Tujuan Tempat Wisata di 6 Kota Besar Berikut Sayang Dilewatkan

 Posted on Rabu, Agustus 14th, 2019  Posted in Tempat Wisata  Mamikos

Tujuan Tempat Wisata di 6 Kota Besar Berikut Sayang Dilewatkan – Mengunjungi kota besar salah satunya yang sayang bila dilakukan adalah berwisata. Siapa saja yang menyangka bila 6 kota besar berikut memiliki banyak sekali wisata menarik yang tak boleh begitu saja terlewatkan. Dari mulai wisata pantai, wisata kuliner, hingga wisata belanja, banyak wisatawan yang menjadikan tujuan-tujuan di kota besar berikut menjadi favorit. Berikut adalah daftar wisat favorit di 6 kota besar di Indonesia yang bisa dijadikan referensi:

Tujuan Tempat Wisata di 6 Kota Besar Berikut Sayang Dilewatkan

Daftar Isi

Tempat wisata di Semarang - Sam Poo Kong

1. Tempat Wisata Jakarta

Selain mall-mall mewah, ternyata Jakarta menyimpan berbagai destinasi wisata menarik lain yang bisa Anda telusuri. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner semuanya dapat Anda temukan di Jakarta. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Jakarta, maka sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan waktu Anda untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Ibukota. Jika membutuhkan referensi, berikut Mamikos berikan beberapa tempat wisata menarik yang wajib untuk Anda telusuri.

A. Tempat Wisata di Jakarta: Kota Tua

Selain mengunjungi taman hiburan dan tempat-tempat wisata alam, tak ada salahnya bukan jika sesekali Anda mengunjungi tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah. Salah satunya saja Anda bisa mengunjungi kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Meskipun berada di tengah hiruk pikuk kota metropolitan, tempat ini masih kental akan nuansa Jakarta tempo dulu. Kawasan ini pun selalu dipadati wisatawan setiap harinya, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada awalnya, Kota Tua merupakan kawasan yang dibangun kolonial Belanda sebagai pusat perdagangan di Asia. Kota Jakarta yang saat itu dikenal dengan nama Batavia menjadi kawasan pusat perdagangan dari maupun keluar negeri lewat jalur pelayaran. Ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu temukan di kawasan wisata Kota Tua Jakarta ini. Tentu saja destinasi tersebut sangat sarat akan sejarah.

B. Tempat Wisata di Jakarta: Monumen Nasional (Monas)

Rasanya belum lengkap jika Anda berlibur ke Jakarta namun belum berkunjung ke Monumen Nasional atau Monas. Merupakan bangunan ikonik dan bersejarah, Monas telah menjadi simbol Kota Jakarta. Dibangun pada tahun 1959, Monas terletak tepat di tengah kota Jakarta yakni di kawasan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jika Anda mampir ke monas, sempatkan waktu Anda untuk berkunjung sampai ke tingkat paling atas dan Anda pun dapat menyaksikan pemandangan seluruh kota Jakarta. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi museum yang berisi diorama sejarah kemerdekaan Indonesia yang terdapat di bawah Monas.

C. Tempat Wisata di Jakarta: Museum Nasional

Memiliki lebih dari 141.899 koleksi yang tersimpan rapi, Anda bisa menjadikan Museum Nasional yang berada di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat sebagai tujuan wisata selanjutnya. Museum ini memiliki berbagai koleksi yang terdiri dari tujuh jenis koleksi, mulai dari prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. Di sini, Anda pun bisa melihat koleksi lengkap dari benda-benda antik seperti replika prasasti, arca, senjata tradisional, manuskrip, sampai benda-benda kuno dari seluruh Indonesia. Ada pula kegiatan seru lainnya yang bisa Anda coba seperti membatik, belajar tari tradisional atau menonton pertunjukan tari. Museum ini cocok untuk menjadi destinasi wisata edukasi bersama keluarga.

D. Tempat Wisata di Jakarta: Pulau Bidadari

Ingin menikmati suasana laut tapi malas jauh-jauh dari Jakarta? Pulau Bidadari bisa jadi destinasi asyik untuk liburan Anda. Jarak untuk bisa menjangkau Pulau Bidadari hanya memakan waktu perjalanannya cuma 20 menit dari Pelabuhan Marina. Di sini, Anda bisa berkeliling menikmati keindahan pulau, mencoba aktivitas laut seperti snorkeling atau berenang bersama lumba-lumba.

Perlu diketahui bahwa Pulau Bidadari ini merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu yang dikelilingi pohon besar. Dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya. Secara geografis pulau ini berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau ini dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu, karena lokasinya yang indah dan bersejarah.

E. Tempat Wisata di Jakarta: Dunia Fantasi

Lebih populer disebut dengan Dufan, tempat wisata menarik yang satu ini pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985 dan merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Perseroan dan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 sejak Februari 2017. Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights.Pada tahun 2013, Dufan menambah satu kawasan lagi yaitu kawasan dalam ruang (Indoor Dufan) yang dilengkapi dengan wahana Ice Age dan Kontiki & pada tahun 2014 dan tahun 2015 dufan menambahkan wahana hello kitty adventure dan Dufan Glow. Anda bisa menemukan Dunia Fantasi tepat di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara.

F. Tempat Wisata di Jakarta: SeaWorld Ancol

Ingin merasakan sensasi berjalan di bawah hewan-hewan laut? Anda bisa merasakan sensasi tersebut dengan mengunjungi Sea World Ancol yang berada tepat di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara. SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.

G. Tempat Wisata di Jakarta: Taman Mini Indonesia Indah

Berwisata di Jakarta tak melulu harus ke mal, Monas atau Ancol. Di bilangan Jakarta Timur juga ada tempat rekreasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang seru untuk dikunjungi, terutama jika membawa anak kecil. TMII resmi dibuka untuk umum pada 20 April 1975. Berdasarkan info yang didapat dari situs resminya, TMII dibangun di atas lahan seluas 150 hektare.

Selain taman dan replika rumah daerah dari berbagai provinsi Indonesia, TMII juga memiliki banyak museum. Menurut situs resminya, TMII memiliki 19 museum yang dapat Anda kunjungi. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memiliki sebuah danau miniatur arsipel Indonesia yang merupakan sebuah danau di mana di dalamnya terdapat pulau-pulau yang dibuat menyerupai dengan kepulauan Indonesia yang sebenarnya. Jika Anda belum memiliki kesempatan untuk mengelilingi Indonesia, mungkin bisa mencoba mengelilingi versi miniaturnya terlebih dulu dengan menggunakan Perahu Angsa yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

H. Tempat Wisata di Jakarta: Kepulauan Seribu

Apabila Anda ingin mencari tempat wisata yang memiliki nuansa alam di Ibukota, maka Kepulauan Seribu dapat menjadi tujuan Anda. Kepulauan Seribu memang sudah cukup populer namanya, baik itu di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara sekalipun. Dengan mendatangi Kepulauan Seribu, Anda pun secara tidak langsung bisa mengunjungi beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Bidadari, Pulau Macan, Pulau Tidung, dan berbagai macam pulai lainnya. Di Kepulauan Seribu ini Anda bisa melihat hamparan pasir putih dan laut biru, dan terhidar dari hiruk pikuk Jakarta. Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu, Anda bisa mencari agen wisata yang menawarkan paket wisata ke Kepulaun Seribu dengan biaya murah agar Anda pun tidak perlu memusingkan biaya akomodasi, serta mencari penginapan, dan sebagainya.

2. Tempat Wisata Bandung

Bandung telah berkembang menjadi kota pelesir dengan berbagai objek wisata menarik. Dari wisata alam sampai aneka jenis wisata kekinian. Tak heran jika dari hari ke hari semakin banyak tempat wisata di Bandung yang bermunculan. Bagi Anda yang berniat untuk berlibur ke kota kembang, berikut ini Mamikos tampilkan sederet tempat wisata menarik di Bandung yang wajib untuk dikunjungi.

A. Tempat Wisata di Bandung: De’Ranch

Pernah bercita-cita ingin menjadi seorang koboi yang hidup ei era liar daerah Barat? Jika iya, Anda bisa mewujudkan impian Anda ini dengan berkunjung ke De’Ranch. Tempat wisata menarik di Bandung yang satu ini ember kesempatan pada Anda untuk berkeliling naik kuda, sembari mengenakan kostum koboi lengkap. Keren bukan?

Nuansa yang ditawarkan pun sangat berbeda dibanding destinasi wisata di Bandung pada umumnya. Sembari mengagumi kecantikan alam sekitar, Anda juga bisa sedikit berfantasi dan berlagak bak koboi di film-film Hollywood. Tiket masuk De’Ranch juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 5.000 saja per orangnya. Asyiknya lagi, Anda bisa menukarkannya dengan berbagai pilihan minuman segar. Selain menyewa kostum, Anda juga bisa menjajal beragam arena ketangkasan seperti panahan, flying fox, dan masih banyak lagi.

B. Tempat Wisata di Bandung: Dusun Bambu

Padatnya kegiatan kantor atau studi selama sepekan kadang bisa membuat pikiran penat. Jika terlalu lama dibiarkan, tubuh dan otak bisa jadi stress. Salah satu solusi terbaik adalah berwisata di akhir pekan dan merilekskan diri dalam pelukan pesona alam. Hal tersebut bisa Anda lakukan di Dusun Bambu yang berada di kawasan Kertawangi, Bandung Barat. Dusun Bambu ini menawarkan atmosfer tenang dan pas untuk bersantai dari hiruk pikuk kota.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang, Anda pun sudah bisa merasakan beragam keseruan di dalam Dusun Bambu. Selain restoran ala saung dekat danau, pengunjung juga bakal dimanjakan oleh restoran, villa, dan pasar khatulistiwa. Pas sekali dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun sosok terdekat di akhir pekan.

C. Tempat Wisata di Bandung: Floating Market Lembang

Tak hanya ada di Pulau Kalimantan, Sumatera dan negara Thailand saja, Bandung juga memiliki pasar apung yang bisa Anda kunjungi. Floating Market Lembang, begitulah orang sering menyebut nama pasar apung yang memiliki tempat khusus di mana para pedagangnya berjualan di atas kapal ini. Sesuai namanya, Floating Market berada di kawasan tempat wisata Bandung Lembang. Tempat wisata yang satu ini tergolong selalu ramai pengunjung, terlebih di akhir pekan dan hari libur nasional.

Anda pun bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan sekitar, sembari mencoba beragam kuliner lezat yang ditawarkan para penjaja. Selain makanan kecil atau camilan, Floating Market Lembang juga menawarkan beragam makanan berat. Rata-rata harga sajian di sini berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 35.000 saja. Tiket masuknya juga tak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 10.000 dan bisa ditukarkan dengan minuman selamat datang.

D. Tempat Wisata di Bandung: Farmhouse Lembang

Masih di kawasan Lembang, Anda juga bisa mengunjungi Farmhouse Lembang yang menawarkan nuansa ala Eropa. Demi menghadirkan nuansa unik, pengelola Farmhouse Lembang mendirikan sejumlah bangunan dengan mengambil inspirasi bangunan khas Eropa Abad Pertengahan. Namun sesuai namanya, lokasi ini sejatinya adalah peternakan dan pusat pengolahan susu. Kebanyakan pengunjung datang ke Farmhouse Lembang untuk berfoto-foto. Namun selain itu Anda pun bisa menikmati beragam petualangan asyik di Rumah Hobbit dan Pettin Zoo alias kebun binatang mini. Setelah lelah berjalan, Anda juga bisa duduk santai sembari menikmati sosis bakar atau susu segar yang tersedia di Farmhouse Lembang.

E. Tempat Wisata di Bandung: Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu bisa jadi pilihan jika Anda ketika mencari destinasi wisata dengan nuansa pegunungan dan hawa menyegarkan. Lokasi eksotis ini dikelilingi hamparan hutan pinus indah. Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati kecantikan perkebunan the sekitar. Gunung Tangkuban Perahu juga menyimpan cerita menarik karena jika diperhatikan, puncak gunung ini menyerupai lambung perahu terbalik. Menurut legenda yang beredar di masyarakat, hal tersebut perahu raksasa yang dibangun Sangkuriang dalam semalam – terkait usahanya menikahi Dayang Sumbi. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Tangkuban Perahu sebaiknya membawa masker atau penutup hidung dan mulut. Sebab di sekitar kawasan kawah bakal tercium aroma belerang menyengat. Jika sedang tak bernasib baik, bisa-bisa Anda dibuat pingsan karena terlalu banyak menghirupnya.

F. Tempat Wisata di Bandung: Grafika Cikole

Kabut yang kerap menyelimuti Bandung membuat Kota Kembang menawarkan suasana mirip di luar negeri. Salah satunya bisa Anda alami di Grafika Cikole. Merupakan salah satu tempat wisata populer di Paris van Java, Grafika Cikole ini memiliki atmosfer syahdu yang tak kalah jika dibandingkan dengan Selandia Baru. Selain mengagumi keindahan alam sekitar, Anda juga bisa menjajal beragam wahana seru di Grafika Cikole. Mulai dari outbond, flying fox, paint ball, dan masih banyak lagi. Pas dijadikan sebagai destinasi liburan bareng sahabat maupun keluarga. Jika ingin menginap, Grafika Cikole juga menyediakan akomodasi khusus. Penginapan tersebut hadir dalam wujud unik karena mirip rumah hobbit di kisah Lord of The Ring.

G. Tempat Wisata di Bandung: Kawah Putih Ciwidey

Seperti namanya, Kawah Putih berada di kawasan Ciwidey dan merupakan bagian dari wilayah Gunung Patuha. Warna putih berasal dari aliran air yang konon mengandung zat kimiawi tertentu, meski sebenarnya warna tersebut cenderung hijau dan bisa berubah-ubah sesuai kondisi alam sekitar. Terlepas dari hal tersebut, kawah putih sangat bagus dijadikan latar belakang berfoto ria. Sebelum dibuka sebagai tempat wisata, Kawah Putih Ciwidey sempat menyimpan cerita misteri.

Warga sekitar kabarnya enggan mendekat karena mereka tahu ada banyak burung yang mati begitu melintas di atas kawah. Usut punya usut, satwa-satwa malang tersebut harus meregang nyawa lantaran keracunan gas belerang. Destinasi wisata indah ini berada di ketinggian 2.090 mdpl. Banyak wisatawan kerap memanfaatkannya untuk menambah koleksi foto indah atau bahkan melakukan sesi pre-wedding. Anda pun bisa mencapai lokasi ini dengan menumpang kendaraan umum via Terminal Leuwi Panjang dan Ciwidey.

H. Tempat Wisata di Bandung: Tebing Keraton

Berfoto di ketinggian sembari mengagumi indahnya pemandangan kini telah menjadi suatu tren di kalangan wisatawan belakangan ini. Hal tersebut bisa Anda lakukan di Tebing Keraton, salah satu lokasi wisata yang sangat populer di kota Bandung. Dari puncak lokasi ini, Anda pun bisa melihat indahnya hamparan kawasan hutan Kota Kembang dan menikmati sinar mentari memanjakan. Sebagai pengingat, jalan menuju Tebing Keraton tidak terlalu mulus. Butuh usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini. Namun begitu sampai di puncak, Anda pun akan disuguhi ‘Karaton’ atau ‘Kemegahan Alam’ dalam bahasa Sunda. Tak perlu khawatir kantong bakal bolong usai mengunjungi Tebing Keraton. Pengelola hanya mematok biaya tiket masuk sekitar Rp11.000 saja per orangnya.

3. Tempat Wisata Jogja

Jika kita ingin menghitung tempat wisata yang ada di Jogja, tentu tidak akan ada habisnya. Pasalnya daerah istimewa pimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono ini memang punya banyak sekali keindahan bernilai wisata yang setiap tahun jumlahnya terus bertambah. Jogja pun seakan memiliki magnet tersendiri yang bisa menarik wistawan untuk mengunjunginya. Bagi Anda yang berencana ingin berjalan-jalan ke Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan waktu Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata rekomendasi dari Mamikos berikut ini.

A. Tempat Wisata di Jogja:  Goa Kalisuci

Tak ingin jauh jauh dari gunung? Ada sebuah lokasi wisata di Jogja cukup populer yang juga akan memberikan pada anda pengalaman berlibur yang berbeda untuk Anda. Apalagi kalau bukan Goa Kalisuci. Ada alasan mengapa goa ini cukup populer baik di kalangan wisatawan domestik maupu mancanegara, yakni pada wisata airnya. Karena di Goa Kalisuci ini Anda akan diajak untuk berperahu atau berafting menyusuri sungai dan juga gua.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena semua teknis keamanan sudah dijamin mulai dari keamanan perahu hingga pelampung semuanya disediakan oleh pihak penyelenggara. Yang terpenting, bagaimana tips yang bisa digunakan agar perjalanan anda aman. Sangat disarankan untuk Anda datang ke lokasi Gua Kalisuci dalam kelompok baik kecil atau pun besar karena memang akan sulit apabila Anda berkunjung dalam jumlah yang kecil. Cukup dengan membayar Rp 75.000 saja per orang dan Anda pun bisa menikmati pengalaman berlibur di Goa Kalisuci.

B. Tempat Wisata di Jogja:  Jembatan Gantung Pantai Timang

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai tempat wisata yang ekstrim dan penuh tantangan? Jika iya, cobalah berkunjung ke Pantai Timang, Gunung Kidul. Tempat wisata pantai di Jogja ini memang cukup terkenal dengan kereta gantungnya. Selain itu, Pantai Timang kini memiliki jembatan gantung yang menjadi akses baru menuju Bukit Karang Pantai Timang. Untuk menaiki jembatan tersebut, anda harus membayar tiket Rp 100.000. Anda harus memiliki nyali yang besar jika ingin menyebrang melalui jembatan gantung ini. Deburan ombak dan angin laut yang cukup kencang bila melintas di jembatan ini, dapat memicu adrenalin Anda. Tak jarang pengunjung yang ciut nyalinya dan kembali karena tidak berani menyebrangi jembatan ini.

C. Tempat Wisata di Jogja: Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah bergabung dalam NKRI pada tahun 1950, namun komplek keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Kraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata favorit yang paling sering dikunjungi di kota Jogja. Sebagian kompleks kraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki beberapa balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Kraton Yogyakarta Hadiningrat berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro atau yang kini telah resmi berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo. Kraton Yogyakarta dibuka untuk para wisatawan setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 WIB. Tapi khusus untuk hari Jumat, wisata kraton Jogja dibuka dari jam 08.00 – 12.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.500 untuk wisatawan asing atau manca negara.

D. Tempat Wisata di Jogja: Pantai Nglambor

Ingin mencoba sesuatu yang berbeda untuk liburan Anda? Pantai Nglambor bisa menjadi pilihan yang tepat karena merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling populer tahun ini. Meskipun berupa pantai, namun ada hal spesial yang bisa anda lakukan di pantai Nglambor ini yakni snorkeling dengan ikan ikan asli dari laut. Bahkan jika Anda beruntung saat kunjungan anda ke pantai ini, anda bisa melihat kura-kura dengan ukuran cukup besar. Namun jangan diganggu ya, agar kehidupan bawah laut tetap terjaga keindahannya.

Biaya untuk mencoba snorkeling ini sendiri cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000, nantinya akan ada pemandu yang akan membantu Anda untuk melihat indahnya pemandangan bawah laut yang dangkal namun jernih ini. Apabila Anda tidak memiliki alat untuk snorkeling, Anda juga bisa menyewanya di pantai yang satu ini. Biaya masuk pantai Nglambor juga cukup murah, yakni dengan Rp 5.000 saja. Ternyata untuk menikmati lautan dengan air yang jernih bersama ikan ikan didalamnya, Anda tidak perlu pergi jauh ke Papua atau Nusa Tenggara Timur sana, di Jogja pun Anda bisa menikmatinya. Dan jangan khawatir, untuk Anda yang tidak bisa berenang atau hanya ingin menikmati pinggiran pantai dengan duduk atau juga bahkan bermain air di pinggiran juga masih tetap menarik.

E. Tempat Wisata di Jogja: Pantai Jogan

Pantai selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berlibur ke Jogja adalah Pantai Jogan. Wisata pantai yang satu ini terletak di jajaran pantai Gunung Kidul yang sangat terkenal mulai dari Pantai Baron dan lainnya. Namun, diantara pantai yang berada di Gunung Kidul tersebut, Pantai Jogan cukup berbeda karena memiliki sebuah air terjun mini yang tidak terlalu tinggi namun melebar. Hadirnya air terjun mini ini memberikan keindahan tersendiri dan memuaskan mata para wisatawan yang mengunjunginya. Tak hanya itu saja, Pantai Jogan ini juga memiliki spot sunset yang sangat bagus sehingga Anda pun bisa menghabiskan waktu libur Anda disini hingga malam hari. Tiket masuk yang dipungut untuk bisa masuk ke Pantai Jogan juga sangat murah dan terjangkau yakni Rp3.000 saja per orangnya.

F. Tempat Wisata di Jogja:  Seribu Batu Songgo Langit

Selanjutnya, Anda pun bisa mengunjungi objek wisata Seribu Batu Songgo Langit yang berada di kawasan Dlingo. Dinamakan demikian karena di lokasi ini terdapat banyak batu raksasa. Daya tarik Seribu Batu Songgo Langit ini adalah banyaknya rumah-rumah hobbit yang sangat unik. Selain rumah hobbit, Anda juga dapat menikmati spot-spot foto unik lainnya. Terdapat jembatan yang menghubungkan pohon ke pohon, jembatan, dan gardu pandang. Anda juga dapat memacu adrenalin dengan mencoba flying fox di Seribu Batu Songgo Langit ini.

Anda bisa menemukan Seribu Batu Songgo Langit tepatnya di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Dlingo. Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja untuk bisa mencapai tempat wisata yang satu ini. Tidak ada tiket masuk yang dibebankan kepada Anda untuk bisa masuk ke sini. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

G. Tempat Wisata di Jogja: Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta. Tugu Jogja kira-kira didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Pada saat awal berdirinya, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan atau yang disebut golong gilig itu tergambar jelas pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig.

Bila Anda ingin memandang Tugu Jogja sepuasnya sambil mengenang makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu di pojok Jl. Pangeran Mangkubumi. Datanglah pada pukul 05.00 – 06.00 pagi hari merupakan saat yang tepat, saat udara masih segar dan belum banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang. Sesekali mungkin Anda pun akan disapa dengan senyum ramah loper koran yang hendak menuju kantor sirkulasi harian Kedaulatan Rakyat.

H. Tempat Wisata di Jogja: Taman Sari Jogja

Istana Air Taman Sari ini sendiri pun memiliki luas lahan yang pada awalnya hanya sebesar 10 hektar dengan 57 bangunan di dalamnya. Seperti namanya, tempat ini terdiri dari Istana Air yang menjadi tempat pemandian Putri Raja dan Permaisuri pada zaman dahulu. Tempatnya yang terletak di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Tempat ini dulunya juga merupakan tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Selain menjadi tempat rekreasi, tempat ini juga merupakan benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak zaman dahulu. Apabila Anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini, Anda pun bisa menemukan beberapa kompleks di dalamnya seperti kolam pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, taman, lorong bawah tanah, kanal air, Masjid, dan beberapa bangunan lainnya yang gedungnya sengaja dirancang khusus dengan beberapa arsitektur dunia.

4. Tempat Wisata Surabaya

Memang bukan suatu hal yang sulit untuk bisa menggambarkan betapa istimewanya kota Surabaya. Bagaimana tidak? Berbagai kenangan dan sejarah luar biasa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, menjadikan kota ini tidak ada duanya. Bisa kita bilang, Surabaya adalah kota besar yang berdiri gagah, namun masih menyimpan sendu di tengah hiruk pikuknya. Dibalik kesenduannya, Surabaya ternyata juga menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Surabaya yang bisa Anda kunjungi nantinya.

A. Tempat Wisata di Surabaya: Monumen Kapal Selam

Ingin mencari tempat wisata edukasi di Surabaya? Anda bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam atau kerap disebut Monkasel yang berlokasi di Jalan Raya Gubeng, Surabaya hanya beberapa meter saja dari Stasiun Kereta Api Gubeng. Monumen Kapal Selam sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi bersama anak-anak untuk mengenal sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang dipaparkan melalu video hingga bukti-bukti fisik di dalam kapal selam yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Saat ini untuk bisa menikmati suasana di dalam Monumen Kapal Selam akan dikenakan tiket masuk, yakni sebesar Rp15.000 saja per orang. Di bagian belakang Monumen Kapal Selam terdapat sebuah kolam renang yang cocok untuk bermain anak-anak.

B. Tempat Wisata di Surabaya: Hutan Bambu

Suasana Hutan Bambu yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadikan tempat ini sebagai incaran para penikmat selfie. Ada banyak spot cantik yang bisa Anda manfaatkan sebagai latar belakang selfie dengan pepohonan bambu yang hijau dan rindang. Namun, saat berkunjung ke tempat ini, perhatikan untuk tidak merokok, agar keindahan alami ini tidak rusak. Selain itu, pohon bambu juga merupakan pohon yang mudah terbakar. Dikhawatirkan, puntung rokok Anda dapat menjadi penyebab timbulnya kebakaran. Hutan Bambu ini berada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih Sukolilo dan dapat Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

C. Tempat Wisata di Surabaya: House of Sampoerna

Memiliki tampilan gaya colonial dengan 4 pilar besar bertengger di depan gedung utama, House of Sampoerna bisa menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang Anda singgahi. Begitu masuk, Anda pun akan langsung disambut aroma khas tembakau. Anda juga bisa menyaksikan pembuatan rokok kretek yang diproduksi di lantai 2. Ada 400 wanita duduk berjejer sangat cekatan memproduksi rokok.

Luar biasanya, masing-masing wanita tersebut dapat memproduksi 300 batang rokok per jam. Selain galeri dan pameran seni, House of Sampoerna juga dilengkapi dengan cafe serta toko suvenir. Untuk berkunjung ke House of Sampoerna ini Anda tidak akan dipungut biaya. Silahkan datang ke House of Sampoerna setiap harinya pada pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

D. Tempat Wisata di Surabaya: Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan telah menjadi kawasan bisnis sejak masa penjajahan Belanda. Hingga saat ini pun, saat Aberkunjung ke tempat ini, jejak tempo doeloe juga tetap dapat Anda nikmati saat menyusuri Jalan Tunjungan ini. Selain itu, di sini Anda dapat menemukan sebuah bangunan yang telah ada sejak dulu, yaitu Gedung Siola, atau yang saat ini menjadi Tunjungan Center. Ada pula Hotel Majapahit yang menjadi saksi sejarah peristiwa 10 November 1945. Di tempat ini, Anda juga dapat melakukan hunting foto dan menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia. Dan setiap hari Minggu, di tempat ini rutin diadakan Car Free Day, sehingga Anda tidak dapat menggunakan kendaraan ke tempat ini.

E. Tempat Wisata di Surabaya: Klenteng Sanggar Agung

Apabila kunjungan Anda ke Surabaya bertepatan dengan hari raya Imlek, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung. Klenteng ini dipercaya sebagai tempat dimana Dewi Kwan Im pernah menampakkan diri. Tidak seperti klenteng pada umumnya yang dibangun di tengah kota atau di pemukiman warga, Klenteng Sanggar Agung ini justru dibangun di dekat pantai. Lokasi tersebut justru menjadikan Klenteng Sanggar Agung ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Patung naga raksasa dengan latar belakang lautan yang luas akan menjadi latar belakang foto yang terkesan sangat gagah. Keberadaan hutan bakau yang tidak jauh dari klenteng ini juga akan menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang sangat menarik. Klenteng yang berada di Jalan Sukolilo No 100, kompleks Pantai Ria Kenjeran ini dapat Anda kunjungi dengan membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 untuk satu mobil dengan dua orang penumpang. Dan Klenteng ini beroperasi sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

F. Tempat Wisata di Surabaya: Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah salah satu tujuan wisata Surabaya yang sangat ikonik. Berlibur ke Surabaya yang memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan, rasanya tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat satu ini. Di dalam tugu ini, Anda dapat menjelajahi museum dan melihat berbagai dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan di masa lalu. Tugu yang dibangun sebagai peringatan atas pertempuran 10 November 1945 ini merupakan tujuan wisata Surabaya yang sesuai untuk Anda pecinta wisata sejarah atau sebagai tujuan wisata Anda bersama keluarga. Selain untuk menikmati jejak sejarah masa lalu, Anda juga bisa sekadar duduk-duduk dan bersantai sambil menikmati semilir angin Surabaya di tengah hamparan rumput hijau di sekitar area Tugu Pahlawan. Anda bisa berkunjung ke tugu ini sejak mulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 di hari Selasa hingga Jumat, dan hingga pukul 12.00 di akhir pekan.

G. Tempat Wisata di Surabaya: Surabaya North Quay

Surabaya North Quay merupakan tempat wisata yang cenderung baru di Surabaya. Tempat wisata ini merupakan sebuah lokasi wisata romantis dengan pemandangan laut Surabaya dan jembatan Suramadu yang berada di kejauhan. Lokasinya yang bersandar di kapal mewah menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Surabaya North Quay ini. Tempat ini akan menjadi tempat yang sangat menarik untuk Anda kunjungi bersama pasangan.

Surabaya North Quay ini dapat Anda kunjungi di akhir pekan sejak pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB. Di Surabaya North Quay ini, Anda juga dapat menikmati suasana hiburan live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal, dan juga pasar kuliner. Surabaya North Quay berlokasi di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara atau tepatnya di Jalan Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat melalui Jalan Perak Timur dan berjalan lurus saja menuju utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan. Di gerbang pelabuhan ini nantinya Anda akan diminta untuk bayar tiket premi asuransi jiwa dan biaya parkir yang dikenakan sebesar Rp5.000 per motor dan Rp7.500 per mobil.

H. Tempat Wisata di Surabaya: Taman Pelangi

Sepintas, Taman Pelangi Surabaya memang memiliki kemiripan dengan Taman Pelangi yang ada di Jogja. Hanya saja, Taman Pelangi di Surabaya memiliki ukuran yang lebih kecil. Taman ini akan sangat menarik untuk Anda kunjungi di malam hari. Karena lampu warna-warni yang disusun menyerupai ruas daun di taman ini akan terlihat semakin cantik pada malam hari. Ada 31 batang tiang melengkung yang menyusun ruas daun ini. Taman Pelangi Surabaya dapat Anda temukan tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Gayungan, Surabaya. Lokasi taman yang berada di jalan utama penghubung Kota Surabaya dengan wilayah luar kota menjadikan Taman Pelangi ini seperti gerbang utama yang menyambut Anda saat datang ke Surabaya.

5. Tempat Wisata Malang

Tempat Wisata di Malang - Alun-alun Kota Malang

Malang memang sudah menjadi salah satu kota wisata yang juga selalu ramai dikunjungi wisatawan disetiap tahunnya. Ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa Anda jelajahi, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata sejarah, dan banyak lagi lainnya. Makanya, tak mengherankan lagi apabila banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela jauh-jauh ke Malang karena ingin menikmati sajian wisata disana yang cukup beragam. Anda berencana ingin berkunjung ke Malang dalam waktu dekat ini? Sempatkan diri Anda untuk mampir ke beberapa tempat wisata rekomendasi dari Mamikos berikut ini.

A. Tempat Wisata di Malang: Batu Night Spectacular

Jika Anda sudah merasa bosan untuk berwisata di siang hari, mungkin Anda bisa berkunjung ke Batu Night Spectacular atau yang biasa disingkat dengan BNS. Tempat wisata menarik di Malang yang satu ini buka mulai pukul 15:00 sampai 24:00. Di Batu Night Spectacular, Anda akan dibawa seperti kembali ke masa kecil karena suasananya mirip dengan pasar malam apalagi dengan adanya komedi putar dengan kuda-kuda buatan yang bisa Anda naiki. Lebih menariknya lagi, Anda bisa mendekatkan diri ke air mancur yang bisa menari dan berubah warna sesuai dengan musik yang sedang dialunkan.

Tak hanya itu saja, Lampion Garden di Batu Night Spectacular juga cukup menarik. Di Lampion Garden ini Anda bisa melihat lampion dengan berbagai warna dan bentuk yang sangat cantik untuk dijadikan latar foto Anda. Beberapa wahana yang tak boleh Anda lewatkan antara lain Rumah Hantu, Baby Wheel, Mouse Coaster, Art Trick, Gravitron dan Avatar. Anda bisa menemukan Batu Night Spectacular ini tepatnya di Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Malang.

B. Tempat Wisata di Malang: Coban Pelangi

Apakah pelangi hanya muncul setelah hujan? Ternyata tidak. Datanglah ke Coban Pelangi di Kecamatan Tumpang atau sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Jika beruntung, Anda bisa melihat pelangi di antara aliran air terjun setinggi 30 meter ini. Selagi menunggu munculnya pelangi, Anda bisa bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner di warung atau duduk-duduk di pendopo yang ada. Tempat wisata di malang ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai. Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati hutan pinus, bukit-bukit dan menyeberangi sungai. Meskipun terkesan melelahkan dan lama, namun pemandangan yang indah di sekitar selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat.

C. Tempat Wisata di Malang: Eco Green Park

Apabila Anda masih memiliki anak kecil, Anda mungkin bisa mengajak anak Anda untuk berwisata ke Eco Green Park guna mengenalkan mereka tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Eco Green Park menawarkan taman rekreasi edukasi yang berisi kebun binatang mini dan informasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Memasuki kawasan wisata ini, Anda akan disambut dengan sebuah patung gajah besar yang terbuat dari televisi bekas. Eco Green Park memiliki banyak wahana yang tersebar, untuk berkeliling Anda bisa menyewa E-Bike dengan harga 100.000 Rupiah untuk 3 jam.

Salah satu wahana menarik yang ada di Eco Green Park adalah Jungle Adventure. Anda akan diajak untuk berkeliling di hutan buatan dengan menggunakan kereta terbuka. Tak hanya berkeliling, Anda juga diajak menangkap pemburu binatang liar di dalam hutan. Dengan senapan mainan, Anda harus menembak setiap pemburu yang Anda lihat. Kejelian melihat dan kecepatan menembak sangat dibutuhkan di sini karena Anda harus menembak dari kereta yang sedang berjalan.

Ada pula wahana rumah terbalik yang tidak kalah seru, bangunan rumah terbalik dengan atap di bawah dan lantai di atas. Tak hanya terbalik di luarnya saja, namun segala perabotan di dalamnya juga terbalik. Anda seolah berjalan di atapnya seperti spiderman karena segala perabot mulai dari meja, kursi dan lampu dalam posisi terjungkir. Jika Anda cukup pusing berada di Rumah Terbalik ini, segera keluar dan carilah wahana lainnya.

Tak hanya itu saja, Eco Green Park juga masih memiliki wahana permainan lainnya yang bisa Anda jelajahi seperti Animal Farm, Duck Kingdom, Dome Multimedia, Eco Science Center, Pasar Burung Geology Science Center, Walking Bird, dan Insectarium. Di tempat wisata menarik yang satu ini juga Anda bisa mendengarkan musik yang dihasilkan oleh air di wahana Music Plaza. Untuk bisa masuk ke Eco Green Park ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 40.000 pada hari Senin – Kamis dan Rp 60.000 pada hari Jumat – Minggu.

D. Tempat Wisata di Malang:  Museum Angkut

Ternyata mengunjungi museum tidak selalu identik dengan kata membosankan. Ketika Anda mengunjungi Museum Angkut yang ada di Malang, Anda pun bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang seru dan menyenangkan. Di Museum Angkut ini, Anda bisa menemukan berbagai koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda onthel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1. Ada 10 zona yang bisa Anda jelajahi di tempat wisata seluas 3,7 hektar ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Perancis, Las Vegas, Jerman, Hollywood, Jepang, Gangster & Broadway dan tentu saja Batavia.

Setiap zona di Museum Angkut telah didesain semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari jalanan sampai landmark khasnya. Hal ini membuat zona-zona ini menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto. Puas berkeliling, jangan lupa menikmati kuliner di Pasar Apung yang menyajikan aneka hidangan lezat. Untuk bisa masuk ke dalam Museum Angkut yang unik ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp50.000 pada hari Senin hingga Kamis, dan Rp75.000 pada hari Jumat hingga Minggu.

E. Tempat Wisata di Malang: Jatim Park I

Lebih dikenal dengan sebutan Jatim Park I, Jawa Timur Park I ini merupakan salah satu tempat wisata menarik di Malang yang populer sepanjang masa. Dengan mengusung konsep taman rekreasi dan edukasi, Jatim Park I menawarkan puluhan wahana yang siap menghibur Anda dan keluarga. Ciri khas dari Jatim Park I adalah hadirnya kolam renang dengan latar relief wajah Ken Arok. Kolam renang ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak sesuai dengan kedalaman yang telah disesuaikan. Selain itu, kolam renang ini juga dilengkapi dengan bermacam papan seluncur air yang akan menambah keseruan bermain disana.

Jika mencari wahana edukasi, Anda bisa mengunjungi Science Stadium yang merupakan laboratorium outdoor dan indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai dari fisika, biologi, kimia sampai matematika. Science Stadium ini sendiri telah didukung oleh PLN, Telkom dan beberapa universitas di Jawa Timur. Anda juga bisa menemukan Papua and East Java Ethnic Gallery yang menampilkan koleksi miniatur rumah adat Jawa Timur dan Papua, wayang dan juga banyak kerajinan khas lainnya hanya di Jatim Park I.

Tak hanya kedua wahana itu saja, Jatim Park I juga masih memiliki wahana bermain lainnya seperti adanya Flying Tornado, Mini Jet, Gokart, Spinning Coaster, Midi Skater, Drop Zone dan Bioskop 3D. Dibangun di atas lahan seluas 11 hektar, Anda bisa mengunjungi Jatim Park I setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Anda pun akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp55.000 pada hari Senin hingga Kamis, dan Rp75.000 pada hari Jumat hingga Minggu. Silahkan kunjungi Jatim Park I tepatnya di kawasan Batu atau sekitar 20 km dari pusat kota Malang.

F. Tempat Wisata di Malang: Jatim Park II

Setelah menjelajahi Jatim Park I, tak ada salahnya Anda melanjutkan wisata Anda dengan berkunjung ke Jatim Park II. Apabila di Jatim Park I Anda bisa menemukan wisata terpadu untuk rekreasi dan edukasi, maka di Jatim Park II Anda akan menemukan wisata dengan konsep wisata alam. Berlokasi tepatnya di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, ini menawarkan dua zona wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Nantinya di Museum Satwa, Anda dapat melihat berbagai jenis binatang dari berbagai belahan benua yang telah diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Anda tak perlu khawatir, binatang-binatang yang diawetkan ini bukanlah hasil buruan, namun binatang yang sudah mati secara alami dan kemudian diawetkan. Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.

Setelah puas melihat beragam jenis binatang yang telah diawetkan, selanjutnya Anda bisa melihat beraneka jenis binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Perlu diketahui bahwa Batu Secret Zoo ini merupakan satu-satunya kebun binatang yang mengusung konsep modern di Indonesia. Ada banyak tempat yang bisa Anda bisa Anda jelajahi mulai dari akuarium, Tiger Land, kolam kuda nil sampai padang rumput. Ada juga sungai arus buatan yang bisa Anda arungi dengan perahu yang telah disediakan. Jika tertarik untuk berkunjung ke Jatim Park II, Anda bisa datang setiap harinya dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp60.000 pada hari Senin hingga Kamis dan Rp75.000 pada hari Jumat hingga Minggu.

G. Tempat Wisata di Malang: Pantai Balekambang

Wisata pantai yang satu ini memang cukup populer di Malang. Memiliki pemandangan yang sangat indah tentunya membuat Pantai Balekambang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak yang menyebut Pantai Balekambang sebagai Tanah Lot-nya Malang. Ikon dari Pantai Balekambang sendiri adalah sebuah pura yang terletak di Pulau Ismoyo, yakni sebuah pulau kecil yang ada di sana. Nah, untuk menuju ke pura tersebut, Anda bisa melalui sebuah jembatan panjang yang menghubungkan pantai dengan pulau. Dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, Anda pun sudah bisa menikmati keindahan pantai yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang ini.

H. Tempat Wisata di Malang: Teluk Bidadari

Setelah menikmati berbagai wisata menarik yang ada di kawasan Batu Malang, kini saatnya Anda mengunjungi wisata alam di Malang. Pertama-tama mungkin Anda bisa mengunjungi Teluk Bidadari yang merupakan genangan yang berbentuk lingkaran dan diisi oleh air yang warnanya biru kehijauan. Teluk ini masih berada dalam satu area dengan Pantai Mbehi. Suasana Teluk Bidadari yang masih sepi tentunya dapat menjadi nilai plus tersendiri, karena Anda pun bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk merilekskan diri dari rutinitas harian yang melelahkan.

Sebelum berpergian ke Teluk Bidadari, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda sedang dalam kondisi yang fit. Mengingat perjalanan menuju Teluk Bidadari memang cukup menantang dan memakan waktu tempuh yang cukup lama. Untuk dapat mencapai Teluk Bidadari ini, Anda bisa menuju harus berpergian ke Pantai Mbehi terlebih dahulu. Nah, dari pantai yang satu ini, Anda bisa melanjutkan tracking ke Teluk Bidadari dengan menggunakan jasa guide dan harus membayar biayanya sebesar Rp 10.000 per orang.

6. Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata di Semarang - Sam Poo Kong

Tak hanya dikenal sebagai kawasan Industri di Pulau Jawa saja, Semarang ternyata juga menyimpan segudang spot wisata yang menarik dan ciamik. Beberapa destinasi wisata menarik dan bersejarah bisa Anda kunjungi sambil menikmati suasana di kota lumpia ini. Memiliki lokasi yang strategis, membuat Semarang memiliki potensi wisata yang sangat lengkap mulai dari pantai hingga cagar budaya dan wisata religi. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Semarang yang sangat disayangkan jika dilewati.

A. Tempat Wisata di Semarang: Kota Lama Semarang

Kawasan Simpang Lima memang dikenal sebagai jantungnya kota Semarang, mengingat kawasan ini menghubungkan jalan-jalan utama di Ibukota Jawa Tengah ini. Salah satu wisata menarik di Semarang yang berada dekat dengan kawasan Simpang Lima ini adalah Kota Lama yang dulunya merupakan pusat perdagangan pada abad 19-20. Dijuluki sebagai kawasan “Little Netherland”, Kota Tua memiliki luas sekitar31 hektar dan dihiasi 50 bangunan kuno. Secara umum, bangunan-bangunan kuno ini mengikuti arsitektur khas Eropa yang terlihat dari bentuk serta ornamen-ornamennya.

Beberapa bangunan kuno yang akan terlihat unik saat dijadikan latar belakang untuk Anda berfoto bersama keluarga seperti Gereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan. Kedua bangunan ini merupakan peninggalan yang telah berdiri lebih dari 100 tahun. Arsitektur asli dari bangunan ini tetap dipertahankan sampai saat ini. Sehingga akan menampilkan pemandangan yang mengingatkan dengan Indonesia pada tempo dulu.

B. Tempat Wisata di Semarang: Lawang Sewu

Setelah mengunjungi Kota Lama Semarang, Anda juga wajib untuk mampir ke Lawang Sewu yang merupakan salah satu wisata di populer di Semarang. Dikenal karena sejarahnya yang begitu panjang, nama lawang sewu terinspirasi dari banyaknya pintu yang berada di bangunan ini, meskipun jumlahnya tidak sampai seribu. Lawang Sewu berlokasi tidak jauh dari Tugu Muda dan telah menjadi salah satu bangunan kuno atau bersejarah di Semarang yang dilindungi.

Dulunya, Lawang Sewu ini berfungsi sebagai kantor NIS atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij, kemudian beralih fungsi sebagai Kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) atau PT Kereta Api Indonesia. Gedung Lawang Sewu juga pernah pula digunakan sebagai Kodam IV/Diponegoro dan Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan Jawa Tengah. Kini, Lawang Sewu telah dibuka untuk umum dan selalu menarik wisatawan untuk melihat secara langsung gedung yang satu ini. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Lawang Sewu telah menjadi salah satu ikon Kota Semarang.

C. Tempat Wisata di Semarang: Klenteng Tay Kak Sie

Mungkin banyak dari Anda yang hanya mengetahui Klenteng Sam Poo Kong saja. Tapi, siapa sangka jika Klenteng Tay Kak Sie ini juga tidak kalah menariknya dan jauh lebih memukau untuk dikunjungi. Pasalnya, tempat yang satu ini masih terbilang anti mainstream untuk dikunjungi, tapi siapa sangka kalau Klenteng Tay Kak Sie ini malah menjadi idaman dan wisata yang hampir tak pernah dilewatkan oleh sebagian wisatawan. Patung Laksamana Cheng Ho yang dengan berukuran yang besar, terpampang tepat berada di depan Klenteng Tay kak Sie ini.

Dengan ornamen patung naga merah dan paduan warna detail yang cantik, sangat pas dan tampak indah sekali menghiasi Klenteng yang satu ini. Sudah berdiri sejak tahun 1700-an, Klenteng ini awalnya merupakan salah satu tempat penujaan Dewi Kwan Sie Im Po Sat atau Dewi Welas Asih. Berada di Jalan Mlatiharjo kota Semarang, tempat ini dibuka untuk umum. Anda pun tidak boleh melewatkan kesempatan untuk melihat Klenteng Tay Kak Sie secara langsung ketika berkunjung ke Semarang.

D. Tempat Wisata di Semarang: Mangrove Tapak

Banyak yang mungkin belum mengetahui keberadaan dari Mangrove Tapak di Semarang ini. Merupakan salah satu tempat wisata yang sering disebut-sebut Surga yang tersembunyi, menyajikan pemandangan dan suasana alam yang ciamik. Hutan Mangrove Tapak Tugu ini hampir tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, tak jarang juga yang mengabadikan setiap sisi cantik dari wisata yang satu ini untuk dibagikan ke Instagram mereka. Lihat saja, pemandangan-pemandangan yang tak biasa sangat pas jika kamu bagikan di social media bukan? Mangrove Tapak ini juga merupakan kawasan hutan bakau yang paling diburu oleh para wisatawan yang menggeluti bidang fotografi.

E. Tempat Wisata di Semarang: Tugu Muda

Bagi Anda yang senang berkunjung ke wisata sejarah, tentunya sangat disayangkan jika Anda melewatkan Tugu Muda ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat berada di Semarang. Monumen yang satu ini memiliki nilai historis karena dibangun untuk mengenang Pertempuran Lima Hari untuk melawan penjajah Jepang di Semarang. Tugu Muda yang kini dikelilingi taman biasanya akan ramai dikunjungi oleh wisawatan ketika weekend telah tiba. Tempat wisata menarik di Semarang yang satu ini memang sudah dibuat menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda bersantai atau bahkan berwisata selfie.

F. Tempat Wisata di Semarang: Umbul Sidomukti

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum mengetahui tempat wisata menarik di Semarang yang satu ini, Umbul Sidomukti merupakan salah satu destinasi wisata alam di Semarang yang wajib dikunjungi. Namanya tempat wisata alam, tentunya tidak akan jauh dengan wahana dan fasilitas outdoor yang seru dan menyenangkan. Jika berkunjung ke Umbul Sidomukti, Anda bisa mencoba beberapa wahana dan fasilitas yang telah tersedia, mulai dari Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, dan Pondok Lesehan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang indah yang dilengkapi oleh empat buah kolam yang bisa Anda jajal nanti.

Selain kolam renang yang memiliki empat tingkat kedalaman, kamu juga bisa mencoba flying fox dengan dua pilihan track yang berbeda, marine bridge di lembar, rapeling, ATV dan masih banyak lagi. Hal menarik yang perlu Anda tahu, kalau Umbul Sidomukti ini memiliki taman renang yang berada di alam terbuka dan terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl dan diapit oleh dua jurang sisi yang berbeda. Anda bisa berkunjung ke Umbul Sidomukti ini setiap harinya mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp10.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

G. Tempat Wisata di Semarang: Wana Penggaron Ungaran

Masih di sekitaran Kota Ungaran, Anda bisa menemukan satu lagi wisata alam yang tak kalah menarik yakni Wana Penggaron Ungaran. Berada kurang lebih sekitar 18 km dari pusat kota Semarang, Wana Penggaron Ungaran memiliki banyak wahana yang bisa Anda coba seperti adanya Jungle Tracking, Outbound Trainiing, Latihan SAR dan Pramuka, sampai rekreasi penelitian bisa Anda lakukan. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama rekan ataupun keluarga, Wana Penggaron Ungaran bisa menjadi pilihan karena terdapat banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan disana. Tak hanya itu saja, Wana Penggaron Ungaran juga tergolong kece dan menarik sekali untuk Anda jadikan spot selfie. Tak sulit untuk bisa sampai di Wana Penggaron Ungaran ini, Anda bisa mengandalkan google maps untuk menuntun Anda agar bisa sampai ke lokasi.

H. Tempat Wisata di Semarang: Pantai Baruna

Ternyata Semarang juga memiliki wisata pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang senang dengan suasana pantai, Anda wajib untuk berpegian ke Pantai Baruna. Memang belum banyak yang mengetahui keberadaan dari Pantai Baruna ini, meskipun terbilang masih baru namun nyatanya Pantai Baruna ini hampir tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika biasanya kebanyakan pantai dihiasi dengan hamparan pasir putih yang menjulang luas, namun di pantai yang satu ini Anda akan menemukan perbedaan yang signifikan di sini. Pantai Baruna tidak menyediakan pasir putih, melainkan hamparan padang ilalang yang indah dan memukau.

Anda pun disarankan untuk berkunjung ke Pantai Baruna pada siang menjelang sore hari agar Anda pun bisa menikmati pemandangan air laut yang berwarna biru kehijauan. Meski belum banyak dijamah oleh para wisatawan, namun Pantai Baruna sudah menjadi salah satu spot wisata pantai di Semarang paling favorit untuk para pencinta fotografi. Untuk itu, tak ada salahnya juga bukan untuk menyempatkan diri mampir ke pantai yang satu ini.