15 Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

 Lailla | Sen, 21 Okt 2019

15 universitas jurusan kedokteran terbaik di Indonesia – Jurusan kedokteran di suatu kampus merupakan jurusan yang paling diminati dibandingkan jurusan lainnya. Lulusan kedokteran yang sukses menjadi seorang dokter umum hingga dokter spesialis pun dianggap memiliki kehidupan sejahtera. Tidak mengherankan apabila mahasiswa yang bisa menembus seleksi masuk jurusan kedokteran akan merasa bangga. Kedua orang tua juga akan merasa senang karena sang anak dapat memberikan kontribusi di bidang kesehatan. Jika kamu tertarik masuk dan menjalani perkuliahan di bidang kesehatan, berikut ini adalah 15 jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi.

15 Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Adanya peringkat fakultas kedokteran terbaik di Indonesia membuat calon mahasiswa semakin bersemangat untuk bisa berkuliah di fakultas tersebut. Semakin bagus akreditasi dan kualitas suatu universitas dengan jurusan kedokteran, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang kesehatan pun akan semakin luas. Saat ini, prospek lapangan kerja sebagai tenaga kesehatan terbilangn menjanjikan. Dokter akan senantiasa dibutuhkan di mana pun, tidak terkecuali di fasilitas kesehatan yang berada di daerah terpencil. Sebenarnya, universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan kedokteran bisa kamu pilih. Namun, masih ada universitas yang ada jurusan pendidikan dokter lainnya sebagai alternatif apabila kamu belum bisa diterima di kampus kedokteran terbaik tersebut.

1. Universitas Airlangga

Bersiaplah untuk menjalani ujian masuk cukup ketat jika tertarik masuk jurusan kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya. Kampus yang sudah mendapatkan akreditas A tahun 2018 ini menyediakan kapasitas 100 kursi pada seleksi SBMPTN jurusan kedokteran. Tentunya kualitas lulusan Universitas Airlangga jurusan kedokteran yang tidak usah diragukan lagi akan semakin memperketat persaingan. Agar dapat diterima, kamu bisa mencari tahu jalur ujian masuk UNAIR dan menyesuaikan diri dengan kemampuanmu agar dapat diterima.

2. Universitas Diponegoro

Meneruskan studi pendidikan dokter di Semarang adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017. Mahasiswa yang sedang menempuh jurusan pendidikan dokter di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori saja, tetapi juga kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus. Persipakan diri dengan baik karena kuota mahasiswa jurusan kedokteran UNDIP juga tidak terlalu banyak, sehingga persaingan akan semakin ketat.

3. Universitas Sebelas Maret

Passing Grade UNS

Kampus yang terkenal di Kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya sudah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin menjadi dokter profesional, kamu bisa langsung mendaftar jurusan tersebut di Fakultas Kedokteran UNS. Tenang saja, fakultas kedokteran di UNS sudah mendapatkan akreditasi A. Di fakultas tersebut juga terdapat jurusan psikologi saintek sebagai bahan pertimbangan apabila kamu tertarik menjadi seorang psikolog.

4. Universitas Brawijaya

Jurusan kedokteran di Kota Malang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di Universitas Brawijaya. Kampus ini pernah menduduki peringkat paling atas pada kategori pendaftar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019. Bisa kamu bayangkan bagaimana ketatnya persaingan untuk bisa lolos jurusan kedokteran di kampus tersebut, apalagi Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya sudah mendapatkan akreditasi A.

5. Universitas Gadjah Mada

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini sebenarnya adalah satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia, tidak terkecuali jurusan kedokterannya. Sejak tahun 2014, jurusan ilmu kedokteran UGM sudah memiliki akreditasi A. Keuntungan kuliah di UGM jurusan kedokteran sangat beragam, salah satunya mendapatkan biaya hidup yang murah di kota pelajar. Biaya kuliah yang mahal di jurusan kedokteran pun dapat kamu siasati dengan mencari peluang beasiswa.

6. Universitas Indonesia

Jurusan kedokteran ditawarkan di kampus tertua di Indonesia yang terletak di Jakarta ini. Jika kamu ingin masuk ke jurusan kedokteran UI, sebaiknya kamu mulai mencari tahu cara masuk yang sesuai dengan kemampuanmu. Ada banyak jalur yang ditawarkan agar bisa diterima sebagai mahasiswa jurusan kedokteran UI. Karena sudah menyandang akreditas A, lulusan jurusan kedokteran UI pun tidak perlu diragukan lagi.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Apabila kamu ingin meneruskan studi di jurusan kedokteran yang ada di Makassar, Universitas Hasanuddin adalah pilihan paling tepat. Kampus ini sudah menyandang predikat A pada jurusan kedokterannya. Oleh karena itu, persaingan untuk bisa diterima sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Unhas pun cukup ketat. Selain itu, jurusan kedokteran di Unhas juga merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati ketika SBMPTN 2019.

8. Universitas Mataram

Universitas Terbaik - Universitas Mataram

Kamu yang berada di Pulau Lombok dapat mencoba masuk jurusan kedokteran di Universitas Mataram atau Unram. Kampus ini sudah memiliki akreditas A untuk jurusan tersebut pada tahun 2017. Selain bisa mendapatkan materi perkuliahan dari dosen-dosen ahli, di Universitas Mataram pun kamu akan menjalani serangkaian kegiatan praktikum agar semakin kompeten setelah lulus dari kampus tersebut.

9. Universitas Padjajaran (Unpad)

Kampus-kampus di Bandung memang cukup banyak peminat, tidak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk bisa diterima di jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A di UNPAD pun terbilang sangat ketat. Jurusan kedokteran di UNPAD memiliki banyak peminat, mirip seperti jurusan manajemen yang jumlah pendaftarnya mencapai ribuan orang setiap tahun.

10. Universitas Udayana

Kampus di Bali yang menawarkan jurusan kedokteran adalah Universitas Udayana. Jurusan tersebut tentunya sudah mendapatkan akreditasi A yang akan semakin memudahkan kariermu setelah lulus. Selain bisa menempuh studi di kampus favorit di Pulau Dewata, kamu pun bisa lebih sering menyaksikan pemandangan alam di Bali yang terkenal indah.

11. Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat)

Universitas Terbaik - Universitas Sam Ratulangi

Jurusan kedokteran terbaik tidak hanya terdapat di Pulau Jawa saja. Kamu yang berasal dari Sulawesi bisa menjadikan Universitas Sam Ratulangi Manado sebagai tujuan untuk menempuh studi. Kualitas jurusan kedokteran di kampus tersebut sudah mendapatkan akreditasi A.

12. Universitas Andalas (Unand)

Kota Padang memiliki Universitas Andalas yang menyediakan jurusan kedokteran. Sebagai salah satu jurusan favorit di kampus tersebut, perjuangan masuk ke Universitas Andalas tentu tidak mudah. Namun, jika kamu sudah diterima sebagai salah satu mahasiswanya, kamu bisa menimba banyak ilmu dari dosen-dosen berkualitas serta mendapatkan peluang jenjang karier yang cerah. Universitas Andalas juga sudah meraih akreditasi A pada tahun 2016.

13. Universitas Jember (Unej)

Kampus di Jawa Timur yang juga menjadi kampus favorit adalah Universitas Jember. Menyandang sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, kampus ini menyediakan jurusan kedokteran terakreditas A. Kamu tidak hanya akan dituntut untuk bisa paham teori saja, tetapi juga menguasai berbagai macam kegiatan praktikum. Lulusan jurusan kedokteran Universitas Jember banyak dicari di instansi kesehatan di Jawa Timur. Jadi, tidak perlu khawatir masalah karier.

14. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus swasta yang cukup diminati di kota pelajar untuk jurusan kedokterannya adalah Universitas Islam Indonesia. Kampus ini juga termasuk dalam kampus kedokteran terbaik di Indonesia. Banyak yang menganggap bahwa biaya masuk jurusan kedokteran UII sangatlah mahal. Namun, kamu bisa memaksimalkan potensimu dengan belajar lebih keras agar bisa mendapatkan beasiswa.

15. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Tertarik masuk kampus milik selebriti Indonesia? Universitas Pelita Harapan adalah jawabannya. Tidak hanya terkenal sebagai kampusnya para artis, kampus ini menawarkan jurusan kedokteran di bawah Fakultas Kedokteran yang sudah terakreditasi A.

Perjuangan masuk ke Fakultas Kedokteran tidaklah mudah. Bahkan, bagi beberapa orang, diperlukan ujian masuk berkali-kali hingga akhirnya bisa berhasil. Apabila kamu harus merantau ke kota lain, bahkan pulau lain demi mendapatkan universitas yang ada jurusan pendidikan dokter dan mengejar cita-cita menjadi seorang dokter, maka kamu perlu mempersiapkan hunian nyaman nan terjangkau.

Kendala waktu survey lokasi yang terbatas dapat disiasati dengan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos yang dapat diunduh gratis via ponsel android atau ios. Mamikos akan membantumu mendapatkan kost dekat fakultas kedokteran di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, informasi mengenai fasilitas kost dekat jurusan kedokteran, biaya sewa mulai dari harian hingga tahunan, akses menuju lokasi kost, hingga aturan kost seperti bisa pulang malam, bisa bawa hewan peliharaan, dan sebagainya pun akan kamu peroleh. Jika merasa cocok dengan kost yang dipilih, langsung saja lakukan booking atau hubungi nomor telepon pemilik kost yang tertera. Pencarian kost pun semakin mudah dan praktis.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: