11 Syarat CPNS Guru 2021 dan Tips Agar Lulus

Posted in: CPNS
Tagged: CPNS 2021 PPPK

11 syarat CPNS guru 2021 dan tips agar lulus – Kabar baik bagi para calon guru yang ingin mendaftar CPNS di tahun 2021. Adanya peluang untuk mengabdi sebagai guru tetap melalui CPNS 2021 sangat terbuka lebar bagi calon-calon guru.

Persyaratan CPNS untuk Guru dan Tips Agar Lulus

https://img.beritasatu.com/

Berkarier sebagai seorang guru tetap yang sudah menyandang status sebagai ASN menjadi cita-cita banyak orang. Selain tidak perlu khawatir dengan besaran gaji tiap bulan, adanya tunjangan untuk kesejahteraan juga akan didapatkan guru. Tidak mengherankan banyak yang memilih studi di program studi pendidikan demi menjadi seorang guru tetap.

Tahun 2020 lalu para calon guru yang ingin menjadi PNS harus menunda keinginannya. Pasalnya, tidak ada pembukaan CPNS pada tahun 2020. Kesempatan untuk menjadi guru tetap bisa kamu dapatkan di tahun 2021. Bahkan, formasi untuk guru mendapatkan porsi kuota besar pada tahun 2021 nanti.

Seleksi untuk guru tahun 2021 dapat ditempuh dengan adanya seleksi jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tujuan seleksi tersebut adalah untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah distribusi guru secara nasional. Dengan adanya seleksi PPPK, diharapkan guru tidak berpindah-pindah lokasi seperti guru yang lulus melalui seleksi CPNS. Namun, peluang untuk menjadi guru melalui seleksi CPNS 2021 tetap terbuka lebar. Apa saja syarat bagi guru yang ingin menjalani seleksi tahun 2021? Berikut informasinya.

Informasi Tentang CPNS Guru 2021

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, peluang untuk menjadi guru tetap tahun 2021 nanti juga dilakukan dengan seleksi jalur PPPK. Sebelum melakukan pendaftaran guru tahun 2021, pahami terlebih dahulu informasi umum PPPK yang berikut.

  1. Pelamar berusia minimal 20 tahun sampai dengan 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang dilamar. Ketentuan untuk guru, usia maksimal melamar adalah 59 tahun.
  2. Informasi terbaru terkait jumlah formasi guru PPPK yang sudah diusulkan Pemerintah Daerah sebanyak 174.077 formasi. Data tersebut diperoleh dari 32 provinsi, 370 kabupaten, dan 89 kota.
  3. Batas waktu pengajuan usulan formasi guru PPPK 2021 dilakukan hingga 31 Desember 2021. Proses pengajuan dapat dilakukan melalui aplikasi E-Formasi KemenPANRB
  4. Pihak KemenPANRB akan melakukan verifikasi dan penetapan formasi berdasarkan Analisis Jabatan serta Analisis Beban Kerja. Selain itu, pertimbangan data Dapodik – Kemendikbud sesuai PERPU yang berlaku juga digunakan.
  5. Soal Ujian Kompetensi dan Sistem Seleksi sedang dalam proses perancangan. Proses tersebut melibatkan pihak KemenPANRB, Kemendikbud, BPPT, BPKP, BSSN, dan BKN.

Informasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyebutkan bahwa proses perekrutan CPNS untuk guru akan selalu ada. Kebijakan penerimaan guru melalui PPPK justru akan saling melengkapi. Meskipun demikian, pada tahun 2021 pemerintah akan fokus pada perekrutan guru honorer hingga kapasitasnya mencapai satu juta lebih melalui jalur PPPK. Bahkan, para guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) didorong untuk melamar sebagai guru tetap melalui jalur PPPK.

Pertimbangan ketika melamar sebagai CPNS juga akan didasarkan pada kinerja guru PPPK. Mendikbud secara konsisten memperjuangkan guru agar dapat memperoleh kejelasan status serta meningkatkan kesejahteraannya.

Syarat Dokumen CPNS 2021 untuk Guru

Formasi untuk guru menjadi salah satu formasi yang akan paling banyak dibuka pada seleksi tahun 2021. Sebelum melakukan pendaftaran, tentukan instansi yang akan dituju oleh pendaftar. Sebab, nantinya akan ada banyak pilihan instansi yang dapat dipilih. Persiapkan pula dokumen utama dan dokumen tambahan pendaftaran. Adapun dokumen yang diperlukan untuk mendaftar CPNS tahun 2021 antara lain:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan (SK) yang didapatkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)
  3. Ijazah asli untuk lulusan dalam negeri dan ijazah luar negeri yang sudah disetarakan DIKTI untuk lulusan luar negeri
  4. Transkrip nilai asli
  5. Pas foto terbaru dengan latar belakang merah
  6. Dokumen tambahan yang diminta instansi tujuan
  7. Surat pernyataan 5 poin berdasarkan Peraturan BKN 14/2018
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku ketika melakukan pendaftaran
  9. Surat keterangan sehat (jasmani dan rohani) dari dokter yang sudah berstatus PNS atau dokter di pelayanan kesehatan
  10. Surat keterangan tidak mengonsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya (didapatkan dari unit pelayanan kesehatan pemerintah)
  11. Bukti pengalaman kerja yang sudah dilegalisasi pejabat berwenang (jika sudah pernah bekerja)

Pendaftar CPNS tahun 2021 wajib mengunggah dokumen-dokumen tersebut saat pendaftaran. Jika terdapat dokumen yang belum lengkap atau mengalami perubahan, pendaftar bisa menghubungi instansi terkait untuk mengurus data tersebut.

Proses pengunggahan dokumen dapat dilakukan secara online, sehingga pendaftar tidak perlu datang ke instansi yang dilamar. Perhatikan ukuran atau besar file yang akan diunggah agar pendaftar tidak mengalami kegagalan ketika mendaftar CPNS 2021. Syarat pemberkasan dokumen dengan ukuran berbeda dari ketentuan bisa membuat pelamar gagal mendaftar.

Tips Agar Lulus CPNS Guru Tahun 2021

Kamu bisa menjadi seorang guru melalui CPNS tahun 2021 atau melalui jalur PPPK. Untuk informasi terkait penerimaan CPNS guru dan perubahan informasi lainnya, pastikan kamu mendapatkannya dari sumber tepercaya. Guru yang diseleksi melalui PPPK akan lebih fokus untuk meningkatkan mutu layanan publik serta mendorong percepatan peningkatan profesionalisme dan kinerja instansi pemerintahan. Sedangkan seleksi PNS akan lebih fokus pada pembuatan ketetapan atau kebijakan melalui posisi manajerial.

Jika mendapatkan kesempatan untuk menjadi guru melalui seleksi CPNS tahun 2021, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar lulus:

  1. Pahami syarat umum dan khusus yang ditetapkan untuk seleksi. Perhatikan apakah terdapat perbedaan persyaratan untuk instansi yang kamu lamar.
  2. Lengkapi dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan. Jika memungkinkan, lengkapi dokumen tersebut sebelum batas akhir pendaftaran.
  3. Ikuti prosedur pendaftaran hingga tahap seleksi secara urut. Pastikan tidak ada langkah pendaftaran yang kamu lewatkan.
  4. Periksa kembali data-data yang diisi agar tidak ada kesalahan data yang dibuat. Peluang lolos seleksi berkas pun akan semakin besar
  5. Belajar materi ujian CPNS untuk persiapan tes SKD. Gunakan referensi soal latihan CPNS tahun sebelumnya untuk berlatih.
  6. Belajar materi ujian CPNS untuk persiapan tes SKB.
  7. Apabila memungkinkan, ikuti try out atau simulasi ujian CPNS agar kamu lebih siap.

Persiapkan 11 syarat CPNS guru 2021 dan tips agar lulus sebaik mungkin. Sebaiknya kamu mulai mencari syarat-syarat yang belum dimiliki sejak dini. Buatlah daftar persyaratan CPNS untuk menjadi guru tahun 2021 nanti dan masukkan dalam map khusus. Ketika tanggal pendaftaran CPNS resmi dirilis, kamu tinggal melakukan pendaftaran dan tidak akan terlalu lama menyiapkan dokumen. Kamu pun bisa lebih fokus untuk belajar menghadapi seleksi CPNS tahun 2021. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah