7 Tips Belajar untuk Lintas Jurusan Agar Lolos SBMPTN 2021

Posted in: Pendidikan SBMPTN
Tagged: sbmptn UTBK

7 Tips Belajar untuk Lintas Jurusan Agar Lolos SBMPTN 2021 – Belajar itu pada dasarnya menyenangkan, lho. Apalagi, kita sudah tau alasan mengapa kita perlu belajar. Salah satu motivasinya adalah supaya diterima di Perguruan Tinggi Negeri impian tahun 2021. Akan tetapi, sebagian siswa menemukan ketertarikannya untuk lintas jurusan dari jurusan asal yang sedang ditekuni di SMA atau sederajat saat sudah memasuki kelas 11 atau menjelang lulus kelas 12. Hal itu normal terjadi karena setiap hari kita pasti melalui perubahan, termasuk perubahan pilihan jurusan kuliah dan cita-cita. Kamu pun harus tetap tenang karena Mamikos mau membagikan tips supaya proses belajar lintas jurusan yang akan kamu jalani bisa sukses dan berakhir pada keberhasilanmu mendapatkan kursi lewat jalur SBMPTN tahun ini.

Informasi Tips Belajar untuk Agar Lolos SBMPTN 2021 Lintas Jurusan

pexels.com

Faktanya, kamu masih punya kesempatan untuk mengikuti tes yang dilangsungkan bersama dengan komputer secara nasional ini sampai waktu sesuai di ijazah. Tetapi, lebih baik kamu sudah memantapkan pilihan untuk lintas jurusan sedini mungkin supaya proses pembelajaran untuk seleksi ini lancar dan tetap menyenangkan. Tips belajar berikut masih bisa kamu pakai untuk siapa dan kapan saja, termasuk saat sudah menjadi mahasiswa nanti. Kamu juga akan diarahkan menurut poin-poin sesuai alurnya.

Berikut adalah urutan belajar materi lintas jurusan yang bisa kamu ikuti:

1. Memahami Konsep Dasar Materi

pexels.com

Dari pengalaman SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, yang bisa mengambil kelompok lintas jurusan adalah peserta yang berasal dari jurusan IPA di SMA atau sederajat. Artinya, kalau kamu lintas jurusan, otomatis kamu mengambil kelompok Soshum atau campur. Hal yang pertama kamu bisa lakukan adalah memahami materi apa yang akan diuji dalam UTBK. Kamu bisa mengambil patokan dari mata pelajaran yang diuji tahun lalu. Mata pelajaran kelompok Soshum meliputi Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Matematika Soshum.

Setelah kamu mengenali mata pelajaran yang akan diuji, kamu bisa mencari tau materi yang biasanya muncul dalam SBMPTN dari tahun ke tahun. Contohnya, untuk pelajaran Ekonomi, soal yang biasanya muncul adalah tentang konsep dasar ekonomi, dan begitu pula seterusnya untuk mata pelajaran Soshum lainnya. Kalau kamu sudah mempelajari konsep dasar tiap bidang, seiring berjalannya waktu kamu bisa mengikuti alurnya. Cara mudah untuk mengingat tiap tahap materi adalah dengan menggambar mind map.

2. Memilih Sumber Belajar

pexels.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan kegiatan yang sering disebut bimbel (bimbingan belajar). Di zaman sekarang pula, sudah banyak pilihan pembelajaran masuk PTN, mulai dari pergi ke tempat kursus, beli buku soal, hingga mengunduh aplikasi belajar di handphone. Oleh karena banyaknya sumber belajar dan latihan soal, kamu harus memilihnya sesuai kemampuan dan kebutuhanmu. Tempat-tempat tersebut juga menyediakan berbagai macam program yang bisa membantumu untuk memahami setiap materi.

Namun, supaya proses belajar lintas jurusan lebih menyenangkan, kamulah yang harus memilih sumber yang tepat. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih 2 sampai 4 sumber belajar; 2 sumber dari buku yang kamu beli di toko buku atau dapat dari kursus dan 2 sumber dari internet. Selain kamu belajar dari variasi sumber, kamu juga bisa mendapat inspirasi dari guru-guru yang kamu temui. Cara selanjutnya adalah kamu bisa menjadi guru untuk dirimu sendiri juga orang lain. Ajak teman sekelasmu dan bentuk kelompok belajar sesama pejuang lintas jurusan. Di antara kamu dan temanmu pasti menjadi ahli di bidang yang berbeda.

3. Fokus dan Buat Target Belajar Terhadap 1 Mata Pelajaran per Minggu

pexels.com

Untuk dapat memenuhi tips poin ke-3 ini, yang kamu butuhkan adalah kalender, buku catatan, dan alat tulis. Kamu akan membutuhkan kalender supaya kamu dapat mencatat pelajaran apa yang mau kamu pelajari selama 5-6 hari dalam seminggu. Lalu, buku catatan yang kamu siapkan ini khusus untuk mencatat materi dan penemuanmu terhadap mata pelajaran yang kamu fokuskan selama seminggu. Buku catatan harus terpisah dari kertas coretan atau kumpulan soal.

Setelah kamu sudah fokus dengan tiap materi, kamu akan bisa mengatur target per minggu. Contohnya, di hari terakhir minggu ini, kamu sudah bisa menjawab 10 pertanyaan untuk pelajaran Ekonomi materi Permintaan dan Penawaran sampai Makroekonomi, dan diikuti untuk minggu-minggu selanjutnya untuk mata pelajaran Soshum lainnya. Lalu untuk 2 minggu setelahnya, kamu sudah bisa mencoba seluruh pertanyaan yang ada di bank soal setiap minggu. Hal ini lebih baik dilakukan secara bertahap agar kamu tidak hanya paham cara menjawabnya tapi juga memahami konsep-konsepnya.

4. Latihan

pexels.com

Kamu pasti sering mendengar practice makes perfect. Hal ini sudah menjadi menyenangkan ketika kamu telah melalui proses pemahaman materi dasar, pemilihan sumber belajar yang sesuai, dan fokus dengan target per mata pelajaran yang akan diuji di SBMPTN 2021. Banyak manfaat yang akan kamu rasakan kalau kamu banyak latihan, seperti menemui topik yang belum sepenuhnya paham, terbiasa dengan setiap sudut permasalahan, dan merasakan hasil dari kerja kerasmu selama seminggu atau sebulan belajar materi lintas jurusan.

Latihan yang benar juga dimulai dari soal-soal yang mudah dipecahkan masalahnya dan tetap satu per satu mata pelajaran. Dari hasil yang bisa kamu lihat per waktunya, kamu harus mencatatnya di buku catatan supaya kamu tau arah pada pelajaran yang harus dipelajari selanjutnya. Kalau kamu sudah menemui materi yang kamu rasa sudah mahir, nantinya hal itu memudahkan kamu untuk lanjut ke materi yang level kerumitannya lebih tinggi. Kamu pun juga bisa memberi jeda sebentar supaya pikiran rileks lagi.

Supaya menikmati proses pembelajaran, ada 3 hal tambahan yang bisa mensukseskan perjalananmu menuju jurusan di PTN impianmu, walaupun kamu mengambil lintas jurusan.

5. Jaga Motivasi Belajar

pexels.com

Kalau motivasi belajar naik-turun, itu tidak masalah. Hal itu pasti terjadi kapanpun dan dimanapun kamu belajar. Kamu dapat meminimalisirnya dengan journaling, membaca hal seputar belajar, dan di sini-kini.

  • – Menulis jurnal belajar

Dengan membuat jurnal belajar, kamu akan menyadari pencapaian-pencapaian kecil yang kamu buat. Ada berbagai jenis journaling yang bisa kamu lakukan, seperti gratitude journaling, manifestation journaling, dan studying mantra yang bisa kamu temui di internet.

  • – Tetap membaca artikel atau menonton video tentang tips dan motivasi belajar masuk perguruan tinggi

Kebanyakan artikel tentang motivasi belajar pasti menyemangati para pembacanya. Kamu bisa menemuinya lewat artikel tentang pendidikan yang ditulis oleh mereka yang berhasil melalui tes, juga dari situs universitas yang menjadi impianmu. Dengan membaca juga, kamu akan belajar beberapa kosakata baru yang bisa saja dipakai di dalam soal UTBK 2021.

  • – Be mindful.

Konsep ini sedang terkenal akhir-akhir ini. Hal ini sudah dibuktikan supaya kita lebih menikmati waktu demi waktu yang kita lewati, sebagaimana susah dan senangnya. Serumit apapun soal dan materi yang kamu temui, cara kamu menghadapinya akan berdampak pada kebiasaan belajarmu.

6. Tetap Istirahat

pexels.com

Hal ini wajib dilakukan supaya tidak terjadi kelelahan pada mata serta pikiran. Dengan beristirahat, kita juga memberi nafas untuk otak supaya bisa menyerap pelajaran yang sudah diterima. Ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan supaya kamu tetap sehat secara fisik dan mental dalam menghadapi SBMPTN 2021.

  • – Teknik 25-5-25 (Pomodoro)

Teknik yang sudah ada dari tahun 1980 ini memang tujuan awalnya untuk pembelajaran yang sukses. Hal yang kamu perlukan hanya alarm. Jam pertama kamu pasang alarm selama 25 menit yang akan dipergunakan untuk belajar. Setelah 25 menit pertama, kamu pasang lagi 5 menit untuk istirahat atau memeriksa hasil belajar kamu. Setelah 4×25 menit pertama, kamu bisa istirahat dalam waktu 15 menit. Kamu bisa ulangi lagi waktunya dalam sehari sesuai kemampuanmu.

  • – Tetap bermain bersama keluarga atau teman yang suportif

Dengan bermain, kamu pasti juga akan bercengkrama dengan orang tua atau teman. Oleh karenanya, kamu tetap mengikat tali kekeluargaan dan pertemanan. Bisa saja, orang tua atau temanmu juga ikut mendukung setiap usaha dan mimpimu untuk diterima di PTN impian walaupun kamu lintas jurusan.

7. Ikut Try-Out dan Evaluasi Mandiri

pexels.com

Akhirnya, kamu percaya diri untuk ikut Try-Out soal-soal SBMPTN 2021 yang akan diselenggarakan oleh banyak pihak. Dengan mengikuti acara ini, kamu akan semakin siap untuk menghadapi tes yang kamu ambil dengan lintas jurusan. Kamu juga bisa meminta hasilnya, supaya kamu bisa evaluasi secara mandiri atau bersama kelompok belajarmu. Hal ini tidak jauh beda dengan latihan yang kamu lakukan setiap minggunya atau bahkan ini menjadi puncak keberhasilan kamu belajar selama berminggu-minggu.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal itu tidak dilihat karena kamu lintas jurusan atau sebagainya. Sebaliknya, hal ini akan menjadi motivasi dan kebiasaan saat sudah memasuki perkuliahan nanti. Setelah kamu menyimpan artikel ini di browser kamu, kamu juga jangan lupa untuk men-download Mamikos di handphone kamu. Kamu boleh kok sekadar menaruh ‘favorit’ di akun kamu atau pilih mode booking kalau sudah pas dengan kriteria kos yang kamu cari. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta