Tips Lolos Ujian Mandiri Agar Kamu Bisa Masuk Universitas Impianmu

Tips Lolos Ujian Mandiri Agar Kamu Bisa Masuk Universitas Impianmu – Ujian mandiri merupakan sebuah sistem seleksi dengan ujian yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak PTN terkait. Seleksi jalur ujian mandiri ini diselenggarakan oleh pihak institusi dalam rangka memberikan alternatif pilihan kepada mereka yang tidak lolos tes jalur SNMPTN maupun SBMPTN agar tetap bisa melanjutkan studi ke PTN.

Mekanisme seleksi jalur ujian mandiri hampir sama dengan tes SNMPTN / SBMPTN yang meliputi Tes Kemampuan Dasar, Tes Potensi Akademik, serta Tes Kelompok SAINTEK / SOSHUM, hanya saja materi ujian yang disajikan secara beragam karena soal-soal ujian murni dikembangkan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing. Berikut adalah tips lolos ujian mandiri agar kamu bisa lebih mempersiapkan diri:

Tips Lolos Ujian Mandiri Agar Kamu Bisa Masuk Universitas Impianmu Berikut Wajib Diperhatikan

1. Terus mencari informasi seputar ujian mandiri

Jadwal pelaksanaan ujian mandiri, biaya yang nantinya kamu keluarkan untuk mendaftar, persyaratan pendaftaran, sampai saat nanti pelaksanaan di hari H, adalah hal-hal yang perlu kamu cari informasinya, seputar ujian mandiri. Kamu bisa langsung menuju website masing-masing kampus untuk menemukan informasi tersebut.

2. Jangan lupa untuk terus belajar

Persiapkan dirimu dengan belajar dan mengulangi sedikit demi sedikit materi yang diajarkan di sekolah agar bisa menghadapi ujian mandiri nantinya.

3. Dan juga perbanyak latihan soal

Kamu bisa dengan memperbanyak latihan soal, untuk bisa membuatmu terlatih dalam menghadapi berbagai macam bentuk soal di ujian mandiri nanti.

4. Ikut Try Out bila ada kesempatan

Bila ada kesempatan, cobalah untuk mengikuti Try Out. Karena dengan Try Out kamu bisa memetakan kekuatanmu serta bisa secara tidak langsung mengetahui posisi rankingmu di mana saat hasil Try Out nanti keluar.

5. Jaga kesehatan dengan perbanyak olahraga

Fisik juga perlu kamu perhatikan agar tidak sakit saat pelaksanaan ujian mandiri. Selain makan-makanan yang bergizi, kamu juga harus memuliah untuk berolahraga agar badan tetap bugar.

6. Rajin-rajinlah berdoa

Hal terakhir yang paling penting adalah jangan lupa berdoa. Jangan lupa pula untuk meminta doa restu ke orang tua.