10 Macam Jenis Alat Musik Tradisional, Asal Daerah dan Penjelasannya

Salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yaitu alat musik dari berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia. Ada begitu banyak alat musik tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun dan dikenalkan sejak dari kecil.

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup dikenal dengan budayanya yang beraneka ragam dan dinilai cukup unik menggambarkan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Salah satu budaya yang perlu untuk dikenal dan diketahui yaitu alat musik tradisional serta dari daerah mana alat musik tersebut berasal.

Macam Jenis Alat Musik Tradisional

pinterest.com

Biasanya alat musik ini sendiri sudah dikenalkan sejak masyarakat Indonesia masih mengenyam bangku Sekolah Dasar (SD) sebagai upaya untuk melestarikan budaya. Jenis budaya satu ini juga sudah menjadi seharusnya untuk dapat dibanggakan dan dilestarikan oleh masyarakatnya dari generasi ke generasi.

Beragam Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asal

Kesenian adat sudah seperti menjadi salah satu warna yang menghiasi dan membuat indah kebudayaan masyarakat Indonesia. Termasuk juga dengan adanya alat musik tradisional yang sayangnya saat ini kurang banyak diketahui oleh generasi muda.

Padahal, kebudayaan satu ini sudah seharusnya berusaha untuk dilestarikan dan dikenalkan agar warna dari masyarakat Indonesia tidak dapat mudah pudar oleh waktu. Kenali apa saja jenis alat musik yang ada dari berbagai daerah di Indonesia seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Gamelan

Salah satu jenis alat musik tradisional yang cukup mudah untuk ditemui di berbagai acara yang ada oleh masyarakat Indonesia yaitu gamelan. Alat musik satu ini berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia, misalnya seperti Lombok, Bali, dan juga Madura.

Gamelan sendiri sudah ada sejak tahun 404 Masehi dan dilihat sebagai sebuah gambaran atas peristiwa di masa lalu yang ada pada relief Candi Borobudur dan Prambanan. Cara memainkan gamelan ini biasanya bersamaan dengan permainan dari gendang, gong, dan gambang untuk menghasilkan nada yang indah.

2. Angklung

Terdapat pula alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat dan menjadi salah satu yang sering kamu temui di berbagai acara serta tempat. Angklung sendiri terbuat dari bambu dengan susunan tertentu yang dapat membuat suara serta nada yang indah.

Cara memainkannya juga cukup mudah yaitu kamu hanya perlu untuk menggoyangkannya atau digetarkan agar dapat menghasilkan nada tertentu. Tidak jarang pula angklung ini dimainkan dalam sebuah orkestra musik atau acara adat untuk dapat membuat suasana menjadi lebih terasa nilai kebudayaannya.

3. Sasando

Terdapat pula alat musik tradisional yang tepatnya berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan dikenal dengan nama sasando. Bentuknya terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan bentuk dari alat musik lainnya yaitu seperti tabung yang panjang.

Cara memainkannya yaitu dengan memetik pada dawai atau senarnya yang berjumlah 28 dan 58 dawai. Biasanya ia terbuat dari kayu, bambu, senar, daur lontar, dan paku penyangga untuk dapat menjadi sebuah alat musik sasando yang dapat dimainkan.

4. Panting

Tradisi bermain alat musik tradisional yaitu panting masih diwariskan hingga saat ini oleh masyarakat yang ada di daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Alat musik satu ini biasanya terbuat dari kayu seperti jenis pulantan, kambang, maupun jingah, senar, dan kulit dengan zat pewarna.

Kulit untuk membuatnya diambil dari tubuh hewan yang hidup di area hutan seperti rusa, kijang, bahkan hingga ular puraca maupun biawak. Cara memainkannya yaitu dengan memetik pada tali senar yang ada di bagian tubuh alat musik satu ini.

5. Tifa

Terdapat alat musik tradisional yang memiliki bentuk mirip seperti gendang yang berasal dari Maluku dan Papua yaitu tifa. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul dengan jenis yang berbeda yaitu tifa jekir, tifa potong, tifa dasar, dan juga tifa bas.

Bagian yang unik dari tifa ini adalah ia memiliki ukiran yang khas dari daerah Maluku dan Papua yang ada pada bagian luarnya. Hingga saat ini, alat musik satu ini banyak digunakan sebagai cinderamata oleh para wisatawan yang datang ke Maluku maupun Papua.

6. Serunai

Terdapat alat musik tradisional yang berasal dari Minang, Sumatera Barat dan dikenal dengan nama serunai yang mirip bentuknya dengan klarinet. Cara memainkannya yaitu dengan ditiup untuk dapat menghasilkan suara yang merdu untuk didengarkan.

Masyarakat Minang biasanya memainkan alat musik satu ini sebagai media untuk hiburan bersama. Tidak hanya itu, serunai biasanya juga dimainkan pada saat musim awal menanam padi dan pelaksanaan pesta panen.

7. Kolintang

Alat musik tradisional yang bernama kolintang berasal dari daerah Minahasa yang berada di Sulawesi Utara. Bentuk dari kolintang ini cukup menarik yaitu seperti trapesium yang memiliki bilah kayu dengan ukuran yang berbeda.

Cara memainkannya yaitu cukup dengan memukul setiap bilah kayu yang nantinya akan menghasilkan suara yang berbeda-beda. Biasanya kolintang banyak digunakan saat adanya perayaan upacara adat, pertunjukan seni tari tradisional, hingga juga pertunjukan musik.

8. Gendang

Pada dasarnya, terdapat beberapa alat musik lainnya dari setiap daerah yang memiliki bentuk dan fungsi yang mirip dengan gendang. Namun, gendang sendiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan memiliki ciri khasnya tersendiri.

Gendang dapat dimainkan dengan cara diketuk maupun dipukul untuk menghasilkan suara merdu yang diinginkan. Biasanya gendang ini dimainkan bersama dengan gamelan pada saat pagelaran musik atau acara adat tertentu.

9. Suling

Suling merupakan salah satu dari alat musik tradisional yang banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia sejak berada di bangku Sekolah Dasar (SD). Asal daerah dari alat musik satu ini yaitu Jawa Barat atau tanah Sunda.

Bahan untuk membuat suling ini yaitu berasal dari bambu dan memainkannya yaitu dengan cara ditiup. Agar menghasilkan suara merdu yang diinginkan, kamu dapat membuka maupun menutup lubang yang ada pada bagian tubuhnya.

10. Saluang

Daerah suku Minangkabau yang berada di Sumatera Barat juga memiliki alat musik tradisional yang dikenal dengan nama saluang. Ia terbuat dari bahan bambu yang tipis atau bambu talang yang dapat membantu mengeluarkan suara yang merdu.

Jika dilihat sekilas, saluang ini mirip bentuknya dengan suling karena cara memainkannya sama yaitu dengan ditiup, tetapi cara untuk membuatnya lebih sederhana. Saluang memiliki empat lubang saja yang dapat diatur suaranya dengan menggunakan jari tangan saat dimainkan.

Itu tadi merupakan beberapa jenis dari alat musik tradisional yang berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia. Alat musik tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan adat yang perlu untuk dilestarikan.

Jika kamu ingin belajar memainkannya, maka kamu dapat mendatangi pada orang yang sering bermain atau tempat yang memang khusus untuk mengajarkan bermain alat musik. Untuk informasi yang lebih banyak tentang kebudayaan Indonesia, kamu dapat membaca di halaman blog Mamikos yang lainnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah