21 Tempat Wisata Palembang Terfavorit yang Hits

Posted on Posted in Tempat Wisata, Wisata Kuliner

21 Tempat Wisata Palembang Terfavorit yang Hits – Kota Palembang merupakan sebuah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang dikenal dengan makanan khasnya yang bernama Pempek Palembang yang terkenal nikmat dan lezat, Makanan ini terkenal hingga plosok indonesia.

Jika kamu  punya rencana liburan ke Kota Palembang, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang cocok untuk Anda kunjungi. Selama ini Palembang terkenal dengan ikon jembatan Ampera, namun bukan itu saja, ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah dengan wisata Bali, Bogor ataupun kota besar lainnya. Untuk memudahkan kamu  menemukan tempat wisata di Palembang yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di explore.

Selain dikenal sebagai kota pempek, Palembang juga punya banyak tempat wisata yang sangat kalah seru dan kece. Mulai dari wisata pantai palembang, tempat kekinian di Palembang, sampai tempat-tempat bersejarah yang sekalian menjadi tempat wisata edukasi. Selain itu, kamu pastinya tau dong kalau Palembang ini menjadi tuan rumah dari Asian Games 2018 ini? Hal tersebut dikarenakan Kota Palembang memiliki salah satu stadion olahraga terbesar ketiga di Indonesia dengan fasilitas olahraga yang lengkap juga.

Tempat Wisata Palembang Terfavorit yang Hits

1. Tempat Wisata Palembang – Jembatan Ampera & Sungai Musi

Image result for jembatan ampera palembang

Pertama, kita akan bahas tempat wisata di Palembang yang ikonik banget ini ya, Sobat Tiket. Kamu pasti tau kan, kalau Jembatan Ampera dan Sungai Musi itu hal yang terkenal selain Pempek dari Kota Palembang ini? Jembatan penghubung antara dua daratan di Kota Palembang, yaitu seberang Ulu dan Seberang Ilir ini memiliki panjang sekitar 1.177 meter dan lebar 22 meter. Jembatan ini menjadi perhatian para turis yang datang ke Kota Palembang karena melambangkan ikon dari kota ini. Selain ikon jembatan, kamu juga bisa lho mengunjungi pasar yang jaraknya tidak jauh dari jembatan Ampera ini untuk membeli berbagai souvenir atau kuliner khas Palembang. Pokoknya, kamu wajib coba ke tempat hits satu ini.

2. Tempat Wisata Palembang – Pulau Kemaro

Image result for pulau kemaro palembang

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk kamu kunjungi. Selain memiliki banyak spot foto yang instagramable, tempat ini juga memiliki sejarah dan bukti bahwa budaya Tionghoa pernah tumbuh dan berkembang di Palembang. Banyaknya anak-anak muda yang berkunjung dan mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar, menjadikan Pulau Kemaro sebagai tempat kekinian di Kota Palembang.

Jika kamu mengunjungi tempat ini, maka kamu akan menemukan beberapa macam ikon yang sangat khas dan melekat dengan budaya Tionghoa. Seperti patung Dewa Rejeki, Pagoda 9 lantai, hingga Kuil atau Klenteng yang masih aktif digunakan masyarakat sekitar.

3. Tempat Wisata Palembang – Masjid Ceng Ho

Image result for masjid cheng ho palembang

Masjid yang didirikan dengan nuansa 3 budaya, yaitu Tionghoa, Arab dan Palembang, menjadi destinasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi di Palembang. Didominasi oleh warna merah dan hijau, tempat wisata di Palembang satu ini berada di sekitar komplek perumahan yang dapat memberikan suasana nyaman dan tenang. Tidak hanya bisa berwisata dan berfoto saja, kamu juga bisa sekalian beribadah di Masjid Ceng Ho ini.

4. Tempat Wisata Palembang – Museum Balaputra Dewa

Image result for museum bala putra dewa palembang

Sesuai dengan namanya, yaitu Museum. Berkunjung ke tempat ini akan membawa kamu pada masa Pra-Sejarah dengan berbagai macam koleksi peninggalan-peninggalannya. Menjadi tempat wisata keluarga yang cocok untuk kamu yang berlibur bersama keluarga. Tidak hanya mendapatkan momen liburannya saja, tapi kamu juga akan mendapatkan ilmu baru mengenai masa peninggalan pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, hingga zaman Kesultanan Palembang.

Museum ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin dan hanya dikenakan biaya sebesar Rp.1000,- hingga Rp.2.000,- saja lho. Ayo, ajak keluarga dan teman-teman kamu mengunjungi Museum ini untuk memahami kembali  betapa pentingnya sejarah kebudayaan ini.

5. Tempat Wisata Palembang – Benteng Kuto Besak

Image result for benteng kuto besak palembang

Benteng Kuto Besak, Palembang. Warisan kuno peninggalan kerajaan di Palembang ini berada pada titik -2.991936,104.7570543. Secara geografis, letak tempat wisata Benteng Kuto Besak ini berada di Jln. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Benteng kuno di Palembang ini konon merupakan peninggalan kerajaan semasa pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Benteng Kuto Besak ini memiliki tinggi sekitar 9,9 meter, lebar sekitar 183,75 meter dan panjang sekitar 288,75 meter. Sedangkan tebalnya sekitar 1,99 meter.

6. Tempat Wisata Palembang – Gunung Dempo

Image result for gunung dempo palembang

Gunung Dempo yang mempunyai ketinggian 3,195 ini memiliki kekayaan rimba gunung yang masih sangat alami. Tempat wisata alam Palembang gunung Dempo ini secara geografis berada di perbatasan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Untuk pergi ke gunung indah di Palembang ini anda harus melewati kota kecil Pagar Alam. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang. Disarankan untuk mengunjungi gunung ini pada saat pergantian musim hujan ke musim kemarau.

7. Tempat Wisata Palembang – Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Image result for masjid sultan agung palembang

Beralih ke tempat wisata religi di Palembang, Masjid ini merupakan sebuah masjid terbesar dan juga terluas di wilayah Sumatera Selatan yang mampu menampung sekitar 15.000 jamaah. Lokasi Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin I ini sendiri berada di di pusat Kota Palembang. Pada malam hari, kamu akan mendapati keindahan masjid yang sangat menakjubkan.

8. Tempat Wisata Palembang – Bukit Siguntang

Related image

Tempat wisata di Palembang yang selanjutnya ini merupakan sebuah bukit yang bernama Bukit Siguntang yang wajib kamu kunjungi. Bukit yang satu ini terletak di Kelurahan Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I. Tempat wisata yang satu ini dahulunya adalah sebuah tempat yang dipercaya sebagai salah satu tempat untuk bersemedi dan beribadah. Bukit Siguntang ini masih dianggap sebagai tempat yang sakral bagi penduduk setempat. Biasanya para wisatawan berkunjung ke sini hanya untuk melakukan ritual ziarah ke makam para bangsawan jaman dahulu.

9. Tempat Wisata Palembang – Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Image result for monumen perjuangan palembang

Palembang juga memiliki pahlawan-pahlawan yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan melawan penjajahan. Lokasi monumen ini sendiri berada di tengah kota Palembang, tepatnya berdekatan dengan Jembatan Ampera dan Masjid Agung. Di monumen ini kamu akan mendapati banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah dan juga peninggalan setelah masa penjajahan usai.

10. Tempat Wisata Palembang – Air Terjun Lematang Indah

Image result for air terjun lematang palembang

Berikutnya ada tempat wisata alam di Palembang yang wajib dikunjungi. Lokasi Air terjun yang satu ini sendiri berada di Kota Pagar Alam yang memiliki ketinggian berkisar 40 m. Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan asri, ditambah dengan udara yang sangat sejuk yang bisa membuat fikiran dan hati kamu menjadi tenang dan damai. Jika kamu berkunjung ke air terjun yang satu ini saat hujan, maka kamu harus berhati-hati karena bebatuan yang ada di sekitar air terjun ini sangat licin.

11. Tempat Wisata Palembang – Air Terjun Bidadari Di Lahat

Image result for air terjun bidadari di lahat palembang

Masih ada lagi air terjun yang wajib kamu kunjungi saat berada di wilayah Palembang Sumatera Selatan yaitu Air Terjun Bidadari. Air terjun yang satu ini berada di Desa Karang Dalam, Kec. Penang yang berada sekitar 8 Km dari pusat Kota Lahat, Palembang. Disini kamu akan bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitar air terjun yang masih sangat asri dan ditambanh dengan suara gemericik air terjun yang sangat menengkan.

12. Tempat Wisata Palembang – Air Terjun Maung

Image result for air terjun maung palembang

Keindahan air terjun yang ada di Palembang selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Air Terjun Maung ( Curup Maung ). Lokasi Air Terjun Maung ini sendiri berada di Desa Padang Muaro Duo Kec. Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika kamu sudah sampai ke lokasi air terjun ini, sepanjang perjalanan kamu akan melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam, maka kamu harus berhati-hati.

13. Tempat Wisata Palembang – The Amanzi Waterpark

Image result for the amanzi waterpark palembang

The Amanzi Waterpark merupakan destinasi terbaru di palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan. Di sini, kamu akan mendapati beragam permainan seru dan menyenangkan. Diantaranya ada wahana Zimba dan Cora Pool, The Falls dengan seluncuran sepanjang 90 meter dan ketinggian 14 meter, The Raft dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter, Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter dan wahana permainan lainnya yang dijamin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

14. Tempat Wisata Palembang – Fantasy Island Palembang

Related image

Fantasy Island Palembang merupakan objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap. Dengan harga tiket yang lebih terjangkau, kamu bisa menikmati berbagai permainan seru yang telah disediakan. Mulai dari kolam luncur, kolam arus hingga sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air 50 cm saja jadi sudah pasti aman.  Pengunjung yang tidak mau basah, bisa menikmati permainan gokart atau kereta gantung.

Lokasi: Jl Prameswara, Karya Jaya, Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

15. Tempat Wisata Palembang – Kambang Iwak Family Park

Image result for Kambang Iwak palembang

Danau yang berada di pusat kota ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rindangnya pepohonan memberikan kesejukan ketika di pagi hari. Sementara pemandangan di malam hari terlihat semakin berwarna dengan air mancur warna-warni yang begitu menggoda.

Lokasi: Jl. Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

16. Tempat Wisata Palembang – Wisata alam Hutan Punti Kayu

Image result for wisata alam hutan punti palembang

Satu-satunya wisata hutan di Palembang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya. Meski luas area sekitar 50 hektare, objek wisata alam ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda dan fasilitas lainnya.

Lokasi: Jl. Kol. Burlian, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

17. Tempat Wisata Palembang – Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Image result for taman purbakala palembang

Berada di wilayah Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang, wisatawan bisa menyaksikan benda-benda purbakala peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Seperti peralatan kayu, arca, payung dan juga tombak.

Lokasi: Karang Anyar, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

18. Tempat Wisata Palembang – Kolam Renang Lumban Tirta

Related image

Bagi wisatawan yang ingin berenang dengan tarif hemat, maka kolam renang ini bisa menjadi pilihan terbaik. Aset pemerintah ini buka setiap hari dari jam 08.30-17.00 dengan tarif cukup murah yaitu Rp 15.000 saja.

Lokasi: Jl. POM Kampus No.9, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

19. Tempat Wisata Palembang – Palembang Bird Park

 

Related image

Menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata ini dan kamu pun bisa mengenali mereka lebih jauh. Tentunya bisa menambah pengetahuan bukan.

Lokasi: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

20. Tempat Wisata Palembang – Bayt Al-Qur’an Raksasa

Image result for bayt al quran raksasa palembang

Saat berlibur ke Palembang, kamu bisa singgah ke Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang untuk melihatAl-Qur’an dengan ukuran raksasa. Uniknya, setiap lembar Al-Quran terbuat dari lembaran kayu trembesi dengan ayat-ayat yang dipahat.

Lokasi: Jl. Moh. Amin, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga :  Jurusan Universitas Bakrie 2019/2020 dan Akreditasinya

21. Tempat Wisata Palembang – Waterpark Danau Tanah Mas

Related image

Tempat rekreasi ini pada awalnya dibangun sebgagai sarana hiburan saja, namun dalam perkembangannya beralih fungsi sebagai tempat wisata yang cukup favorit. Di lokasi ini para wisatawan bisa menikmati waktu liburannya dengan berbagai fasilitas yang ada, seperti waterpark, taman dinosaurus, dan juga perahu bebek.

Lokasi: Tanah Mas, Talang Kelapa, Sukamoro, Talang Ijo, Kabupeten Banyu Asin Palembang.

Baca juga :  Jurusan Universitas Mercu Buana 2019/2020 dan Akreditasinya

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Tempat Wisata Palembang

Tempat Wisata Palembang