5 Universitas Jurusan Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia

 Lailla | Sen, 21 Okt 2019

5 Universitas Jurusan Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia – Jurusan kuliah yang masih banyak diminati hingga saat ini adalah jurusan yang berkaitan dengan kesehatan. Untuk bisa menjadi mahasiswa jurusan kesehatan, disamping harus belajar dengan keras, kamu juga perlu mengalokasikan banyak budget. Belum lagi, apabila ada kegiatan praktikum yang mengharuskan praktikan membawa alat-alat khusus. Berikut adalah ulasan Mamikos tentang 5 universitas jurusan kesehatan masyarakat terbaik di Indonesia dan seluk-beluknya.

Perlu kamu tahu bahwa jurusan kesehatan masyarakat yang sangat diminati terdapat di kota-kota besar di Indonesia. Selain membahas daftar universitas jurusan kesehatan masyarakat, artikel ini juga akan membahas prospek jurusan kesehatan masyarakat, termasuk jenjang karir lulusannya.


5 Universitas jurusan kesehatan masyarakat terbaik di Indonesia

Universitas yang memiliki jurusan kesehatan masyarakat sangat beragam. Beberapa diantaranya sudah menyandang akreditas A yang menunjukkan bahwa kampus tersebut memang berkualitas. Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat, kamu bisa mempelajari ilmu terkait kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk memelihara, melindungi, serta meningkatkan kesehatan masyarakat. Jadi, ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan kesehatan masyarakat, baik kampus negeri maupun kampus swasta. Berikut adalah kampus negeri dengan jurusan kesehatan masyarakat terbaik dan memiliki akreditasi A dari BAN PT.

1. Universitas Indonesia (UI)


Perguruan Tinggi Negeri favorit di Jakarta yang persaingan masuknya sangat ketat ini menawarkan jurusan kesehatan masyarakat terakreditasi A. Sudah bukan hal yang aneh lagi jika persaingan untuk masuk UI sangat ketat, apalagi pada jurusan yang berkaitan dengan kesehatan. Agar bisa diterima sebagai mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat di UI, kamu perlu mengikuti ujian masuk, baik jalur mandiri atau jalur tes secara umum. Persiapkan belajarmu dengan baik karena fakultas ini cukup banyak diminati mahasiswa baru.

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jika kamu ingin meneruskan studi di Semarang, Universitas Diponegoro adalah pilihan yang tepat. Salah satu jurusan favorit yang ada di UNDIP ini memiliki seleksi masuk yang sangat ketat, bahkan persaingannya pun tidak hanya antara mahasiswa Indonesia saja, tetapi juga mahasiswa mancanegara. Keuntungan menempuh studi kesehatan masyarakat di UNDIP adalah waktu studi yang tidak terlalu lama, sekitar 4 tahun saja. Bahkan, karier lulusan jurusan kesehatan masyarakat UNDIP pun terbuka lebar bagi para lulusannya. Tidak perlu menunggu lama, dalam rentang waktu 3-6 bulan, lulusan jurusan kesehatan masyarakat akan mendapatkan pekerjaan. Bahkan, ada perusahaan atau instansi yang mempercayakan posisi tertentu bagi lulusan dari UNDIP.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Salah satu kampus favorit di Surabaya, yaitu Universitas Airlangga menawarkan jurusan kesehatan masyarakat. Persiapkan dirimu untuk menjalani tes masuk dan perkuliahan selama menempuh jurusan tersebut di UNAIR. Jurusan yang sudah mendapatkan akreditasi A tersebut mencetak sarjana yang memiliki kemampuan untuk memberikan pendampingan kesehatan terhadap masyarakat. Lulusan UNAIR yang kompeten di bidang tersebut juga sudah banyak dinantikan perusahaan serta instansi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir pada jenjang karier setelah menyelesaikan studi dari jurusan kesehatan masyarakat di UNAIR nanti.

4. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Tinggal di luar pulau Jawa bukanlah alasan bagi kamu untuk bisa belajar banyak hal tentang jurusan kesehatan masyarakat. Jika kamu berada di Makassar, Universitas Hasanuddin yang menyediakan jurusan tersebut dapat kamu pilih. Sejak perguruan tinggi ini dibuka pada tahun 1980-an, Fakultas Kesehatan Masyarakat mulanya hanya terdiri dari jurusan ilmu kesehatan masyarakat, namun saat ini sudah semakin berkembang. Jika lulus dari UNHAS, kamu akan memiliki keterampilan di bidang kesehatan dan kesehatan lingkungan, serta kemampuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

5. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas yang berada di pulau Sumatera ini adalah solusi bagi kamu yang berasal dari pulau tersebut. Jurusan kesehatan masyarakat yang ditawarkan Universitas Sumatera Utara cukup favorit. Jurusan kesehatan masyarakat di USU tidak hanya ditawarkan untuk sarjana saja, tetapi juga program master. Tidak perlu diragukan lagi bahwa lulusan USU pada jurusan kesehatan masyarakat banyak dicari instansi kesehatan.

Selama menempuh study di jurusan kesehatan masyarakat, gunakan kesempatan kuliahmu di kampus-kampus untuk mencari tahu potensi serta minatmu pada jurusan tersebut. Biaya kuliah di jurusan kesehatan masyarakat yang dirasa mahal sebenarnya dapat disiasati dengan mencari peluang beasiswa. Selain itu, ada pula program pertukaran mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk menggali pengetahuan lebih banyak. Apabila ada program magang atau program volunteer terkait jurusan yang kamu geluti, jangan ragu untuk mengikutinya agar pengalamanmu semakin banyak.

Apa yang Akan Dipelajari di Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Ketika kamu memutuskan untuk meneruskan studi di jurusan kesehatan masyarakat, ada banyak hal yang dapat kamu pelajari. Tujuannya, agar kamu dapat mengorganisasi masyarakat serta memberikan pendidikan langsung pada masyarakat. Materi yang kamu dapatkan juga akan berkaitan erat dengan sanitasi lingkungan, kebersihan sosial, cara mencegah penyakit, pelayanan medis, dan materi lain yang menyangkut aspek sosial.

Jurusan kesehatan masyarakat terdapat di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Tetapi, di fakultas tersebut terkadang juga ada jurusan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan, seperti jurusan ilmu gizi, jurusan kesehatan ilmu lingkungan,dan sebagainya. Jika kamu belum diterima di Universitas yang memiliki jurusan kesehatan masyarakat, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar di STIKES atau Sekolah Tinggi Kesehatan.

Karier Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jenjang karier yang cerah setelah menyelesaikan studi di jurusan kesehatan masyarakat tentu menjadi pertimbanganmu dalam memilih kuliah di jurusan tersebut. Lulusan kesehatan masyarakat bisa bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri. Hampir semua industri dan organisasi bahkan menyediakan peluang kerja kesehatan masyarakat. Meskipun demikian, sampai sekarang masih banyak dipahami bahwa ruang lingkup pekerjaan lulusan kesehatan masyarakat masih di lingkungan puskesmas dan rumah sakit. Namun, sebenarnya ada banyak peluang kerja yang dapat kamu coba.

1. Gizi Kesehatan Masyarakat

Lulusan jurusan kesehatan masyarakat dapat terjun di bidang gizi. Kamu akan bekerja bersama lulusan gizi atau bersama tim quality control. Tugas utama pekerjaan tersebut adalah memastikan kandungan gizi yang terdapat pada produk makanan, sehingga standarnya tercapai dan layak untuk dikonsumsi. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut cukup ketat, apalagi tempat bekerja hingga di industri perhotelan juga memerlukan profesi tersebut.

2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jika kamu tertarik bekerja di perusahaan besar, kamu bisa melamar bidang K3. Pada profesi yang berkaitan erat dengan simulasi bencana atau hal lain yang berhubungan dengan keselamatan kerja, lulusan jurusan kesehatan masyarakat akan diminta mengevaluasi kebijakan, kemungkinan bahaya, dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Kamu yang menyukai tantangan pun bisa mencoba profesi ini.

3. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Setelah menempuh jenjang S1, kamu bisa menjadi Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat (healthcare administrator) di instansi pemerintah, rumah sakit, puskesmas, atau layanan ambulans. Tugas yang dilakukan adalah memastikan kualitas pelayanan yang dilakukan tenaga medis. Awalnya, kamu akan diberi tugas menganalisis kondisi lingkungan di tempat fasilitas kesehatan. Semakin lama, pekerjaan yang kamu lakukan akan semakin bervariasi hingga ikut merumuskan program kesehatan.

Masih ada banyak pekerjaan yang dapat digeluti setelah lulus. Cobalah untuk melamar profesi sebagai biostastistian yang sangat erat dengan bidang riset di bidang farmasi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang epidemologis yang berkaitan erat dengan penyebaran penyakit di sebuah populasi. Ada pula profesi menjadi dosen atau pengajar di bidang kesehatan masyarakat. Sesuaikan passionmu dengan pekerjaan yang akan kamu geluti.

Masih belum menentukan jurusan kesehatan yang diinginkan? Ada banyak pilihan universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat di Jakarta, jurusan kesehatan masyarakat di Bandung, jurusan kesehatan masyarakat di Malang, jurusan kesehatan masyarakat di Palembang, jurusan kesehatan masyarakat di Bali, jurusan kesehatan masyarakat di Bekasi, dan kota-kota lainnya.

Segera tentukan pilihan kampusmu. Gunakan aplikasi kost Mamikos agar bisa mendapatkan referensi kost sesuai keinginan. Mamikos akan membantumu mendapatkan kost murah dekat kampus, mulai dari kost harian hingga kost tahunan. Tanpa datang langsung ke lokasi, kamu sudah bisa melakukan survey online dan melakukan booking kost. Tidak hanya itu, selain informasi kost, ada juga ada informasi tentang apartemen serta tempat tinggal lainnya. Hanya dari satu aplikasi semua kebutuhanmu akan terpenuhi. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: