Tempat wisata sukabumi populer dan bagus

15 Tempat Wisata Sukabumi Populer dan Bagus Selain Selabintana

Posted in: Tempat Wisata

15 Tempat wisata sukabumi populer dan bagus selain Selabintana — Kota Sukabumi membentang dari pesisir barat daya Jawa Barat hingga ke area pegunungan yang ada di utara. Tempat wisata di Sukabumi berada pada wilayah yang membelah dataran tinggi dan rendah. Potensi tempat wisata di Sukabumi juga tidak perlu kamu ragukan lagi.

Sebab di kota terkecil Jawa Barat ini ini, kamu bisa menemukan wisata alam khas pegunungan hingga menjelajahi tropisnya pantai di area pesisir. Sukabumi juga sebuah tempat yang cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu menikmati keindahan alam.

Tempat Wisata Sukabumi Populer dan Bagus Rekomendasi Mamikos

Banyak sekali destinasi wisata dengan berbagai jenis pilihan. Mulai dari wisata bahari, mendaki gunung, memacu adrenalin di arung jeram, atau sekedar piknik di alam terbuka bersama keluarga, semuanya ada.

Nah, di kesempatan ini, Mamikos akan coba memberikan rekomendasi paket wisata Sukabumi, wisata Sukabumi kota, wisata Sukabumi ujung genteng, tempat wisata di baros Sukabumi dan tempat wisata Sukabumi menarik lainnya yang pastinya cocok untuk masuk daftar kunjung kamu.

Kalau begitu langsung simak saja penjelasan yang akan Mamikos berikan seputar tempat wisata Sukabumi populer dan bagus berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Sukabumi Beken dan Keren 2020

1. Curug Cikaso

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
hargatiket.net

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus yang akan Mamikos rekomendasikan pertama adalah Curug Cikaso. Air terjun ini berlokasi di Kampung Cinti Ds Cibitung Kec Cibitung sukabumi. Untuk menuju ke lokasi ini maka kamu harus melewati lembah yang agak jauh. Sementara yang pasti akan kamu suka, harga tiket masuk ke sini sangat ramah kantong yakni hanya Rp 2000 saja lho.

Tapi bagi kamu yang masih bingung di tempat tersebut, di sini ada pemandu wisata curug cikaso yang siap menamani kamu untuk menjelajahinya kok. Untuk harga pemandu juga tidak begitu mahal. Hanya berkisar antara Rp 50.000 Rp hingga 70.000 saja. Dijamin deh datang ke tempat wisata satu ini pikiran kamu akan seketika damai.

2. Pantai Cibangban

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
google.com

Rekomendasi Mamikos dari tempat wisata Sukabumi populer dan bagus selanjutnya ialah Pantai Cibangban. Pantai ini memang terkenal dengan keindahan pemandangan yang ada di sekitarnya. Selain itu, Pantai Cibangban juga sangat cocok untuk ajang mandi dan bermain bersama anak-anak. Sebab ombak disini tidak besar seperti yang ada di pantai Pelabuhan Ratu.

Jadi kalau kamu hanya mau main air atau main pasir maka pantai Cibangban menjadi tempat yang pas. Oh ya Mamikos hampir lup. Jika kamu ingin ke Pantai Cibangban, maka kamu harus mengambil jalan yang menuju ke Cisolok. Lama perjalanan dari Pelabuhan Ratu kurang lebih hanya 1 jam saja kok.

3. Goa Buniayu

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
https://traverse.id

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus berikutnya yang harus kamu kunjungi ialah Goa Buniayu. Goa satu ini menjadi tempat wisata favorit pecinta petualangan. Goa yang terbentuk karena proses pengangkatan tektonik lempeng jutaan tahun lalu, kini justru menjadi tempat wisata yang seru untuk dikunjungi.

Di goa ini kamu akan banyak menjumpai fosil-fosil koral laut di dinding-dinding goa. Saran Mamikos, agar kamu bisa mendapatkan semua informasi yang berkaitan dengan goa Buniayu, maka kamu harus menggunakan jasa pemandu. Kamu mulai tertarik untuk berpetualang di Goa Buniayu?

Namun Mamikos juga ingatkan agar kamu mempersiapkan kondisi fisik agar prima. Sebab lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam lamanya. Otomatis tenaga kamu pun akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja. Melainkan harus melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan tantangan lainnya.

4. Curug Cibeureum

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
udaindra.blogspot.com

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus yang masih seputar air terjun yang dimiliki kota yang terkenal dengan kulkas sebesar kotanya ini (saking sejuknya mungkin) yakni curug Cibeureum. Lokasi curug berada di kawasan taman nasional Gede Pangrango kabupaten Sukabumi. Untuk harga tiket masuk nya cukup terjangkau. Untuk saat itu harganya Rp 20.000 saja per orang.

Untuk menuju lokasi ini, kamu harus melewati area taman nasional Gede dan jarak antara air terjun dengan pintu masuk taman nasional ialah sekitar 500 meter. Maka kamu harus menempuh perjalanan tersebut dengan berjalan kaki. Tenang saja, ada banyak pos pos peristirahatan yang sudah disediakan bagi pejalan kaki. Jadi kalau lelah tinggal rehat dulu.

5. Situ Gunung

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
gloob-online.com

Situ Gunung memiliki pemandangan alam yang begitu asri, memberikan kesejukan dan ketentraman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini. Situ atau Danau ini terletak di di kaki gunung Gede Pangrango, sehingga sudah bisa ditebak bahwa suasana disana pasti asik.

Danau ini memiliki camping ground yang bisa kamu gunakan untuk camping ceria. Juga terdapat penginapan kalau kamu tidak terbiasa camping. Selain udara yang sejuk, Situ Gunung juga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona.

6. Bravo Adventure

fajrianar.files.wordpress.com
Processed with VSCO

Bravo Adventure Beberapa penjelajah suka dengan aktivitas berkemah yang serba manual mulai dari membangun hingga mencari makan. Namun, ada juga yang lebih suka berkemah dengan cara lebih mewah, anti ribet, dan tetap seru karena bisa menyatu dengan alam.

Kalau kamu suka dengan jenis glamping satu ini, maka kamu bisa langsung datang ke Bravo Adventure yang lokasinya berada di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Di tempat wisata di Sukabumi ini kamu bisa berkemah dengan cara yang lebih mewah, serba ada, dan tentu saja seru karena sebelah kiri dan kanan lokasi adalah hutan dan persawahan.

Selain bisa berkemah secara mewah, di tempat wisata di Sukabumi ini kamu juga bisa melakukan kegiatan outbound seru di sini. Mulai dari paint ball hingga arung jeram. Kamu tertarik mencoba? Tarif paket menginap dan outbound-nya dibanderol mulai Rp 500.000-an saja lho. Hemat banget, kan?!

7. Kampung Ciptagelar Sukabumi

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
https://budaya-sukabumi.blogspot.com

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus berikutnya adalah sebuah kampung yang dijadikan sebagai objek wisata budaya bernama Kampung Ciptagelar. Kampung satu ini menjadi salah satu tempat wisata budaya di Sukabumi yang wajib kamu singgahi. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Desa ini sudah ada sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, kamu terlebih dahulu harus melewati perjalanan yang cukup sulit. Tapi dijamin semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat kamu jumpai di tempat lain.

8. Arung Jeram Sungai Cicatih

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
alidesta.files.wordpress.com

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus ini bisa kamu jadikan tantangan yang ingin menguji adrenalinnya. Di Sungai Cicatih, arusnya lebih deras ketimbang di Sungai Citarik. Sebab kondisi sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, serta tantangannya lebih mendebarkan.

Sungai Citatih adalah sebuah alternatif wisata petualangan serta yang ingin memupuk rasa kerja sama tim di Sukabumi. Karakter Sungai Citatih dan Sungai Citarik tentu sangat berbeda. Sungai Citatih memiliki air yang lebih, juga jalur yang lebih panjang, kondisi sungai lebih lebar, dan tantangannya yang lain daripada yang lain.

Sungai Citatih memang pilihan pas bagi kamu yang ingin memacu adrenalin. Namun untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu. Sehingga kamu lebih mengenal lebih dahulu apa itu petualangan yang menegangkan yang siap kamu jelang.

9. Megalitik Cengkuk Sukabumi

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
google.com

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus berikutnya bisa dibilang adalah Situs purba Megalitikum. Lokasinya ada di desa cengkuk Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sejumlah benda di kawasan Situs Megalitik Cengkuk ditemukan secara tidak sengaja pada awal tahun 2008.

Penemuan tersebut menguatkan dugaan Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik yang terus berlanjut pada zaman logam. Benda-benda yang ditemukan secara tidak sengaja saat itu diantaranya adalah pipa rokok, gentong dari tanah, dan mangkuk dari porselen.

Di tahun sebelumnya, di situs yang sama, ditemukan genta dari perunggu dengan ukiran motif india, cawan tempat perhiasan, potongan patung kaki burung dari emas, dan potongan patung Dewa Siwa. Jadi apabila kamu penasaran dan menyukai situs bersejarah dan mengamati benda-benda kuno, maka jangan sampai melupakan untuk datang ke tempat ini.

10. Pantai Karang Hawu

Tempat wisata sukabumi populer dan bagus
google.com

Sukabumi memiliki banyak sekali pantai yang layak untuk kamu kunjungi saat jalan-jalan ke sana. Salah satunya adalah pantai Karang Hawu yang lokasinya berjarak sekitar 75 km dari pusat kota Sukabumi.

Pantai yang lokasinya berada di wilayah Pelabuhan Ratu tersebut memang memiliki pesona yang luar biasa. Sesuai dengan namanya hawu atau tungku, pantai karang hawu memang memiliki banyak karang di sekitar pantainya dan berbentuk seperti tungku atau hawu.

Warga setempat telanjur meyakini jika bukit kecil yang ada di sekitar pantai ini adalah tempat keramat. Sebab konon pernah jadi petilasan Nyi Roro Kidul. Terlepas dari kebenaran atau bukan cerita mistis tersebut, namun pemandangan di Pantai Karang Hawu tidak bisa diabaikan begitu saja.

Di sana kamu dapat berenang, memancing, surfing, atau sekedar duduk santai di sekitar pantai. Terdapat berbagai fasilitas diantaranya adalah hotel, minimarket, warung makan, mushola, area parkir, peralatan surfing, kios souvenir, dan buah-buahan.

11. Pantai Ombak Tujuh Sukabumi

tempatwisata.pro

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus selanjutnya adalah pantai Ombak Tujuh yang lokasinya berada di wilayah Jampang – di kawasan wisata Ujung Genteng. Kamu pernah penasaran tidak kenapa sih pantai ini diberi nama pantai ombak tujuh?

Sebab, konon menurut wisatawan asing yang pernah singgah, ombak di pantai ini bisa mencapai tujuh tingkat. Wow. Karena ombaknya yang sampai tujuh tingkat, makanya para wisatawan dari berbagai daerah dan negara mulai menyukai tempat ini sebab ada ombak besar dan sangat menantang untuk ditaklukan.

Jadi bagi kamu yang menyukai kegiatan surfing, maka pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang akan kamu datangi. Memang untuk bisa mencapai pantai ini butuh perjuangan ekstra. Sebab kamu harus melewati hutan serta tiga muara sungai dangkal. Namun pesona keindahan yang ditawarkan pantai ini pasti akan membayar semua kelelahan kamu.

12. Air Panas Cikundul Sukabumi

alimuakhir.com

Objek wisata pemandian air panas satu ini memang sangat cocok untuk menghilangkan rasa lelah dan mengembalikan kesegaran tubuh. Apalagi banyak yang mempercayai jika pemandian air panas ini memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kamu juga dijamin akan terpesona dengan pegunungan yang ada di sekelilingnya, serta keberadaan Sungai Cimandiri yang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu keunikan sumber Air Panas Cikundul lainnya ialah alirannya hingga ke Sungai Cimandiri.

Jika hujan turun, air di Sungai Cimandiri tetap terasa hangat lho. Alam di sekitar Cikundul pun cukup asri sehingga mampu menenangkan pikiran sambil berendam. Tubuh dan pikiran kamu pun dijamin akan rileks.

Info tambahan yang Mamikos dapatkan ini pastinya menarik, terutama bagi kamu pecinta arung jeram. Sebab telah dibuka kegiatan rafting yang menambah daftar kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata ini.

Untuk fasilitas yang ada di destinasi wisata satu ini adalah kamar rendam air panas, cottage, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, tempat bermain anak-anak, dan sarana arung jeram. Untuk harga tiket masuk nya terbilang terjangkau.

HTM dikenakan sebesar Rp 8.000 / pengunjung (termasuk berendam di kolam renang air panas). Sementara untuk sewa kamar pijat Rp 50.000, dan cottage Rp 150.000 per hari. Bagaimana tertarik untuk bertandang dan menenangkan pikiran di tempat ini.

13. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

meinjourney.files.wordpress.com

Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah tempat wisata alam di Sukabumi yang memiliki luas sekitar 113.357 hektar dan berada di jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan sukabumi. Di kawasan hutan lindung satu ini ada banyak macam air terjun yang bisa kamu kunjungi.

Apalagi aliran sungai di kawasan tersebut masih sangat jernih yang bisa kamu gunakan untuk bermain air bersama keluarga, sahabat dan teman satu geng. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai kawasan bumi perkemahan dan lokasi kegiatan outbound.

Kegiatan pembuatan video komersial dan penelitian juga sering dilakukan di kawasan ini. Untuk harga tiket masuk ke wisata ini pun beragam. Kamu harus membayar Rp 5.000/orang per hari untuk WNI dan Rp 150.000 /orang per hari untuk WNA.

Selain itu ada biaya tambahan bagi kamu yang ingin berkemah di sini sebesar Rp 5.000 per orang, trekking atau hiking Rp 5.000 per orang, mengamati kehidupan liar Rp 10.000, dan HTM untuk memasuki canopy trail adalah sebesar Rp 15.000.

13. Kawah Ratu

google.com

Sukabumi memang tidak memiliki Kawah Ijen yang sudah mendunia akan blue fire-nya. Akan tetapi, kamu masih bisa menjelajahi kemolekan dari Kawah Ratu yang menawarkan kemagisan pemandangan, asap belerang yang pekat, dan keseruan dari pendakian agar bisa sampai puncak.

Wisatawan yang ingin datang dan menikmati keindahan Kawah Ratu disarankan untuk memilih jalur yang tepat. Untuk bisa ke kawah ini ada tiga rute yang bisa kamu pilih. Rute pertama merupakan trek sepanjang 3,5 km melalui Gunung Bunder.

Lalu sejauh 5 km melalui Curug Seribu, dan trek yang terakhir adalah sejauh 4,5 km dari bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi. Waktu tempuh ke kawasan ini memakan waktu 3-5 jam, tergantung dengan kecepatan pendakian dan banyaknya rehat.

Kalau kamu ingin ke atas, disarankan untuk menyewa pemandu saja agar tidak tersesat. Tarif sewa pemandunya juga bervariasi dan tergantung pada negosiasi yang kamu lakukan. Selanjutnya tarif masuk ke Kawah Ratu hanya Rp 7.500 saja. Terjangkau bukan.

14. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan memiliki pasir putih yang lembut dan bebas sampah. Kondisi tersebut membuat penyu yang berasal dari laut lepas mau datang ke pantai ini dan meletakkan ratusan telur di pasir. Setiap pagi, para penangkar penyu akan mencari gundukan pasir tempat telur-telur tersebut disimpan guna mengumpulkan bakal tukik.

Saat terbaik untuk mengunjungi pantai yang berlokasi di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini adalah saat pagi dan sore hari. Sebab di pagi hari, kamu bisa menjelajahi kawasan sekeliling pantai yang masih alami. Sambil bisa bermain air di pinggir atau agak ke tengah untuk surfing.

Sore harinya, khususnya menjelang matahari terbenam, penangkar dari penyu akan melepaskan tukik ke laut. Saat momen ini terjadi, puluhan orang akan berjajar dan menyaksikan penyu-penyu kecil itu masuk ke laut dengan selamat sembari melihat matahari terbenam yang memikat.

15. Geopark Ciletuh Sukabumi

travelspromo.com

Tempat wisata Sukabumi populer dan bagus berikutnya adalah Geopark Ciletuh Sukabumi. Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata alam di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam purba, maka Geopark Ciletuh adalah pilihannya.

Selain bebatuan purba, di Curug tersebut terdapat banyak sekali air terjun. Diantaranya curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang dan Ngelay. Untuk bisa menikmati keindahan bentang alam di Geopark Ciletuh ini, kamu bisa menggunakan jasa paket wisata yang sudah meliputi mobil 4WD yang akan membawamu menjelajah alam disana. Pasti seru.

Itulah tadi ulasan mengenai tempat wisata Sukabumi populer dan bagus selain Salabintana yang bisa kamu datangi jika kamu singgah ke Sukabumi. Sebab di sana ada beragam wisata menarik yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Terimakasih sudah membaca artikel Mamikos kali ini.

Selalu akses aplikasi cari kost Mamikos untuk pembaruan informasi hunian kost-kostan yang pastinya berguna. Apalagi hanya dengan satu aplikasi saja kamu bisa memperoleh sederet informasi hunian menarik yang pasti kamu butuhkan. Unduh aplikasinya sekarang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: