7 Universitas Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

 Lailla | Sen, 21 Okt 2019

7 Universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia – Jurusan ekonomi sangat diminati para siswa lulusan sekolah menengah di Indonesia. Tidak hanya kampus negeri yang menawarkan jurusan ekonomi, tetapi juga kampus-kampus swasta yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Adanya Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia pun menambah daya tarik tersendiri, sehingga menambah peminat jurusan terkait ekonomi semakin meningkat. Apabila kamu berniat untuk menjadi mahasiswa jurusan ekonomi, referensi terkait universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia ini bisa menjadi gambaran.

7 Universitas Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

Jurusan ekonomi dengan peluang kerja cerah masih menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa. Sebenarnya, ada juga universitas negeri jurusan manajemen bisnis dan universitas swasta jurusan manajemen bisnis terbaik terkait dengan jurusan ekonomi yang tidak kalah menarik. Untuk bisa mendapatkan peluang karier cemerlang, tidak jarang para calon mahasiswa langsung memilih universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia. Setelah lulus, ada yang tidak langsung bekerja tetapi meneruskan di universitas s2 terbaik di Indonesia terkait dengan jurusan ekonomi. Berikut ini adalah referensi universitas jurusan ekonomi terbaik di Indonesia yang dapat kamu tuju.

1. Universitas Indonesia


Hampir semua jurusan yang ditawarkan Universitas Indonesia adalah jurusan favorit dan banyak diminati. Oleh karena itu, persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut dan menjadi salah satu mahasiswanya terbilang sangat sulit, apalagi jurusan ekonomi di UI. Butuh belajar keras untuk bisa lolos seleksi masuk jurusan ekonomi di UI. Tidak jarang ada mahasiswa yang baru bisa lolos jurusan ekonomi setelah menjalani beberapa kali tes, hingga ikut bimbingan belajar atau mengikuti gap year. Jurusan ekonomi di Universitas Indonesia sudah menghasilkan lulusan yang berkarier di banyak bidang. Beberapa diantaranya bahkan menjadi tokoh penting di Indonesia.

Jurusan ekonomi di Universitas Indonesia berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada tahun 2017, FEB UI menyandang predikat sebagai sekolah bisnis terbaik di Asia pada peringkat 39 diantara 150 sekolah bisnis lainnya. Tidak mengherankan jika setiap tahun seleksi untuk masuk jurusan ekonomi UI semakin ketat.

2. Universitas Diponegoro

Mengambil jurusan ekonomi di Universitas Diponegoro adalah pilihan tepat bagi kamu yang mengagumi Muhammad Nasir. Jurusan ekonomi Islam di UNDIP sudah meraih akreditasi A, sehingga hal tersebut dapat menjadi pertimbanganmu untuk bisa mengambil jurusan tersebut. Selama menjalani perkuliahan di jurusan ekonomi UNDIP, kamu tidak hanya akan diajari tentang teori ekonomi saja. UNDIP sudah memiliki galeri investasi Bursa Efek Indonesia. Selain itu, ada pula fasilitas Bloomberg yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Bagi kamu yang belum tahu, Bloomberg merupakan penyedia data serta berita tentang pasar keuangan. Data yang tersaji selalu update, sehingga kamu tidak akan ketinggalan informasi.

3. Universitas Brawijaya

Apabila keindahan Malang masih menjadi motivasimu untuk merantau kesana, kamu bisa menjadikan kampus favorit Universitas Brawijaya sebagai tujuan. Kampus tersebut menawarkan jurusan ekonomi yang banyak diminati karena sudah meraih berbagai penghargaan. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan yang diperoleh bahkan sampai tingkat internasional. Apabila berniat untuk meneruskan studi hingga jenjang doktoral, Universitas Brawijaya juga memberikan peluang tersebut. Jadi, kamu bisa memilih untuk langsung berkarier setelah lulus atau mempertimbangkan untuk meneruskan studi di kampus yang sama.

4. Universitas Airlangga

Masih berada di dekat Malang, terdapat kampus yang tidak kalah populer di kalangan pencari jurusan ekonomi. Adanya Universitas Airlangga dengan predikat salah satu kampus ekonomi terbaik di Indonesia bisa kamu tuju. Selain bisa mendapatkan mata kuliah berupa teori di jurusan ekonomi, kamu juga bisa mengasah kemampuan melalui kegiatan praktikum di laboratorium berfasilitas lengkap serta mewah.

5. Universitas Gadjah Mada


Persaingan untuk masuk jurusan ekonomi di UGM tidaklah mudah. Semakin lama, kampus di kota pelajar ini semakin meningkat kualitasnya. Tidak mengherankan jika peminat jurusan ekonomi di UGM tidak terbatas pada masyarakat Yogyakarta saja, tetapi juga mahasiswa di luar pulau Jawa. Alumni jurusan ekonomi UGM banyak berkarya di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.

Karena jurusan tersebut sudah menyandang akreditasi A, maka peluang karier setelah lulus pun semakin terbuka lebar.Masih ada kampus lain dengan jurusan ekonomi di kota pelajar yang tidak kalah populer. Jika ingin meneruskan studi di Yogyakarta, terdapat beberapa pilihan kampus, seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katholik Atma Jaya, dan perguruan tinggi swasta lainnya.

6. Universitas Padjadjaran


Bandung menawarkan banyak kampus yang berkualitas, salah satunya adalah Universitas Padjadjaran. Jika ingin masuk ke jurusan ekonomi, pastikan bahwa kamu sudah memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai tujuan. Universitas yang sudah terakreditasi A tersebut memiliki banyak alumni sukses dan memberikan kontribusi bagi Indonesia.

7. Universitas Sebelas Maret

Passing Grade UNS

Surakarta merupakan daerah tujuan calon mahasiswa yang berniat untuk meneruskan studi di Universitas Sebelas Maret atau UNS. Jurusan ekonomi di UNS yang sudah mendapatkan akreditasi A pun bisa kamu jadikan pertimbangan. Keuntungan berkuliah di Surakarta sangat banyak, seperti biaya hidup yang tidak terlalu tinggi, akses ke berbagai tempat yang mudah, serta prospek karier yang cerah setelah menyelesaikan studi di UNS. Pastikan bahwa kamu sudah mendaftar jurusan ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS ya!

Prospek Lulusan Jurusan Ekonomi

Setelah lulus dari jurusan ekonomi, prospek karier yang menanti sangat beragam. Peluang kerja yang bisa diambil lulusan ekonomi juga ditentukan nilai selama kuliah, pengalaman kerja, serta kemampuan yang dimiliki. Kamu tidak perlu berkecil hati seandainya bukan berasal dari universitas jurusan manajemen terbaik di Indonesia, universitas swasta jurusan manajemen terbaik di Indonesia, atau jika kampusmu tidak termasuk 7 universitas terbaik di Indonesia. Optimislah pada kemampuanmu dan yakinlah bahwa kamu mampu bersaing dengan lulusan jurusan ekonomi lainnya.

Lulusan jurusan ekonomi bisa bekerja di perusahaan besar, instansi pemerintah, maupun di kantor. Hampir semua tempat kerja membutuhkan lulusan ekonomi yang handal. Apalagi, lulusan ekonomi yang paham tentang seluk beluk strategi pemasaran, pembukuan, serta kemampuan analisis pasar. Tanpa adanya lulusan ekonomi, kinerja perusahaan tidak dapat berjalan maksimal. Jika tidak ingin bekerja di perusahaan, kamu bisa memilih menjadi dosen atau guru ekonomi. Selain itu, masih terbuka peluang bagi lulusan jurusan ekonomi untuk berwirausaha.

Ingin menempuh studi jurusan ekonomi di universitas terbaik di Indonesia timur? Tidak perlu khawatir masalah hunian karena saat ini sudah ada aplikasi kost gratis Mamikos yang bisa didownload secara gratis melalui ponsel kesayanganmu. Informasi kost dekat kampus jurusan ekonomi di seluruh Indonesia bisa kamu dapatkan. Bahkan, kamu tidak perlu datang langsung ke lokasi hanya untuk memastikan bahwa kamar kost yang kamu inginkan memang bisa ditempati. Dengan Mamikos, waktu pencarian kost menjadi lebih efisien.

Tentunya tidak hanya kost di kota-kota besar saja yang bisa kamu dapatkan. Kost di pulau Sumatera, pulau Kalimantan, pulau Bali, dan pulau sekitarnya dengan harga terjangkau pun dapat kamu peroleh. Tentukan jangka waktu sewa kost yang kamu butuhkan, mulai dari kost harian hingga kost tahunan agar budget sewa hunian tidak membengkak. Apabila tertarik tinggal di hunian vertikal, Mamikos juga menyediakan informasi terkait apartemen. Tinggal pilih hunian yang kamu inginkan beserta budgetnya via Mamikos. Selamat mencari hunian yang kamu inginkan!

Jika kamu sudah menentukan kampus yang akan dituju dengan jurusan ekonomi, kini saatnya menentukan jenis hunian. Manfaatkan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel kesayanganmu. Mamikos juga dapat diakses melalui browser melalui alamat mamikos.com. Berbagai macam informasi kost lengkap dekat kampus jurusan ekonomi bisa kamu dapatkan. Pencarian kost hingga apartemen murah dekat kampus sudah tersedia, termasuk biaya sewa hunian, fasilitas hunian, kontak pemilik hunian, serta fasilitas booking. Jadi, gunakan Mamikos untuk mendapatkan semua kemudahan tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Selamat mencari!

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: