11 Macam-macam Alat Musik Melodis dan Penjelasannya

11 Macam-macam Alat Musik Melodis dan Penjelasannya – Dalam membuat komposisi sebuah musik, terdapat tiga instrumen yang biasa digunakan yaitu ritmis, harmonis, dan juga melodis. Ketiganya ini memiliki fungsi dan peranannya masing-masing untuk dapat menghasilkan sebuah musik yang terdengar indah. Bagi yang cukup awam terkait dengan instrumen ini, kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang termasuk ke dalam alat musik melodis. Beberapa alat musik ini sebenarnya sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan banyak dikuasai oleh masyarakat pula.

Nama Alat Musik Melodis yang Digunakan untuk Membuat Komposisi Musik

pixabay.com

Hal mendasar yang biasa mudah untuk didengarkan dari musik yaitu alunan dari notasi yang digunakan untuk membangun nada yang terdengar merdu. Notasi yang terdiri dari do, re, mi, fa, sol, la, si, do merupakan melodi utama yang digunakan oleh alat musik melodis agar membentuk musik yang dapat didengarkan. Alat musik melodis sendiri memiliki fungsi untuk dapat mengatur nada yang ada pada komposisi dari sebuah musik yang dibuat. Berikut ini merupakan beberapa nama dari alat musik melodis yang dapat digunakan untuk membentuk nada yang diinginkan.

1. Recorder

pixabay.com

Alat musik satu ini dimainkan dengan cara ditiup agar dapat menghasilkan nada suara yang merdu untuk didengarkan. Terdapat empat jenis recorder yang dapat digunakan yaitu sopranino, soprano, alto, dan juga tenor. Setiap recorder memiliki ukurannya yang berbeda-beda yang juga menghasilkan karakteristik suara yang berbeda. Biasanya recorder yang paling banyak digunakan sebagai bentuk perkenalan yaitu recorder sopran.

2. Kecapi

kibrispdr.org

Alat musik melodis satu ini merupakan alat musik tradisional yang asalnya dari daerah Jawa Barat. Kecapi terbuat dari kayu dan senar yang dapat menghasilkan nada yang indah dan cukup pelan. Biasanya alat musik satu ini digunakan untuk mengiringi lagu daerah yang memiliki tempo cukup pelan, seperti kebanyakan pada lagu tradisional Sunda. Terdapat dua jenis kecapi yang digunakan yaitu kecapi indung dan rincik.

Ukuran dari tubuh kecapi indung ini sendiri terbilang cukup besar dengan jumlah senar berkisar antara 18 hingga 20 senar. Biasanya jenis kecapi indung digunakan untuk memimpin sebuah komposisi lagu dan memberi nada khususnya pada bagian intro, bridges, dan juga interlude. Sementara pada kecapi rincik jumlah senarnya hanya 15 dan fungsinya untuk memperkaya komposisi dari sebuah musik yang dibuat.

3. Piano

unsplash.com

Alat musik melodis yang termasuk yang tertua yaitu piano dan sudah ada sejak tahun 1700-an berkat Bartolomeo Cristofori. Terdapat dua karakter suara yang dapat dihasilkan oleh piano ini yaitu lembut dan juga kencang. Agar dapat menghasilkan nada sesuai yang diinginkan, pengaturan permainan bergantung pada velocity, strings, dan juga tekanan ketika bermain dengan tuts. Terdapat tiga jenis piano yang dapat dimainkan yaitu grand piano, baby piano, dan juga upright piano.

4. Pianika

bhinneka.com

Jika dilihat dari bentuknya, pianika seperti replika kecil dari alat musik melodis lainnya yaitu piano. Namun, suara yang dihasilkan oleh pianika ini sendiri lebih cempreng dibandingkan dengan piano dan cara bermainnya juga berbeda. Pianika dimainkan dengan cara menekan tuts dan ditiup pada saat yang bersamaan. Biasanya alat musik satu ini digunakan sebagai bentuk perkenalan kepada siswa yang masih berada di tingkat sekolah dasar.

5. Gitar

pixabay.com

Alat musik melodis satu ini dapat dikatakan paling populer dan digemari di antara masyarakat. Gitar ini menjadi alat musik yang paling sering digunakan untuk genre musik modern itu sendiri. Cara memainkan gitar ini yaitu dengan memetik senar yang terpasang pada tubuh gitar sesuai dengan nada yang ada untuk membentuk sebuah musik. Terdapat dua jenis gitar yang dapat digunakan yaitu gitar akustik dan elektrik.

Dalam membuat komposisi musik sendiri, selain menjadi instrumen melodi, gitar juga dapat digunakan untuk instrumen ritme. Biasanya gitar yang sedang digunakan untuk menjadi instrumen melodi saat bermain pada bagian gitar solo.

6. Harmonika

pixabay.com

Alat musik melodis yang biasa digunakan untuk genre country dan blues yang bernama harmonika ini sebenarnya merupakan alat musik tradisional yang asalnya dari China. Cara bermain ini cukup unik, yaitu dapat dilakukan dengan cara ditiup maupun juga dihisap. Setiap tiupan dan hisapan nantinya dapat menghasilkan nada yang berbeda sesuai dengan yang diinginkan oleh pemainnya. Agar dapat memainkan harmonika dengan baik, pemain akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menguasainya.

7. Angklung

pixabay.com

Alat musik melodis satu ini terbuat dari tumbuhan bambu dan menjadi salah satu alat musik tradisional yang cukup dikenal di tengah masyarakat. Tidak hanya di Indonesia saja, angklung juga cukup tenar hingga tingkat mancanegara. Cara bermain angklung juga sedikit berbeda dari alat musik lainnya yaitu dengan cara digoyangkan atau menggetarkan sedikit pada bagian tertentu. Cara ini nantinya akan membuat angklung menghasilkan nada yang indah untuk didengarkan.

Hal yang unik dan menarik dari alat musik satu ini yaitu karakter suara yang dikeluarkan oleh setiap angklung selalu berbeda. Suara ini terjadi karena satu angklung hanya dapat menghasilkan satu notasi saja. Cara membedakan notasi dan juga tinggi rendahnya suara yaitu bergantung pada ukuran dari angklung itu sendiri.

8. Biola

pixabay.com

Tidak hanya dipetik dan ditiup saja, alat musik melodis juga ada yang dimainkan dengan cara digesek seperti yang dilakukan pada biola. Terdapat empat senar yang memiliki nada G-D-A-E pada biola ini dengan G sebagai nada yang paling rendah. Ada empat jenis biola yang dapat digunakan yaitu biola kecil, menengah, besar, dan bass. Bentuk dari biola ini seperti sebuah gitar kecil yang pembedanya hanya berada di bagian leher yang tidak lurus atau rata seperti gitar.

9. Saksofon

pixabay.com

Alat musik melodis satu ini biasanya banyak ditemukan di berbagai acara dengan memainkan genre musik jazz. Bentuknya yaitu seperti sebuah pipa yang dimainkan dengan cara ditiup. Pada bagian yang berupa lubang tiup sendiri merupakan lidah-lidah. Selain itu, alat musik satu ini terbuat dari klep logam.

10. Akordion

pixabay.com

Bentuk dari alat musik melodis bernama akordion ini memang terlihat cukup unik dan juga menarik yang merupakan hasil ciptaan ari Christian Fried. Biasanya akordion akan digunakan saat adanya perayaan untuk momen tertentu oleh masyarakat Eropa. Pada bagian tengah akordion terdapat bagian yang bisa ditarik ulur agar menghasilkan nada bersamaan dengan penekanan pada tutsnya. Akordion ini sudah ada sejak tahun 1822 silam.

11. Seruling

unsplash.com

Alat musik melodis satu ini cukup unik bentuknya dan cara penggunaannya yaitu dengan ditiup. Alat musik tradisional ini kebanyakan terbuat dari tanaman bambu dengan enam atau tujuh lubang pada bagian tubuhnya. Lubang yang ada pada seruling ini yang berperan penting dalam menghasilkan notasi yang berbeda pada komposisi lagu. Agar dapat mengontrol tinggi atau rendahnya nada, pemain dari seruling ini akan menggunakan tiupan yang mereka lakukan.

Itu tadi merupakan serangkaian nama alat musik melodis dengan berbagai informasi menarik dibaliknya. Mungkin ada beberapa alat musik yang sering kamu temui atau bahkan bisa mainkan dengan cukup lancar. Setiap instrumen musik yang ada memiliki peranannya masing-masing dalam membuat komponen musik yang terdengar indah. Alat musik ini dapat kamu pelajari dengan mengikuti les atau juga secara otodidak dengan bantuan berbagai bacaan maupun video yang ada di internet.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah