7 Tips Hidup di Rumah Kontrakan Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Nyaman

 Posted on Kamis, Agustus 15th, 2019  Posted in Kontrakan  Mamikos

7 Tips Hidup di Rumah Kontrakan Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Nyaman – Selain kost, salah satu opsi yang bisa menjadi referensi saat tinggal di rantau tentunya adalah menyewa rumah kontrakan. Tak sembarangan, rupanya ada poin-poin dan tips yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman dan aman saat tinggal di rumah kontrakan. Apa saja? Berikut tips yang bisa dijadikan referensi agar tetap bahagia saat tinggal di rumah kontrakan:

7 Tips Hidup di Rumah Kontrakan Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Nyaman Berikut Ini Kamu Harus Tahu

1. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Jangan lelah untuk mencari rumah kontrakan yang sesuai idaman

Mencari rumah kontrakan bukan perkara yang mudah, banyak faktor yang perlu kamu perhatikan, seperti kondisi rumah, akses ke rumah tersebut, hingga faktor keamanan lingkungan. Untuk itu, jangan lelah dan mengeluh bila saat pencarian rumah kontrakan yang ideal dan idaman menjadi salah satu proses yang bisa dibilang panjang.

2. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Siapkan budget yang cukup

Setelah menemukan rumah kontrakan yang cocok dan sesuai dengan kemauanmu, periksa harganya, apakah sesuai budgetmu, atau tidak. Kamu harus mempersiapkan budget yang cukup bila ingin tetap mengontrak di rumah idamanmu tersebut. Bila budget tidak cukup, kamu harus mencari rumah kontrakan lain yang sesuai budgetmu.

3. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Jangan takut untuk bertanya dengan pemilik rumah

Tanyakan tentang kondisi rumah dan situasi lingkungan rumah kontrakan yang akan kamu sewa tersebut ke pemilik rumah. Pertanyaan lain seperti kebersihan lingkungan, hingga keamanan lingkungan juga perlu kamu perhatikan.

4. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Perhatikan surat persetujuan kontrak

Beberapa pemilik rumah ada yang membuat surat persetujuan kontrak yang harus ditanda tangani hitam di atas putih. Dengan menandatangani surat tersebut, kamu dianggap paham dan menyetujui setiap poinnya. Untuk itu kamu harus membaca pelan-pelan dan memahami isinya sebelum yakin untuk membubuhkan tanda tangan.

5. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Pakai uang deposit

Beberapa pemilik rumah juga ada yang mewajibkan penyewa untuk menyetor uang deposit. Uang deposit ini memiliki tujuan sebagai jaminan bila sewaktu-waktu penyewa merusak properti atau furnitur di dalamnya. Karena bersifat jaminan, maka uang deposit harus dikembalikan jika kamu selesai mengontrak di unit hunian tersebut.

6. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Penjabaran Inventori

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Meskipun rumah yang disewa tidak berisi perabot, namun inventori sebuah properti tetap harus dijabarkan secara mendetil. Caranya dengan memotret kondisi interior sebelum dan setelah ditempati.

7. Tips Hidup di Rumah Kontrakan: Pembayaran uang kontrak rumah

Uang kontrakan bisa dibayar pertahun atau perbulan, tergantung kebijakan pemilik hunian. Pastikan kamu membayar uang sewa secara lunas dan tepat waktu. Telat membayar uang sewa bisa menjadi masalah serius yang bisa dipermasalahkan hingga meja peradilan.

Klik dan dapatkan info rumah kontrakan idamanmu:

7 Tips Hidup di Rumah Kontrakan Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Nyaman

7 Tips Hidup di Rumah Kontrakan Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Nyaman