9 Tips Untuk Mahasiswa Supaya Tetap Semangat Kuliah Saat Puasa Ramadhan

 Posted on Selasa, April 30th, 2019  Posted in Ramadhan  Mamikos

9 Tips Untuk Mahasiswa Supaya Tetap Semangat Kuliah Saat Puasa Ramadhan – Bulan puasa bukan menjadi halangan untuk berkegiatan atau beraktifitas. Terkadang saat bulan Ramadhan tiba, dan kamu harus berpuasa, kamu merasa malas untuk beraktifitas, tak terkecuali berangkat kuliah.

Nah, untuk menghindari malas dan lemas saat bulan puasa, tapi kamu harus kuliah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan ikuti berikut ini. Apa saja? Simak yuk!

9 Tips Untuk Mahasiswa Supaya Tetap Semangat Kuliah Saat Puasa Ramadhan Dan Nggak Males

1. Jangan telat sahur

Untuk bisa bangun tepat waktu saat sahur, ada baiknya kamu untuk memasang alarm guna mengatur waktu sahurmu. Jangan sampai telat bangun sahur sehingga kamu makan terburu-buru. Karena makan terburu-buru pun tak baik untuk pencernaan. Jangan sampai kamu sakit perut setelah sahur, hanya karena kamu makan terburu-buru, ya.

2. Terapkan minum air putih 2-4-2 gelas

Jogging

Point penting yang harus tak boleh diabaikan saat sahur tentunya adalah minum air putih. Minum air putih itu paling penting untuk menjaga kesehatan serta ion di tubuh kamu, apalagi buat kamu yang akan menjalankan puasa dengan aktivitas yang masih padat. Saat puasa, konsumsilah air lebih banyak. Dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur, dua gelas saat sahur bisa diterapkan supaya tubuh tak mudah lemas.

3. Jangan lupa makan banyak serat saat sahur

Tumis Brokoli Saus Tiram - Menu Buka Puasa dan Sahur

Serat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makan makanan yang berserat saat sahur jauh lebih baik untuk aktifitasmu di siang harinya. Perbanyak makan sahur dengan makan seperti pudding, buah dan semacamnya. Selain sehat, makanan berserat bakal membawamu kepada aktifitas yang optimal juga di kampus.

4. Menu sahur dengan nutrisi yang lengkap

Menu Sahur ala Anak Kost - kangkung

Bukan hanya saat berbuka puasa saja, saat sahur, pilihlah makanan yang bergizi. Jangan hanya makan mie instan saja, tapi pilihlah menu sehat, misalnya perbanyak sayur dan buah. Sertakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk tubuh.

5. Saat di kampus, jauhi orang-orang yang bikin badmood

Puasa bukan hanya menahan makan dan minum saja, tetapi juga menjaga hawa nafsu serta amanah. Saat puasa, kamu juga harus menahan ghibah, atau membicarakan orang lain di belakang. Makanya, kurangilah membenci orang saat bulan puasa. Bila tidak bisa, hindari saja orang yang kamu tidak suka itu.

6. Saat ke kampus, gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman

Saat bulan puasa, seringkali badan atau tubuh kita terasa gerah. Bila kamu biasanya senang ke kampus dengan mengenakan baju yang ribet dan bahan tebal, lebih baik tinggalkan dulu kebiasaan itu. Mulailah memilah-milah pakaian yang nyaman dan bahan yang dingin untuk dipakai ke kampus.

7. Hindari terburu-buru agar kamu tak kelelahan

Jogging

Bila biasanya kamu selalu terburu-buru saat ke kampus, mulai bulan puasa nanti coba untuk memanajemen waktumu dengan baik agar tak terburu-buru. Karena bila kamu terburu-buru saat mau ke kampus atau kuliah, tenaga yang kamu keluarkan pun akan lebih banyak dan kamu akan lebih mudah untuk kelelahan.

8. Jangan lupa untuk rajin sholat biar lebih semangat dan hatimu tenang

Selain menambah pahalamu di bulan yang berkah ini, sholat juga dapat membuat hatimu lebih tentram, sejuk, serta tabah dari segala godaan yang menghadang. Air wudhu yang kamu ambil pun juga akan menyegarkan dirimu yang sedang berpuasa ini. Kalau di kampus, mau sesibuk apapun, jangan sampai lupa terhadap sholat, ya.

9. Waktu terbaik saat mengerjakan tugas adalah habis sahur

Alangkah baiknya, untuk meminimalisir kelelahan pada bulan puasa, cobalah kerjakan tugasmu usai sahur saja. Pagi hari justru membuat pikiranmu segar dan fokus. Tak heran, tugas kuliah juga lebih cepat selesai dan kamu menjadi lebih produktif. Jangan jadikan alasan banyak tugas jadi lemas puasanya ya.