12 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh di Dalam Rumah, Beracun!

Posted in: Informasi

12 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh di Dalam Rumah, Beracun! – Tanaman memiliki manfaat untuk mempercantik dan menyegerakan udara di rumah, khususnya tanaman hias. Beberapa tanaman dikenal sebagai pembersih udara dari polusi, tapi ada juga jenis tanaman yang tidak boleh di dalam rumah karena beracun. Mengurus tanaman bisa menjadi aktivitas santai untuk menghilangkan penat. Namun, kehati-hatian juga diperlukan saat merawat tanaman yang memilki racun agar tidak berbahaya bagi tubuh.

Tanaman yang Tidak Boleh di Dalam Rumah

unsplash.com

Bercocok tanam, sudah menjadi hobi banyak orang. Kegiatan ini menjadi tren baru di berbagai kalangan, baik pria, wanita, anak muda hingga orang tua. Mereka memanfaatkan beragam lahan untuk melakukan hobi tersebut, termasuk ruangan di dalam rumah karena tidak memiliki taman atau halaman seperti apartemen. 

Dibalik manfaat tanaman yang beragam, ternyata ada jenis tanaman yang mengandung racun yang berbahaya sehingga harus diletakan pada tempat yang aman atau diluar rumah. Mau tahu apa saja? Berikut adalah 12 jenis tanaman yang tidak boleh di dalam rumah:

1. Lidah Mertua

unsplash.com

Membahas tentang tanaman yang tidak boleh di dalam rumah, kamu pasti tidak menyangka bahwa lidah mertua adalah tanaman yang mengandung racun. Tanaman yang cukup populer ini bisa kita temui dimana saja. Ciri-cirinya kaku, meruncing seperti pedang, dan berwarna hijau dengan corak putih atau kuning.

Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieria ini memiliki manfaat untuk membersihkan udara. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa lidah mertua  juga mengandung racun. Walaupun kandungan rancunya tidak tinggi, tanaman ini dapat menyebabkan muntah dan diare pada orang yang menelannya. 

2. Tanaman Dolar

pixabay.com

Pecinta tanaman mengenal tanaman ini dengan nama ZZ atau zanzibar gem. Orang awam khususnya di Indonesia menyebutnya tanaman dolar. Taman ini bisa tumbuh di lokasi yang minim cahaya. Oleh sebab itu, banyak orang beranggapan tanaman dolar cocok diletakan di dalam rumah.

Tapi kamu perlu hati-hati karena seluruh bagian tanaman, baik daun maupun batangnya mengandung racun yang disebut senyawa oksalat. Senyawa ini berbahaya bagi tubuh  manusia dan hewan. Dengan menyentuh bagian tanaman saja bisa menyebabkan kulit terasa gatal hingga iritasi, apalagi tidak sengaja memakannya. Oleh sebab itu, dollar menjadi tanaman yang tidak boleh di dalam rumah karena berbahaya.

3. Kuping Gajah

pixabay.com

Tanaman ini mendapat julukan kuping gajah karena memiliki bentuk seperti telinga gajah. Banyak orang menyebutnya dengan nama caladium. Warnanya bermacam-macam, ada yang hijau, putih, dan yang paling hits adalah daun dengan corak berwarna pink. Walaupun keindahannya membuat ruangan menjadi lebih estetik, Kuping gajah jadi tanaman yang tidak boleh di dalam rumah karena baerbahaya untuk anak-anak.

Ternyata, tanaman ini berbahaya bagi manusia dan hewan karena mengandung racun. Kuping gajah bisa menyebabkan gangguan pernapasan akibat tidak sengaja memakannya. Selain itu, mulut dan lidah bisa bengkak. Menggosokan daun pada kulit juga bisa menyebabkan gatal dan terasa panas seperti terbakar.

4. Philodendron

pixabay.com

Philodendron, tanaman yang sangat hits beberapa waktu belakangan ini adalah tanaman yang bisa ditanam pada media tanah dan air. Daunnya seperti daun sirih dan bisa merambat. Itu sebabnya, Philodendron Sering dijadikan tanaman gantung. Namun, Philodendron adalah tanaman yang tidak boleh didalam rumah. Tanaman ini bisa menyebabkan pembengkakan pada bibir lidah dan tenggorokan apabila tidak sengaja termakan.

5. Sri Rejeki

pixabay.com

Sri Rejeki atau daun bahagia memiliki nama asli Dieffenbachia. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan tanaman aglaonema yang sedang hits.  Tanaman ini memiliki warna hijau di bagian pinggirnya, sedangkan memiliki corak putih di bagian tengah. Sri rejeki sangat mudah tumbuh subur dan menghasilkan banyak daun. Itu sebabnya, sebagian besar orang menyukai tanaman ini sebagai penghias rumah. 

Tidak seperti namanya, daun bahagia, tanaman ini cukup berbahaya karena mengandung getah yang beracun. Getah tersebut terdapat pada batang daun. Getahnya dapat menyebabkan menyebabkan gata-gatal pada kulit orang yang menyentuhnya. Jika tertelan, efeknya adalah pembengkakan pada mulut dan bibir. Pada level yang cukup parah, orang bisa mengalami sesak nafas hingga kejang-kejang.

6. Selendang Putih

pixabay.com

Sama halnya dengan tanaman dolar, selendang putih atau peace lily adalah tumbuhan yang bisa tumbuh pada intensitas cahaya yang minim. Bunga berwarna putih yang cantik membuat orang tertarik menjadikan tanaman hias didalam rumah. Walaupun indah, peace lily adalah tidak boleh di dalam rumah karena beracun. 

Jika bunga atau daunnya termakan oleh manusia, racun tersebut akan membuat tenggorokan terasa panas seperti terbakar dan muntah-muntah. Selain itu,  tanaman ini bisa menyebabkan kematian apabila terkonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

7. Daun Ivy

unsplash.com

Tanaman merambat ini memiliki nama keren English Ivy. Banyak orang memilihnya sebagai tanaman penghias rumah karena bentuk daunnya hampir menyerupai bintang. Selain berwarna hijau, ada juga yang memiliki corak putih. Sama dengan tanaman beracun lain, tidak sengaja memakan tanaman ini bisa menyebabkan demam. Selain itu, tenggorokan akan panas dan gatal, diare, serta muntah-muntah.

8. Rhubarb

unsplash.com

Rhubarb adalah tanaman hias yang bisa dimakan bagian batangnya. Tapi, Rhubarb juga dikenal sebagai tanaman yang beracun. Racunnya terdapat pada bagian daun. Oleh sebab itu, untuk memasaknya diperlukan kehati-hatian agar bagian daun tidak ikut tercampur. Jika memakan bagian daun, seseorang bisa mengalami gagal ginjal akibat racunnya. 

Sesungguhnya Rhubarb juga termasuk dalam tumbuhan sayur yang sering dijadikan sebagai obat anti diare. Tapi, kalau cukup berbahaya, sebaiknya cari obat diare lainnya. Jadikan Rhubarb sebagai tanaman yang tidak boleh di dalam rumah untuk keamanan bersama.

9. Kastuba

unsplash.com

Kastuba memiliki bunga berwarna merah cerah dan daun berwarna hijau tua. Bunga ini seperti mewakili warna identik hari natal. Tidak jarang, bunga ini juga menjadi hiasan pada momen tersebut. Tanaman ini memiliki racun pada getah yang berada di daun, batang, dan bunganya. Jika terkena kulit, efeknya adalah  gatal-gatal dan iritasi. 

Manusia dan hewan yang tidak sengaja memakan ini akan mengalami mual, muntah-muntah, dan diare akibat racun getahnya.  Walaupun bunga cantik ini bisa tinggal di tempat yang minim cahaya dalam waktu lama,  kastuba merupakan tanaman yang tidak boleh di dalam rumah. 

10. Foxglove

pixabay.com

Apakah kamu sudah menonton serial film Ginny and Georgia? Ya, bunga ini jadi salah satu sorotan dalam serial tersebut karena digunakan oleh Georgia (pemerannya) untuk melenyapkan nyawa suaminya. Foxglove memiliki warna ungu cerah yang dan sangat menarik perhatian.

Namun, dibalik keindahannya, tanaman ini mengandung racun berbahaya. Foxglove yang termakan oleh manusia bisa menyebabkan seseorang gagal jantung hingga meninggal. Ini persis yang diceritakan pada serial film tersebut. Itu sebabnya, tanaman yang tidak boleh di dalam rumah ini harus kamu letakan di tempat yang paling aman.

11. Morning Glory

pixabay.com

Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna cerah seperti ungu, kuning, putih dan pink. Biasanya bunga akan mekar pukul 5 pagi dan mekar sempurna pukul 7 pagi. Morning glory merupakan tanaman merambat yang memiliki biji. Bijinya inilah yang mengandung racun berbahaya. 

Biji tanaman morning glory yang masuk kedalam tubuh manusia bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare dan berhalusinasi. Oleh sebab itu, morning glory menjadi tanaman yang tidak boleh di dalam rumah.

12. Mistletoe

unsplash.com

Apakah kamu tahu mistletoe? Pendengar lagu Justin Bieber pasti tidak asing dengan kata tersebut. Mistletoe adalah tanaman parasit yang sering tumbuh di pohon dan semak. Meskipun sering digunakan sebagai hiasan natal didalam rumah, Mistletoe termasuk tanaman yang tidak boleh di dalam rumah. Tanaman ini berbahaya bagi anak-anak jika memainkan hingga menelan bijinya

Biji mistletoe ternyata mengandung racun berbahaya. Orang yang tidak sengaja memakan atau menelan bijinya akan merasa mual, kram pada perut, diare, muntah-muntah, demam hingga paling parah mengalami infeksi usus. Walaupun tumbuhan ini tidak ditemui di Indonesia, tapi kamu perlu tahu untuk diceritakan pada orang lain.

Duh! beberapa tanaman di atas sudah terbeli dan terpanjang didalam rumah. Gimana dong? Tenang, tanaman-tanaman tersebut bukan berarti tidak boleh kamu pelihara. Namun, ada baiknya kamu meletakan tanaman-tanaman tersebut pada lokasi yang tidak mudah terjangkau oleh manusia, khususnya anak-anak, dan hewan peliharaan. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki banyak referensi tentang tanaman yang tidak boleh di dalam rumah.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah