7 Unsur Unsur Kebudayaan Serta Penjelasan dan Contohnya

Posted in: General Informasi
Tagged: Kebudayaan

Unsur Unsur Kebudayaan – Berbicara mengenai kebudayaan tentu saja banyak dari kalian yang pernah mendengar istilah tersebut. Istilah yang satu ini memang tidaklah asing karena sudah termasuk ke dalam kehidupan sosial sehari-hari. Bahkan ketika menempuh pendidikan sekalipun istilah kebudayaan ini bukanlah hal yang baru. 

Kendati sering ditemukan namun nyatanya banyak dari kalian yang tidak mengetahui secara pasti arti dari kebudayaan itu sendiri bahkan unsur unsur kebudayaan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja unsur yang terkandung dalam kebudayaan maka kalian bisa mengetahui arti dari kata kebudayaan itu sendiri.

Pengertian Dari Kebudayaan

unsplash.com

Kebudayaan sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa sansekerta yaitu Buddhaya. Kata tersebut merupakan bentuk jamak dari kata atau istilah buddhi yang memiliki pengertian hal yang berkaitan dengan budi serta akal manusia.

Buddhaya adalah suatu bentuk jamak dari istilah buddhi, yang memiliki arti sebagai hal yang memiliki kaitan dengan budi dan juga akal manusia. Selain itu kebudayaan juga bisa diartikan sebagai hal yang kompleks dan di dalamnya berisi mengenai kesenian, hukum kepercayaan, adat istiadat, pengetahuan, moral, keahlian serta ciri khas yang merupakan hasil seseorang dalam suatu kelompok masyarakat.

Unsur-Unsur Dalam Kebudayaan

Kebudayaan ini tidak berdiri sendiri melainkan ada unsur unsur kebudayaan di dalamnya. Unsur tersebut terdiri dari 7 bagian yang tergabung dalam sebuah kebudayaan. Adapun unsur-unsur tersebut dan juga contohnya bisa kalian simak melalui informasi berikut ini.

1. Unsur Religi

Unsur religi merupakan unsur pertama dari kebudayaan. Unsur ini memiliki artian dimana setiap manusia itu mengakui bahwa Tuhan itu ada yang merupakan maha pencipta. Untuk di Indonesia sendiri terdapat banyak agama dan yang termasuk agama mayoritas di Indonesia adalah Islam.

Unsur religi atau agama ini merupakan hal yang harus dimiliki serta dilakukan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Jika seseorang tidak beragama atau tidak memiliki kepercayaan maka kehidupan manusia itu sendiri tidak akan berjalan dengan teratur.

Agama memiliki peran sebagai aturan yang membatasi segala perilaku manusia sehingga tidak memiliki agama sama saja dengan tidak memiliki aturan yang membatasi perilakunya. Sehingga agama ini sangat berperan penting terhadap kehidupan seorang manusia dengan Tuhan. Untuk contoh dari unsur religi ini yaitu seperti agama Islam. Hindu, Katolik, Budha, Kristen dan sebagainya.

2. Sistem Kemasyarakatan

Unsur unsur kebudayaan selanjutnya yaitu sistem kemasyarakatan. Di dalam masyarakat tentunya terdapat sebuah sistem yang merupakan hasil dari kesadaran manusia yang dengan sengaja diciptakan dengan paling sempurna akan tetapi tentu saja masih memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing antar setiap individu.

Sistem tersebut nantinya akan berguna untuk kegiatan persatuan, keorganisasian karena hal ini menggambarkan dengan jelas bahwa masing-masing orang yang ada bukanlah makhluk individualis dan tetap membutuhkan orang lain.

Untuk contohnya yaitu adanya suatu organisasi yang dibentuk oleh beberapa masyarakat. Nantinya organisasi tersebut akan menjadi perwakilan ataupun sekelompok orang yang akan berorganisasi demi kepentingan bersama dan tentunya saling menguntungkan.

3. Sistem Peralatan

Untuk unsur selanjutnya yaitu sistem peralatan dan banyak orang yang belum paham mengenai sistem ini. Sistem peralatan ini merupakan suatu peralatan yang biasanya sering dipergunakan dan berguna untuk menopang kehidupan harian kalian sebagai seorang manusia. 

Perlatan yang digunakan untuk menopang kehidupan harian tentunya mengalami perubahan tergantung sesuai dengan jamannya. Terlebih pada era globalisasi seperti saat ini, manusia sangat memerlukan peralatan untuk mempermudah tugas ataupun kegiatan harian. Sehingga peralatan disini berperan mempermudah dalam melakukan penghematan waktu serta mempermudah komunikasi.

Untuk contoh dari sistem peralatan ini yaitu alat transportasi seperti sepeda motor dan mobil yang berguna untuk mempermudah aktivitas harian maupun bekerja. Contoh lainnya yaitu handphone yang berguna untuk alat komunikasi sehingga mempermudah dalam melakukan komunikasi dengan orang lain.

4. Sistem Mata Pencaharian

Unsur unsur kebudayaan selanjutnya yaitu sistem mata pencaharian yang mana ini merupakan suatu sistem yang berguna agar manusia mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini diperlukan karena dalam kehidupan setiap manusia memiliki tuntutan hidup yang harus dipenuhi. Beragam tuntutan hidup tersebut beragam seperti konsumsi, sandang, pangan dan tuntutan lainnya.

Maka dari itu demi memenuhi beragam kebutuhan hidup tersebut manusia diharuskan untuk terus bekerja agar bisa bertahan hidup. Contoh dari sistem ini adalah pekerja kantoran, buruh, guru, petani, pengusaha, penjahit dan lain sebagainya.

5. Sistem Bahasa

Sistem bahasa merupakan suatu sistem yang memungkinkan seseorang untuk bisa melakukan komunikasi dengan yang lainnya. Bahasa ini jumlahnya tidak hanya satu melainkan banyak tergantung dari kebudayaannya masing-masing.

Untuk di Indonesia terdapat bahasa yang dijadikan pedoman dan bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia tersebut digunakan sebagai bahasa dan juga untuk berkomunikasi sehari-hari mengingat di Indonesia terdapat banyak sekali bahasa daerah.

Untuk contoh dari sistem bahasa ini adalah bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa Indonesia dan masih banyak bahasa lainnya. Kemudian untuk di Indonesia selain bahasa nasional terdapat juga bahasa daerah seperti bahasa Jawa, bahasa Madura, bahasa Ambon, bahasa Padang, bahasa Sunda, bahasa Bali dan masih banyak bahasa daerah lain yang ada di Indonesia.

6. Sistem Pengetahuan

Ilmu pengetahuan atau sistem pengetahuan merupakan unsur lain dari kebudayaan. Hal ini merupakan suatu hal yang identik dengan keberadaan manusia, ini dikarenakan manusia memiliki pikiran serta akal yang dikaruniakan oleh Tuhan kepada manusia.

Sistem pengetahuan untuk di Indonesia sendiri bisa kalian lihat dengan adanya pendidikan yang wajib bagi masyarakat mulai dari SD, SMP dan juga SMA. Pendidikan tersebut muncul karena manusia sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan terlebih di era globalisasi seperti saat ini. Persaingan yang semakin sulit mendorong manusia agar lebih berilmu.

Untuk contoh dari sistem pengetahuan yaitu anak-anak di Indonesia wajib mengenyam pendidikan selama 9 tahun. Tujuannya agar anak-anak memiliki pengetahuan dasar dalam berilmu sehingga nantinya bisa lebih beradaptasi dengan perkembangan zaman yang ada. Tanpa adanya ilmu tentu saja manusia akan kesulitan dalam menyesuaikan perkembangan yang ada.

7. Seni

Salah satu hal yang akan selalu ada di dalam kehidupan adalah seni dan manusia akan sulit lepas dari hal tersebut. Seni ini memiliki sifat yang menghibur serta mampu memanjakan mata ketika kalian melihat seni tersebut.

Seni memiliki pengertian sebuah ekspresi yang berasal dari perasaan manusia yang di dalamnya memiliki unsur-unsur keindahan dan tentunya bisa diungkapkan melalui media yang memiliki sifat nyata. Pengungkapan tersebut bisa berbentuk rupa, gerak, syair, nada dan tentunya bisa dirasakan oleh lima indera manusia. Contohnya seperti lukisan, musik, tarian dan sebagainya.

Jadi itulah unsur unsur kebudayaan yang bisa kalian ketahui beserta contohnya. Semoga setelah membaca informasi diatas kalian bisa menjadi lebih jelas dalam mengetahui apa saja unsur kebudayaan itu yang sebelumnya pasti hanya mengkaitkan kebudayaan dengan seni saja. Unsur-unsur diatas sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia dan sulit untuk dipisahkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah