Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru 2022

Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru 2022 –  Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia.

Perayaan tahun baru awalnya muncul di Timur Tengah, 2000 SM. Penduduk Mesopotamia merayakan pergantian tahun saat matahari tepat berada di atas katulistiwa, atau tepatnya 20 Maret. Hingga kini, Iran masih merayakan tahun baru pada tanggal 20, 21, atau 22 Maret, yang disebut Nowruz.

Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru 2022

Untuk penanggalan Masehi, Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM. Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskandariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari.

Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoretis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh pada tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.

Perayaan Tahun Baru di Indonesia sendiri sering dirayakan dengan liburan atau pesta kembang api. Nah, berikut adalah deretan tempat wisata di Indonesia yang cocok dijadikan untuk tempat merayakan tahun baru 2022 nanti.

1. Tempat Wisata Tahun Baru Jakarta

  • Biasanya di Jakarta Pusat akan ada car free night yang diberlakukan di sepanjang Sudirman – Thamrin. Sepanjang ruas jalan akan ada panggung hiburan dan bazar kuliner 34 provinsi.
  • Di Jakarta Utara, penyelenggaraan tahun baru digelar di dua tempat yakni Ancol dan Danau Sunter. Di Ancol, empat titik lokasi perayaan yakni di Pantai Carnaval, Pasar Seni, Taman Lumba-lumba, dan Pantai Lagoon. Pantai Carnaval akan menghadirkan pagelaran musik.
  • Di Jakarta Barat, penyelenggaraan tahun baru dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat.
  • Di Jakarta Timur, perayaan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
  • Di Jakarta Selatan, perayaan malam tahun baru biasanya dilaksanakan di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa.
  • Adapun di Kepulauan Seribu, perayaan dipusatkan di depan Kantor Bupati Kepulauan Seribu atau Plaza Kabupaten di Pulau Pramuka.

2. Tempat Wisata Tahun Baru Bandung

  • Lapangan Gasibu. Salah satu tempat untuk menghabiskan malam tahun baru bersama teman maupun keluarga di Bandung adalah Lapangan Gasibu. Lapangan Gasibu memang sudah menjadi pusat perayaan malam puncak tahun baru di Bandung setiap tahunnya. Lokasi Lapangan yang strategis dan ukuran lapangan yang luas menjadi lokasi terbaik untuk menghabiskan malam tahun baru. Setiap tahunnya akan ada acara yang digelar di sana. Lapangan ini akan sangat ramai saat malam pergantian tahun. Jika kamu ingin mengunjunginya dengan teman atau keluarga, kamu akan terhibur dengan penampilan atau live musik dari beberapa kalangan artis dan juga ada kembang api.
  • Bukit Bintang adalah salah satu lokasi wisata di mana pengunjung yang datang bisa menghabiskan malam sambil menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Tentunya suasana di sana akan sangat keren saat malam tiba. Tempat ini juga kerap kali dijadikan malam pergantian tahun yang keren bagi warga sekitar Bandung. Dari sana bisa dilihat pesta kembang api dari seluruh penjuru Bandung. Suasana yang sejuk juga akan memberikan kenangan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Kembang api malam tahun baruan juga bisa dilihat dari ketinggian, sehingga kota Bandung akan terlihat menawan di malam hari.
  • Tebing Keraton. Sama halnya dengan Bukit Bintang, Tebing Keraton juga merupakan salah satu tempat di perbukitan kota Bandung yang cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan malam pergantian tahun. Tebing Keraton yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini akan membuat wisatawan yang berkunjung bisa menikmati suasana malam di alam terbuka yang penuh dengan keindahan. Saat pesta kembang api terjadi, tentunya akan bisa dilihat dari atas Tebing Keraton dan hal ini akan membuat suasana menjadi lebih meriah, namun tetap dekat dengan alam.
  • Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Jawa BaratJika ingin menikmati malam tahun baru di Bandung yang dekat dan berada di pusat kota, maka lokasi ini menjadi salah satu alternatif yang terbaik. Datanglah ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Gedung Sate dan juga sudah cukup lama menjadi lokasi menghabiskan waktu pergantian tahun di Bandung. Setiap tahunnya, monumen ini dipenuhi oleh warga yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Monumen ini sendiri sudah ada sejak tahun 1995. Monumen ini berada di pelataran yang luas yaitu kurang lebih 72.000 meter persegi. Maka dari itu lokasi ini cocok untuk tahun baruan.
  • Kawasan Alun-alun Bandung. Alun-alun selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi warga kota untuk berkumpul bersama setiap ada perayaan besar. Termasuk alun-alun di Kota Bandung saat malam tahun baru. Di alun-alun akan Bandung akan ada banyak orang berdatangan untuk menikmati suasana tahun baru. Selain itu, biasanya juga akan ada pesta kembang api yang meriah dan juga menarik perhatian warga sekitar. Alun-alun Bandung ini berada di pusat kota Bandung dan begitu ramai setiap malam tahun baru. Saat malam tahun baru biasanya ada ruas jalan yang ditutup untuk mengatur lalu lintas. Namun tetap saja kawasan tersebut akan macet.
  • Lapangan Tegallega. Selain alun-alun, kawasan lapangan Tegallega juga menjadi tempat tahun baru di Bandung yang berada di tengah kota. Lokasinya juga tidak jauh dari alun-alun sehingga warga akan memadati lokasi tersebut. Lapangan ini sering dijadikan lokasi untuk pertunjukan kembang api. Selain itu, ada juga beberapa acara yang bisa menghibur warga Bandung yang datang, seperti acara konser atau live music. Jika berencara berkunjung ke Bandung saat malam tahun baru, lokasi ini bisa dijadikan andalan. Apalagi jika malas untuk menuju pinggiran kota Bandung.

3. Tempat Wisata Tahun Baru Surabaya

  • Tanjung Perak merupakan tempat pelabuhan kapal. Saat malam Tahun Baru, lokasi ini berubah menjadi menarik untuk menyaksikan pesta kembang api. Kalian dapat menikmati kemeriahan pesta kembang api dari kapal pesiar yang sedang bersandar di Tanjung Perak.
  • Jembatan Suramadu merukan jembatang yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Malam hari, pemadangan di jembatan Suramadu ini menampilkan deretan lampu yang indah. Jembatan Suramadu cocok buat merayakan malam tahun baru 2022 nanti.
  • Objek wisata Air Mancur Menari di Kenjeran sudah menjadi populer di kalangan masyarakat Surabaya. Lokasi Air Mancur Menari ini tak jauh dari Pantai Kenjeran dan juga Theme Park Surabaya. Kalian bisa menikmati uniknya air mancur menari lantaran dilengkapi dengan permainan lampu yang mengikuti alunan musik.
  • Tak hanya Air Mancur Kenjeran, kalian juga bisa menghabiskan malam tahun baru di Pantai Kenjeran. Lokasi pantai ini berada sekitar 9 km dari pusat Kota Surabaya. Kalian bisa menghabiskan malam Tahun baru dengan menyaksikan keindahan pantai. Biasanya waktu malam Tahun Baru, para wisatawan menggelar pesta kembang api di pantai ini. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan sunrise di pagi harinya.

4. Tempat Wisata Tahun Baru Malang

  • Lokasi alun-alun yang cukup strategis berada dipusat kota Malang dan mudah dijangkau, Area alun-alun yang luas dikelilingi pepohonan dan bunga ditaman tentu sangat nyaman untuk menikmati Liburan Tahun Baru 2021 – 2022. Apalagi tidak jauh dari alun-alun terdapat Pusat Perbelanjaan Ramayana, sambil liburan tak lupa membeli oleh-oleh (membawa buah tangan) untuk saudara.
  • Pantai Selatan atau Pantai Malang Selatan disinilah para pecandu vitamin sea berkumpul dan merayakan tahun baru 2022. Suasananya tentu berbeda dengan hari biasa, apalagi saat malam hari berada dipantai. Ditemani ombak tenang & teman seperjuangan didekat, cocok sekali untuk tempat merenung akan kejadian di tahun 2021 sambil menyusun rencana ditahun 2022 yang akan datang.
  • Taman Tugu Balai Kota Malang atau disekitar Kota Baru seringkali ada event digelar (musik, pengajian). tidak menutup kemungkinan lokasi ini menjadi salah satu titik peluncuran kembang api. Untuk kamu yang ingin merayakan tahun baru di tugu balai kota, disarankan untuk berangkat lebih awal. Untuk meminimalisir terjebak kemacetan yang biasanya terjadi menjelang detik detik pergantian tahun.
  • Jangan meremehkan suasana jalanan soekarno-hatta pada saat momen tahun baru, karena apa? Disinilah surga bagi para pecinta kuliner, aneka macam konsep cafe berjajar, tempat nongkrong santai juga menantimu. Bisa dipastikan menjelang tahun baru 2022 akan dipadat warga lokal maupun wisatawan luar kota yang akan merayakan momen pergantian tahun 2021-2022.
  • Alun-alun Batu tempatnya sangat cocok bila ingin melihat pesta kembang api, karena lokasi cukup strategis berada diketinggian, Sambil menunggu detik-detik pergantian tahun kamu bisa menikmati wahana yang tersedia di Alun-Alun Batu. Fasilitas disana juga cukup lengkap seperti restoran, masjid, toilet dan fasilitas penunjang lainya.

5. Tempat Wisata Tahun Baru Medan

  • Merdeka Walk selalu menjadi pusat hiburan masyarakat Kota Medan. Menjelang tahun baru, akan banyak rentetan acara yang digelar di pusat kota ini. Hampir semua masyarakat berbondong menuju lokasi ini sampai rela melalui macetnya jalur lalu lintas dari segala arah karena akan adanya pesta kembang api menjelang pukul 00.00 WIB. Beragam pasangan muda-mudi memenuhi lokasi, para ibu dan bapak yang memiliki anak-anak kecil juga memadati kawasan ini untuk menikmati keindahan pesta kembang api. Iringan musik yang riuh juga kerap kali menambah semangat masyarakat, disambut dengan suara-suara terompet khas tahun baru yang terdengar ke seluruh jalan.
  • Pesta Pantai di Pantai Cermin. Pantai yang merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan ini juga memiliki ritual sendiri dalam merayakan tahun baru. Biasanya, di area tepi pantai ini diselenggarakan festival musik dari beragam genre yang digelar namun didominasi oleh beberapa DJ lokal yang meramaikan tahun baru. Mayoritas peserta di kawasan pantai ini adalah muda-mudi Kota Medan yang senang dengan adanya acara music ditambah suasana pantai yang menyegarkan.

Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah