50 Tempat Wisata di Jakarta Paling Seru dan Wajib Dikunjungi Wisatawan

Posted in: Tempat Wisata

50 Tempat Wisata di Jakarta Paling Seru dan Wajib Dikunjungi Wisatawan – Daftar tempat wisata di Jakarta memang banyak dicari oleh orang-orang. Seperti yang diketahui, Jakarta yang merupakan ibukota dari Indonesia ini menjadi salah satu kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Kebanyakan dari penduduk Jakarta adalah pendatang atau perantau yang hijrah ke Jakarta untuk bekerja. Meski bukan termasuk dalam kota pariwisata yang kondang di Indonesia, Jakarta memliki puluhan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Padatnya rutinitas penduduk Jakarta membuat piknik atau liburan harus dilakukan untuk sekedar mengatasi rasa bosan.

Kalau kamu pengen liburan tanpa harus keluar dari Jakarta, tenang aja, banyak kok tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi dengan mudah. Berikut ini adalah daftar 50 tempat wisata di Jakarta yang wajib banget kamu kunjungi saat libur atau saat ada waktu luang. Tempat-tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya ini juga cocok dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang kebetulan lagi liburan di Jakarta. Check this out.

50 Tempat Wisata di Jakarta Paling Seru dan Wajib Dikunjungi Wisatawan

Daftar Isi

1. Tempat Wisata di Jakarta – Monas

Monas adalah ikonnya kota Jakarta. Bagi wisatawan dari luar kota atau luar negeri, belum berasa sampai Jakarta deh kalau belum foto-foto di Monas. Tugu setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia pada saat melawan pemerintah kolonial Belanda. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat piknik di tugu beralamat di daerah Gambir, Jakarta Pusat, ini. Beberapa hal yang kamu lakukan di sini antara lain adalah melihat-lihat diorama tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, naik ke puncak Monas dan melihat-lihat panorama kota Jakarta dari atas, atau sekedar selfie-selfie aja. Monas juga salah satu tempat favorit untuk berolahraga dan bermain. Kalau kamu mau masuk ke Monas, tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 20.000 untuk dewasa. Monas buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

2. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Tekstil

Tempat wisata di Jakarta banyak yang berupa museum. Museum di Jakarta banyak yang unik temanya, salah satunya adalah museum tekstil. Museum ini terletak di Jl. Aipda KS Tubun, Jakarta Pusat. Di museum yang dibangun pada tahun 1976 ini, kamu bisa melihat aneka koleksi tekstil khas Indonesia. Museum ini dibangun untuk menghormati Ibu Tien Soeharto yang notabenenya sering tampil di hadapan publik dengan kain tradisional dan kebaya. Koleksi kain di museum ini berasal dari Sabang hingga Merauke. Kamu bisa banyak belajar tentang kekayaan budaya Indonesia dengan mengunjungi museum ini. Harga tiket masuk museum ini terbilang sangat murah, mulai Rp. 2.000 saja.

3. Tempat Wisata di Jakarta – Pantai Marina Ancol

Kalau kamu pengen liburan seru bareng keluarga, salah satu tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Marina Ancol. Pantai yang sangat padat pengunjung, terutama saat liburan dan akhir pekan ini memang menjanjikan liburan yang seru, asyik, dan menyenangkan. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan di sini, termasuk berenang, main voli, menyewa perahu, wisata kuliner dengan menu seafood, dan masih banyak lagi. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata pantai ini, ada tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang yang harus dibayar.

4. Tempat Wisata di Jakarta – Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang selalu menjadi pilihan tempat wisata di Jakarta yang cocok ketika berwisata bersama anak-anak kecil. Ragunan merupakan kebun binatang kebanggan orang Jakarta yang memiliki koleksi hewan dari berbagai spesies. Kebun binatang yang buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 4 sore ini hampir tiap akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan. Di dalam kebun binatang ini, tak hanya melihat-lihat hewan saja yang bisa dilakukan, kamu juga bisa rekreasi dengan naik perahu bebek, naik kereta, naik gajah tunggang, dan masih banyak lagi. Tiket masuknya murah, hanya sekitar Rp. 4.000 saja. Tapi, tiket belum termasuk biaya untuk naik wahana-wahana di dalamnya, ya.

5. Tempat Wisata di Jakarta – Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara dan menjadi masjid kebanggan warga Jakarta. Tempat ibadah umat Muslim ini pun sering dikunjungi oleh tamu-tamu negara dari luar negeri, contohnya saja seperti Raja Salman dan Barrack Obama. Masjid ini banyak menyelenggarakan kegiatan keagamaan dan menjadi tempat yang cocok untuk berwisata religi. Masjid yang berlokasi di Sawah Besar, Jakarta Pusat ini tak hanya ramai pada saat bulan suci Ramadhan saja, tapi juga di hari-hari biasa.

6. Tempat Wisata di Jakarta – Kota Tua

Salah satu destinasi liburan di Jakarta yang paling sering dikunjungi pada saat weekend atau liburan adalah Taman Fatahillah atau yang lebih terkenal dengan sebutan Kawasan Kota Tua. Di kawasan ini, terdapat banyak sekali gedung tua peninggalan Belanda. Alhasil, kalau kamu datang ke kawasan ini, kamu akan merasa berada di Indonesia jaman penjajahan dulu. Banyak atraksi seru dan menarik yang kamu bisa nikmati di kawasan ini. Kamu bisa lihat bermacam-macam seniman jalanan yang menghibur para pengunjung. Kamu juga bisa naik sepeda onthel berkeliling area Kota Tua dan masih banyak lagi. Untuk masuk kawasan ini, kamu gak perlu bayar tiket masuk. Tapi, kalau mau masuk ke dalam museum atau naik sepeda onthel, tentunya ada biaya tersendiri.

7. Tempat Wisata di Jakarta – Balai Kota Jakarta

Balai Kota notabenenya merupakan tempat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta berkantor tiap harinya. Gedung ini memiliki arsitektur yang unik dan juga nilai sejarah yang tinggi. Gedung ini juga menjadi salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih digunakan hingga hari ini. Karena keunikannya, tak heran jika gedung Balai Kota Jakarta ini banyak menarik minat wisatawan. Balai Kota Jakarta dibuka untuk umum tiap hari Sabtu dan Minggu dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Gedung beralamatkan di Jl. Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan gratis. Di sini kamu bisa mempelajari banyak hal, termasuk melihat Jakarta Smart City dan juga berwisata kuliner.

8. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Suropati

Kalau kamu udah bosen nih jalan-jalan ke mall terus tiap hari, sekali-kali jalan-jalan lah ke taman kota. Meski terbilang sebagai kota metropolitan di mana ruang terbuka untuk publik tidak banyak jumlahnya, Jakarta masih punya beberapa taman kota yang cocok buat nongkrong-nongkrong. Salah satunya adalah Taman Suropati. Taman yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat, ini kerap kali dikunjungi oleh warga Jakarta yang ingin sekedar melepas lelah. Di taman ini, kamu bisa melakukan banyak hal, termasuk bersepeda, jogging, dan nongkrong-nongkrong di bawah rimbunnya pohon. Taman ini bisa dikunjungi secara gratis dan kadang kamu juga bisa melihat hiburan gratis seperti pertunjkan dari para seniman jalanan, dan masih banyak lagi. Cocok pokoknya buat yang pengen liburan irit.

9. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat dengan TMII adalah salah satu objek wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi bersama keluarga saat musim liburan tiba. Banyak alasan mengapa TMII menjadi tempat favorit untuk liburan bersama-sama keluarga, salah satunya karena banyaknya fasilitas dan wahana rekreasi yang terdapat di TMII. Di TMII, kamu bisa melakukan banyak hal termasuk menjelajah anjungan-anjungan daerah di Indonesia, mengunjungi museum, bermain di Istana Anak Indonesia, atau naik gondola. Objek wisata yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur ini mematok tiket masuk seharga Rp. 10.000. Harga fasilitas-fasilitas lain dan wahana lainnya belum termasuk dan bisa dibeli secara terpisah.

10. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Wayang

Kalau kamu suka berwisata sambil belajar, museum bisa jadi pilihan objek wisata yang dikunjungi. Di Jakarta, banyak sekali museum yang menampilkan koleksi-koleksi unik dan menarik, salah satunya adalah Museum Wayang. Tempat wisata di Jakarta ini memamerkan beragam jenis wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Ada wayang dari tanah Jawa, Sumatera, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga wayang-wayang dari luar negeri seperti wayang dari Kamboja, Thailand, dan Tiongkok. Museum ini beralamatkan di Jalan Pintu Besar Utara no. 27 Jakarta Barat. Kalau mau berkunjung ke museum ini, ingat-ingat jam operasionalnya, ya. Tempat wisata di Jakarta Barat ini buka dari hari Selasa sampai hari Minggu jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Tiket masuknya murah aja kok. Mulai dari Rp. 2.000 untuk ana-anak, Rp. 3.000 untuk pelajar, dan Rp. 5.000 untuk umum.

11. Tempat Wisata di Jakarta – Seaworld

Biar anak-anak mengenal dunia laut dan keragaman biota laut, ajak aja ke Seaworld. Tempat wisata di Jakarta yang letaknya ada di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara ini menyajikan hiburan menarik berupa puluhan akuarium dengan koleksi hewan-hewan laut yang unik-unik. Adan juga akuarium raksasa dan menyerupai terowongan sehingga bisa dilewati wisatawan di bawahnya. Tiket masuk Seaworld adalah Rp. 85.000 untuk weekday dan Rp. 100.000 untuk weekend.

12. Tempat Wisata di Jakarta – Gudang Sarinah Ekosistem

Gudang Sarinah Ekosistem merupakan salah satu tempat favorit bagi anak muda Jakarta untuk menghabiskan liburan dan akhir pekan. Dulunya, tempat wisata di Pancoran Timur, Jakarta Selatan ini merupakan gudang kosong yang lama terbengkelai. Namun, saat ini tempat ini sudah disulap menjadi tempat wisata yang keren banget. Dindingnya dihiasi dengan mural-murah keren dan di dalam gedungnya sering diadakan pameran-pameran lukisan dan fotografi.

13. Tempat Wisata di Jakarta – Atlantis Waterpark

Jakarta panas? Ya udah, liburannya di waterpark aja. Tempat wisata berupa taman air ada banyak kok jumlahnya di ibukota, salah satunya adalah Atlantis Waterpark. Tempat wisata ini dulunya bernama Gelanggang Renang Ancol dan sudah ada sejak tahun 1974. Setelah direvitalisasi, namanya diubah menjadi Atlantis Waterpark. Waterpark ini memiliki luas 5 hektar dan ada banyak kolam renang dan wahana di sini. Lokasi waterpark ini ada di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Jam operasionalnya dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam untuk weekday dan jam 7 pagi hingga 10 malam untuk weeekend dan hari libur. Tiket masuk dijual Rp. 95.000 untuk weekday dan Rp. 200.000 untuk weekend dan hari libur.

14. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki adalah tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh para pecinta seni dan budaya Indonesia. Di tempat ini sering digelar acara pentas teater, pemutaran film, dan pameran-pameran oleh seniman kontemporer. Di tempat wisata yang beralamatkan di Menteng, Jakarta Pusat ini, kamu juga bisa melihat planetarium dengan pemandangan astronomi langit yang menakjubkan. Jam operasional Taman Ismail Marzuki adalah tiap hari, buka 24 jam. Tiket masuk gratis, kecuali untuk planetarium, harga tiketnya Rp. 7.000.

15. Tempat Wisata di Jakarta – Ocean Samudera Ancol

Kompleks Taman Impian Jaya Ancol memang menawarkan berbagai objek wisata yang layak dikunjungi. Selain ada Seaworld dan Atlantis Waterpark, di sini juga ada Ocean Samudra. Kamu bisa menonton berbagai pertunjukan di sini, termasuk pertunjukan lumba-lumba. Ada juga teater 4D dan water stuntman show yang menambah keseruan saat liburan di sini. Jam operasional Ocean Samudra Ancol dari jam 9 pagi hingga 4 sore saat weekday, dengan tiket Rp. 95.000 dan jam 9 pagi hingga 5 sore saat weekend, dengan tiket Rp. 130.000.

16. Tempat Wisata di Jakarta – Kidzania

Bingung mau ajak anak-anak atau adek-adek yang masih kecil liburan ke mana? Ajak aja ke Kidzania. Tempat wisata khusus anak-anak ini mengedepankan kosep wisata edukasi di mana anak-anak bisa bermain sambil mengenal profesi orang dewasa. Wahana-wahana di Kidzania didesain berdasarkan pekerjaan orang-orang pada umumnya, ada wahana di mana anak-anak bisa merasakan jadi pemadam kebakaran, pilot, guru, dan masih banyak lagi lainnya. Lokasi tempat wisata di Jakarta Selatan ini ada di Berada di Mall Pacific Place Jakarta, Jakarta Selatan. Tiket untuk bermain di Kidzania dijual dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Jam operasionalnya tiap hari dari jam 9 pagi hingga 4 sore.

17. Tempat Wisata di Jakarta – Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark adalah wahana wisata air yang bisa kamu jadikan tempat liburan, terutama saat cuaca sedang panas. Konsep waterpark ini adalah pegunungan salju. Di sini ada banyak kolam renang, wahana, dan berbagai waterslide seru dan menantang. Waterpark ini ada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Tiap hari waterpark ini buka dari jam 9 pagi hingga 6 sore. Harga tiket masuk tempat wisata di Jakarta Timur adalah Rp. 140.000 untuk hari Senin sampai Kamis dan Rp. 180.000 untuk hari Jumat sampai Minggu dan hari libur.

18. Tempat Wisata di Jakarta – Ecopark

Siapa bilang Jakarta gak punya tempat wisata dengan konsep alam terbuka. Ada kok. Di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, kamu bisa temukan tempat wisata alam terbuka yaitu Ecopark Ancol. Tempat wisata ini kamu bisa melakukan banyak hal, termasuk main flying fox dan melakukan outbond. Ada wahana untuk wisata air, melihat-lihat fauna, main paintball, main kano, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menikmati wahana di tempat ini, tiket masuknya murah kok, mulai dari Rp. 25,000 hingga Rp. 160,000. Tempat wisata di Jakarta ini buka dari jam 8 pagi hingga 4 sore.

19. Tempat Wisata di Jakarta – Pulau Pramuka

Kalau kamu bosan dengan keadaan kota Jakarta yang macet dan ramai terus tiap hari, carilah tempat liburan yang tenang, jauh dari keramaian, dan bisa memberikan rasa rileks. Pulau Pramuka adalah tempat yang cocok untuk cari liburan yang seperti itu. Pulau yang ada di gugusan Kepulauan Seribu Jakarta ini memiliki alam bawah laut yang indah. Pemandangannya juga asri dan sangat menyejukkan. Banyak kok agen travel yang bisa membawamu berlibur ke pulau cantik ini. Jadi jangan ragu-ragu kalau mau ke sini yak.

20. Tempat Wisata di Jakarta – Waterbom Jakarta

Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, juga punya waterpark cantik yang cocok dikunjungi bersama keluarga saat liburan. Namanya Waterbom Jakarta. Tempat wisata air ini memiliki 12 wahana air yang semuanya seru untuk dimainkan. Beberapa di antarnya adalah wahana Water Blazter, Twizter, Wild River, Speed Slide, dan bermacam-macam lainnya. Jam operasional waterpark ini adalah tiap hari dari jam 10 pagi hingga 6 sore. Tiket masuknya adalah Rp. 150.000 untuk weekday dan Rp. 230.000 untuk weeekend.

21. Tempat Wisata di Jakarta – Monumen Pancasila Sakti

Kompleks Monumen Pancasila Sakti di Cipayung, Jakarta Timur ini menjadi tempat di mana banyak orang mengenang tragedi G30S/PKI. Monumen ini memang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi tersebut. Di tempat ini, kalian bisa melihat-ligat museum penghianatan PKI, museum paseban, dan masih banyak lainnya. Tempat ini buka tiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Tiket masuknya murah, hanya Rp. 2.500 saja per orangnya.

22. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Kalijodo

Kawasan Kalijodo dulunya merupakan kawasan prostitusi. Namun, saat ini kawasan ini sudah diubah oleh pemkot Jakarta menjadi sebuah ruang terbuka hijau. Di kawasan Kalijodo yang sekarang, kamu bisa nongkrong sepuasnya. Taman di Tubagus Angke, Jakarta Barat ini memiliki beragam fasilitas, antara lain outdoor fitness, skate park, lintasan jogging, dan masih banyak lagi. Taman Kalijodo ini cocok dijadikan tempat wisata Jakarta murah meriah.

23. Tempat Wisata di Jakarta – Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang atau yang lebih dikenal dengan nama patung bundaran HI adalah patung yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta. Monumen ini terletak di Jakarta Pusat dan ramai dikunjungi, terutama di malam hari. Ada kolam dan air mancur yang mengelilingi monumen ini. Lokasi monumen menjadi sangat indah jika dilihat pada malam hari. Gak heran deh kalau tempat ini menjadi tempat wisata di Jakarta yang digandrungi oleh para anak muda.

24. Tempat Wisata di Jakarta – Mal Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek di kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat ini pernah menyandang predikat mall terbesar di Asia Tenggara. Mall ini banyak sekali tempat-tempat perbelanjaannya dan juga tempat-tempat nongkrongnya. Inilah mengapa mall ini menjadi salah satu mall di Jakarta yang paling ramai tiap akhir pekan.

25. Tempat Wisata di Jakarta – Pulau Tidung

Kepulauan Seribu memang memiliki banyak pulau-pulau unik dan menarik, salah satunya adalah Pulau Tidung. Pulau ini terbilang paling dekat lokasinya dengan Kota Jakarta. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini, salah satunya adalah main snorkeling. Kalau kamu pengen mengunjungi pulau ini, lebih baik datang pada musim kemarau, ya. Biar lautnya tenang dan tidak terlalu banyak ombak di lautnya.

26. Tempat Wisata di Jakarta – Grand Indonesia

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tempat wisata di Jakarta pasti salah satunya adalah mall. Mall Grand Indonesia ini adalah salah satunya. Mall yang terletak di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan mall yang menjadi tempat nongkrong anak muda. Ada banyak venue di dalam mall ini. Ada banyak juga tempat makan, dan pusat perbelanjaan di dalamnya. Mall ini buka tiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

27. Tempat Wisata di Jakarta – Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau di Kepualaun Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak resort dan penginapan bergaya cottage yang ada di pulau ini. Kalau kamu pengen liburan singkat di Kepulauan Seribu, sepertinya Pulau Bidadari bisa jadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang cocok buatmu.

28. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Layang-Layang

Layang-layang merupakan permainan anak-anak tradisional yang sudah hampir punah. Jarang terlihat lagi anak-anak yang berlarian bermain layangan saat ini. Makanya, salah satu cara untuk tetap memperkenalkan anak-anak pada layang-layang adalah dengan mengunjungi museum. Museum Layang-Layang yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan ini menyimpan ratusan koleksi layang-layang dari berbagai jenis. Museum yang buka tiap hari dari jam 9 pagi hingga 4 sore ini mematok tiket masuk Rp. 10.000 saja per orang untuk dapat mengunjungi museum ini.

29. Tempat Wisata di Jakarta – Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki pantai indah berpasir putih. Inilah mengapa pulau ini menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati di Kepulauan Seribu. Kalau kamu pengen menginap di pulau ini, Pulau Pari memiliki banyak homestay dan juga beragam fasilitas untuk turis yang pastinya akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.

30. Tempat Wisata di Jakarta – Pasar Santa

Pasar Santa adalah salah satu pasar tradisional di Jakarta yang sukses berubah menjadi tempat nongkrong favorit anak muda. Image pasar tradisional yang kumuh, becek, dan bau tak terlihat sama sekali di pasar ini. Sebaliknya, pasar di daerah Tandean ini justru penuh dengan kedai-kedai kopi dan tempat-tempat nongkrong khas anak muda. Kalau kamu pengen wisata ke tempat kekinian anak muda tapi gak pengen keluar duit banyak, Pasar Santa bisa jadi salah satu pilihan liburan murah di Jakarta buat kamu.

31. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Bahari

Seperti yang sudah diketahui, Jakarta memiliki banyak sekali museum. Selain Museum Wayang, kamu juga bisa mengunjungi Museum Bahari. Museum yang terletak di kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, ini dulunya merupakan gudang rempah-rempah di jaman VOC. Bisa dibanyangkan, arsitektur bangunannya sangat klasik dan unik. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai benda dan artefak terkait dengan dunia bahari di Indonesia. Kamu bisa melihat koleksi tentang navigasi, teknologi pembuatan kapal, biota laut, dan masih banyak lagi lainnya. Museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu, dari jam 9 pagi hingga 3 sore. Tiket masuknya sangat murah, Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 saja.

32. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Nasional Republik Indonesia

Museum Nasional Republik Indonesia atau yang lebih terkenal dengan nama Museum Gajah merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Jakarta. Museum yang terletak di daerah Gambir, Jakarta Pusat ini menyimpan banyak peninggalan besejarah dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Kebanyakan koleksi di museum ini berupa prasasti, arca, dan artefak bersejarah. Jam operasional tempat rekreasi di Jakarta ini adalah dari hari Selasa sampai Minggu, jam 8 pagi hingga 4 sore. Harga tiketnya cukup murah, Rp. 2,000 untuk anak-anak dan Rp. 5,000 untuk dewasa.

33. Tempat Wisata di Jakarta – Galeri Nasional

Galeri Nasional Indonesia atau Indonesia National Gallery adalah salah satu museum terbaik yang ada di ibukota. Museum yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat ini terletak dekat dengak Stasiun Gambir. Di dalamnya, kamu bisa melihat banyak koleksi tentang kesenian dan seni rupa di Indonesia. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 1999 dan saat ini telah menjadi museum yang terkenal di kalangan pecinta seni. Di museum ini sering digelar pameran tetap, pameran temporer, dan lain sebagainya. Tiket untuk masuk ke museum ini biasanya gratis dan pengunjung juga bisa menikmati aneka karya pelukis lokal dan mancanegara sepuasnya.

34. Tempat Wisata di Jakarta – Planetarium Jakarta

Tertarik dengan dunia astronomi? Liburan aja ke Planetarium. Jakarta punya kok planetarium menarik untuk dikunjungi. Letaknya ada di Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat. Di planetarium ini, kamu bisa melihat meniatur tata surya. Kamu juga bisa lihat rasi bintang, dan pertunjukkan tentang luar angkasa. Pertunjukan berlangsung selama 50 hingga 60 menit, dan selama pertunjukan kamu bisa belajar banyak tentang astronomi. Untuk tiket masuknya cukup murah kok, Rp. 7.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

35. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Taman Prasasti

Salah satu museum unik di Jakarta adalah Museum Taman Prasasti. Yap, museum ini dinamakan “taman prasasti” karena kebanyakan isinya merupakan makam dengan berbagai macam model batu nisan. Memang sebelum jadi museum, tempat ini merupakan tempat pemakaman yang bernama Kebon Jahe Kober. Kompleks pemakaman ini bernuansa gotik sehingga menarik bagi mereka yang ingin berselfie ria. Banyak tokoh terkenal yang dimakamkan di kompleks pemakaman ini, beberapa di antaranya adalah Soe Hok Gie. Museum Taman Prasasti buka tiap hari Selasa sampai Minggu, dari jam 9 pagi hingga sore.

36. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Kebangkitan Nasional

Buat kamu yang pengen liburan sambil belajar tentang sejarah Indonesia, terutama di masa-masa kebangkitan nasional, kamu bisa mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional yang terlteak di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat. Museum ini dulunya adalah bekaa gedung sekolah dan asrama STOVIA atau School tot Opleiding van Inlandsche Artsen. Di museum ini kamu gak hanya bisa mempelajari tentang sejarah kebangkitan nasional tapi juga tentang sejarah kedokteran di Indonesia. Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu. Jam bukanya dari jam 8.30 pagi hingga jam 2 siang, kecuali hari Jumat (tutup jam 11.30). Tiket masuknya murah banget! Rp. 1.000 buat anak-anak dan Rp. 2.000 untuk dewasa.

37. Tempat Wisata di Jakarta – Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang lebih sering disingkat Dufan merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang terbilang paling populer. Taman wisata ini memiliki puluhan wahana seru yang cocok dimainkan oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa. Dufan yang letaknya ada di kawasan Ancol, Jakarta Utara, ini memiliki wahana permainan seperti Arung Jeram, Bianglala, Ontang Anting, Kora-Kora, Halilintar, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga wahana permainan 3D dan masih banyak lagi lainnya. Kalau mau main ke Dufan, catat jam operasionalnya, ya. Dufan buka tiap hari. Untuk hari Senin sampai Jumat, Dufan buka dari jam 10 pagi hingga 6 sore. Kalau hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya, Dufan buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

38. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Joang ’45

Museum ini dulunya merupakan bangunan hotel saat masih jaman Belanda. Setelah kemerdekaan, bangunannya diubah menjadi museum untuk memamerkan benda-benda bersejarah terkait dengan kemerdekaan Indonesia. Koleksi museum yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, ini antara lain adalah arsip-arsip dan dokumentasi, baik dalam bentuk foto, lukisan, dan surat-surat. Ada juga bioskop di museum ini di mana pengunjung museum bisa menonton film-film dokumenter tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Museum ini beroperasi hari Selasa sampai dengan Minggu jam 9 pagi hingga 3 sore.

39. Tempat Wisata di Jakarta – Gereja Sion

Di Jakarta banyak tempat ibadah yang bisa dibilang unik, terutama dari segi arsitekturnya. Salah satunya adalah Gereja Sion yang letaknya ada di Tamansari, Jakarta Barat. Gereja ini terbilang unik karena sudah berusia ratusan tahun. Gereja ini arsitekturnya unik, kental dengan gaya Eropa, terutama gaya bangsa Portugis. Banyak orang yang datang ke gereja ini selain yang memang bertujuan untuk ibadah. Mereka kadang datang ke gereja ini ini untuk sekedar mempelajari sejarahnya atau mengagumi keindahan arsitektur bangunannya.

40. Tempat Wisata di Jakarta – Gereja Katedral

Selain Gereja Sion, Jakarta juga punya Gereja Katedral. Gerja ini diklaim sebagai gereja terindah di ibukota. Gereja yang sudah dibangun seja tahun 1807 ini memiliki gaya neo gotik khas Eropa. Gereja yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Istiqlal ini sudah menjadi cagar budaya Indonesia sejak tahun 1993 karena keindahan bangunannya. Kamu bisa datang ke gereja ini saat ada misa/ibadah maupun saat hari-hari biasa jika ingin melihat-lihat arsitekturnya.

41. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Menteng

Taman Menteng pastinya bukan lagi tempat berwisata yang asing buat warga Jakarta, apalagi yang tinggal di Jakarta Pusat. Di taman ini memang banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, termasuk berolahraga dan foto-foto. Letak taman yang menjadi ruang terbuka hijau paling populer di Jakarta Pusat ini ada di pusat kota sehingga bisa dijangkau oleh semua orang dengan mudah. Di Taman Menteng ini juga ada rumah kaca di mana sering digelar pameran seni rupa dan fotografi di dalamnya.

42. Tempat Wisata di Jakarta – Pondok Indah Waterpark

Bagi kamu yang suka liburan ke wahana permainan air, Pondok Indah Waterpark yang terletak di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini bisa jadi pilihan kamu. Lokasinya ada di dalam kompleks Pondok Indah Mall. Di dalam waterpark ini ada beragam wahana waterslide dan kolam renang yang bisa dicoba. Waterpark yang buka tiap hari dari jam 6 pagi hingga 9 malam ini tiket masuknya dapat dibeli dengan harga Rp. 100.000 (Senin-Jumat) dan Rp. 150.000 (Sabtu, Minggu, Libur).

43. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Langsat

Taman Langsat merupakan taman di Jakarta yang cukup unik. Taman ini dikenal sangat mistis dan angker. Namun, pemandangannya yang indah dan letaknya yang strategis membuat banyak orang datang ke taman ini, meski tak sampai malam hari. Taman yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini memiliki banyak fasilitas termasuk area penampungan bibit tanaman, kolam teratai, area permainan anak, area pameran flora dan fauna, dan lain sebagainya.

44. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang merupakan salah satu taman tertua yang ada di Jakarta. Letaknya ada di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini termasuk sepi dan syahdu, jauh dari deru mesin kendaraan di jalanan ibukota. Di taman ini terdapat danau kecil yang indah dan bisa menyegarkan mata. Kalau kamu pengen cari tempat liburan Jakarta tempat menarik yang gratis dan menenangkan, sepertinya taman ini cocok buat kamu.

45. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, terdapat taman wisata alam mangrove Angke Kapuk atau yang lebih dikenal dengan nama Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Taman ini memiliki keindahan alam yang begitu eksotis dan cocok dijadikan tempat liburan. Tempat wisata di Jakarta ini memiliki luas sekitar 99 hektar. Jika kamu liburan ke tempat ini, kamu gak hanya bisa menikmati pemandangan cantik dari tanaman mangrove-nya saja, tapi kamu juga bisa menikmati serunya naik perahu yang mengelilingi kawasan hutan mangrove ini.

46. Tempat Wisata di Jakarta – Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta adalah salah satu cagar budaya di Jakarta yang hingga hari ini masih sering dikunjungi oleh warga ibukota. Gedung yang terletak di Sawah Besar, Jakarta Pusat ini memiliki keindahan eksterior dan interior yang mengagumkan. Selain itu, banyak juga pertunjukan dan pameran yang sering digelar di gedung ini. Cocok buat kalian pecinta seni dan budaya yang pengen liburan sambil cari-cari inspirasi terkait seni.

47. Tempat Wisata di Jakarta – Taman Ayodya

Kalau kamu cari tempat wisata murah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kamu bisa datang ke Taman Ayodya. Taman ini merupakan salah satu taman yang paling terkenal di Jakarta. Lokasinya strategis, dekat dengan kawasan Blok M. Banyak fasilitas yang ada di lokasi taman ini seperti jogging track, kios-kios wisata kuliner, dan masih banyak lagi. Taman ini dipenuhi oleh pohon-pohon rindang yang membuat pengunjung taman ini bisa merasa sangat nyaman dan betah.

48. Tempat Wisata di Jakarta – Toko Merah

Toko Merah adalah salah satu objek wisata bersejarah yang terletak di Tambora, Jakarta Barat. Toko Merah ini adalah bangunan yang sudah berusia hampir 300 tahun. Bangunan ini menjadi salah satu objek wisata karena arsitekturnya yang sangat menarik. Bangunannya kental dengan gaya Baroque dan dindingnya dibalut oleh batu bata berwarna merah. Kalau kamu mau berkunjung ke bangunan ini, jam bukanya adalah dari jam 9 pagi hingga 16.30 sore setiap hari.

49. Tempat Wisata di Jakarta – Setu Babakan

Ingin mencoba tempat wisata budaya Betawi, tempat wisata di Jakarta yang harus kamu kunjungi adalah Setu Babakan. Tempat wisata di Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini memang merupakan kampung budaya Betawi yang lengkap fasilitas liburannya. Ada area wisata air, area kuliner khas Betawi, area untuk main sepeda dan main delman, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini buka tiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Tiket masuknya gratis! Makanya, kalau pengen liburan berkualitas dan hemat, kamu harus datang ke sini yak.

50. Tempat Wisata di Jakarta – Museum Satriamandala

Bagi kamu yang tertarik pada dunia TNI, kamu bisa dayang ke Museum Satriamandala. Museum ini memiliki koleksi lengkap terkait dengan kendaraan tempur dan senjata yang digunakan oleh pasukan TNI. Di museum ini, kamu bisa melihat aneka helikopter, kapal perang, rudal, senapan, granat, dan berbagai benda lain terkait dengan TNI. Museum di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini buka dari hari Selasa sampai Minggu, jam 9 pagi hingga 14.30 sore.

Demikian daftar 50 tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Semua tempat wisata di Jakarta ini cocok untuk liburan baik buat anak kost, warga Jakarta, atau pelancong dari kota lain yang kebetulan sedang berada di Jakarta. Happy holiday!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost