20 Macam Jenis Alat Musik Ritmis & Cara Memainkannya [Gambar]

20 Macam Jenis Alat Musik Ritmis & Cara Memainkannya [Gambar] — Perlu kamu tahu bahwa secara umum musik terbagi dalam dua macam yakni musik tradisional dan modern.

Dalam artikel ini Mamikos akan coba memberikan informasi terkait jenis alat musik ritmis yang pastinya menarik untuk disimak.

Dalam alat musik, ada dua kategori yang perlu kamu tahu yakni alat musik ritmis dan melodis. Namun dalam artikel ini Mamikos akan lebih menjelaskan terkait macam dan jenis alat musik ritmis terlebih dahulu.

Apabila kamu penasaran dan ingin segera tahu apa saja macam alat musik ritmis tersebut, maka bacalah artikel Mamikos kali ini sampai habis.

Daftar Jenis Alat Musik Ritmis dan Bagaimana Memainkannya

bukalapak.com

Meskipun pengetahuan umum, namun sebagai orang Indonesia jangan sampai kamu tidak tahu apa saja jenis alat musik ritmis yang ada di sekitar kita. Makanya Mamikos menyuguhkan artikel ini agar pengetahuan kita semakin kaya.

Sebelum itu mari simak terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan alat musik ritmis tersebut. Penjelasannya sebagai berikut.

Apa yang Dimaksud Alat Musik Ritmis?

Mamikos sudah menyinggung di atas bahwa kita perlu mengenali dahulu pengertian dari alat musik ritmis tersebut. Jadi alat musik ritmis adalah alat musik yang menghasilkan suatu ritme tertentu dalam musik.

Ritme yang dihasilkan ini kemudian akan menjadi dasar dari melodi yang dibuat oleh alat musik melodik nantinya. Untuk mengenal alat musik jenis ini ciri khususnya adalah tidak seperti musik lainnya.

Dalam alat musik ritmis tidak ada tangga nada. Fungsi alat musik ritmis juga agar dapat mengatur tempo lagu supaya lebih teratur dari bagian awal hingga akhir lagu.

Banyak alat musik ritmis yang kini sering digunakan sebagai elemen penting dalam produksi sebuah lagu. Alat musik ritmis memiliki banyak macam dan dalam artikel kali ini Mamikos akan memberikan kamu daftar lengkapnya.

Jenis Alat Musik Ritmis dan Bagaimana Cara Memainkannya

Sekarang Mamikos akan mengajak kamu untuk menyimak beberapa jenis alat musik ritmis yang sering digunakan dalam sebuah produksi lagu. Di bawah ini Mamikos sertakan juga gambar jelasnya supaya kamu lebih mengenal.

1. Kendang

wikipedia.org

Kendang menjadi salah satu alat musik yang cukup populer di Indonesia. Kendang merupakan sebuah alat musik tradisional khas Jawa Barat dan Jawa Tengah. Alat musik ritmis satu ini terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi.

Kendang atau yang juga dikenal dengan gendang biasanya digunakan dalam alunan musik-musik tradisional. Namun belakangan ini, musik kontemporer juga sudah banyak yang menggunakan alat musik ini sebagai pengiring lho.

Apabila kamu penasaran bagaimana cara memainkan kendang maka alat musik ritmis satu ini harus dipukul pada bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

Informasi tambahan yang Mamikos dapat konon di beberapa sekolah dan universitas di luar negeri, alat musik satu ini juga sudah mulai diajarkan lho.

2. Rebana

wikipedia.org

Rebana menjadi alat musik ritmis yang masuk dalam daftar Mamikos kali ini. Rebana juga menjadi jenis alat musik ritmis yang cukup terkenal dan berasal dari tanah Melayu.

Alat musik satu ini sering juga menjadi pengiring lagu-lagu melayu dengan tema Islam.

Saat ini Rebana juga sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Alat musik Rebana digunakan untuk beberapa keperluan seni dan adat sesuai daerah masing-masing.

Bentuk dari Rebana agak mirip dengan drum kecil dan memiliki bagian kulit yang besar dan keras. Cara memainkannya sendiri dengan cara dipukul pada bagian kulitnya dan mengikuti tempo yang sesuai.

Kamu dapat memukulnya dengan cepat atau lambat, tergantung musik yang dikehendaki.

3. Calung

wikipedia.org

Bersama dengan angklung, jenis alat musik ritmis satu ini juga telah lama digunakan dalam berbagai kegiatan kesenian musik di Jawa Barat. Bahan dasarnya terbuat dari bambu pilihan.

Sementara untuk calung ini menggunakan bambu berjenis awi wulung dan awi temen. Jadi bukan jenis bambu biasa.

Perbedaan Calung dengan Angklung terdapat pada bagaimana kamu memainkan alat musik tersebut. Calung harus dimainkan dengan cara dipukul. Calung juga memiliki dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing.

Pemain calung rantay akan memainkannya dalam posisi duduk, sementara calung jinjing pemainnya akan memainkan alat musik tersebut dalam posisi berdiri.

4. Simbal

pixabay.com

Simbal memang memiliki beberapa pilihan ukuran. Mulai dari ukuran kecil hingga besar. Alat musik ritmis rekomendasi Mamikos kali ini terbuat dari logam dengan bentuk bulat seperti cakram.

Untuk simbal tangan, biasanya dimainkan dengan memadukan dua simbal. Apabila hanya ada satu simbal saja maka biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan tangan atau stik khusus.

5. Triangle

tokopedia.com

Dari daftar macam alat musik ritmis rekomendasi Mamikos berikutnya adalah triangle. Alat musik satu ini sudah ada sejak abad ke-16 lho. Triangle juga telah sering digunakan terutama dalam pembuatan produksi musik klasik.

Triangle dapat mengeluarkan bunyi dengan dipukul pada bagian mana pun. Alat musik ritmis satu ini sudah sering dipakai dalam lagu-lagu modern berbagai aliran. Misalnya saja jazz, pop, hingga dangdut.

Alat musik triangle terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga yang rapi. Akan tetapi ujung satu dengan ujung lainnya dibuat tidak saling menyatu.

Biasanya ada semacam tali di salah satu sudut triangle untuk memudahkan pemain memegang alat musik satu ini.

6. Conga

youtube.com

Daftar jenis musik ritmis rekomendasi Mamikos ini masih dengan cara dipukul untuk membunyikannya.

Conga adalah alat musik ritmis yang sudah cukup mendunia lho. Alat musik satu ini berasal dari Afrika. Masyarakat di sana juga mengenalnya dengan nama tambora.

Bentuk dari alat musik satu ini agak menyerupai kendang yang dipasang dengan menggunakan alat bantu dari besi.

Alat musik Conga sudah sering digunakan dalam produksi musik pop modern. Bentuknya pun selalu berubah seiring perubahan zaman. Saat ini alat musik Conga sudah terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

7. Drum

drumzone.com

Drum masuk dalam daftar alat musik ritmis rekomendasi Mamikos pada kesempatan ini. Drum hadir sebagai instrumen perkusi yang cukup kompleks. Mulai dari snare, bass drum, tom-tom, simbal, hi-hat, sampai cowbell.

Dalam satu set drum tidak diwajibkan untuk sama antara satu dengan yang lainnya. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari komposisi produksi lagu itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa satu set drum sederhana biasanya hanya terdiri dari snare, satu buah bass drum, hi-hat saja.

8. Tamborin

pusatmainantradisional.com

Alat musik ritmis rekomendasi Mamikos berikutnya ini memiliki dua jenis bunyi yang akan berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama ialah bunyi pukulan dari bagian kulit dan bunyi lainnya adalah gemerincing.

Sederhananya, alat musik satu ini dapat dimainkan dengan cara dipukul atau dikocok. Saat ini sudah banyak musisi yang menggunakan alat musik tamborin dalam memproduksi musik atau karya yang dibuatnya.

Belakangan ini, tamborin bahkan sudah semakin mudah dijumpai oleh orang awam. Tidak jarang juga kamu akan menemui Tamborin yang terbuat dari plastik.

9. Kastanyet

mydukkan.com

Alat musik ritmis rekomendasi Mamikos berikutnya berbentuk seperti kerang kecil dan disebut sebagai Kastanyet. Beberapa pembuat alat musik membuat Kastanyet dengan berbagai warna menarik dan cantik.

Dikarenakan bentuk dan warnanya yang menarik, kastanyet sering dikira sebagai mainan anak-anak oleh beberapa orang. Padahal alat musik ini termasuk penting dan menarik jika dimainkan.

Cara memainkan alat musik Kastanyet adalah dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Bentuknya yang kecil, membuat kastanyet dapat dengan mudah dimainkan dengan dua atau tiga jari saja lho. Yakni jempol, telunjuk, dan jari tengah.

10. Marakas

lazada.co.id

Alat musik ritmis dari daftar Mamikos kali ini bernama Marakas. Jenis alat musik ini memiliki jenis bunyi yang terbilang meriah.

Tidak mengherankan jika marakas menjadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang khusus dengan beat cepat atau asyik buat bergoyang. Marakas memiliki bentuk seperti permen lolipop besar.

Alat musik satu ini mempunyai pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat kamu gerakkan atau goyangkan.

11. Tifa

twitter.com

Dari daftar nama jenis alat musik ritmis rekomendasi Mamikos berikutnya ada Tifa. Untuk alat musik satu ini cara memainkannya agak mirip seperti kendang, yaitu dengan cara dipukul pada bagian kulitnya.

Yang membedakan pada alat musik Tifa biasanya akan dimainkan pada upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur.

Contohnya saja Maluku dan Papua. Fungsi utama Tifa adalah untuk mengiri lagu dan tari-tarian khas dari banyak suku yang ada di sana.

Alat musik tifa ini terbuat dari kayu yang diberi rongga di bagian tengah dan ditutup kulit di salah satu sisinya. Bentuknya yang lebih panjang dan lebih ramping, serta memiliki bunyi yang sangat mirip dengan kendang.

12. Timpani

yamahaedicatorsuite.com

Jenis alat musik selanjutnya yang Mamikos rekomendasikan dalam macam alat musik ritmis adalah Timpani. Timpani adalah sejenis instrumen perkusi yang juga bisa disebut sebagai kettledrum.

Jenis alat musik yang masuk dalam kategori drum hemispherical ini memiliki lapisan yang dikenal dengan head. Kepala tersebut direntangkan di atas wadah besar yang terbuat dari tembaga.

Cara memainkan alat musik ritmis ini adalah dengan memukul bagian kepalanya dengan stik yang disebut dengan timpani mallet. Pada mulanya Timpani menjadi sebuah alat musik instrumen yang dimainkan pada drum militer.

Timpani lalu diadopsi oleh musik orkestra klasik pada abad ke 18. Kemudian di era modern, timpani diubah menjadi tipe pedal timpani yang dapat dengan cepat dan akurat disetel ke nada tertentu dan dimainkan dengan pedal kaki. Sejarah yang menarik, ya.

13. Demung

avidiandjawa.blogspot.com

Demung menjadi salah satu alat musik ritmis instrumen yang masuk dalam kategori atau kelompok balungan. Biasanya, satu set gamelan akan memiliki dua buah demung dengan versi slendro dan pelog.

Dalam keluarga balungan, demung akan menghasilkan nada oktaf terendah. Nada tersebut dihasilkan karena demung memiliki bilah yang lebih tipis dan permukaan yang lebih lebar dibandingkan dengan bilah saron.

Tidak heran jika alat musik ini bisa kamu temui bersama dengan alat musik lain pada set gamelan Jawa atau Sunda.

14. Ketipung

shopee.com

Ketipung adalah jenis alat musik ritmis yang bentuknya sedikit menyerupai kendang, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Biasanya, alat musik Ketipung akan dimainkan bersama atau berjajar dengan kendang.

Namun lama kelamaan Ketipung dimainkan sendiri seperti dalam musik dangdut, keroncong, dan musik tradisional Melayu.

Alat musik Ketipung dibuat dengan kayu bubut. Diameter lubangnya memiliki panjang sekitar 20 cm sampai 40 cm.

15. Claves

kopfpercussion.com

Claves adalah sebuah merupakan alat musik perkusi yang berasal dari musik Latin. Seiring dengan perkembangan zaman, claves juga kini sudah digunakan pada jenis musik yang jauh lebih modern.

Alat musik ritmis ini sangat sederhana sebenarnya sebab hanya menggunakan dua tongkat kayu. Untuk cara memainkannya yakni dengan mengadukan dua tongkat tersebut sehingga terdengar suara “klik” yang khas.

Karakter suara yang dihasilkan oleh Claves mungkin tidak dapat menjadi inti utama dari sebuah komposisi musik. Akan tetapi kehadirannya dapat memberikan sebuah nuansa yang berbeda, khususnya pada produksi lagu downbeat.

Selain itu kamu juga dapat menggunakan dua stik drum untuk bisa menghadirkan bunyi claves yang unik sehingga dapat menambahkan mood yang berbeda dalam sekejap. Unik juga alat musiknya.

16. Tuma

keseniananggi.blogspot.com

Alat musik satu ini berasal dari Kalimantan Barat dan Tuma memiliki suara membranofon yang memiliki bentuk yang lagi lagi hampir mirip seperti gendang berukuran panjang.

Material utama Tuma adalah kayu yang memiliki diameter sekitar 5 centimeter dan panjang sekitar 1 meter. Untuk bagian membrannya lazimnya menggunakan kulit lembu.

17. Kongo

soraya1jat.blogspot.com

Kongo adalah sebuah alat musik ritmis modern yang masuk dalam rekomendasi Mamikos pada kesempatan ini. Alat musik satu ini berasal dari benua Afrika. Dari tampilannya kongo hampir mirip dengan alat musik gendang.

Meski begitu, tetap ada perbedaan yang kentara pada kedua alat musik ini. Bentuk kongo sedikit lebih lonjong daripada kendang. Sementara cara memainkan kongo dengan cara dipukul- pukul oleh kedua tangan tanpa menggunakan alat bantu apapun.

18. Gender

wikipedia.org

Alat musik Gender terbuat dari logam dan dapat kamu temukan pada satu set gamelan Jawa dan Bali. Secara total, gender memiliki 10 hingga 14 buah logam yang memiliki nada yang unik.

Bilah tersebut digantungkan pada berkas yang persis berada di atas resonator yang berasal dari bambu.

Cara memainkan gender adalah dengan cara dipukul dengan pemukul yang berbentuk bundar dari kayu. Pada gamelan Jawa, pemukul ini biasanya dilapisi dengan kain.

19. Talempong

indonesiakaya.com

Instrumen perkusi satu ini berasal dari daerah Minangkabau dan memiliki bunyi yang unik. Tak heran jika Talempong menjadi ciri khas musik dari sana. Bentuk dari Talempong hampir mirip dengan bonang pada gamelan.

Pada bagian tengah Talempong terdapat area menonjol yang juga sebagai sumber bunyi saat alat musik tersebut dipukul.

Talempong digunakan sebagai pengatur ketukan pada berbagai tarian Minangkabau yang terkenal. Tarian energik beriringan dengan bunyi Talempong seolah menjadi harmoni yang unik dan menarik untuk disaksikan.

20. Shaker

youtube.com

Dari daftar alat musik ritmis ada Shaker yang Mamikos rekomendasikan. Alat ini menjadi instrumen perkusi klasik yang biasa dipakai untuk memproduksi sebuah musik. Suara yang dihasilkan memiliki karakter yang lebih halus dari tamborin atau rebana.

Meski demikian, alat musik satu ini cocok dimasukkan dalam sebuah produksi lagu untuk menghadirkan konteks pada suara-suara kecil namun penting.

Shaker memiliki warna nada yang lain dengan hasil suara rebana sehingga akan menghadirkan sebuah kombinasi aksen yang lebih beragam.

Shaker berbentuk telur bisa kamu gunakan sebagai versi yang lebih sederhana. Meskipun begitu, nada yang akan dihasilkan tetap dapat menghiasi komposisi lagu secara keseluruhan kok.

Dengan demikian itulah tadi penjelasan yang bisa Mamikos sampaikan terkait macam dan jenis alat musik ritmis dan cara memainkannya pada kesempatan ini.

Mudah-mudahan saja apa yang sudah Mamikos sampaikan pada artikel ini dapat memberikan kamu pencerahan dan sebuah informasi baru.

Mamikos juga sampaikan apabila kamu sedang mencari info hunian kos maka kamu bisa mengakses aplikasi Mamikos yang bisa kamu jalankan di ponsel pintar kamu dengan mudah.

Unduh aplikasinya sekarang juga via Appstore dan Playstore dan temukan inspirasi dan hunian idaman kamu tanpa perlu keluar rumah.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah