21 Tempat Wisata Kaliangkrik Magelang dan Sekitarnya Dengan View Bagus & Instagramable

Posted in: Tempat Wisata
Tagged: tempat wisata

21 Tempat Wisata Kaliangkrik Magelang dan Sekitarnya Dengan View Bagus & Instagramable — Mengunjungi tempat wisata Kaliangkrik Magelang bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk kamu yang sedang memerlukan agenda jalan-jalan atau berwisata.

Apalagi jika kamu sedang merasakan kejenuhan dengan segala aktivitas atau rutinitas pekerjaan yang sehari-hari dijalani. Makanya, Mamikos merangkum beberapa referensi tempat wisata Kaliangkrik Magelang yang dapat menjadi salah satu opsi destinasi wisata yang dikunjungi saat libur pekan nanti. Penasaran dengan rekomendasi tempat wisata Kaliangkrik Magelang tersebut? Simak penjelasan daftar destinasi wisata Kaliangkrik Magelang berikut ini.

Daftar Destinasi Wisata Kaliangkrik Magelang dan Sekitarnya, Instagramable!

id.wikipedia.org

Seperti yang sudah Mamikos singgung di atas bahwa pada kesempatan kali ini Mamikos akan memberikan kamu beberapa lokasi wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang memiliki view yang instagramable banget. Langsung saja simak daftar tempat wisata Kaliangkrik Magelang tersebut di bawah ini.

1. Nepal van Java

newsmedia.co.id

Tentu saja rekomendasi pertama dalam daftar tempat wisata Kaliangkrik magelang adalah Nepal van Java yang dikenal juga Nepal di tanah Jawa. Destinasi Nepal van Java ini tengah naik daun dan menjadi salah satu destinasi yang sangat difavoritkan saat ini oleh para masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Nama atau julukan Nepal van Java tersebut sebenarnya untuk menunjukkan sebuah lokasi yang ada di Dusun Butuh, tepatnya di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Nama tersebut menjadi begitu populer dan disematkan pada Dusun Butuh karena lokasi yang berdekatan dengan lereng Gunung Sumbing. Model perumahan penduduk yang terlihat bertumpuk-tumpuk tersebut seolah menyerupai dengan model rumah penduduk yang ada di Nepal.

Nepal van Java berada sekitar 21,5 kilometer dari pusat Kota Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu hendak datang dan menghabiskan waktu di Nepal van Java tersebut, maka kamu perlu menempuh waktu berkendara lebih kurang satu jam saja. Saat berkunjung, kamu perlu membayar tiket parkir yakni 2k untuk motor dan 5k untuk parkir mobil.

Ketika kamu sudah sampai di Kota Magelang, perjalanan pun akan berlanjut menuju ke Kecamatan Kaliangkrik. Begitu kamu tiba di Nepal van Java, kamu akan langsung disodorkan pemandangan indah yang luar biasa. Kamu bisa mengabadikannya langsung melalui kamera atau menikmatinya sendiri saja.

2. Mangli Sky View

koran-jakarta.com

Mangli Sky View juga dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik sebab terlihat seakan menembus awan. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 1.570 m di atas permukaan laut, dan tepat berada di sebelah timur Gunung Sumbing, atau di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Tempat satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah yang bakal membuat kamu betah berlama-lama.

Semua pemandangan itu seolah menjadi lengkap dengan latar gunung-gunung megah seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Tidar, Gunung Giyanti,Gunung Ungaran, dan Gunung Sumbing. Di Mangli Sky View kamu bukan hanya akan menyaksikan pemandangan langit dan gunung saja lho. Sebab hamparan kebun sayur nan hijau, ditambah kicauan burung yang merdu bakal menambah damai perasaan.

Pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini bisa bermalam di area bumi perkemahan yang telah dilengkapi dengan sederet fasilitas terbaik diantaranya musala, warung, toilet, warung, listrik, sampai WiFi pun tersedia. Jika kamu hendak datang ke sana, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 5k saja per orang.

Namun apabila kamu ingin berkemah, maka biaya yang perlu dibayar adalah 15k per orang. Pihak pengelola di Mangli juga sudah menyediakan serta penyewaan untuk alat-alat perkemahan, misalnya saja tenda, matras, kantong tidur, kompor, gas, nesting, dan lain sebagainya. Harga sewa alat-alat kemah tersebut mulai dari 5k sampai 50k saja.

3. Ketep Pass

travelspromo.com

Ketep Pass menjadi destinasi wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang masuk rekomendasi Mamikos. Ketep pass merupakan sebuah gardu pandang yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl dan berlokasi di Jalan Blabak Boyolali kilometer 16, Ketep, Kecamatan Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Di tempat wisata satu ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung-gunung yang ada di sekeliling Kota Magelang misalnya saja Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Di destinasi Ketep Pass juga terdapat Museum Vulkanologi bernama Ketep Volcano Centre. Di sana para pengunjung dapat mendapatkan beberapa info menarik mengenai Gunung Merapi. Pengunjung yang datang ke tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya ini dapat menikmati hamparan pemandangan yang menakjubkan dengan biaya yang relatif murah. Yakni mulai dari 10k saja pada hari biasa dan 13k pada hari libur atau tanggal merah.

4. Candi Borobudur

seputarsemarang.com

Candi Borobudur adalah salah satu warisan budaya dan menjadi satu-satunya candi Buddha terbesar yang ada di dunia. Konon Candi Borobudur dibangun antara tahun 780 sampai 840 Masehi pada era kerajaan Mataram Kuno. Karena keindahannya itu lah, maka akan sangat disayangkan apabila kamu tidak sempat mampir dan datang ke Candi Borobudur ketika sedang berlibur ke Kota Magelang. Megah dan jejak sejarah yang terasa dari bangunan Candi serta jejeran stupa yang ada menjadi penambah keeksotisan candi yang dibangun pada masa kejayaan Sailendera.

Wisatawan lokal yang akan masuk ke area destinasi wisata ini harus membayar biaya mulai dari 50k per orang. Lalu untuk anak usia 10 tahun ke atas, dikenai biaya 25k per orang. Sementara jika kamu datang secara rombongan dengan minimal 20 orang, maka kamu harus membayar sebesar 25k per orang. Jauh lebih murah bukan kalau datang beramai-ramai?! Oh, ya ada dua jenis paket kunjungan yang disediakan pihak pengelola Candi Borobudur yakni paket ‘Borobudur-Prambanan’ dan ‘Borobudur-Ratu Boko’ yang dibanderol dengan harga sama, yaitu paket harga sebesar 75k per orang di atas usia 10 tahun. Atau 35k per orang untuk usia 3 sampai 10 tahun.

5. Candi Selogriyo

ensiklopediaindonesia.com

Candi Selogriyo menjadi destinasi wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang masuk dalam daftar Mamikos pada kesempatan ini. Lokasi Candi Selogriyo terletak di lereng Gunung Sumbing, atau di sebuah lokasi yang agak terpencil yakni di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, serta Bukit Malang, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Selogriyo adalah sebuah bangunan peninggalan purbakala dan para ahli arkeolog memperkirakan bahwa candi ini dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno. Candi Selogriyo juga dianggap sebagai bukti dari perkembangan nilai-nilai yang terkandung dalam agama Hindu.

Karena lokasi Candi Selogriyo yang terletak di antara perbukitan, maka jangan heran jika candi ini memiliki sebuah pemandangan indah serta udara sejuk yang mendamaikan. Jika kamu hendak berkunjung ke Candi Selogriyo, maka kamu bisa datang pada jam operasionalnya yakni mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya terbilang murah hanya 7k saja untuk wisatawan lokal, dan 25k untuk wisatawan asing.

6. Candi Mendut

visitmagelang.id

Lokasi Candi Mendut masih berdekatan dengan Candi Borobudur yakni hanya berjarak sekitar 3 km saja, atau tepatnya beralamat di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut adalah sebuah candi peninggalan agama Buddha yang diduga memiliki kaitan dengan Candi Borobudur. Meskipun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan yang menjelaskan hal tersebut, namun Candi ini memiliki sejumlah nilai sejarah.

Belum lagi makna kehidupan yang tampak dari relief yang terukir pada dinding candi, menambah kuatnya sejarah. Candi Mendut selalu menjadi pilihan bagi para wisatawan yang hendak menjelajahi sejarah, budaya, sekaligus wisata religi yang sarat edukasi. Makanya tak heran jika ada banyak wisatawan yang membawa keluarganya serta saat berkunjung ke tempat wisata Candi Mendut ini.

Demi kenyamanan saat wisatawan berkunjung ke area Candi Mendut, pihak pengelola Candi Mendut sudah menyediakan sederet fasilitas diantaranya ada area parkir yang luas serta toilet. Semenjak pandemi, jam operasional Candi Mendut pun mengalami perubahan.

Yakni setiap hari Selasa sampai Minggu, dan terbagi dalam 2 pembukaan yakni dari pukul 08.30 sampai 11.00 WIB dan pembukaan yang kedua pukul 12.00 sampai 16.00 WIB. Untuk dapat menikmati wisata Candi Mendut, pengunjung harus membayar biaya sebesar 10,5k per orang untuk wisatawan domestik, dan 20,5k untuk wisatawan asing. Oh, ya, tiket tersebut sudah termasuk biaya kunjungan ke Candi Pawon juga lho.

7. Candi Pawon

myjogja.id

Candi Pawon menjadi candi berikutnya setelah Candi Mendut yang lokasinya berdekatan dengan Candi Borobudur. Candi Pawon merupakan peninggalan sejarah yang mengandung corak agama Buddha. Lokasi Candi Pawon ini berada di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Pawon mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, sama seperti Candi Borobudur. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, namun di destinasi wisata Candi Pawon sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, area parkir, serta beberapa penjual makanan yang berjejer di sekitar candi.

Candi Pawon ini mempunyai berbagai kisah yang terlihat pada dinding reliefnya. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah kisah Kinara-Kinari yang memiliki wujud setengah manusia dan setengah burung. Kinara-Kinari juga sering bermain musik di tepi sungai atau mata air di Sungai Elo dan Sungai Progo. Menurut Tim Ahli Penyusun Narasi Legenda Borobudur UGM, Kinara-Kinari memiliki suara yang indah dan merdu. Selain itu Kinara-Kinari ini pandai bermain sitar dan beberapa alat musik lainnya.

Pada saat pandemi melanda Indonesia, jam operasional Candi Pawon pun mengikuti peraturan yang sudah diberlakukan pemerintah. Di mana ia beroperasi mulai hari Selasa sampai Minggu dan terbagi dalam 2 pembukaan jam buka. Antara pukul 8.30 sampai 11.00 WIB dan pembukaan kedua pada pukul 12.00 sampai 16.00 WIB. Pengunjung yang hendak masuk ke destinasi Candi Pawon harus membayar biaya sebesar 10,5k untuk wisatawan lokal dan 20,5k untuk wisatawan mancanegara. HTM nya sudah termasuk paket wisata untuk datang ke Candi Mendut juga.

8. Candi Umbul

borobudurnews.com

Candi Umbul menjadi tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang Mamikos masukkan ke daftar ini. Candi Umbul adalah sebuah situs purbakala yang merupakan sebuah pemandian air panas, dan dipercaya sebagai tempat pemandian sang putri raja saat hendak membersihkan diri. Pemandian putri raja tersebut berlokasi di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Candi Umbul sangat dekat dengan Telaga Bleder dan Curug Sekar. Tak heran jika tempat ini juga mempunyai sebuah pemandangan yang sangat cantik. Candi Umbul Magelang ini juga terkenal dengan kolam pemandian air panas alami yang menarik minat wisatawan. Dari dasar Candi Umbul, muncul air hangat yang oleh penduduk sekitar, dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit serta membuat semakin awet muda. Jika kamu hendak merasakan mandi di pemandian ala putri raja satu ini maka kamu perlu membayar sekitar 6k saja per orang.

9. Ladon Little Island

magelangekspress.com

Ladon Little Island menjadi salah satu tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang Mamikos rekomendasikan pada artikel ini. Ladon Little Island menawarkan sebuah pesona alam ala pantai yang dengan pasir putih yang terletak tepat di tepi Sungai Progo, Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dikarenakan lokasinya berada di pinggiran aliran sungai, maka tak heran jika pemandangan yang tampak pun begitu menyegarkan pikiran. Pasir putih yang ada di pinggir sungai tersebut berasal dari abu material pada letusan Gunung Merapi.

Di lokasi wisata satu ini, pengunjung bisa mengabadikan diri dengan berfoto atau menunggang kuda sambil menyusuri aliran Sungai Progo nan eksotis. Mamikos sarankan untuk datang pada musim kemarau saja. Sebab saat musim hujan, tempat satu ini biasanya banjir. Untuk fasilitas kamu tidak perlu khawatir, sebab sudah tersedia beberapa warung yang menjual aneka macam makanan dan minuman tradisional untuk mengembalikan tenaga. Kamu perlu membayar harga tiket sebesar 2k saja per orang. Untuk biaya parkir motor hanya 2k dan parkir mobil 5k.

10. Silancur Highland

tagar.id

Silancur Highland merupakan tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang menjadi destinasi wajib yang perlu kamu datangi juga. Lokasi Silancur Highland berada di tenggara Gunung Sumbing, atau di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jateng. Destinasi wisata satu ini menawarkan kamu sebuah pemandangan yang indah yakni pegunungan yang terbentang luas dengan pepohonan hijau dan langit biru yang berpadu dengan cantik. Tempat ini direkomendasikan untuk kamu yang sedang benar-benar kehilangan motivasi dan memerlukan pendongkrak semangat.

Jika kamu berniat untuk menyaksikan matahari terbit atau pemandangan kota Magelang pada malam hari, kamu dapat menginap di sekitaran destinasi wisata. Di lokasi wisata Silancur Highland ini juga terdapat perkebunan yang dipenuhi dengan tanaman bunga warna-warni, sangat cocok untuk kamu jadikan latar berfoto selain di gardu Silancur Highland. Di lokasi wisata ini juga terdapat paket wisata malam untuk sekadar nongkrong hingga kemping. Kamu membayar biaya tiket masuk sebesar 10k per orang jika hendak masuk ke Silancur Highland. Sementara untuk biaya kemping mulai dari 15k per orang. Masih sangat terjangkau.

11. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang juga masuk dalam tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan Sekitarnya dari artikel Mamikos kali ini. Air terjun Kedung Kayang ini memiliki air mengalir di antara kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menawarkan pemandangan luar biasa menakjubkan. Lokasi pasti Air Terjun kedung Kayang ini berada di Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng. Air terjun Kedung Kayang sangat direkomendasikan bagi kamu yang hendak bermain air atau sekadar berburu foto-foto cantik dan Instagramable.

Di obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang, para pengunjungnya dapat melihat dengan amat jelas pemandangan Air Terjun yang seolah bergandengan dengan latar Gunung Merapi yang kokoh dan megah. Jika kamu hendak mengunjungi tempat ini, maka kamu perlu membayar biaya tiket sebesar 4k saja per orang. Sementara jika kamu hendak masuk ke wahana Gardu Pandang nya kamu perlu membayar 5k, biaya parkir motor 2k, dan untuk parkir mobil 5k saja.

12. Air Terjun Grenjengan Kembar

wisatainfo.com

Air Terjun Grenjengan Kembar mempunyai dua aliran yang bersisian. Lokasi destinasi wisata Air Terjun Grenjengan Kembar berada di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kab. Magelang, Jateng. Karena berada di kawasan lereng Gunung Merbabu, maka tak heran jika mata air terjun tersebut berasal dari mata air Gunung Merbabu.

Di destinasi wisata Kaliangkrik Magelang satu ini kamu bukan hanya dapat menyaksikan air terjun saja lho. Sebab di tempat ini kamu juga dapat menjadikannya latar untuk berfoto dengan view bagus dan Instagramable. Apalagi ada spot-spot foto bagus selama perjalanan menuju ke lokasi air terjun yang berlatar hutan pinus. Apabila kamu hendak mengunjungi tempat wisata Air Terjun Grenjengan Kembar, maka kamu hanya perlu membayar biaya 10k saja dan sudah include dengan biaya parkir.

13. Air Terjun Sekar Langit

jatengprov.go.id

Air Terjun Sekar Langit amat terkenal dan berkaitan dengan legenda asli Nusantara tentang Jaka Tarub yang mencuri salah satu selendang dari bidadari yang tengah mandi. Air terjun Sekar Langit ini berlokasi di lereng Gunung Telomoyo, Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang, Jateng.

Di lokasi wisata Air Terjun Sekar Langit menawarkan pemandangan air terjun yang jernih dari ketinggian sekitar 25 meter. Suara gemericik air dan suasana yang asri bakal menambah kesyahduan tempat wisata ini. Di dekat lokasi air terjun, terdapat jembatan pelangi yang sangat cocok untuk kamu jadikan latar foto view bagus dan Instagramable. Jika kamu hendak mengunjungi Air Terjun Sekar Langit, kamu cukup membayar biaya masuk sebesar 5k saja untuk 1 orang.

14. Curug Silawe

Lokasi Curug Silawe berada di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jateng. Curug ini mempunyai ketinggian yang mencapai 60 meter. Air yang terjun dan mengalirkan di lokasi ini sangatlah jernih dan segar. Apalagi banyak pepohonan hijau yang menghiasi di sekelilingnya, menambah suasana semakin sejuk dan menenangkan.

Curug Silawe berada di lokasi yang masih alami serta asri, sebab sangat jauh dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Makanya untuk kamu yang sedang mencari destinasi yang cocok untuk melepaskan kejenuhan dalam aktivitas sehari-hari, datang ke Curug Silawe adalah salah satu pilihan tepat. Jika kamu ingin mengunjungi Curug Silawe, kamu hanya perlu membayar HTM sebesar 6k saja untuk satu orang.

15. Telaga Bleder

visitjawatengah.jatengprov.go.id

Telaga Bleder adalah wisata alam yang terbentuk alamiah serta bersumber dari mata air Gunung Andong. Tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya ini berada di Dusun Bleder, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemandangan asri dari Gunung Andong yang bersatu pada dengan hamparan sawah nan hijau menambah kesejukan penglihatan. Untuk menunjang beberapa aktivitas wisata, pihak pengelola tempat sudah menyediakan sejumlah fasilitas. Di antaranya adalah toilet, gazebo, area parkir, kolam renang anak, serta wahana air berupa speedboat, perahu dayung, hingga becak air.

Di tempat wisata satu ini juga sesekali mengadakan festival yang menarik minat pengunjung. Misalnya saja pelepasan seribu lampion air ke arah telaga, lomba perahu dayung, lomba berbagai kesenian rakyat, melodi telaga, hingga pelaksanaan ritual Larung Sangkala. Jika kamu hendak datang, kamu perlu membayar HTM sebesar 5,5k saja per orang pada hari biasa, dan 4,5 untuk anaka-anak.

Sedangkan untuk hari Minggu, libur atau tanggal merah, maka biaya HTM nya menjadi 6,5 per orang (dewasa) dan 5,5k per anak-anak. Namun pada saat pelaksanaan festival, harga tiket masuknya menjadi 10k per orang dan 9k untuk anak-anak. Biaya-biaya lain yang perlu diketahui adalah biaya sewa parkir sebesar 2k untuk motor dan 5k untuk mobil. Kemudian jika kamu hendak menyewa speedboat kamu perlu membayar sebesar 4k, perahu dayung 5k, dan becak air 5k. Masih sangat terjangkau dan ramah di kantong kamu bukan.

16. Punthuk Setumbu

travelspromo.com

Punthuk Setumbu menjadi populer dan terkenal saat menjadi salah satu lokasi yang didatangi Cinta dan Rangga dalam Ada Apa Dengan Cinta 2. Lokasi Punthuk Setumbu berada di kawasan perbukitan gugusan Bukit Menoreh. Namun untuk lokasi nya berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 4, Karangrejo, Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Punthuk Setumbu berada di ketinggian 1.300 mdpl, yang semula merupakan sebuah ladang milik warga sekitar. Namun perlahan, tempat ini malah menjadi destinasi wisata dengan pemandangan indah saat matahari terbit.

Kabut pagi yang menyelimuti Candi Borobudur pun dapat kamu lihat dari atas bukit Punthuk Setumbu ini. Tak heran jika tempat wisata satu ini sering menjadi salah satu spot foto view bagus dan Instagramable dengan mengambil latar Candi Borobudur dan pegunungan. Kamu bisa datang ke kawasan Punthuk Setumbu setiap hari, mulai pukul 04.00 pagi dengan membayar HTM 20k per orang untuk wisatawan lokal, dan 50k per orang untuk wisatawan asing.

17. Sungai Elo

borobudurnews.com

Tempat wisata rekomendasi Mamikos selanjutnya yang ada di daftar tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya adalah Sungai Elo. Melakukan rafting atau arung jerang di Sungai Elo sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keseruan olahraga air sambil memacu adrenalin. Apalagi melakukan arung jeram di Sungai Elo ini terbilang aman dan stabil karena arus sungainya.

Lokasi Sungai Elo berada di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jateng. Panjang rute untuk aktivitas arung jeram di Sungai Elo yakni sekitar 12 km atau lama waktu pengarungannya selama 2,5 hingga 3 jam. Melakukan aktivitas berolahraga air arung jeram di Sungai Elo, cukup disukai karena pemandangan cantik di sekitarnya yang tak terbantahkan.

Apalagi pemandangan asri sambil bisa menyaksikan megahnya Candi Borobudur dan Candi Mendut di kejauhan menambah ketenangan. Apabila kamu hendak menikmati wisata air arung jeram Sungai Elo, maka ada beberapa harga paket yang ditawarkan, mulai dari 650k per perahu yang dapat diisi oleh maksimal 6 orang saja. Namun semenjak pandemi Covid-19, perahu hanya boleh diisi maksimal 4 orang saja.

18. Punthuk Mongkrong

wisatainfo.com

Punthuk Mongkrong adalah tempat wisata yang masuk dalam daftar Mamikos kali ini yang berlokasi di kawasan Bukit Menoreh, atau berjarak kurang lebih 5 km saja dari Candi Borobudur. Untuk lokasi persisnya Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jateng. Tempat wisata Punthuk Mongkrong ini memberikan kamu sebuah pemandangan yang luar biasa menakjubkan berupa pegunungan serta pesona matahari terbit yang cantik.

Apalagi ketika langit pagi menunjukkan pesonanya, maka kamu tidak bisa tinggal diam dan pasti ingin segera mengabadikan nya dalam foto karena view bagus dan Instagramable nya tersebut. Tapi buat kamu yang hanya ingin sekadar bersantai atau menikmati suasana saja juga bisa lho. Jika kamu hendak mengunjungi Punthuk Mongkrong, kamu perlu membayar HTM sebesar 10k saja yang sudah include dengan biaya parkir.

19. Gereja Ayam Bukit Rhema

tagar.id

Gereja Ayam Bukit Rhema menjadi lokasi wisata kedua setelah Punthuk Setumbu yang viral gara-gara Rangga mengajak Cinta untuk melihat matahari terbit di film Ada Apa dengan Cinta 2. Lokasi Gereja Ayam tersebut berada di Karangrejo, Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jateng. Lokasi tempat wisata yang berada di ketinggian menjadi tempat yang pas untuk menikmati terbitnya matahari.

Beberapa kegiatan dapat kamu lakukan jika berkunjung ke lokasi ini. Di antaranya kamu dapat menikmati koleksi lukisan edukasi yang ada di dalam gedung tersebut atau menikmati beraneka macam makanan tradisional yang terletak belakang bangunan, hingga melakukan ibadah. Jam operasional Gereja Ayam Bukit Rhema mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dan kamu perlu membayar HTM sebesar 20k saja per orang.

20. Sungai Progo Atas

wisatakita.com

Siapa di sini yang menyukai olahraga air arung jeram? Maka sangat cocok jika kamu datang ke sungai Progo Atas. Sebab lokasi wisata Magelang ini diperuntukkan bagi kamu pecinta olahraga air khususnya arung jeram. Destinasi wisata satu ini mempunyai aliran sungai yang mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas adalah sebuah lokasi arung jeram yang sangat terkenal bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

Jika kamu hendak melakukan arung jeram di kawasan Sungai Progo, maka ada beberapa yang dapat kamu pilih. Diantaranya yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi untuk melakukan arung jeram tersebut mempunyai ketinggian serta sensasi yang berbeda.

21. Svargabumi

travelspromo.com

Svargabumi merupakan destinasi wisata yang tergolong baru yang langsung hits di Kota Magelang. Lokasinya terbilang tak jauh dari lokasi Candi Borobudur. Di destinasi hits satu ini kamu dapat mengabadikan beberapa spot foto instagramable dari pemandangan hamparan sawah nan hijau. Belum lagi pemandangan indah dari arsitektur Candi Borobudur yang megah yang tampak dari kejauhan. Beberapa spot foto yang ditawarkan di sini di antaranya adalah ranjang jaring-jaring (hammock), ayunan, kolam renang yang dilengkapi dengan floating breakfast.

Jika kamu tertarik untuk menikmati wisata baru hits di Magelang Svargabumi ini maka kamu perlu membayar HTM sebesar 25k saja per orang untuk dewasa dan 15k per anak-anak. Untuk jam operasional Svargabumi mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB petang di hari biasa. Lalu untuk akhir pekan Svargabumi buka mulai pukul 06.30 sampai 17.30 WIB. Tempat wisata ini hanya tutup 1 kali selama seminggu yakni pada hari Kamis.

Menarik bukan rekomendasi pilihan tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang sudah Mamikos tuliskan. Agar tidak stres dan tetap semangat menjalani aktivitas, berlibur sesekali itu perlu. Makanya jangan sampai lewatkan beberapa tempat wisata yang sudah Mamikos rekomendasikan di atas.

Namun selain rekomendasi tempat wisata Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya di atas, Mamikos juga ingin merekomendasikan situs dan aplikasi pencarian hunian terbaik Mamikos. Pencarian hunian kamu dijamin jauh lebih cepat dan praktis apabila menelusurinya menggunakan situs atau aplikasi Mamikos. Buktikan sekarang juga dan unduh aplikasinya via App Store atau Google Play Store.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah