11 Tips Cara Memilih Kost yang Sesuai untuk Kamu

 Lailla | Rab, 29 Jul 2020

11 Tips Cara Memilih Kost yang Sesuai untuk Kamu – Ibarat rumah kedua, memilih kost perlu dilakukan secara selektif dan tidak asal-asalan. Sebab, jika kamu memilih kost sekadarnya, kamu akan merasa tidak nyaman, bahkan cenderung ingin segera pindah kost. Tentu hal tersebut akan memakan waktu dan tenaga yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal lain. Sangat penting untuk memastikan bahwa kost tujuanmu memang benar-benar nyaman dan sesuai keinginan.

Tips Memilih Kost dengan Tepat

pixabay.com

Kendala dalam memilih kost seperti waktu yang terbatas dan tidak cermat dalam survey kost adalah hal yang biasa terjadi. Karena sudah terburu-buru atau khawatir tidak dapat hunian, seseorang cenderung memilih kost sekadarnya. Bagi kamu yang masih bingung dengan cara pemilihan kost yang sesuai, Mamikos akan memberikan referensi.

1. Menentukan Budget

pixabay.com

Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memilih kost adalah budget sewa. Jangan sampai uang bulananmu hanya habis untuk membayar sewa kost. Tersedia berbagai macam rentang harga sewa kost, mulai dari harian hingga tahunan. Sewalah kamar kost bulanan jika kamu belum yakin dengan kost tersebut, sehingga kamu bisa pindah setelah masa sewa habis. Namun, kamu juga bisa langsung menyewa kost tahunan jika sudah yakin dan khawatir jika uang tersebut justru habis digunakan untuk kebutuhan lain.

Range biaya sewa kost mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah bisa kamu dapatkan. Tentunya budget sewa tersebut sebanding dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan.

2. Mempertimbangkan Jarak Kost

pixabay.com

Pertimbangan yang tidak kalah penting ketika memilih kost adalah jarak. Seringkali biaya transportasi memakan budget besar untuk aktivitas. Sebaiknya kamu memilih kost dekat kampus atau dekat tempat kerja agar tidak perlu menggunakan alat transportasi. Selain itu, kamu juga bisa lebih sehat karena menuju lokasi dengan berjalan kaki. Kost yang dekat dari lokasi kerja atau kampus pun juga akan membuatmu lebih mudah beraktivitas pada malam hari.

Apabila kamu mencari kost murah yang jauh dari kampus atau kantor, cari tahu akses transportasi yang paling efektif. Memilih kost dekat halte bus, stasiun, terminal, hingga bandara pun dapat kamu lakukan.

3. Melihat Kondisi Kamar Kost

pixabay.com

Karena sebagian besar aktivitasmu akan dilakukan di kamar kost, ada baiknya jika kamu melihat kondisi kamar kost terlebih dahulu. Periksa apakah pencahayaan di kamar kost sudah mencukupi atau justru tidak ada, sehingga ruangan menjadi lembap. Ventilasi di kamar kost pun perlu menjadi pertimbangan. Apabila terdapat jendela di kamar, ruangan akan tercukupi pencahayaannya, bahkan kamu bisa menghemat listrik karena ada penerangan alami.

4. Mencari Tahu Kebutuhan

pixabay.com

Tentukan kebutuhan kost yang ingin kamu akses selama menyewanya. Meskipun terdapat kost kosongan atau kost dengan tempat tidur dan almari pakaian saja, tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas lainnya. Agar bisa langsung beraktivitas, cari kost yang memberikan fasilitas seperti AC, kipas angin, televisi, hingga internet wifi.

Ada pula kost yang menyediakan fasilitas kamar mandi dalam untuk kamu yang tidak ingin berebut mandi dengan penghuni lain. Tentunya semakin lengkap fasilitas yang diberikan, biaya sewanya pun akan semakin tinggi. Namun, untuk menyiasatinya kamu dapat mencari kamar kost yang dapat disewa 2-3 orang dalam satu kamar.

Apabila kamu khawatir kesepian di kost, carilah kost yang mengizinkan adanya hewan peliharaan. Pemilik kost tentu tidak akan keberatan jika kamu membawa hewan yang tidak mengganggu.

5. Mencari Kost dengan Tempat Parkir

pixabay.com

Kebutuhan tempat parkir untuk anak kost bisa menjadi kebutuhan yang wajib ada. Aktivitas di luar kost hingga luar kota akan lebih mudah dengan adanya kendaraan pribadi. Namun, anak kost akan kesulitan jika tidak ada lahan parkir di kost. Sebelum memilih kost, pastikan terlebih dahulu bahwa area parkir di kost memang bisa menampung seluruh kendaraan para penghuninya.

6. Keamanan Kost

pixabay.com

Takut barang hilang saat ditinggal keluar kost? Keamaan kost tidak boleh terlupakan. Kost yang aman akan membuat penghuni semakin tenang sekalipun tidak di lokasi. Pilih kost yang sudah dilengkapi CCTV atau satpam yang berjaga. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dan menjaga barang milik pribadi.

7. Melihat Ritme Aktivitas

pixabay.com

Kesibukan yang tidak pasti juga perlu menjadi pertimbangan. Jika kamu banyak beraktivitas pada malam hari, kost 24 jam perlu menjadi prioritas. Pemilik kost tidak akan mengunci pintu gerbang meskipun kamu terlambat pulang. Selain itu, kamu juga tidak perlu merepotkan penghuni lain untuk membukakan pintu pagar. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan aturan kost dan aturan yang ditetapkan lingkungan sekitar. Usahakan tidak membuat keributan pada malam hari agar tidak mengganggu ketenangan.

8. Mempertimbangkan Anggota Keluarga

pixabay.com

Ingin mengajak anggota keluarga ikut menyewa kost? Ada alternatif kost pasutri untuk pasangan suami istri. Bahkan, pasutri yang memiliki anak juga bisa ikut menyewa. Tanyakan terlebih dahulu pada pemilik kost terkait aturan tersebut karena ada pula tempat kost yang tidak mengizinkan sang anak untuk ikut. Menyewa kost pasutri juga bisa menghemat budget karena kamu tidak perlu menyewa dua kost berbeda.

9. Mengecek Aturan Tambahan

pixabay.com

Setiap kost memiliki aturan tambahan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Aturan tersebut biasanya berkaitan dengan biaya tambahan listrik atau air. Ada pula kost yang memberlakukan biaya internet wifi untuk penghuninya. Aturan lainnya yang mungkin ditemukan adalah jam malam, penggunaan fasilitas kost, serta iuran tambahan. Saran Mamikos, tanyakan pada pemilik terkait aturan-aturan tersebut agar kamu bisa mematuhinya.

10. Melihat Kondisi Sekitar Kost

pixabay.com

Lakukan survey singkat untuk mencari tahu kondisi lingkungan di sekitar kost. Hal ini sangat penting karena kamu akan banyak beraktivitas di sekitarnya. Kamu dapat mencari tahu lokasi warung makan, minimarket, apotek, atau tempat yang akan diakses. Cari tahu pula rumah tokoh-tokoh penting, seperti ketua RT, ketua RW, atau tokoh lainnya yang akan kamu butuhkan.

11. Mencari Tahu Ulasan Penghuni Kost

pixabay.com

Belum yakin dengan pilihan tempat kost yang akan dihuni? Cari tahu ulasan penghuni kost sebelumnya. Kamu dapat bertanya secara langsung atau mencari tahu melalui ulasan kost di internet. Dengan adanya testimoni tersebut, kamu pun menjadi lebih yakin untuk menyewa kost yang diinginkan.

Demikian 11 tips cara memilih kost yang sesuai untuk kamu sebagai referensi. Terapkan tips-tips di atas sesuai kebutuhan. Mencari kost satu-persatu tentu akan melelahkan dan memakan waktu. Jadi, kamu bisa menggunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk memudahkan pencarian. Fitur pencarian Mamikos membuat pencarian kost semakin cepat dan praktis. Bahkan, kamu juga bisa booking kost langsung dan berkomunikasi dengan pemilik kost untuk negosiasi. Selamat mencoba!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: