Tutorial Cara Cetak Kartu Ujian Peserta CPNS 2021

Posted in: CPNS
Tagged: cpns CPNS 2021

Tutorial Cara Cetak Kartu Ujian Peserta CPNS 2021 – Kartu Ujian Peserta CPNS 2021 adalah benda penting yang wajib dibawa ketika ujian tiba. Meksipun kamu sudah membawa kartu identitas diri dan perlengkapan lain, jika kartu ujianmu tertinggal, panitia tidak akan mengizinkanmu masuk ruangan. Hal ini akan berakibat pada status pendaftaran sebagai CPNS yang kamu miliki langsung gugur karena tidak bisa mengikuti ujian.

Tutorial Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS 2021

Kartu Ujian CPNS 2021 ibarat “kartu sakti” yang wajib kamu siapkan sejak jauh-jauh hari. Tapi, kamu tidak perlu khawatir dengan waktu pencetakan kartu ujian CPNS karena pihak panitia pasti akan mengumumkan waktu untuk mencetaknya. Perlu diperhatikan bahwa kartu ujian tersebut bersifat personal, sehingga data antara peserta yang satu dengan peserta yang lainnya pasti berbeda.

Kartu ujian CPNS 2021 tidak akan dibagikan oleh panitia di tempat ujian. Sebaliknya, sebagai peserta ujian kamu diharuskan mencetaknya sendiri sesuai instruksi yang sudah diberikan. Berbekal printer berwarna dan kertas HVS, kamu sudah bisa mencetak kartu ujian CPNS 2021 dari rumah. Namun, untuk memudahkan proses pencetakan, berikut ini tutorial yang bisa menjadi referensimu.

Cara Mendapatkan Kartu Ujian CPNS 2021

Kartu ujian CPNS bisa didapatkan peserta apabila sudah melengkapi proses pendaftaran. Ikuti tahapan pendaftaran CPNS 2021 dan isi semua data diri yang diperlukan. Setelah melakukan pengisian data pribadi dan mengunggah berkas serta mengisi formasi dan jabatan, peserta bisa mendapatkan kartu ujian CPNS.

Kartu ujian tersebut dapat langsung didownload dan disimpan dalam bentuk file .pdf. Jika akan mencetaknya, kamu bisa menggunakan bantuan pdf reader atau browser. Carilah pilihan untuk mencetak kartu ujian dan kamu tinggal menyiapkan kertas serta printer berwarna.

Cara Mencetak Kartu Ujian CPNS 2021

Kartu ujian CPNS 2021 terdiri dari kartu ujian untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan kartu ujian Seleksi Kompetensi Bidang. Jika kamu bisa lulus tes SKD, tahap tes selanjutnya, yaitu SKB pun bisa dilakukan. Adapun cara mencetak kartu ujian CPNS adalah sebagai berikut.

  1. Cermati batas waktu untuk mencetak kartu ujian SKD atau SKB CPNS 2021
  2. Lakukan login pada laman https://sscndaftar.bkn.go.id/ untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian
  3. Lakukan login pada akun masing-masing peserta menggunakan username dan password
  4. Pada website akan muncul tampilan kartu ujian CPNS 2021. Terdapat informasi data diri peserta, nomor PIN, foto peserta, dan tanda tangan peserta.
  5. Download kartu peserta ujian CPNS
  6. Cetak kartu menggunakan PDF reader atau langsung dari browser
  7. Sebelum mencetak kartu, ubah setting atau pengaturan pencetakan kertas agar tidak terlalu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Cobalah untuk mencetak kartu ujian pada kertas bekas untuk memastikan bahwa cara mencetak yang kamu lakukan sudah benar.

Tips Mencetak Kartu Ujian CPNS 2021

Ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika mencetak kartu ujian CPNS sebagai bukti kepesertaan, yaitu.

  1. Cetak kartu peserta ujian CPNS 2021 dengan tinta warna. Sebab, pada kartu peserta CPNS terdapat foto peserta yang harus terlihat jelas.
  2. Potong kartu ujian pada garis putus-putus di bagian bawah kartu. Hindari memotong melebihi batas yang sudah ditetapkan.
  3. Tuliskan nama dan tanda tangan peserta ujian pada lembar panitia ujian CPNS. Nantinya kartu peserta akan diberikan pada panitia ujian saat hari H.
  4. Tunggu panitia memberikan PIN ketika peserta akan mengikuti ujian. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan tanda tangan panitia di lokasi.
  5. Hindari melakukan laminating pada kartu peserta ujian CPNS.

Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Mencetak Kartu Ujian CPNS 2021

Tentunya kamu sudah memastikan bahwa data yang tercantum pada kartu ujian CPNS 2021 tersebut memang benar. Selain itu, kamu tidak menemukan kekeliruan, baik penulisan kata maupun kalimat. Setelah semua persiapan kamu lakukan, ada hal tidak kalah penting yang perlu kamu lakukan yaitu:

1. Memeriksa Data yang Tercantum Pada Kartu Ujian

Sangat penting untuk memeriksa data yang terdapat pada kartu peserta ujian masing-masing peserta. Baca kembali nama peserta yang tertera, apakah terdapat kesalahan penulisan ataukah sudah tepat. Selain itu, data lainnya seperti foto peserta ujian harus terlihat jelas.

2. Memasukkan Kartu Ujian CPNS ke dalam Buku atau Map

Kartu ujian CPNS 2021 yang dicetak menggunakan kertas HVS akan mudah terlipat dan rusak jika bergesekan dengan benda lain di dalam tas. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menyelipkan kartu ujian ke dalam buku yang cukup tebal, sehingga tidak mudah terlipat. Memasukkan kartu ujian ke dalam map juga bisa menjadi solusi asalkan map yang kamu gunakan tidak mudah terlipat.

3. Memasukkan Kartu Ujian ke dalam Plastik Bening

Aturan untuk tidak melakukan laminating kartu ujian CPNS dengan mika perlu kamu perhatikan. Untuk menghindari kerusakan dari percikan air atau jenis cairan lain, kamu bisa memasukkan kartu ujian ke dalam plastik bening. Kemudian masukkan kartu ujian tersebut ke dalam map agar lebih rapi. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir apabila turun hujan atau tasmu terkena air.

4. Mencetak Lebih dari Satu Kartu Ujian

Apabila memungkinkan, kamu bisa mencetak dua atau tiga kartu ujian CPNS 2021 untuk berjaga-jaga. Siapa tahu nantinya ada kartu ujian yang terlipat atau mengalami kerusakan, sedangkan kamu tidak memiliki waktu untuk pergi ke tempat fotokopi. Tidak ada salahnya mencetak dua buah kartu ujian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Memasukkan Kartu Ujian ke Tas yang Akan Dibawa Ujian

Persiapan mencetak kartu ujian yang sudah kamu lakukan akan sia-sia jika kamu tidak sengaja meninggalkannya sebelum berangkat ujian. Penyebabnya biasanya sepele, yaitu salah membawa tas untuk pergi. Masalah ini bisa kamu antisipasi dengan mempersiapkan alat-alat yang akan kamu bawa saat ujian, termasuk tas yang akan digunakan. Masukkan seluruh alat dan benda-benda yang wajib dibawa saat ujian CPNS 2021 dan lakukan pengecekan kembali. Apabila keesokan harinya kamu terburu-buru berangkat, kamu tidak perlu memeriksa isi tas kembali karena semua perlengkapan sudah ada di dalamnya.

Semoga penjelasan tentang tutorial cara cetak kartu ujian peserta CPNS 2021 bisa membantumu dalam mempersiapkan alat yang perlu dibawa ketika tes tiba. Pahami aturan yang diberlakukan untuk seleksi CPNS 2021 agar kamu bisa menyesuaikan diri dengan perubahan dokumen atau syarat pemberkasan. Selain perlu membawa kartu peserta ujian CPNS 2021, jangan lupa membawa dokumen wajib seperti identitas diri. Kenakan pakaian yang disyaratkan saat ujian tiba. Selamat berjuang mencari CPNS tahun 2021 nanti dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah