirik pekerjaan peserta lain karena hanya akan membuat gugup. Fokuslah menyelesaikan soal-soal di hadapanmu dan yakinlah bahwa persiapanmu yang matang akan memberikan hasil terbaik.

10. Tidak Menghafalkan Materi UTBK

www.pexels.com

Hindari menghafalkan materi-materi pada soal UTBK karena kamu bisa saja lupa pada hafalan tersebut. Sebaliknya, fokuslah untuk memahami konsep-konsep soal, sehingga ketika muncul variasi soal yang lain kamu akan lebih siap dan bisa mengaitkan satu konsep dengan konsep lain. Agar terbiasa menghadapi soal berbeda, tentunya kamu perlu rajin berlatih.

Demikian informasi 10 strategi lulus UTBK 2021 dengan nilai yang memuaskan untuk para pejuang UTBK tahun ini. Terapkan strategi di atas sebelum pelaksanaan UTBK dimulai. Masih ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri, baik dari segi fisik, mental, maupun materi UTBK 2021. Selalu bersikap optimis dan percaya diri akan membantumu melewati UTBK dan ujian masuk Perguruan Tinggi dengan baik. Pahami pula sistem UTBK 2021 dan materi SBMPTN 2021. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta