Informasi Tata Cara Daftar CPNS 2021 tapi Beda Domisili

Posted in: CPNS

Informasi Tata Cara Daftar CPNS 2021 tapi Beda Domisili — Untuk yang semangat dalam mengikuti seleksi CPNS 2021, kamu pasti tahu bahwa gerbang pendaftaran CPNS 2021 kini telah dibuka.

Untuk kamu yang ingin tahu tata cara daftar CPNS berbeda domisili maka kamu bisa mengecek info terkini nya dalam artikel Mamikos kali ini. Sebab di sini, Mamikos akan membagikan info menarik terkait tata cara daftar CPNS 2021 beda domisili. Penasaran? Yuk simak selengkapnya di sini.

Terbaru! Begini Tata Cara Mendaftar CPNS 2021 Berbeda Domisili

tirto.id

Di sini kamu bisa memperoleh info terkini mengenai tata cara mendaftar CPNS 2021 beda domisili seperti yang sudah Mamikos singgung di atas. Jadi apabila kamu sudah tidak sabar lagi, kamu bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

1. Informasi Pendaftaran CPNS Lintas Domisili/Lokasi

Kamu pasti sudah segera ingin tahu bagaimana tata cara mendaftar CPNS 2021 tapi berbeda lokasi atau domisilinya.

Sebelum berlanjut pada pembahasan itu terlebih dahulu kamu harus tahu bahwa setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri dalam pemberkasan maupun hal-hal yang terkait dengan penerimaan CPNS 2021.

Seperti halnya yang menyangkut domisili, yang sering sekali dipertanyakan pada seleksi CPNS 2021 ini. Apakah pendaftar di kota A dapat melamar posisi PNS di kota B, atau beberapa skenario sejenisnya.

Menurut Paryono selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar CPNS boleh mendaftarkan diri ke lintas daerah atau domisili. Sebab setiap pelamar dapat mendaftar CPNS 2021 meski, berbeda atau berada di lintas daerah di luar domisilinya.

Selain itu, apabila pelamar ingin mendaftar lintas daerah, maka pelamar harus memastikan dengan mengecek terlebih dahulu lokasi tes pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di kota tersebut.

Sederhananya kamu harus melalui pengecekan dan sudah dipastikan juga dimana lokasi saat pelaksanaan SKD CPNS 2021 tersebut.

Contohnya jika terjadi di pemerintah daerah DKI Jakarta, kemungkinan SKD akan berada di Jakarta. Jadi orang dari luar daerah tersebut harus bersedia untuk datang ke Jakarta.

Sedangkan untuk lokasi tes atau alamat pelaksanaan SKD nantinya akan diumumkan melalui situs resmi instansi yang menjadi pilihan calon peserta masing-masing.

Jadi, Mamikos sarankan untuk kamu sebagai pelamar CPNS untuk terus memantau info dan perkembangan berita melalui portal resmi secara berkala. Jangan sampai kamu ketinggalan informasinya.

2. Syarat Melakukan Pendaftaran CPNS Beda Domisili 2021

Karena tidak ada hal yang berbeda dari pendaftaran CPNS satu daerah maupun beda domisili, maka syarat untuk melakukan pendaftaran pun sama saja.

Meski hingga saat ini belum ada informasi detail mengenai syarat khusus daftar CPNS 2021, namun beberapa syarat umum yang sudah Mamikos rangkum di bawah ini sudah bisa kamu mulai persiapkan.

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS 2021

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun, ketentuan lebih lanjut akan diumumkan kemudian dan diatur pada Portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai Swasta Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00.
  7. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.

Selain harus memenuhi persyaratan tersebut, ada beberapa berkas dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk melakukan pendaftaran, yaitu.

  1. Scan KTP asli.
  2. Pas foto.
  3. Swafoto.
  4. Ijazah. Transkrip nilai asli.
  5. Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

3. Tahapan Seleksi CPNS Beda Domisili 2021

Setelah syarat pendaftaran CPNS, maka kamu juga perlu menyimak tahapan seleksi CPNS beda domisili 2021 tersebut. Untuk seleksi CPNS 2021 tetap akan dilaksanakan secara daring.

Meski begitu, kamu akan tetap menghadapi 5 tahapan seleksi yang harus dilalui sebagai calon pelamar PNS. Seperti yang dilansir dari cpns.kemenkumham.go.id, tahapan tersebut diantaranya adalah:

  1. Pendaftaran online di portal resmi SSCN BKN (sscn.bkn.go.id)
  2. Mengikuti Seleksi Administrasi
  3. Melakukan Verifikasi Berkas Asli
  4. Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)
  5. Mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB

4. Alur dan Cara Mendaftar CPNS Beda Domisili 2021

Berikutnya adalah alur dan cara mendaftar CPNS beda domisili yang perlu kamu pahami. Dalam melakukan pendaftaran CPNS 2021, kamu sebagai calon pelamar dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun sebab prosesnya dilakukan secara online.

Meski begitu, perlu kamu ingat untuk tetap menyiapkan dulu beberapa dokumen penting yang diperlukan. Maka alur pendaftaran CPNS 2021 yang harus kamu jalani adalah sebagai berikut:

  1. Mengakses portal resmi SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id
  2. Membuat akun SSCN menggunakan NIK dan Nomor KK atau menggunakan NIK Kepala Keluarga
  3. Setelah membuat akun, kamu sebagai pelamar dapat log in menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun
  4. Unggah swafoto dengan menunjukkan Kartu Informasi Akun dan KTP
  5. Lengkapi data diri, pilih formasi dan jabatan yang akan dilamar, serta unggah dokumen persyaratan yang diminta
  6. Setelah melengkapi data, lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan data telah sesuai. Kemudian, cetak Kartu Pendaftaran SSCN
  7. Lamaran yang kamu unggah tadi akan melalui proses verifikasi
  8. Setelah lolos proses verifikasi, pastikan kamu sudah cetak Kartu Ujian yang akan diperlukan saat pelaksanaan tes seleksi
  9. Setelahnya, kamu akan mendapatkan pengumuman kelulusan
  10. Bagi kamu pelamar yang lulus, akan melalui proses pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Dengan informasi tadi maka berakhir sudah penjelasan Mamikos pada kesempatan kali ini mengenai tata cara daftar CPNS 2021 berbeda domisili. Mudah-mudahan saja apa yang telah Mamikos sampaikan bermanfaat dan berguna untuk kamu.

Simak terus update info menarik terkait kos hanya di aplikasi Mamikos. Sebab di sana update kos nya bisa kamu peroleh hanya dengan mengunduh dan mengakses satu jenis aplikasi saja. Segera unduh aplikasinya hanya di Appstore dan Playstore sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta