9 Tips Traveling Tetap Seru Saat Musim Hujan Tiba

 karin | Sen, 11 Nov 2019

9 Tips Traveling Tetap Seru Saat Musim Hujan Tiba – Hujan bukan berarti menghalangi kamu untuk liburan, apalagi akhir tahun sudah dekat. Sebab, kamu tetap menghabiskan waktu untuk liburan dengan teman dan keluarga, dengan beberapa tips berikut. Tips-tips ini merupakan poin terpenting ketika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan pada musim hujan. Dan bila kamu ikuti, dijamin kamu akan nyaman dan tenang meski bepergian di musih hujan ini. Apa saja?

9 Tips Traveling Tetap Seru Saat Musim Hujan Tiba

1. Jaga kondisi tubuh

Ini merupakan poin terpenting ketika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan pada musim hujan. Kondisi tubuh yang tidak sehat tentunya akan membuat momen travelling menjadi tidak berkesan dan kamu tidak dapat menikmati berbagai atraksi dan pemandangan indah yang ada di depan mata.

2. Jangan lupa bawa pakaian hangat

Musim hujan identik dengan udara dingin. Oleh karenanya, kamu harus menyiapkan pakaian hangat seperti coat, beanie, dan scarf untuk menghangatkan tubuh. Pastikan membawa jas hujan dan payung untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika sedang berada di luar ruangan.

3. Cek prakiraan cuaca

Ada baiknya kamu mengecek perkiraan cuaca paling tidak sehari sebelum kamu berwisata. Selain bisa melakukan persiapan yang tepat, kamu juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat. Kamu bisa mengecek prakiraan cuaca di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

4. Selalu sedia payung dan jas hujan

Seperti kata peribahasa “Sedia payung sebelum hujan”, tidak ada salahnya jika kamu berjaga-jaga sebelum musibah datang. Ada baiknya jika kamu selalu sedia payung di tasmu sebelum hujan melanda. Selain bisa dipakai untuk mencegah kehujanan, payung juga bisa dipakai untuk mencegah sinar matahari yang menyengat ke kulit kamu saat panas terik menghadang.

5. Mencari destinasi indoor sebagai alternatif

Destinasi berlibur ke pulau ataupun ke gunung bisa kamu pertimbangkan kembali jika sudah memasuki musim penghujan. Trek perjalanan yang licin saat mendaki dan suasana dingin saat berenang di pantai tentu mengurangi kenikmatan waktu berliburmu.

6. Pelindung gadget

Liburan pasti tak jauh dari alat yang satu ini, gadget. Saat traveling di musim hujan, sebaiknya persiapkan gadget dengan casing anti air. Sehingga kamu tetap bisa eksis walaupun hujan datang. Sebenenarnya pemandangan saat hujan tak kalah cantik dengan musim panas, lho.

7. Jangan lupa bawa sandal jepit

Sandal jepit penting dibawa buat persiapan seandainya sepatu basah kehujanan. Alas kaki tersebut tepat buat dibawa karena ekonomis dan ringkas. Kalau bepergian naik motor saat hujan dan melewati genangan air, simpan saja dulu sepatunya dan ganti sandal jepit.

8. Jangan lupa bawa baju ganti

Jalan-jalan dengan pakaian lembab atau basah pastinya bikin kurang nyaman. Lebih baik sedia baju ganti sebelum mulai bepergian. Jika mendadak kehujanan hingga pakaian pun basah, bisa segera berganti baju setelah tiba di objek wisata tujuan.

9. Sarung tas ransel

Backpack rain cover alias sarung tas ransel penting buat dibawa. Belilah sarung tas yang anti air agar semua barang bawaan lebih aman dari basah terkena air hujan. Kalau tidak mengenakan ransel, tinggal sesuaikan saja pembungkusnya dengan ukuran dan jenis tas.