10 Tokoh Penting Sumpah Pemuda Beserta Foto dan Perannya

Posted in: Edukasi

10 Tokoh Penting Sumpah Pemuda Beserta Foto dan Perannya – Salah satu peringatan besar bagi seluruh penduduk Indonesia adalah Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan peristiwa tanggal 28 Oktober 1928 di mana pemuda dan pemudi Indonesia mengikrarkan Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yaitu Indonesia. Peristiwa tersebut tidak lepas dari peran beberapa tokoh penting yang mendukung diikrarkannya sumpah tersebut. Sesuai catatan sejarah, Mamikos telah menghimpun informasi seputar 10 tokoh penting Sumpah Pemuda beserta dengan foto serta peran masing-masing.

Informasi Terbaru Tokoh Penting Sumpah Pemuda Tahun 1928

kompas.com

Tujuh belas tahun sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1928, para pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia telah mengikrarkan sebuah sumpah, yaitu Sumpah Pemuda. Ikrar tersebut dilaksanakan sebagai bentuk semangat perjuangan bagi berdirinya bangsa Indonesia yang bebas dari penjajah. Berbagai tokoh penting ikut terlibat dalam perumusan Sumpah Pemuda yang secara resmi diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Simak daftar lengkap 10 tokoh penting Sumpah Pemuda serta informasi seputar peran mereka dalam Sumpah Pemuda berikut ini.

Daftar Lengkap Tokoh Penting Sumpah Pemuda Serta Foto dan Perannya

Sumpah Pemuda terwujud melalui sebuah kongres yang diselenggarakan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928. Kongres pemuda selama dua hari tersebut berhasil menelurkan sebuah ikrar di mana para pemuda dan pemudi bercita-cita menggagas Indonesia melalui sumpah Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yaitu Indonesia. Keikutsertaan beberapa tokoh penting Sumpah Pemuda turut menyumbang dan mendorong terwujudnya semangat perjuangan lewat sumpah tersebut. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, kamu bisa dimak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Mohammad Yamin

liputan6.com

Tokoh penting Sumpah Pemuda yang pertama adalah Mohammad Yamin dan kamu mungkin sudah tidak asing lagi. Tokoh yang satu ini lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat pada tanggal 23 Agustus 1903 dan merupakan seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Dalam Kongres Pemuda, Mohammad Yamin bertugas menjadi seorang sekretaris setelah sebelumnya masuk menjadi kandidat ketua. Peran besar Mohammad Yamin dalam kelahiran Sumpah Pemuda adalah rumusan resolusi Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yang kemudian menjadi trilogi Sumpah Pemuda yang kita kenal saat ini.

2. Soenario Sastrowardoyo

tagar.id

Soenario Sastrowardoyo juga merupakan salah satu tokoh penting Sumpah pemuda yang memiliki peran cukup signifikan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Soenario Sastrowardoyo berperan sebagai seorang penasihat dan membantu melancarkan perjalanan kongres karena memiliki pengalaman organisasi yang mumpuni. Pengalaman yang didapatkannya dari Belanda juga membantu para aktivis ketika berurusan dengan para polisi Hindia Belanda saat itu. Tak hanya dalam Kongres Pemuda, Soenario Sastrowardoyo juga memiliki peran penting sebagai seorang Sekretaris Perhimpunan Indonesia di Belanda.

3. Wage Rudolf Soepratman

tempo.co

Kalau tokoh penting Sumpah Pemuda yang satu ini mungkin sudah sangat tidak asing di telinga kamu, yaitu Wage Rudolf Soepratman atau biasa disebut dengan WR Soepratman. Tokoh ini merupakan pencipta lagu kebangsaan kita yaitu lagu Indonesia Raya yang diperdengarkan pertama kali di Kongres Pemuda saat itu. Ketika kongres, WR Soepratman meminta kepada Soegondo Djojopoespito, ketua kongres, untuk memperdengarkan lagu ciptaannya. Melalui lantunan biola, hadirin dibuat terpukau dengan lagu ciptaan WR Soepratman yang kini menjadi lagu kebangsaan Republik Indonesia.

4. Soegondo Djojopoespito

tagar.id

Berikutnya adalah tokoh penting Sumpah Pemuda yang berperan sebagai ketua panitia Kongres Pemuda II, yaitu Soegondo Djojopoespito. Pahlawan nasional kelahiran Tuban, Jawa Timur pada 22 Februari 1905 tersebut dipilih langsung oleh Mohammad Hatta sebagai ketua Persatuan Pemuda Indonesia di Belanda. Tokoh yang satu ini merupakan salah satu pemuda yang aktif dalam organisasi kepemudaan yaitu PPI. Bersama dengan Mohammad Yamin dan para pemuda lainnya, Soegondo Djojopoespito berhasil menciptakan ikrar Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa Indonesia yang sekarang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda.

5. Dolly Salim

tirto.id

Theodora Athia Salim atau biasa disebut dengan Dolly Salim juga merupakan salah satu tokoh penting Sumpah Pemuda. Putri dari Agus Salim inilah yang melantunkan lagu Indonesia Raya melalui biolanya meskipun ia bukanlah anggota Kongres. Selain itu, Dolly Salim juga berinisiatif untuk melantunkan lirik lagu Indonesia Raya meskipun Kongres Pemuda dijaga oleh polisi Belanda dan melarang kata ‘merdeka’. Lirik ‘merdeka’ dalam lagu tersebut kemudian diganti dengan ‘mulia’ oleh Dolly Salim agar tidak memicu pembubaran dan penangkapan tokoh lainnya.

6. Djoko Marsaid

cerdika.com

Jika Soegondo Djojopoespito merupakan ketua Kongres Pemuda II dan Mohammad Yamin adalah sekretarisnya, maka Djoko Marsaid adalah tokoh penting Sumpah Pemuda yang menjabat menjadi wakil ketua. Tokoh yang satu ini merupakan ketua dari Jong Java sebelum akhirnya menjabat sebagai wakil ketua mendampingi Soegondo Djojopoespito. Tidak banyak yang diketahui dari Djoko Marsaid, namun perannya sebagai wakil ketua tetap menyumbang kontribusi besar bagi kelahiran Sumpah Pemuda dan tidak boleh kamu lupakan.

7. Amir Syarifudin

kompas.com

Selanjutnya adalah tokoh penting Sumpah Pemuda yang mewakili Jong Batak, yaitu Amir Syarifudin yang menjabat sebagai bendahara kongres. Pemikirannya yang sangat cerdas banyak membatu dalam proses perumusan Sumpah Pemuda kala itu. Tak hanya Sumpah Pemuda, Amir Syarifudin juga sangat aktif dalam pergerakan anti penjajahan Jepang hingga membuatnya terancam hukuman mati. Setelah Sumpah Pemuda, Amir Syarifudin juga banyak terlibat dalam perpolitikan Indonesia hingga akhirnya ia harus dihukum mati karena terlibat dalam pemberontakan PKI Madiun tahun 1948.

8. Sarmidi Mangoensarkoro

kemdikbud.go.id

Tokoh penting Sumpah Pemuda yang berikutnya adalah Sarmidi Mangoensarkoro yang saat itu menjadi pembicara dalam Kongres Pemuda II. Topik pembicaraannya pada saat itu adalah seputar pendidikan untuk para pemuda dan pemudi Indonesia. Ia menekankan betapa pentingnya mendapatkan pendidikan tentang nilai kebangsaan. Sarmidi Mangoensarkoro bersama Poernomowoelan juga membicarakan seputar pentingnya keseimbangan pendidikan di rumah dan di sekolah serta pendidikan anak yang harus bersifat demokratis.

9. Sie Kong Liong

cerdika.com

Sie Kong Liong merupakan salah satu tokoh penting Sumpah Pemuda yang memiliki peran dan jasa yang besar, yaitu menyediakan tempat bagi terselenggaranya Kongres Pemuda II. Tokoh yang merupakan keturunan Tionghoa ini sering luput dari perhatian sejarah Indonesia terkait Sumpah Pemuda padahal memiliki jasa yang besar. Tempat yang disediakan oleh Sie Kong Liong tersebut kini telah diresmikan menjadi Gedung Pemuda di wilayah Jakarta Pusat.

10. Johannes Leimena

liputan6.com

Terakhir adalah tokoh penting Sumpah Pemuda yang lahir di Ambon pada tahun 1905, yaitu Johannes Leimena yang juga merupakan ketua Jong Ambon. Johannes Leimena merupakan salah satu anggota Kongres Pemuda II dan merupakan mahasiswa kedokteran di Stovia (sekarang Fakultas Keodkteran Universitas Indonesia). Kala itu, Johannes Leimena menjabat menjadi Pembantu IV dalam kepanitiaan Kongres Pemuda II tahun 1928. Setelah Sumpah Pemuda dan kemerdekaan Indonesia, Johannes Leimena mulai aktif dalam perpolitikan Indonesia dan menjadi ketua umum Partai Kristen Indonesia tahun 1950 hingga 1957.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar 10 tokoh penting Sumpah Pemuda beserta foto dan perannya. Selain tokoh yang sudah Mamikos sebutkan di atas, masih ada begitu banyak tokoh yang tidak tercatat dalam sejarah namun tidak boleh kamu lupakan. Perjuangan mereka dalam kemerdekaan Indonesia merupakan jasa berharga yang patut diapresiasi karena mampu menghantarkan kita sampai ke titik ini. Semoga informasi ini membantu! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.