30 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Bagus

 Mamikos | Kam, 19 Okt 2017

Tempat Wisata di Bandung – Bandung sudah bukan pembahasan baru lagi untuk kita, khususnya para traveller lokal. Memiliki julukan sebagai Paris Van Java dan mendapatkan anugerah predikat sebagai kota kreatif di dunia oleh UNESCO selalu membuat penasaran orang yang sedang berkunjung kesana.

Tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, kota seni, kota kembang, kota kuliner, dll, Bandung juga dikenal dengan Kota Wisata. Ada banyak tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang menarik perhatian, unik dan bahkan beberapa tempat wisata anak di Bandung selalu ramai oleh pengunjung. Apa saja tempat wisata di Bandung yang menarik? simak list berikut 30 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Anda Kunjungi di Bandung.

Destinasi Wisata Bandung

1. Kawah Putih

Tempat Wisata di Bandung - Kawah Putih
Tempat Wisata di Bandung – Kawah Putih

Kawah Putih menjadi salah satu objek wisata favorit para pengunjung dari berbagai daerah yang letaknya berada dikawasan Ciwidey. Kawah Putih Bandung ini dihasilkan dari letusan gunung Patuha serta tanah yang bercampur di sekitar kawah ini berwarna putih dan warna air yang ada di kawah putih kehijauan. Tempat wisata alam di Bandung ini airnya dapat berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, cuaca dan suhu yang terjadi saat itu. Terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan yang berada di kurang lebih 2.400 m dpl.

Menurut sejarah, letusan hebat Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang menganggap bahwa lokasi ini merupakan kawasan angkr karena setiap ada burung terbang melewati tempat tersebut mereka akan mati.

2. Situ Patenggang atau Situ Patengan

Tempat Wisata di Bandung - Situ Patenggang
Tempat Wisata di Bandung – Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan merupakan sebuah danau yang berada di Bandung Selatan, tepatnya berlokasi di Ciwidey, berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Tempat yang begitu eksotik dan romantis, membuat kawasan Situ Patenggang selalu ramai oleh pengunjung. Pemandangan yang asri dan disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Untuk Anda yang akan berkunjung kesini, lokasi wisata mulai buka pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Situ Patenggang biasanya menjadi pilihan wisatawan setelah pulang dari Kawah Putih.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini bisa dibilang wisata alam Bandung murah meriah karena untuk Weekdays HTM wisatawan lokal hanya sekitar 18 ribuan/orang, dan untuk wisatawan asing sekitar 100 ribuan. Sedangkan weekend HTM wisatawan lokal sekitar 20 ribuan dan wisatan asing sekitar 200 ribuan. Siapkan juga akomodasi khusus untuk parkir.

3. Gunung Tangkuban Parahu

Tempat Wisata di Bandung - Gunung Tangkuban Parahu
Tempat Wisata di Bandung – Gunung Tangkuban Parahu

Tempat wisata alam di Bandung lainnya yang cocok untuk liburan khususnya untuk yang hobi mendaki gunung, jangan lewatkan berkunjung ke Gunung Tangkuban Parahu. Objek wisata yang melegenda ini berada di sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung. Asal usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan cerita Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Demi menggagalkan pernikahannya, Dayang Sumbi memberikan persyaratan agar Sangkuriang membuat sebuah telada dan sebuah perahu dalam semalam. Saat itu usaha Sangkuriang gagal dan menendang perahu tersebut sehingga mendarat dalam keadaan terbalik.

4. Trans Studio Bandung

Tempat Wisata di Bandung - Trans Studio Bandung
Tempat Wisata di Bandung – Trans Studio Bandung

Tempat Wisata di Bandung yang cocok untuk mengajak keluarga saat liburan yaitu Trans Studio Bandung. Tempat wisata modern ini menyediakan banyak wahana permainan dan masing-masing dibagi menjadi 3 kawasan besar yaitu Studio Central (bernuansa broadway), Lost city (Suasana Alam), dan Magic corner (Suasana Mistis). Tidak ada salahnya Anda mengajak keluarga besar untuk sama-sama menikmati liburan di Bandung dengan beragam permainan yang ditawarkan.

Adapun alamat Trans Studio Bandung yaitu Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Bandung Jawa Barat. Lokasinya pun sama dengan Trans Studio Mall yang sebelumnya bernama Bandung Super Mall (BSM), yang merupakan salah satu mall terbesar yang ada di Bandung.

5. Kampung Gajah Wonderland

Tempat Wisata di Bandung - Kampung Gajah Wonderland
Tempat Wisata di Bandung – Kampung Gajah Wonderland

Tidak hanya Trans Studio Bandung yang cocok untuk objek wisata bersama keluarga, tempat wisata di Lembang Bandung yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Kampung Gajah Wonderland. Jika Trans Studio Bandung memiliki sekitar 20an wahana permainan, Kampung Gajah Wonderland yang merupakan objek wisata keluarga terbesar di Lembang ini memiliki sekitar 30 wahana permainan yang menantang adrenalin, ada juga waterboom dan beragam restoran.

HTM untuk weekday tidak terlalu mengocek isi dompet lho, hanya sekitar 10 ribuan dan untuk weekend sekitar 20 ribuan.

6. Ciater

Tempat Wisata di Bandung - Ciater
Tempat Wisata di Bandung – Ciater

Masih mengenai Objek Wisata di Bandung, sekitar Lembang ini terdapat Ciater yang begitu populer dan selalu ramai oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Lokasi Ciater tepatnya berada di Jl. Raya Ciater Nagrak, Kabupaten Subang. Terdapat pemandian air panas yang berbentuk kolam umum, dan ada juga air panas yang berada di ruang private. wisata alam Bandung murah meriah ini menawarkan HTM mulai dari 15 ribuan.

7. Curug Maribaya

Tempat Wisata di Bandung - Curug Maribaya
Tempat Wisata di Bandung – Curug Maribaya

Selain Ciater yang terkenal dengan Pemandian Air Panas, Curug Maribaya kabupaten Bandung Barat pun dulunya terkenal dengan pemandian air panas. Namun saat ini yang masih terkenal dengan Curug Maribaya yaitu keindahan alam asri dan menyatu dengan Kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Wisata alam di Bandung memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Menuju lokasi Curug Maribaya bisa dari arah Kota Subang dan sekaligus bisa mampir ke ke Tangkuban Parahu.

8. Museum Geologi

Tempat Wisata di Bandung - Museum Geologi
Tempat Wisata di Bandung – Museum Geologi

Bandung tidak hanya memiliki objek wisata alam yang menarik, melainkan banyak juga objek publik untuk mengisi waktu liburanmu. Terdapat Museum Geologi yang didirikan pada 16 Mei 1928 merupakan salah satu menomen bersejarah di bawah perlindungan pemerintah dan peninggalan nasional. Museum Geologi tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah seprti halnya batuan, mineral dan fosil.

9. Kebun Binatang Bandung

Tempat Wisata di Bandung - Kebun Binatang Bandung
Tempat Wisata di Bandung – Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang bisa menjadi alternatif tempat wisata saat liburan di Bandung bersama keluarga atau rekan Anda. Kebun Binatang Bandung terletak berdampingan dengan salah satu kampus terkenal di Bandung, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sungai Cikapundung. Koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung lebih dari 200 jenis. HTM untuk weekday setiap orang sekitar 20 ribuan, dan lebih dari itu untuk Weekend. Terdapat beberapa wahana rekreasi yang bisa dinikmati disana seperti Flying Fox, Taman Bermain dan Kolam untuk perahu dan perahu bebek.

10. Stone Garden Citatah

Tempat Wisata di Bandung - Stone Garden Citatah
Tempat Wisata di Bandung – Stone Garden Citatah

Objek wisata alam menarik di Bandung lainnya bisa kunjungi Stone Garden Citatah yang terletak di Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dinamakan Stone Garden atau taman batu karena disinilah hamparan bebatuan bisa Anda saksikan dilengkapi dengan keindahan alam yang asri dan alami terletak di atas Gua Pawon. Objek wisata alam ini tidak kalah jika dibandingkan engan wisata alam lain seperti Ciater, Tangkuban Perahu, Kawa Putih, dll.

Dalam menjangkau Stone Garden Citatah, sebaiknya gunakan peralatan yang mendukung untuk mendaki seperti sepatu boot atau kets (hindari penggunaan alas kaki dengan hak tinggi), pakaian seperti kaos (yang menyerap keringat), bawa perbekalan seperti makanan dan minuman, hindari membuang sampah sembarangan, saat musim hujan disarankan membawa payung atau jas hujan, namun jika musim kemarau/panas cukup gunakan topi.

11. Djuanda Forest Park

Tempat Wisata di Bandung - Djuanda Forest Park
Tempat Wisata di Bandung – Djuanda Forest Park

Djuanda Forest Park atau Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda saat berlibur ke Bandung khususnya pecinta wisata alam. Taman Hutan Raya Juanda ini dikenal juga dnegan nama Tahura Juanda atau singkatannya THR Juanda. Hutan konservasi ini berada dekat dengan pusat kota Bandung dan menjadi sala satu paru-parunya kota Bandung. HTM Tahura Juanda mulai dari 11 ribuan untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sekitar 70 ribuan.

Tidak hanya menikmati hutan raya saja, sekitar objek wisata Tahura Juanda Bandung terdapat beberapa spot seperti Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas, Tebing Keraton, Penangkaran Rusa, dll.

12. Museum Konferensi Asia Afrika

Tempat Wisata di Bandung - Museum Konferensi Asia Afrika
Tempat Wisata di Bandung – Museum Konferensi Asia Afrika

Jangan hanya wisata alam saja yang Anda nikmati selama berlibur di Bandung, sesekali wisata sejarah untuk mempelajari dan atau mengingat bagaimana perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan hingga mencapai kemerdekaan. Salah satu saksi sejarah yang saat ini bisa Anda kunjungi saat liburan di Bandung yaitu Museum Konferensi Asia Afrika yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini digunakan untuk mengnang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang menjadi sumber inspirasi dan motivasi bangsa Asia-Afrika.

13. Museum Pos

Tempat Wisata di Bandung - Museum Pos
Tempat Wisata di Bandung – Museum Pos

Jika Anda penyuka wisata sejarah, tidak hanya Museum Konferensi Asia Afrika saja yang bisa dikunjungi saat liburan di Bandung, ada juga Museum Pos yang berada di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Jalan Cilaki no 73. Museum ini didirikan pada tahun 1931 dan sebagian koleksinya berupa perangko dari dalam dan luar negeri. Lantas, apa yang harus dinikmati saat berkunjung ke salah satu gedung bersejarah di Kota Bandung ini? khusus untuk Anda peneliti, pecinta atau penghoby keguatan mengumpulkan beragam jenis perangko bersejarah dari masa lalu bisa dapatkan disana.

14. Floating Market Lembang

Tempat Wisata di Bandung - Floating Market Lembang
Tempat Wisata di Bandung – Floating Market Lembang

Selain wisata alam, wisata sejarah, buat para pecinta wisata kuliner, Anda pun bisa mengunjungi tempat-tempat kuliner menarik dengan sajian makanan yang menghipnotis lidah. Floating Market Lembang merupakan salah satu objek wisata kuliner paling terkenal karena keunikannya sebagai pasar terapung di atas danau. Anda bisa datang ke Jl. Grand Hotel No 33E Lembang dan buka setiap hari pukul 09.00 – 20.00.

15. Taman Miniatur Kereta Api

Tempat Wisata di Bandung - Taman Miniatur Kereta Api
Tempat Wisata di Bandung – Taman Miniatur Kereta Api

Masih area Lembang, kali ini kita ke tempat wisata anak di Bandung yang wajib dikunjungi yaitu Taman Miniatur Kereta Api. Sebagai tempat edukasi untuk mengenal perkereta apian Indonesia, Anda wajib mengenalkannya kepada anak ataupun saudara. Menyajikan pertunjukan kereta api yang berjalan di atas rel seperti sungguhan menjadi pemandangan yang menghibur dan mengetahui sejarah kereta api dunia.

16. Farm House

Tempat Wisata di Bandung - Farm House
Tempat Wisata di Bandung – Farm House

Farm House manjadi Tempat Wisata di Lembang Baru yang menjadi buruan para wisatawan yang sedang berlibur di Kota Bandung. Daya tarik dari tempat ini yaitu menawarkan sensasi liburan khas negeri Eropa dengan moden bangunan dan rumah hobbitnya. Penasaran seperti apa lokasinya? datang langsung ke Jl.Raya Lembang No 108 dibuka setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB

17. Dusun Bambu Family Leisure Park

Tempat Wisata di Bandung - Dusun Bambu Family Leisure Park
Tempat Wisata di Bandung – Dusun Bambu Family Leisure Park

Nah Tempat wisata di Bandung yang satu ini terbilang baru dan sangat hits di kalangan wisatawan. Tempat yang unik dan menarik menjadi daya tarik dan membuat penasaran siapapun. Terdapat pusat wisata kuliner Cafe Burangrang, restoran pinggir danau yang indah, tempat penginapan hingga Villa. Anda bisa menyewa villa untuk liburan disana, menghabiskan waktu bersama teman, rekan keja hingga keluarga dan menikmati keindahan alam yang asri. Datang langsung ke Jl.Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang dibuka setiap hari pukul 08.00 – 21.00 dengan HTM sekitar 15 ribuan.

18. Jendela Alam

Tempat Wisata di Bandung - Jendela Alam
Tempat Wisata di Bandung – Jendela Alam

Selain Taman Miniatur Kereta Api yang Anda pilih sebagai objek wisata edukasi untuk anak-anak, Jendela Alam bisa menjadi objek wisata selanjutnya yang cocok untuk anak-anak. Disana Anda mendapatkan pengetahuan berupa pengenalan cara beternak dan berkebun/bertani yang menyenangkan. Selain mempelajari hal yang penting, Anda bersama anak-anak dijamin akan betah karena udaranya yang sejuk dan keindahan alam yang menarik. Datang langsung ke Komp.Graha Puspa, Jl.Sersan Bajuri KM 45 dibuka setiap hari pukul 09.00 – 16.30 dengan HTM sekitar 15 ribuan.

19. Kampung Daun

Tempat Wisata di Bandung - Kampung Daun
Tempat Wisata di Bandung – Kampung Daun

Masih cari wisata kuliner terbaik di Lembang? datang langsung ke Kampung Daun, karena disana Anda akan disuguhkan beragam menu makanan mulai masakan nusantara hingga mancanegara yang menghipnotis lidah. Selain makanannya, Kampung Daun menawarkan sisi eksotisme dan romantisme suasana khas bumi Lembang. Datang langsung ke alamat di Villa Triniti, Jl.Sersan Bajuri KM 4.7 dibuka setiap hari mulai pukul 11.00 – 00.00 WIB.

20. Kawah Rengganis

Tempat Wisata di Bandung - Kawah Rengganis
Tempat Wisata di Bandung – Kawah Rengganis

Berpindah ke wisata sekitar Ciwidey, Tempat wisata di Ciwidey Bandung Selatan yang satu ini menawarkan sensasi wisata alam khas bumi priangan berlokasi di Jalan Rancabali, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Daya tarik utama tempat ini yaitu eksotisme sebuah kawah yang terbentuk dari meletusnya Gunung Sunda Purba jutaan tahun yang lalu. Kawah Rengganis ini lebih dikenal sebagai Kawah Buni karena asal usul tempat ini berada di wilayah Desa Cibuni.

21. Kampung Cai

Tempat Wisata di Bandung - Kampung Cai
Tempat Wisata di Bandung – Kampung Cai

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung lainnya yang menawarkan keindahan alam terbuka hijau, dikelilingi perbukitan serta udara yang dingin adalah Kampung Cai Ranca Upas yang berlokasi di Ciwidey, Patengan, Rancabali. Sesuai dengan namanya “Kampung Cai” yang dalam Bahasa Sunda “Cai” artinya air, merupakan sebuah tempat wisata air berupa Kolam Air Panas yang dijamin membuat Anda betah berendam disana.

Bisa dibayangkan, suhu yang dinginnya antara 17-20 derajat celcius bisa tiba-tiba hangat dengan berendam di kolam air panas, dijamin ketagihan untuk kembali kesana. HTM yang terjangkau membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Siapkan retribusi sekitar 10 ribuan @orang dan siapkan uang untuk tiket masuk kendaraan.

22. Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong

Tempat Wisata di Bandung - Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong
Tempat Wisata di Bandung – Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong

Karena daerah Bandung bagian atas suhunya dingin dan terdapat beberapa gunung yang mampu menghasilkan aliran air panas, Anda tidak perlu bingung saat mencari tempat terapi air panas. Tempat lain yang bisa dikunjungi yaitu Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong yang berlokasi di Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Lokasinya cukup berdekatan dengan objek wisata di Cihideung seperti Taman Kupu-kupu, Wisata Paku Haji Cimahi, Alam Wisata Cimahi, dll. Sumber air panas tempat pemandian ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. HTM pun sangat terjangkau dan terbilang tempat wisata murah di sekitar Bandung sekitar 5 ribuan setiap orang dewasa dan sekitar 3 ribuan per anak.

23. Bukit Jamur

Tempat Wisata di Bandung - Bukit Jamur
Tempat Wisata di Bandung – Bukit Jamur

Tempat wisata disekitar Bandung lainnya yaitu Bukit Jamur yang menyediakan pemandangan alam hijau, asri dan sejuk. Dari namanya sudah unik yaitu Bukit Jamur. Mungkin banyak dari Anda yang membayangkan disini melimpah beragam jenis jamur, namun ternyata bukan jamur yang ada disana melainkan sebuah areal perbukitan setengah lingkaran yang menyerupai taman dan terdapat sejenis pohon cemara kerdil yang bentuknya seperti jamur payung.

24. Perkebunan Teh Rancabali

Tempat Wisata di Bandung - Perkebunan Teh Rancabali
Tempat Wisata di Bandung – Perkebunan Teh Rancabali

Ingin menikmati keindahan kebun teh yang melimpah di Bandung? Anda bisa datang ke Perkebunan Teh Rancabali yang lokasinya tepat berada di perlintasan halan dari Kawah Putih ke Situ Patenggang. Kebun Teh di Bandung selatan ini menawarkan eksotisme pamandangan alam yang hijau dan luas serta sering terlihat kabut putih yang menghiasi dengan udara kawasan yang sangat dingin.

25. Situ Cisanti

Tempat Wisata di Bandung - Situ Cisanti
Tempat Wisata di Bandung – Situ Cisanti

Tempat Wisata di Bandung lain yang masih menyimpan pemandangan asri, udara sejuk dan air yang tenang, Anda bisa datang ke Situ Cisanti yang berlokasi di kampung Tarumajaya, kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Situ Cisanti merupakan sebuah lokasi sumber mata air yang berada di kaki gunung Wayang, Pangalengan. Salah satu daya tarik kawasan ini menawarkan Kebun Teh di Bandung yang hijau dan asri karena lokasinya berada di areal PTPN VIII Pangalengan.

26. Dermaga Sunda Nagreg Bandung

Tempat Wisata di Bandung - Dermaga Sunda Nagreg Bandung
Tempat Wisata di Bandung – Dermaga Sunda Nagreg Bandung

Setelah mengenal banyak Objek Wisata di Bandung mulai wisata alam hingga wisata sejarah, kita beranjak ke wisata kuliner. Jika sebelumnya ada Kampung Daun, Dusun Bambu Family Leisure Park, dan Floating Market Lembang mengisi wisata kuliner Anda, kini pilihan lain datang dari Jl. Raya Bandung-Garut ByPass Cicalengka No.20, Citaman, Nagreg, Kabupaten Bandung bernama Dermaga Sunda Nagreg Bandung.

Jika jaman dulu tempat makan hanya sekedar untuk makan dan ngobrol santai, saat ini sudah banyak Tempat kuliner yang menyediakan spot menarik hingga tempat untuk liburan seperti di Dermaga Sunda ini.

27. Puncak Eurad Pingping Lembang

Tempat Wisata di Bandung - Puncak Eurad Pingping Lembang
Tempat Wisata di Bandung – Puncak Eurad Pingping Lembang

Tempat wisata yang lagi hits di Bandung bernama Puncak Eurad Pingping Lembang ini berlokasi di Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata ini memberikan pesona alam yang khas, masih alami dan udaranya sejuk. Terletak di daerah pegunungan, Lembang tentu memiliki potensi yang sangat besar. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah karena berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang yang notabene tidak sulit untuk dijangkau.

28. Kebun Petik Strawberry

Tempat Wisata di Bandung - Kebun Petik Strawberry
Tempat Wisata di Bandung – Kebun Petik Strawberry

Anda pecinta Buah Strawberry atau senang memanen buah Strawberry? saat berlibur ke Bandung, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kebun Petik Strawberry yang berlokasi di sepanjang jalan Raya Ciwidey. Selain hamparan strawberry yang melimpah, salah satu daya tarik Kebun ini, Anda bisa memetik sendiri buah Strawberry dan bisa dimakan langsung atau dibawa untuk oleh-oleh khas Ciwidey Bandung.

29. Natural Resto And Strawberry Land

Tempat Wisata di Bandung - Natural Resto And Strawberry Land
Tempat Wisata di Bandung – Natural Resto And Strawberry Land

Tidak kalah menarik dengan Kebun Petik Strawberry, Natural Resto and Strawberry Land ini juga menawarkan wisata perkebunan strwberry dengan background alam yang alami dan indah serta suhu udara yang sejuk. Lokasi beralamat di Jalan Tangkuban Perahu No 190, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anda tidak perlu khawatir dalam pemeliharaan buah karena tidak menggunakan pupuk kimia yang memacu pertumbuhan tanaman.

Selain hamparan buah Strawberry, ada banyak fasiltias umum yang bisa Anda nikmasi seperti Restaurant Hall, Flower Garden, Green House, Saung Lesehan, dll.

30. Wisata Batu Kuda Manglayang

Tempat Wisata di Bandung - Wisata Batu Kuda Manglayang
Tempat Wisata di Bandung – Wisata Batu Kuda Manglayang

Ada yang unik dan menarik dengan tempat wisata di Bandung yang satu ini. Wisata Batu Kuda Manglayang berlokasi di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Wisata Batu Kuda Manglayang ini merupakan sebuah area Hutan Pinus yang luasnya mencapai 20 Hektare Lebih.

Kawasan yang begitu asri dan sejuk membuat Anda betah berada disana dan biasanya para muda-mudi datang bersama dengan teman atau komunitas mereka untuk sekedar berfoto atau camping. Tempat wisata Bandung murah yang satu ini memberikah HTM sangat terjangkau, dibawah 5 ribu per motor dan untuk mobil sekitar 5 ribuan.

Itulah 30 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Anda Kunjungi di Bandung. Masih banyak tempat wisata menarik dan baru di Bandung untuk alternatif liburan Anda.

Tempat Wisata di Bandung